JakartaGreater.com - Forum Militer
Nov 202014
 
Rusia pamerkan mock up kapal selam dalam Indo Defence 2014 di Jakarta

Rusia pamerkan mock up kapal selam dalam Indo Defence 2014 di Jakarta

Letaknya yang strategis dan diapit teluk-teluk dalam, Kota Palu dicanangkan menjadi Kota Pangkalan Kapal Selam Indonesia, sejak era Presiden RI pertama, Bung Karno. Ketika itu, Indonesia memesan 12 kapal selam dari Uni Soviet.

Menurut Sumarkidjo Atmadji dalam buku Mission Acomplish, Teluk Palu yang dahulu dikenal dengan sebutan Teluk Peleng, merupakan tempat berlabuhnya empat kapal selam Indonesia dari Uni Soviet untuk menjalankan operasi Trikora, membebaskan Irian Barat dari Belanda.

Keempat kapal selam itu ialah KRI Cakra, KRI Nanggala, KRI Bramasta, dan KRI Tjandrasa. Namun, keberadaan Teluk Palu memang tidak pernah tercatat dalam buku sejarah. Rencana sejak zaman Bung Karno itu kembali diteruskan oleh TNI AL saat ini.

Sejak awal 2012, pembangunan pangkalan khusus kapal selam di Teluk Palu telah dimulai dan tahun 2013, pembangunan mencapai 90 persen. Dari hasil pembangunan itu, dua kapal selam Indonesia sudah bisa dirapatkan di sana.

Sementara itu, Kasal Laksamana TNI Marsetio, menuturkan, sebanyak 12 kapal selam akan didatangkan ke Indonesia dari Korea Selatan. Dalam program itu, setengahnya dikerjakan di Indonesia.

Pangkalan kapal selam TNI AL berada di lahan seluas 13 hektar di Kelurahan Watusampu, Kota Palu, itu sangat strategis untuk pengamanan wilayah NKRI, terutama Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II Selat Makassar hingga ke perbatasan dengan negara tetangga Malaysia di Laut Sulawesi.

Miniatur Poros Maritim
Rencana itu tentunya membuat bangga masyarakat Palu. Kota mereka akan menjadi pusat kekuatan kapal selam Indonesia. Ketua Lembaga Kajian Maritim dan Perikanan Universitas Al-Khairat Palu, Gafur, mengungkapkan keunggulan Palu sebagai basis pertahanan laut.

“Palu sangat cocok sebagai tempat pangkalan kapal selam, karena memliki teluk yang dalam dan terselubung, dan berada di beberapa palung dan pulau-pulau kecil,” kata Gafur.

Selain itu, Gafur menambahkan, keberadaan pangkalan kapal selam ini akan menjadi security belt di kawasan Indonesia Timur.

“Saat ini, di wilayah Palu khususnya, dan Indonesia Timur pada umumnya, sering terjadi gangguan keamanan, seperti teroris, separatis, illegal fishing, illegal logging, penyelundupan, dan narkoba. Semoga keberadaan pangkalan itu akan membuat kegiatan-kegaiatan itu menurun drastis,” ujarnya.

Lebih lanjut, Gafur menuturkan, Palu akan menjadi miniatur Poros Maritim Indonesia jika ditinjau dari potensi domain maritim terkait penguatan pertahanan maritim dan jalur perekonomian Sulawesi.

“Palu memiliki banyak potensi maritim. Saat ini, upaya pembangunan masyarakat pesisir dan perikanan semakin baik di Palu. Ditambah dengan pembangunan pelabuhan dan dermaga sudah menjadikan Palu sebagai jembatan antara Sulawesi Selatan ke Sulawesi Utara. Lalu dengan adanya pangkalan kapal selam dalam aspek pertahanan semakin memenuhi unsur-unsur poros maritim itu, yang kita lihat dari domain-domainnya,” tandasnya. (JurnalMaritim.com).

Berbagi

  63 Responses to “Palu, Cikal Pusat Kekuatan Kapal Selam RI”

  1.  

