Pakistan Uji Peluncuran Rudal Jelajah Babur-2


Pakistan telah berhasil melakukan uji peluncuran rudal jelajah canggih Babur-2 buatan dalam negeri, seperti dinyatakan oleh siaran pers dari Inter-Services Public Relations (ISPR).

Siaran pers mengatakan bahwa rudal baru telah ditingkatkan dari versi sebelumnya dengan aerodinamis dan avionik canggih serta dapat menyerang sasaran di darat maupun laut pada jarak 700 km.

Saat meluncur, rudal terbang rendah, dekat permukaan dan membawa fitur siluman tersendiri. Rudal ini juga mampu membawa berbagai jenis hulu ledak.

Rudal jelajah telah dilengkapi dengan teknologi navigasi canggih, Terrain Contour Matching (TERCOM) dan Digital Scene Matching Area Co-relation (DSMAC), yang menjadikannya sebuah senjata yang akurat dan tepat karena dapat mencapai target dengan akurat bahkan tanpa kehadiran navigasi GPS.

ISPR juga menyatakan bahwa “Sistem Senjata Babur merupakan kekuatan pengganda penting bagi pertahanan strategis Pakistan”.

Peluncuran tersebut disaksikan oleh Panglima Angkatan Bersenjata Pakistan, Jenderal Zubair Mahmood Hayat, pejabat senior dari Divisi Rencana Strategic, Angkatan Bersenjata Strategis, para ilmuwan dan insinyur dari organisasi strategis.

Jenderal Hayat mengatakan bahwa Babur akan dimasukkan dalam daftar pencegahan (detterence) negara.

Presiden dan Perdana Menteri Pakistan telah mengucapkan selamat kepada para ilmuwan dan insinyur pada perilaku sukses uji coba rudal hari Rabu (14/12/2016).

Sumber: Defense Aerospace

Tinggalkan komentar