Feb 042015
 
Rudal Ra'ad mampu membawa hulu ledak nuklir dan bisa terbang rendah mencapai jarak 350 kilometer di segala medan, ditembakkan dari jet tempur Mirage. (ispr.gov.pk)

Rudal Ra’ad mampu membawa hulu ledak nuklir dan bisa terbang rendah mencapai jarak 350 kilometer di segala medan, ditembakkan dari jet tempur Mirage. (ispr.gov.pk)

Islamabad – Pakistan melakukan uji coba rudal jelajah pembawa hulu ledak nuklir pada Senin (2/1), hanya selang beberapa hari setelah India menggelar pengujian serupa, menyiratkan kentalnya persaingan kedua negara dalam perlombaan senjara atom.

Diberitakan The Nation yang mengutip sayap media militer Pakistan, ISPR, rudal jelajah Ra’ad buatan dalam negeri itu mampu melesat hingga sejauh 350 kilometer dengan akurasi tingkat tinggi, setara dengan rudal jelajah Babur.

Rudal sepanjang lima meter dan berbobot 1.000 kg itu bisa terbang rendah dengan manuver tinggi di berbagai medan udara. Ra’ad yang juga dikenal Hatf VIII ini ditembakkan dari Jet Tempur Mirage milik Angkatan Udara Pakistan. Ini adalah merupakan uji coba keenam sejak 2007.

Menurut ISPR, teknologi jelajah yang dimiliki Ra’ad sangat canggih dan hanya dimiliki oleh beberapa negara saja. Direktur Jenderal Divisi Rencana Strategis Pakistan, Letjen Zubair Mahmood Hayat, mengatakan kesuksesan uji coba itu adalah pencapaian besar dalam upaya Pakistan membentuk sistem pertahanan maksimal.

“Pengujian ini bertujuan mewujudkan stabilitas yang strategis di kawasan,” kata Hayat.

Persaingan nuklir
Uji coba ini dilakukan hanya selang dua hari setelah India menguji rudal balistik Agni-V pembawa hulu ledak nuklir. Rudal India ini mampu mencapai jarak 5.000 kilometer hingga Tiongkok atau Eropa. Selain itu, Agni-5 diluncurkan dari truk peluncur, sehingga memiliki mobilitas yang tinggi.

Sejak berpisah tahun 1947, India dan Pakistan gencar berlomba kekuatan senjata nuklir. India sendiri telah rutin menguji senjata nuklir mereka sejak tahun 1998. Kedua negara menolak menandatangani Traktat Non-Proliferasi, NPT dan pakta internasional lainnya yang melarang pengembangan dan pengujian senjata nuklir.

India menganggap peraturan NPT mendiskriminasi mereka. Sementara Pakistan menegaskan tidak akan menandatangani NPT selama India menolaknya.

Laporan lembaga Dewan Hubungan Luar Negeri, CFR, November tahun lalu mengatakan persaingan kedua negara semakin kental, terlihat dari komposisi dan ukuran kekuatan nuklir Pakistan yang terus meningkat untuk menandingi kemampuan militer India yang juga bertambah.

Namun ahli nuklir dari Departemen Stabilitas Politik dan Strategi Nuklir di lembaga Pusat Energi dan Studi Keamanan, Naeem Salik menjelaskan pengujian India dan Pakistan tidak saling berkaitan.

Dikutip Dawn, Salik mengatakan, pemerintah Pakistan sejak tahun 1999 membuat kebijakan tidak akan balas-membalas uji coba dengan India. Buktinya, tahun lalu India melakukan 23 uji coba rudal, sementara Pakistan hanya tujuh. (CNN Indonesia).

Bagikan Artikel :

  21 Responses to “Pakistan Uji Rudal Jelajah Nuklir”

  1. ini baru negara yg sangar..udah mencapai tehnologi rudal. walo secara ekonomi payah..