    Lontong lagi hehehe

    •  

      selamat bung wisanggeni…. kalah loading saya….hehee

    •  

      hayoo sudah hapal belum jalur ALKI

      kita punya dua selat yang sangat strategis dan menjadi jalur lalu lintas utama pelayaran dari Samudera Indonesia ke Samudera Pasifik, yaitu Selat Sunda dan Selat Lombok.
      Selat Lombok ini berlanjut ke Selat Makassar sampai Laut Sulawesi.

      Konon di Selat Lombok dan Makassar inilah yang rawan penyusupan kasel asing karena lebih dalam dibanding Selat Sunda.

      Dibangunnya pangkalan Kasel di Teluk Palu (Selat Makassar) tentu sangat strategis untuk mencegah penyusupan kasel asing. Tentunya jika armada kasel kita lebih dari dua biji.

      Saya yakin, jika dibangun pangkalan kasel di situ tidak akan ada Scorpene, Collins ataupun Kilo yang berani mondar-mandir di dalam laut.

      (Kapal selam boleh melintas di ALKI selama ia berlayar di permukaan dan mengibarkan bendera. Itu dijamin dalam UNCLOS).

      ALKI
      http://3.bp.blogspot.com/-fSo0X4kkpCM/TZ8LbFBhOuI/AAAAAAAAAEA/Vor1qlD94qA/s1600/peta_indonesia_20021.jpg

      •  

        bung xtrada salam kenal, saya mengkomen pendapat anda masalah menko dalam kasus penenggelaman kapal di no 51, saya minta pendapat bung xtrada.

        salam bung

      •  

        Assalamualaikum wr.wb..
        saya ngarang indah saja ya imo
        untuk membuat suatu peraturan tentunya perlu persetujuan dari pemimpin tertinggi serta dari masyarakat yang dikenai serta yang melaksanakan peraturan itu sendiri.
        kita bisa membuat seperti deklarasi juanda namun perlu dukungan organisasi negara-negara atau negara-negara peserta.
        kenapa kita lakukan itu? karena kita bagian dari dunia atau lebih dikenal dengan nama lain bumi wuehehehe :mrgreen:
        sedangkan sistem tertinggi yang kita ketahui saat ini adalah organisasi-organisasi yang menaungi beberapa negara. (perseorangan—>lebih tinggi kelompok—->lebih tinggi masyarakat—->lebih tinggi kepala daerah —–> sampai negara stop disini batasan otoritas yang kita miliki saat ini namun masih ada yang lebih tinggi lagi yaitu peraturan dunia/persatuan negara-negara)
        mungkin begini UNCLOS diterapkan pada negara-negara yang mengikutinya atau meratifikasinya, dan kenapa kita harus mengikutinya?
        “karena kita tidak punya kekuatan untuk menggerakkan dunia baik dalam organisasi sistem maupun dalam segi kenegaraan seperti ekonomi militer budaya ilmu pengetahuan dan lain sebagainya”
        namun Indonesia mempunyai sejarah tentang potensi kekuatannya dimana seinget saya di jaman presiden Soekarno dulu pernah membentuk organisasi-organisasi tandingan yang membuat dunia mengikuti keinginan kita dan lebih hebatnya lagi peserta organisasi tersebut mempunyai kekuatan tawar dunia yaitu unisoviet :mrgreen:
        ini menunjukkan bahwa kita dapat menghimpun negara-negara :mrgreen:
        inilah pentingnya diplomasi ya kira-kira begitu.

