Sep 102014
 
Helikopter Serang AH-64E Apache (photo: boeing)

Helikopter Serang AH-64E Apache (photo: boeing)

Jakarta – Menteri Pertahanan, Purnomo Yusgiantoro, mengatakan pemerintah berencana membangun pangkalan helikopter tempur di pulau Natuna, Kepulauan Riau. Menurut Purnomo, rencana itu merupakan upaya mempertebal kekuatan militer Indonesia di wilayah yang berbatasan dengan Laut China Selatan.

“Rencananya kami akan letakkan satu skuadron (16) unit helikopter tempur di Natuna,” kata Purnomo kepada wartawan di kompleks DPR, Selasa, 9 September 2014.

Menurut dia, skuadron tersebut akan diisi oleh beberapa jenis helikopter. Salah satunya adalah helikopter AH-64D Apache yang dibeli dari Amerika Serikat. Saat ini Indonesia sedang menanti kedatangan delapan unit Apache dari negeri Paman Sam tersebut.

Karena masih kurang delapan unit helikopter lagi untuk bisa membentuk satu skuadron, Purnomo mengaku masih mencari jenis helikopter yang cocok. Menurut dia, ada kemungkinan helikopter Sikorsky UH-60 Black Hawk dan Eurocopter AS565 Panther akan dipilih sebagai tandem Apache. “Tapi nanti kami masih pikirkan itu,” kata dia.

Black Hawk di Indonesia (jakartagreater.com)

Black Hawk di Indonesia (jakartagreater.com)

Sayangnya, Purnomo belum bisa memastikan kapan rencana tersebut bakal terealisasi. Terlebih sebentar lagi masa pemerintahan Kabinet Indonesia Bersatu II segera berakhir.

Menurut dia, sudah sewajarnya pemerintah mengamankan wilayah yang berbatasan dengan Laut China Selatan. Sebab situasi perairan ini mulai memanas pasca beberapa negara, seperti Vietnam, Tiongkok, Filipina, dan Malaysia, mengklaim wilayah laut itu sebagai wilayah masing-masing sehingga terjadi tumpang tindih.

Pulau Natuna, dia melanjutkan, sangat strategis untuk menjadi lokasi pendirian markas helikopter tempur. Sebab kawasan di Natuna kaya sumber daya alam, dan ikan. Tragisnya, terjadi banyak pemancingan ikan ilegal yang dilakukan nelayan asing di perairan tersebut.”

Jadi sekalian untuk mengamankan itu semua,” kata dia. “Selain Natuna, Morotai juga jadi pilihan strategis sebab potensi ikan tuna sangat besar”. (tempo.co).

  71 Responses to “Pangkalan Helikopter Natuna”

  1.  

    one
    keren

  2.  

    sip

  3.  

    artikel Bung Diego Strike nih hehehe

  4.  

    kok prioritas gak lebih ke maritime strike ya dpd heli yang jangkauannya sangat terbatas?

    •  

      maksudnya pespur maritime strike

      •  

        Ngikutin anggaran yg tersedia dulu kali bung skaligus menyamarkan rencana peta kekuatan TNI dimasa depan, kalau langsung beli yang TOP tetangga kita pasti pada langsung ga bisa tidur nyenyak dan akan mengungkit2 tentang pelombaan senjata di kawasan LCS

        •  

          Kalau tetangga ngga bisa tidur nyenyak bukan urusan TNI. Sebelum MEF 1 dimulai; TNI yg ngga bisa tidur nyenyak melihat arsenal malon Sonora dan sonatan, lebih baik tambah helicopter untuk TNI AL

    •  

      Nampaknya, helicopter disini akan di plot sebagai unit bantuan tempur dan combat SAR. KCR-40 dan KCR-60 yang berpratoli, Apache yang menjadi tukang gebuk ringan dan Blackhawk yang menjadi unit SAR merangkap combat recce yang bertugas mengintai dan mengarahkan target tembak, langkah yang taktis dan ekonomis saya rasa, imso. Bila dibutuhkan bantuan tempur berat dari udara, Sukhoi atau F16 dapat di deploy di Natuna, bukankah disana sudah ada bandara yang fungsi taktisnya sebagai pangkalan aju. Kalau saja di Natuna juga ditempatkan baterai medium SAM serta unit SSM setara Yakhont/Brahmos hasilnya akan sangat luar biasa. Natuna akan menjadi poros Indonesia untuk mengontrol kawasan, sekaligus mengunci gerak sabah dan serawak.