  2. mantap

  3. Pakistan tuh deket pacitan..

  4. bisa nggak ya dapet teknologi Rudal begini dari Pakistan……?? Untuk mempercepat dan memutakhirkan produk Rudal Indonesia.

  5. Visi dan Misi petinggi2 pakistan berinovasi dengan produk2 teknologi nuklir,,,,, visi & misi petinggi2 kita memperkaya diri sendiri dan memperbuncit perut sindiri ………… ( sexy katanya ) ….. !!!

  6. Pencapaian tehnologi Pakistan luar biasa,mereka bisa mengkloning tomahawk yang sekarang masih diandalkan asu.Tehnologi Harpoon asu juga berhasil mereka upgrade ,yang sempat di marahi asu,walau rudal tsb di beli resmi Pakistan sebelumnya.Itulah kelemahan beli produk luar .Tehnologi mereka sangat menjanjikan bila kita bisa kerjasama dengan mereka.Tehnologi roket cair mereka sudah kuasai dengan sempurna sementara Lapan sampai saat ini masih belum berhasil.

  7. Itulah makanya visi dan misi jgn lihat malaysia dan singapura nanti langkahnya lambat selangkah semi selangkah cepat berpuas diri…..negara lain lari kencang dan kita selalu tertinggal, dan iri lihat turki, pakistan, korea, bahkan vietnam sekalipun dalam hal alutsita….arahnya jelas, mental korupsi jadi pangkal persoalan…..

  8. Kenapa kemampuan meng KLONING jadi penting ? karena bisa menghemat waktu pengembangan.Itulah yang di lakukan Pakistan,China.Dulu sebelum kita ngembangkan senapan seri SS.,sudah ada beberapa kali di bikin sendiri dan hasilnya produk yang banyak kelemahan.Setelah melakukan kajian Habibie berpendapat kalau kita mulai dari awal mengembangkan sendiri akan membutuhkan waktu yang panjang di putuskan terlebih dahulu melisensi dari luar baru kemudian di kembangkan sendiri dan hasilnya seperti yang kita lihat sekarang. Dan hal itu juga harusnya di ikuti Lapan,tirulah produk yang sudah ada minimal untuk struktur luar soalnya kita tidak punya laboratorium terowongan angin tingkat supersonic,yang ada baru untuk sub sonic.

  9. Indonesia ,, uji coba roket sedang di proses
    30 tahun kemudian
    Roket siap meluncur dalam jangkuan 10 km
    Bidik sasaran siaaap tembaaaak !!!
    Prajurit : Lapor capt roket kita nyasar !
    Capt : ya mbok di cari kalo nyasar” hadoeh,tepok jidat ,,

  10. Ironis, dulu militer kita di atas pakistan, kirim kapal selam buat bantu melindungi mereka, sekarang jauh ditinggal sama mereka, mereka bisa bikin nuklir, kita boro-boro nuklir, rudal aja masih belom kelar-kelar. Ngenes.com

  11. Walaupun dipandang sebelah mata dan kadang dicaci oleh forumer indonesia, JF 17 china/pakistan udah terbang dan produksi masal, sekarang sudah ditingkatkan ke block 3 (kalau sudah mampu membuat pesawat tempur walau “dianggap tertinggal”, tapi untuk pengembangan berikutnya tidak akan terlalu sulit)

    Bagaimana dengan negara kita indonesia tercinta?
    Bagaimana nasib KFX/IFX?

  12. Yang seperti ini TIDAK KENA EMBARGO? Mungkin kita bisa belajar kepada pakistan bagaimana membuat rudal nuklir + melakukan percobaan bom nuklir tanpa kena embargo.

  13. kapan giliran kita ? ..ga perlu pespur banyak cukup rudal dibanyakin buat menyerang dan bertahan

  14. WAJIB DITIRU…….

  15. selama para pemimpin kita lebih mentingin golongan nya sendiri ga bakalan maju nie bangsa…………………

    #gamalu ama kucing

 Leave a Reply