        kalau salah ya maaf 😀
        maaf oot 😀

      •  

        Assalamualaikum wr.wb..
        saya ngarang indah saja ya imo
        untuk membuat suatu peraturan tentunya perlu persetujuan dari pemimpin tertinggi serta dari masyarakat yang dikenai serta yang melaksanakan peraturan itu sendiri.
        kita bisa membuat seperti deklarasi juanda namun perlu dukungan organisasi negara-negara atau negara-negara peserta.
        kenapa kita lakukan itu? karena kita bagian dari dunia atau lebih dikenal dengan nama lain bumi wuehehehe :mrgreen:
        sedangkan sistem tertinggi yang kita ketahui saat ini adalah organisasi-organisasi yang menaungi beberapa negara. (perseorangan—>lebih tinggi kelompok—->lebih tinggi masyarakat—->lebih tinggi kepala daerah —–> sampai negara stop disini batasan otoritas yang kita miliki saat ini namun masih ada yang lebih tinggi lagi yaitu peraturan dunia/persatuan negara-negara)
        mungkin begini UNCLOS diterapkan pada negara-negara yang mengikutinya atau meratifikasinya, dan kenapa kita harus mengikutinya?
        “karena kita tidak punya kekuatan untuk menggerakkan dunia baik dalam organisasi sistem maupun dalam segi kenegaraan seperti ekonomi militer budaya ilmu pengetahuan dan lain sebagainya”
        namun Indonesia mempunyai sejarah tentang potensi kekuatannya dimana seinget saya di jaman presiden Soekarno dulu pernah membentuk organisasi-organisasi tandingan yang membuat dunia mengikuti keinginan kita dan lebih hebatnya lagi peserta organisasi tersebut mempunyai kekuatan tawar dunia yaitu unisoviet :mrgreen:
        ini menunjukkan bahwa kita dapat menghimpun negara-negara :mrgreen:
        inilah pentingnya diplomasi ya kira-kira begitu.

        ingat kekuatan daya tawar. seberapa persenkah kita sudah mandiri?
        apakah kita sudah dapat memenuhi semua kebutuhan kita?
        china dan amerika walaupun militernya bisa dikatakan dapat menggerakkan dunia (tapi tidak menggentarkan lo :mrgreen:) tapi masih saja tunduk pada aturan dunia.
        “mereka punya kekuatan daya tawar” yang sangat besar yang “membuat mereka menjadi pemimpin dunia” (untuk sementara waktu) yang sering kali bertindak semenang-menang, namun tetap saja mereka takut bilamana mereka di gempur oleh beberapa negara sekaligus.

        kalau salah ya maaf 😀
        maaf oot 😀

  2.  

    numero uno…

    •  

      Itu pak kasal marsetio bilang akan di datangkan 12 kapal selam ke indonesia dari korea selatan…bukannya order kapal selam ke korsel cuman 3 y…2 di buat di korsel dan satu di pt.pal…wah wah wah lidah keseleo atau ada order baru lagi y pak kasal?…hehehehe di tunggu lontongnya pak…

  3.  

    IMHO

  4.  

    mantaff nie d teluk palu..

  5.  

    Tess..

  6.  

    alhamdulillah 50 besar

  7.  

    Bakal jadi rumahnya borey,yasen,oscar,siera,typhon,akula, kilo, delta, n lada mantab jayalah indonesiaku mantabbbb

  8.  

    Nongkrong 6 kasel disana

  9.  

    Sepertinya kalau di teluk Palu, spacenya kurang, secara armada kasel Indonesia kan tidak sedikit. ga muat. kalau berjubel nanti susah gerak keluar pangkalan.

  10.  

    Sementara itu, Kasal Laksamana TNI Marsetio, menuturkan, sebanyak 12 kapal selam akan didatangkan ke Indonesia dari Korea Selatan. Dalam program itu, setengahnya dikerjakan di Indonesia.

    Yang dari rusia berapa ya kilo dan amur

    Salam NKRI

  11.  

