Oct 092018
 

Kegiatan Pameran tersebut dibuka untuk masyarakat umum dalam rangka Pengenalan Alutsista kepada Masyarakat dan Generasi Muda untuk lebih mendekatkan hubungan antara Masyarakat dengan Prajurit TNI.

Semarang, Jakartagreater.com  –  Stand Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Semarang-Lantamal V turut menyemarakkan Pameran Alutsista TNI dalam rangka HUT ke-73 TNI tahun 2018 pada Sabtu dan Minggu (6-7 Oktober 2018) di Kota Semarang yang digelar di gedung Eks Bandara lama Ahmad Yani Semarang.

Kegiatan Pameran tersebut dibuka untuk masyarakat umum dalam rangka Pengenalan Alutsista kepada Masyarakat dan Generasi Muda untuk lebih mendekatkan hubungan antara Masyarakat dengan Prajurit TNI.

Kegiatan yang di buka oleh Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto, S. Sos., M. Si. usai memimpin upacara HUT TNI di Pangkalan Udara TNI AD (Lanumad) A. Yani Semarang tersebut mendapat apresiasi yang sangat tinggi dari masyarakat Kota Semarang dan sekitarnya. Terbukti sejak di buka pada tanggal 5-10- 2018 yang lalu terus dibanjiri pengunjung.

Bahkan memasuki hari terakhir pelaksanaan pameran yang bertepatan pada hari Minggu, puluhan ribu pengunjung berbondong-bondong ingin melihat dari dekat Alutsista yang dimiliki oleh TNI. Terlihat mulai dari Balita hingga Lansia dari berbagai kota di Jateng rela mengantri untuk bisa sampai arena pameran.

Tak kalah serunya Stand dari Pangkalan TNI AL (Lanal) Semarang juga tak luput dari sasaran pengunjung guna melihat dari jarak dekat peralatan yang dimiliki oleh TNI AL. Beberapa peralatan yang digelar di stand Lanal antara lain beberapa baju seragam khusus yang dimiliki TNI AL, baju pemadaman kebakaran, perlengkapan alat selam.

Juga ditampilkan beberapa miniatur KRI dari berbagai jenis, perlengkapan peta, teropong, serta buku-buku publikasi/referensi tentang angkatan laut.

Dalam pameran Alutsista kali ini Kormar turut berpartisipasi dengan mendatangkan material tempur dari Pasmar 2 Surabaya, yang menghadirkan untuk memajang material tempur seperti tank BTR, LVT-7, Roket miltilaras, truk dapur lapangan, sea rider dan juga persenjataan organik yang dimiliki Marinir.

Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta-Lantamal V turut serta dalam Pameran Alat Utama Sistem Senjata Tentara Nasional Indonesia (Alutsista TNI) wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di shelter Delta Lanud Adisutjipto dibanjiri pengunjung pada Sabtu dan Minggu kemarin.

Acara tersebut digelar dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI Ke-73 Tahun 2018 dengan tema “Profesionalisme TNI Untuk Rakyat”. Upacara resmi pembukaan pada Sabtu pagi oleh Gubernur Akademi Angkatan Udara (AAU) Marsda TNI Sri Mulyo Handoko, S.Ip, M.AP.

Tampak hadir Ketua DPRD DIY Ir. Yorke Agung Laksono, Danrem 072/Pmk Brigjen TNI M. Zamroni, S.Ip, Danlanud Adisucipto Marsma TNI Ir Teddy Rizalihadi, S.Ip, Kapolda DIY Brigjen Pol Drs. Ahmad Dofiri, Danlanal Yogyakarta Kolonel Laut (P) Arya Delano, S.E, M.Pd, para ketua elemen masyarakat serta Ibu Dharma Pertiwi Daerah D wilayah DIY.

Stand pameran Lanal Yogyakarta dengan Ketua Koordinator Komandan Detasemen Polisi Militer (Dandenpomal) Mayor Laut (PM) Adhi Kurnianto mengusung konsep Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT).

Terdiri dari unsur Kapal Perang Republik Indonesia (KRI), Pesawat Udara (Pesud), Marinir dan Pangkalan menampilkan berbagai jenis persenjataan baik senjata ringan personel sampai dengan torpedo anti kapal selam, replika KRI berbagai tipe serta Rantis dan Ranpur dari Komando Pasukan Katak (Kopaska) dan Korps Marinir sukses dibanjiri ribuan masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya.

Dalam kesempatan meninjau pelaksanaan pameran stand Lanal Yogyakarta, Danlanal Yogyakarta menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh personel dalam menyiapkan stand pameran dengan baik.

Pengunjung tidak hanya bisa foto bersama personel berseragam dan bersenjata lengkap ala Marinir dan Pasukan Katak saja, namun warga Yogyakarta dapat menyaksikan langsung peralatan tempur Marinir antara lain tank amphibi BMP 3F, panser amphibi LVTP 7, roket vampire RM 70 -40 laras serta diberikannya kesempatan merasakan ikut naik tank dan panser berkeliling sekitar area pameran, hal ini bagi warga Yogyakarta merupakan moment langka dan sangat memberikan kesan positif dalam ikut merayakan peringatan HUT TNI Ke-73 ini.

Rangkaian kegiatan pameran alutsista TNI wilayah Yogyakarta berlangsung dengan sukses dan aman. Beberapa moment positif dicapai Lanal Yogyakarta antara lain pada upacara resmi pembukaan dilaksanakannya Joint Ride pejabat TNI dan SKPD DIY menggunakan Ranpur tank dan panser amphibi Marinir berkeliling dihadapan peserta upacara.

Beberapa hal positif dicapai tersebut diharapkan dapat meningkatkan kebanggaan dan citra bagi TNI/TNI Angkatan Laut khususnya Lanal Yogyakarta sesuai tema HUT TNI “Profesionalisme TNI Untuk Rakyat”. (Penerangan Lantamal V).

 Leave a Reply