    •  

      bung danu@ ,

      itu pun masih belum tentu terealisasi ..ehehe

      :m

      salam bung danu@

    •  

      Kemampuan maritim? πŸ™‚ Hehehe, petunjuknya ada di varian E lho πŸ˜‰
      O ya, Tiger Eurocopter juga ada petunjuknya lho… πŸ˜‰
      Keduanya pantas ditaruh di sono πŸ™‚

  5.  

    Lanjutkan,…….

  6.  

    Selamat malam

  7.  

    10

  8.  

    banjir artikel……..
    ooppsss lupa belum permisi
    assalamualaikum warjager
    ………..,………….
    balik lagi SR

  9.  

    efektifkah semua apache ditumpuk disana?

  10.  

    KEREN NICH artikel dari bung diego jadi BANGGA dan membangkitkan jiwa nasional INDONESIA RAYA walaupun sehari hari disuguhi berita tentang KORUPSI para elit pejabat yang telah disumpah diKITAB SUCI AL-QURAN hanya dijadikan sebuah formalitas saja THANKS INFONYA

  11.  

    absen doang dah. nunggu jin rafa ajah tugas di situ

  12.  

    Good good
    #newbie tolong di bantu ya dan ????

  13.  

    ####### dihapus ######

  14.  

    ################### dihapus ###################

  15.  

    ####### DIHAPUS #########

  16.  

    @Joe koment @wedhus ilang … wakakakaka

  17.  

    @Joe Sepertinya anda sllu mengikuti berita mengenai negeri kami, sehingga anda tampak sngt tahu perkembangan berita negeri kami secara uptodate.

    Terima kasih anda sdh meluangkan banyak waktu utk memikirkan negeri kami.

    Dan maaf kami tdk bnyk tahu perkembangan berita dinegeri anda krn kami tdk ada waktu dan kami merasa tdk penting utk memikirkan negeri anda.

  18.  

    Untuk menangkal Nelayan yg lbh dekat ke Sonora,Vietnam,Thailand Bagaimana klau Anambas di parkir KRI Bung tomo/kcr 60/kcr 40/Arhanud/Drone? Sementara Natuna akan di parkir Apache/AS565 Panther/F16 blok 52id/Chang bogo untuk menangkal Konflik LCS dan memecah logistik dr semenanjung ke Borneo.Seandainya SU30 MKM sonora “jadi” dicantelin Brahmos atau antisipasi Frigate/KS/SU33 dari kapal induk liaoning China Bagaimana kalau di Natuna di parkir juga NASSAM ll ?

  19.  

    Belum Ada pesour di natuna. Cuma PAUM agak sering datang akhir2 ini.

  20.  

    ngomong opo sih ?? blakatak blukutuk…hus hush lungo kon…..

  21.  

    Apa gak salah di taruh d natuna… angine kuenceng banget lo .. takut kejadian heli mi kita d kalimantan…. mending satrad ama bukminah aja yg jaga…. lebih ngefek.. apa gak eman apache mahal loo….

    maaf oot pendapat orang mesum

  22.  

    Bilangnya Apache ditempatkan di natuna.. eh taunya es telungatus sama dakon juga ikut ditaruh disana… mantab pak… nice inpoh… hehe ngarep.com

  23.  

    Bung EH,Satrio,PS,NR,Nara apache kapan nih sampe disini ? Ikut defile 7 oktober nanti ngga ? SU-35 sama 34 kita kabarnya gimana ?? Hhehehe

  24.  

    Jadi penasaran sama komen-komennya si joe MALON td…

    Maaf telat check in warjsger

  25.  

    emang knapa kok maen hapus2 komentar pembaca sih gan.
    kalo udah buka lapak ginian pasti pembaca datang dari ‘pelusuk dunia’…hehe

    ternyata km gak cukup profesional alias takut ame bayang2 hoax km sendiri.
    banyak org masuk byk org komen pasti rating km ngelunjak drastik.

    makanya kalo mo posting berita,cerita ame dongeng km udah siap sama komen2 mendatang.
    sgt lucu ngeliat pola suka hapus2 komentar org………alay skali…..

  26.  

    Sya orang asli natuna,
    Saya sngat mendukug rencana ini
    Setidaknya mengusir nelayan2 asing yg mencuri ikan triliunan rupiah pertahun,
    Dan tidak terulang lagi ketika kapal hiu macan milik AL Indonesia harus melepas kapal pencuri ikan china karena di hadang kapal perang China
    MENYEDIHKAN !!!

 Leave a Reply