    “Sementara itu, Kasal Laksamana TNI Marsetio, menuturkan, sebanyak 12 kapal selam akan didatangkan ke Indonesia dari Korea Selatan. Dalam program itu, setengahnya dikerjakan di Indonesia.” .. lha bukannya proyek Changbogo cuman 3 kasel yah ? :mrgreen:

    •  

      ya itulah bung pojokunduh hebatnya strategi TNI dalam hal informasi Alutsista.. butuh penfsiran dan logika yang kuat karena semua info Alutsista akan dibuat abu abu.. kadang peryataan inipun bisa sebagi tindakan inteljen dan kotra inteljen TNI biar bisa mempengaruhi / menggiring pola kebijakan setrategi pertahanan negara asing untuk menghadapi strategi pertahanan indonesia sehingga umpan balik ini kita bisa menebak arah strategi militer lawan..

      yang jelas info alutsista akan tetap dibikin abu abu..
      banyak sekali rumus penafsiran/ cara penghitungan alutsista yang dibuat oleh warga JKGR seperti : kita akan mendatangkan KS Kilo dari Rusia = KS Sudah dibeli dimari, dll… he.he..

    •  

      mungkin akuisisi ks bekas sk kali bung

    •  

      maksudnya 1 + 2 KS dari korea selatan :mrgreen:

  12.  

    Ruar Biasa………..

  13.  

    Berita lontong
    Tp ndan ps dah jarang nongol
    Bakar menyan jg blum tentu muncul dr pertapaannya?
    Ndan ps muncul lah

  14.  

    Ada Warjager dari Palu gak?

  15.  

    Hmmm kaLau ingat PaLu ingat sop KaLedo….. , ada kecepLosan di atas yaaa he he :mrgreen:

  16.  

    ndan PS muncul dong

  17.  

    TGL 15 nanti indonesia akan kedatangan kapal selam nuklir dari rusia…. sudah 3 hri ini setiap mlm aku ngipi truss….

  18.  

    Masih kalah euy sama pangkalan ojeg di Sepanggar……

  19.  

    lontongnya harus di isi ma palu yg benar benar dahsyat,sekali tepok berantakan bagi yg coba masuk ALKI tanpa izin

  20.  

    Cakra sakit, nanggala khusus buat latihan. Nah diluar itu ada 636 second 2 biji . Dan 878 new.

  21.  

    Mas preman apa mungkin ini bawaan bocoran List 1 bung naraya…sampe kebawah mimpi 😀

    •  

      bisa jadi begitu dek soto lamongan anda pasti bisa intropeksi sendiri…

      Segala sesuatu hal apapun yg masih rencana dan belum kita pegang atau lihat dengan mata sendiri itu masuk dalam golongan angan2/khayalan

  22.  

    Sementara itu, Kasal Laksamana TNI
    Marsetio, menuturkan, sebanyak 12 kapal
    selam akan didatangkan ke Indonesia dari
    Korea Selatan. Dalam program itu,
    setengahnya dikerjakan di Indonesia.

    ternyta bkn cm 3 changbogo yg akan meronda d lautan nusantara ini…
    salam buat bung PS…. sudilah kiranya hadir lg d warjag ini…
    bakar menyan dulu ah. ..hheee

    •  

      tidak semudah itu…. bertempur diatas wilayah udara Indonesia, singapura harus mewaspadai juga sistem pertahanan permukaan ke udara yang dimiliki oleh TNI, bukankah informasi tentang hal ini adalah rahasia dan sengaja dikaburkan?

    •  

      Diskenario tersebut di atas, TNI lemah banget dengan seabreg aset yang dimiliki (yang diketahui oleh banyak pihak). Seandainya ada aset lain yang memang dalam posisi ready to war dan jenis dan typenya rahasia, mungkin hasilnya tidak semudah itu. Benar seperti bung @kobu bilang, tidak mudah menaklukan Indonesia dalam sekali serang. Misalkan bisa menghancurkan Indonesia, saya rasa negara tersebut juga luluh lantak. Indonesia tidak selemah yang terlihat.

