Aug 092016
 

Google tengah menjadi sorotan berbagai media di dunia terkait hilangnya negara Palestina dari aplikasi Google Map. Hal ini pun tak pelak memicu kemarahan berbagai kalangan, termasuk wartawan lokal Palestina. Menurutnya, langkah yang diambil Google tersebut seolah merupakan upaya memalsukan sejarah dan geografi.

netizen ikut mengecam keras aksi penghapusan Palestina dari Google Map

netizen ikut mengecam keras aksi Google Map

“Keputusan itu bertentangan dengan semua norma dan konvensi internasional dengan menyangkal Palestina terhadap hak untuk tanah air dan hanya dirancang untuk memalsukan sejarah dan geografi,” bunyi pernyataan Forum Wartawan Palestina (PJF).

Kelompok tersebut menuntut Google untuk mengembalikan nama Palestina sepenuhnya ke aplikasi Google Map dengan menunjuk semua wilayah Palestina yang kini diubah sebagai Israel.

Google memang terbukti mengganti nama sebagian wilayah yang diakui sebagai milik Palestina menjadi Israel. Kini, jika orang mengetik kata Palestina pada Google Map, maka yang langsung muncul adalah peta wilayah Palestina namun ditulis sebagai wilayah Israel.

“Ini merupakan bagian dari skema Israel untuk membangun namanya sebagai negara yang sah untuk generasi yang akan datang dan menghapuskan Palestina sekali dan untuk selamanya,” bunyi pernyataan Forum Wartawan Palestina (PJF) seperti dikutip dari Russia Today, Selasa (9/8/2016).

Menyusul kejadian tersebut, dunia maya langsung diramaikan dengan munculnya petisi online di Change.org, yang meminta Google untuk mengembalikan Palestina pada layanan Google Map. Hingga saat ini, lebih dari 150 ribu orang telah menandatangani petisi yang berjudul “Google: Masukan Palestina pada peta Anda” (Google: Put Palestine on your maps). Petisi ini menuduh Google telah terlibat dalam pembersihan etnis yang dilakukan pemerintah Israel terhadap Palestina baik sengaja maupun tidak sengaja. Petisi yang dipelopori oleh Zak Martin ini juga menilai upaya Google tersebut sebagai bentuk penghinaan yang keji bagi rakyat Palestina.

Saking marahnya, sejumlah netizen bahkan meramaikan media sosial dan mengancam akan memboikot mesin pencari Google dan beralih ke mesin pencari lainnya.

netizen boikot Google

Perusahaan raksasa internet asal Amerika Serikat itu memang diketahui telah melenyapkan Palestina dari Google Map sejak 25 Juli lalu. Google menghapus semua wilayah Palestina dan menggantinya menjadi wilayah Israel. Padahal, Palestina jelas merupakan sebuah negara di Timur Tengah yang kedaulatannya telah diakui oleh 136 negara anggota PBB sejak tahun 2012. Bendera Palestina bahkan telah dikibarkan pertama kali di markas PBB di New York, Amerika Serikat pada 30 September 2015.

Bagikan Artikel :

  40 Responses to “Palestina Hilang dari Google Map, Google Dinilai Terlibat dalam Pembersihan Etnis Palestina”

  1.  

    BEDEBAH

  2.  

    jancuk.asuuu.bedebah..

  3.  

    Tinggi tanggal mainnya.

  4.  

    dunia ni skrang takde keadilan..mereka2 ni semacam yg buatkan alam semesta..hinakanlah..historypun mereka nak kasih hilangkan..!

  5.  

    googlemapsdog

  6.  

    TERMASUK YG KOAR KOAR BOIKOT PRODUK ZIONIS ISRAEL DI HADAPAN PARA PEMIMPIN NEGARA OKI. SAMPAI SEKARANG TDK ADA BUKTINYA.

  7.  

    apakah masih ada petinggi google yang masih waras,kalau ada pasti mereka mengembalikan peta wilayah kedaulatan palestina di google map kalau tidak berarti mereka semua memang sudah sakit jiwa…

  8.  

    Yg sabar bung, kita2 pada masih membutuhkan google utk sgala keperluan, klo ditutup gmn? Ya kita tenang dulu, kita tunggu selanjutnya gmn…

  9.  

    Indonesia ga ngajak Google invest Di Indonesia kan?bisa bisa indonesia Di ilangin jg dr peta nya Google

    •  

      Lha presiden tempo kan hari plesiran ke tempatnya google ama facebook,kl nggak salah google malah ngasih aplikasi khusus ke presiden terkait ilegal fhising dn mengajak mereka investasi di negara kita…..

