Feb 142018
 

Upacara pembukaan Latma Cobra Gold 2018 dihadiri antara lain Duta Besar Indonesia untuk Thailand yang di wakili oleh Konselor Fungsi Politik Abdullah Zulkifli pada Selasa 13 Februari 2018 di Navy Airbase, U-Tapao, Povinsi Rayong, Thailand.

Thailand, Jakartagreater.com – Latihan Bersama (Latma) Multilateral Cobra Gold 2018 ke-37 resmi dibuka oleh Pangab Thailand General Thanchaiyan Srisuwan didampingi oleh Duta Besar Amerika Serikat untuk Thailand Glyn Townsend Davies dan III Marine Expeditionary Force Commander Lieutenant General Lawrence D. Nicholson pada Selasa 13 Februari 2018 di Navy Airbase, U-Tapao, Povinsi Rayong, Thailand.

Upacara pembukaan Latma Cobra Gold 2018 dihadiri antara lain Duta Besar Indonesia untuk Thailand yang di wakili oleh Konselor Fungsi Politik Abdullah Zulkifli, Duta Besar Malaysia untuk Thailand Dato’ Nazirah binti Hussain, Pejabat Kedutaan Singapura, Jepang dan Korea Selatan untuk Thailand.

Dalam Sambutannya Pangab Thailand General Thanchaiyan Srisuwan menyampaikan bahwa Latma Cobra Gold merupakan latihan terbesar di Asia Tenggara dan merupakan simbol dari persahabatan para negara-negara peserta. Pelaksanaan Latihan Cobra Gold 2018 berlangsung dari tanggal 13 s.d. 23 Februari 2018 yang diikuti 7 negara peserta, yaitu Amerika Serikat, Thailand, Indonesia, Jepang, Korea Selatan, Malaysia dan Singapura.

Tujuan latihan ini adalah untuk meningkatkan kerja sama militer berbagai negara dalam rangka operasi militer selain perang khususnya operasi perdamaian dunia dan bantuan kemanusiaan serta peningkatan hubungan persahabatan antar negara yang terlibat dalam latihan.

Pelaksanaan Cobra Gold (CG) 2018 dilaksanakan kegiatan antara lain: Pembukaan, Senior Leader Seminar (SLS), Table Top Exercise (TTX) dan Health Symposium, Command Post Exercise (CPX) Staff Exercise (Staffex). Selain itu digelar pula kegiatan Humanitarian Assistance Disaster Relief (HADR) dan Health Symposium, Combined Arms Live Fire Exercise (CALFEX) dan Engineering Civic Action Program (ENCAP) atau program di bidang teknik konstruksi.

Secara umum skenario latihan bersama direncanakan adalah :

  1. Operasi keamanan maritim.
  2. Operasi anti terorisme di laut,.
  3. Perlindungan terhadap jalur pelayaran dan perdagangan maritim.
  4. Anti pembajakan dalam pelayaran yang digelar di daerah sekitar kepulauan Pasifica (pulau fiksi/simulasi).
  5. Dilanjutkan penanganan pengungsi dengan operasi bantuan kemanusiaan pasca perang,
  6. Di dalam skenario latihan tersebut juga akan dilatihkan adanya ancaman cyber/siber terhadap jaringan (network) yang dimiliki oleh kekuatan pasukan multinasional.

Delegasi Indonesia yang tergabung dalam Latma Cobra Gold 2018 dipimpin oleh Kolonel Laut (P) Robert Hasudungan Marpaung yang berjumlah 51 personel dan terdiri dari :

  1. Senior Leadership Seminar 1 personel.
  2. TTX and Health Symposium  personel.
  3. HADR and Health Symposium 1 personel.
  4. Multinational Component Force 12 personel.
  5. Staff Exercise (Staffex) 18 personel.
  6. Engineering Civic Action Program (ENCAP) 5 personel.
  7. Combined Arms Live Fire Exercise (Calfex) 11 personel.

(Puspen TNI)

Bagikan :

  5 Responses to “Pangab Thailand Buka Latihan Bersama Cobra Gold 2018”

  1.  

    pertomox

  2.  

    Ada yang bisa menjelaskan bung kenapa kita masih pake camo yg lama (bukan camo digital). Dimana negara lain sdh banyak yang menggunakan dan terlihat lebih modern.

 Leave a Reply