    •  

      Assalamualaikum wr.wb.
      imo
      di dalam sebuah kemenangan perlu persetujuan dari rakyat di wilayah tersebut untuk mempertahankan wilayah tersebut.
      intinya perlu sebuah pertahanan setelah kemenangan jika rakyat tidak rela maka yang muncul adalah geriliya tentara rakyat.
      untuk mengatasi hal tersebut maka diperukan upaya adu domba untuk tetap wilayah tersebut dalam kendali kita, layaknya setelah pendudukan amerika di negara-negara yang di invasinya mesti muncul kelompok radikal dimana untuk mempertahankan wilayah pendudukannya.
      namun jika tidak berhasil ya maka jadinya seperti israel seragan demi serangan terus berlangsung, dimana gagal dalam memecah palestina menjadi hamas dan fatah.

      yang perlu diperbaiki sekarang yaitu bentrok TNI POLRI

      kalau salah ya maaf 😀
      maaf oot 😀

  23.  

    kabar baik nung @surya, lama tidak bersua, berapa hari ya kena tos-tosan? gpp lah, ada sumber lain yang masih bisa diakses selain dari bung @Surya. Selamat bergabung kembali di Warjag.

  24.  

    “Sementara itu, Kasal Laksamana TNI Marsetio, menuturkan, sebanyak 12 kapal selam akan didatangkan ke Indonesia dari Korea Selatan”

    di tambah rencana pembelian

    Sierra II SSGN 2 1-2015, 1-2016 –
    Yassen class SSN 3 2-2017, 1-2018 –
    Borey class SSBN 2 1-2018, 1-2019 –
    Kilo 636 class SSK 10 3-2014, 3-2015, 4-2016 –
    Amur 950/1650 class SSK 6 2-2014, 2-2015, 2-2016 VLS Klub S
    U214/212 class SSK 3 3-2014 –
    Changbogo class SSK 24 1-2015, 4-2016, 5-2017, 5-1018, 5-2019, 4-2020 –

    klo semua jadi tambah sangar aja siluman laut di indonesia…
    mantabbb … 😀

  25.  

    😉

  26.  

    artikel e asu iku….dancuk….meremehkan tni dan rakyat indonesia…!!!!

  27.  

    Teluk Palu secara georafis sangat menguntungkan dari segi pertahanan. Ujung/pintu masuk Teluk Palu dapat di instalasi meriam pantai dan misil/rudal pertahanan pantai terintegrasi. Posisinya langsung berhadapan dengan ALKI II dan memang kondisinya adalah laut dalam.

    Pangkalan TNI AL Teluk Palu dirancang sebagai pangkalan AL tercanggih dan terbesar setelah Dermaga Ujung Surabaya. Dan akan menjadi pangkalan KS TNI AL terbesar dengan jumlah KS yg bisa sandar melebihi 1 armada. Dengan adanya pangkalan ini diharapkan menjadi unsur utama dalam pencegahan illegal sailing/pass dalam wilayah ALKI II dimana terdapat 3 choke point di wilayah ini. Choke point pertama adalah Nunukan, kemudian Teluk Palu serta terakhir adalah Makassar.. Maka terwujudlah “lorong gelap mematikan” di wilayah ini.

    Masalah jumlah KS yg disebutkan KSAL, saya berpikir apa salahnya kita memiliki KS CBG Class sebanyak 12, wajar2 saja karena wilayah perairan kita memang luas dan butuh armada yg cukup, di tambah dengan pengadaan KS dari Rusia dan Germany.

    Untuk setiap Kapal perang atau KS negara lain yg melalui ALKI harus memberitahu dan memiliki clearance pass untuk lewat, dan harus mematikan radar Search and Track dan hanya boleh menghidupkan radar navigasi. Sedangkan KS harus berlayar diatas permukaan dan memberitahu untuk melintas ALKI. Kalau tdk berlayar di permukaan, akan di “hunting” dan kemudian akan dipaksa untuk ke permukaan dan menjelaskan maksud mereka berlayar di kedalaman.

  28.  

    Masih penasaran nih sama lokasinya, yang diluar lngkun sulawesi tenggara atau yang di dalam belalali sulawesi utara?

    •  

      palu cocok simpan 6 KS untuk wilayah tengah ……. padang dan pekanbaru @ 3 KS wilayah barat ………… surabaya 6 KS untuk wilayah timur………. pas minimal 18 unit …

 Leave a Reply