  10.  

    Yakin mo boikot Google…smartphone di Indonesia saja terbanyak pake mengunakan OS Android, yg kita tahu sendiri itu bagian dari Google…

  11.  

    Susah emang.. Mau boykot tapi hampir mustahil. Sementara ane nulis komentar ini pake produk Google juga. “Android + Google Chrome”.

  12.  

    What do you expect. .. Google kepunyaannya Amerika dan dunia juga mengakui kalo Amerika itu antek2nya zionis Israel
    Rese emang mereka

  13.  

    coba buka google earth..masih terlihat jelas kok palestina.ngono ae podo ribet kabeh.kooplaaakkk………

    •  

      Maap bang sarap..eh sarip…waktu sd belajar bahasa inggris kan?? Tau bedanya arti MAP sama EARTH..?
      Tau bedanya makna arti dari “peta” sama “bumi”..?
      Coba belajar lagi…kl sdh paham baru anda boleh berkata koplak buat org lain…salam..

  14.  

    lebih akurat google earth.disitu warung ‘cak jo‘ tetanggaku dodolan lontong balap terlihat jelas.walaupun di zoom dari ketinggian 300 meter.

  15.  

    bukan saja google & semua aplikasinya, seperti semua aplikasi medsos jg,, kita pakai aja semua itu utk menggalang kerukunan & kesatuan umat,, saling mengajak utk mengerjakan yg baik & menjauhi yg munkar,,, tentu ini akan berlawanan dgn maksud serta tujuan mrk, bilamana mmg semua ini ditujukan untuk meninabobokan, atau merusak moral penggunanya… tp memang, disadari atau tdk,, trik mrk berhasil.. generasi di era skrg, prilakunya sdh banyak yg keblinger akibat efek, penggunaan medsos dll secara berlebihan..

  16.  

    Waduh…
    Pertama kalinya dikecewakan Google, pdhal aplikasi yg sangat berguna buat ane…

    Baik dari search engine ampe android….

  17.  

    Gogol

  18.  

    Kita retas saja google map, ganti Israel jadi Palestina…kita hapus negara Israel dari google maps…pasti bisa…

  19.  

    Sepertinya, sesuai kebijakan negara, sepertinya pemerintah perlu “menghapus” google di Indonesia.

  20.  

    ujung2nya dajjal kalah kok

  21.  

    Kampret tu Google, mending ganti email lain saja untuk keperluan bisnis saya
    Baikoottt…..!!

  22.  

    Biar ajalah. Lawong yg punya kuasa aja pada diem. Wes terserah

  23.  

    Ya sudah, dihapus saja aplikasi Google dimasing masing Smartphone + komputer…
    Gak usah koar2..gak bakalan ditanggapin sama Google..buang2 energi, mending bahas Alutsista militer saja…ini forum militer bukan forum politik

  24.  

    #PALESTINA

  25.  

    karena bagsa selain bangsa yahudi atau yg tidak beragama Yahudi di sebut Goyim, bukan manusia.

    Jadi kita semua mereka anggap Goyim, maka segala bentuk protes akan di anggap sebagai suara non human. Padahal Allah telah menjuluki Yahudi sbg bangsa kera.

  26.  

    seperti sinetron mbah bowo dan keluarganya

    ha ha ha

  27.  

    Google asalnya dari negara mana? Lah negara tuh doyannya gimana thd negara lain…???

  28.  

    yakin mau boykott produk israel, produk medis banyak yg buatan sono lho, flashdisk juga ciptaan mereka. lagian juga israel kan menangin perang arab israel 1&2, yah kayak biasalah, ngambil wilayah negara yg kalah…..

    sekarang yang ngelawan israel cuma pelestina(hamas & hesbullah), padahal yang di perang arab israel mesir&suriah yang merangin israel besar besaran udah kalem, wilayah mesir sama suriah banyak lho yang diambil…. apa perlu dibuat kayak mesir?sampe 85% militernya ancur. 4 negara arab yg disokong soviet sampe nurunin penasehat lapangan, lawan 1 negara yang alutsistanya kebanyakan barang PD 2 yang dimodif, tampa bantuan sekutu…. hmm what agreat war by the one that chosen by god

  29.  

    Israel jelas bayar mahal ke google nih.. milyaran dolar mungkin utk sebuah tindakan menghapus nama negara di peta

    solusinya, para pendukung palestina perlu menggelorakan map tandingan

  30.  

    Mari kita uninstall browser google bersama2

 Leave a Reply