JakartaGreater.com - Forum Militer
Mar 042018
 

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto,menambahkan, TNI akan menggelar pasukan khususnya di wilayah Maluku dan akan ada pembangunan Pangkalan Batalyon Komposit di Pulau Yamdena dan Pulau Morotai.

Ambon, Jakartagreater.com – Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto, didampingi oleh Asintel Kasdam XIV Kolonel Inf R.Suranto, Asops Kasdam XVI Kolonel Inf Eppy Gustiawan,Sip dan Danpomdam XVI Kolonel Cpm Widyo Wahyono, beserta rombongan tiba pada Kamis 1 Maret 2018 pagi di Bandara Udara Mathilda Batleyeri Jln. Mangkawar Desa Lorulun Kec. Wertamrian Kab. Maluku Tenggara Barat (MTB).

Pangdam XVI/Pattimura beserta rombongan disambut di ruang transit Bandar Udara Mathilda Batlayeri oleh :

  1. Danrem 151/Binaiya (Kolonel Inf Christian Kurnianto Tehuteru.
  2. Dandim 1507/Saumlaki Letkol Inf Ryan Heryawan.
  3. Danlanal Saumlaki Letkol Laut (P) Edi Krisdianto.
  4. Kapolres MTB AKBP Raymundhus Andhi Hedianto,S.Ik.
  5. Perwakilan Satradar 245/Nifmasbulur Mayor Lek Andhika Ari.W.
  6. Danyonif 734/SNS Mayor Inf Christian Mario Noya.
  7. Wakapolres MTB Kompol S.Melsasail.
  8. Kasdim 1507/Saumlaki Mayor Inf La Wiriadi S,ST.
  9. Dansub Denpom XVI 2-3/Saumlaki Kapten Cpm Ronnie WB.
  10. Wakil Bupati MTB Agustinus Utuwally, S.Sos.
  11. Asisten 3 Sekda MTB Reinhard Matatula.
  12. Kabag Umum Pemda MTB Rano Titirloloby.

Kunjungan kerja Pangdam XVI/Pattimura beserta rombongan di wilayah Maluku Tenggara Barat dalam rangka meninjau lokasi pembangunan Satuan Militer yaitu Batalyon Komposit di Desa Lorulung dan Desa Lauran Kec. Wertamrian Kab. MTB.

Sebelum meninjau lokasi, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto, beserta rombongan menuju Makoyonif 734/SNS dan memberikan pengarahan kepada Prajurit dan PNS kodim 1507/Saumlaki, Yonif 734/SNS, Subdenpom XVI/2-3 Saumlaki dan Satgas Pam Rahwan Yonif Raider 515/UTY Kostrad (dari Tanggul Jember Jawa Timur).

Setelah memberikan pengarahan, Pangdam beserta rombongan melaksanakan peninjauan lokasi pembangunan Satuan Militer dan melaksanakan tatap muka dengan masyarakat Desa Lorulun Kec.Wertamrian Kab.MTB. Pangdam XVI/Pattimura melakukan peninjauan lokasi lahan Batalyon Komposit dengan melihat sket foto udara lokasi lahan Lauran yang telah disiapkan oleh Kodim 1507/Saumlaki.

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto juga meninjau sket rencana pembangunan Site Plan Rai Armed dan Rai Arhanud di Desa Lauran, meninjau Peta Maluku khususnya wilayah Maluku Tenggara Barat Saumlaki dan meninjau lokasi lahan Lauran melalui layar LCD dengan menggunakan Drone.

Dalam melaksanakan serangkaian kunjungan kerja tersebut, Pangdam beserta rombongan juga turut menghadiri jamuan makan malam oleh Pemda MTB yang bertempat di Resto Hotel Beringin Dua Jln. Mathilda Batleyeri, Desa. Sifnana Kec. Tansel Kab. MTB.

Assisten Bidang Administrasi Setda MTB Bpk. R. Matatula, dalam sambutanya mengatakan Pemda MTB dan masyarakat menyambut Pangdam XVI/Pattimura bersama rombongan dengan rasa gembira karena sudah berkunjung di Kab. MTB, mengingat Kab. MTB merupakan Kabupaten paling Selatan dan terluar dari wilayah Prov. Maluku.

Kabupaten Maluku Tenggara Barat yang merupakan daerah kepulauan dengan jumlah pulau sebanyak 126 pulau, jumlah penduduk 122.337 jiwa dengan 5 bahasa daerah dan secara administrasi wilayah kab. MTB terdiri dari 10 Kecamatan, 80 Desa 1 Kelurahan.

”Kami harapkan kedatangan Pangdam XVI/Pattimura bersama rombongan agar dapat membantu Pemda MTB untuk bersama-sama mewujutkan MTB yang sehat, cerdas, berwibawa dan mandiri”, Ujar Matatula.

Pangdam dalam sambutannya mengatakan, bahwa tujuan Pangdam berserta rombongan berkunjung ke wilayah MTB dalam rangka mengecek dan meninjau lokasi pembangunan Batalyon Komposit sekaligus melaksanakan Perintah Panglima TNI untuk menyampaikan kepada seluruh anggota TNI agar menjaga Sinergitas TNI/Polri.

Lebih lanjut Pangdam menambahkan, dalam waktu dekat, TNI mempunyai rencana strategis untuk menggelar pasukan khususnya di wilayah Maluku dan akan ada pembangunan Pangkalan Batalyon Komposit di Pulau Yamdena dan Pulau Morotai, mengingat daerah tersebut merupakan daerah perbatasan langsung.

“Kami ucapkan terimakasih kepada masyarakat Desa Lorulun dan Desa Lauran karena sudah ikhlas telah bersedia melepaskan tanahnya untuk dibangun pangkalan TNI, kami berharap kehadiran TNI dapat menciptakan kondisi yang kondusif dalam menjaga wilayah NKRI”, Ujar Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto.

Setelah kegiatan di Saumlaki, direncanakan Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto, beserta rombongan akan melanjutkan kunjungan ke Pulau Selaru, Provinsi Maluku. (Pendam Pattimura).

Bagikan:

  3 Responses to “Pangdam Pattimura Tinjau Lokasi Pembangunan Batalyon Komposit”

  1.  

    koq sepi ya?

 Leave a Reply