Mar 292017
 

Konstruksi yang tedapat di terumbu karang Fiery Cross tampak dalam citra satelit yang diambil pada tanggal 9 Maret lalu. Β© Asia Maritime Transparency Initiative

China hampir menyelesaikan pembangunan dari fasilitas militer di wilayah kepulauan yang disengketakan di Laut China Selatan, menurut lembaga “think tank” yang berbasis di Amerika Serikat, Asia Maritime Transparency Initiative (AMTI) sebagaimana dilansir oleh Defense World.

“Konstruksi utama dari infrastruktur militer yang berfungsi ganda di tiga terumbu karang besar, yaitu Subi, Mischief dan Fiery Cross yang dilengkapi dengan fasilitas pertahanan angkatan laut, udara, dan radar yang telah dilacak oleh AMTI selama hampir dua tahun kini sebagian besar telah lengkap”, demikian menurut laporan AMTI pada hari Senin (27/03/2017) mengutip informasi dari citra satelit yang diambil pada bulan Maret.

Beijing sekarang setiap saat bisa menyebarkan aset militernya, termasuk pesawat tempur dan peluncur rudal mobile ke Kepulauan Spratly, menurut analisa dari AMTI.

Lembaga “think tank” tersebut juga menambahkan bahwa China telah membangun hanggar di tiga terumbu karang tersebut, dan masing-masing mampu menampung sebanyak 24 unit pesawat tempur, namun fasilitas yang berada di terumbu Fiery Cross memiliki kemampuan tambahan untuk menampung empat pesawat berbadan besar, seperti pesawat tanker untuk pengisian bahan bakar atau pesawat pembom.

Peminat manga, anime, gadget, sains & teknologi, sosial-politik dan militer
Link medsos ada dibawah
– Facebook
– Google Plus
– Twitter

  45 Responses to “Pangkalan Militer di Laut China Selatan Hampir Selesai Dibangun”

  1. Selamat pagi..

  2. “Seiring rencana modernisasi alutsista, frigat Van Speijk Class secara bertahap akan dipensiunkan TNI AL, hingga nantinya unit terakhir masih akan beroperasi sampai tahun 2022. Dengan batas pengabdian yang telah ditentukan, maka masa depan SS-N-26 Yakhont yang menjadi lambang letalitas rudal anti kapal TNI AL menjadi dipertanyakan, pasalnya hingga kini belum ada platform kapal perang TNI AL (lagi) yang pas dipasangi rudal jelajah berkecepatan supersonic ini”…

    Waduh… gawat ini, apakah kita cuma andalkan rudal anti kapal buatan China aja?

    • Yakhont mungkin diganti RBS 15 atau Exocet blok 3.

      Fregat Van Speijk akan dipensiunkan bertahap namun kata DIPENSIUNKAN bukan berarti tidak akan dipakai sama sekali. Artinya bisa dipakai sebagai kekuatan CADANGAN.

      Jika Van Speijk dipensiunkan 6 unit apa kita masih percaya pengadaan fregat untuk renstra MEF tahap 2 hanya 2 unit saja ?

      Selain itu bukankah MEF dipercepat ? Artinya pengadaan alutsista pada MEF tahap 3 akan diadakan di periode ini juga.

      Jadi berapa fregat kira2 untuk periode ini ?

      Xixixixi

      • Ratusan…..xixixi

      • Kemungkinan Van speijk Class di pensiunkan paling cepat 2019-2020 Dan paling lama 2025.. dan TNI tahun ini mau mengadakan Tender 2 Unit Fregat pengganti Van Speijk…

      • Semoga aja bung @Tukang Ngitung, PhD.

        Tapi klo bisa pengganti Yakhont hrs lebih gahar lagi, sebab saat Indonesia minat sama Brahmos, eh tetangga juga mau tuh sama BrahMos, meski kurang kreatif, hobby ngekor mereka lumayan bikin ribet sih πŸ˜› hihihihi

    • Pengertian bersayap dari kata pensiun..hehehe

    • Van speijk…Dijadikan basis rudal terapung..Didermaga…Pelindung terakhir dermaga..Menurut saya lho…jadi masalah yakhnot gak usah kuatir kayakna..Nah masalah rudal pengganti untuk kapal2 Laennya yg sliweran..Yg seharga yakhnot (semurah)dan kemampuannya sama dengan yakhnot..Belom ada penggantinya..Mungkin ada rujukan…Hehehe…

      • kira2 yakhont bisa gk ya diinstal pada fregat iver huitfeldt class yg memiliki design modular dan fleksibel ?? mohon pencerahannya bung

        • Bisa sih bisa, tentunya kalau punya banyak duit, mulai dari Rombak VLS, System elektronik (combat system mungkin?) Jd biayanya pasti besar.

          Note : ini cuma komen asal2an, jika salah, tolong koreksi πŸ™‚

  3. LCS panas.

    • China bakal siapkan 3 skuadron tempur di LCS tuh πŸ˜€ mantap
      kira-kira pespur apa aja ya komposisinya? πŸ˜› hihihi

  4. Negara rakus kuat modal, tgl penempatan personil beserta alutsistanya. Tapi sampe sekarang kok gak ada satupun negara yg bersengketa berani mempersoalkan masalah ini dgn Chinok!

    • pinoy jaman aquino udah bawa di mahkamah internesinil bung.. dan menang
      cuman gag diakui ma cino

    • Lagi peras otak, cari modal buat beli alutsista tandingan…
      klo dlm permainan catur udah kalah beberapa langkah deh πŸ˜› heheheh
      silap-silap bisa skak mat

  5. Negara bandel, udh dibilangin lcs bkn milik pribadi ente, msh aja bikin pangkalan militer disana…gmn nie as, vietnam dan jepang, jgn beri lampu hijau si china bikinw begituan disana, sblum pangkalannya bertambah banyak, ya harusnya di beri warning dong, luncurkan 1 rudal ke sana, dan liat gmn reaksi si china..?? Klo dibiarin terus, bakal milik china semua deh lcs nanti, dan ngaraw lain jika ingin lewat lcs hrs byr…..emang mau bgitu??.xixiix

  6. Kayak kapal besar ya bentuknya dari atas…

  7. nih orang enak banget main buka poskamling ditengah2 jalan tol

  8. Prinsip mereka mungkin ‘ siapa cepat dia dapat, siapa lambat..kelaut aja”.

  9. LCS makin rame….Leopard di Natuna di geser saja dulu ke Riau daratan….jika terjadi perang, eman jadi sasaran musuh dari laut. Untuk menghancurkan musuh yg datang dari laut, maka lawannya yang seimbang ya dari TNI AL dan Marinir. Apakah senjata utama dan KRI kita sudah mumpuni memukul mundur musuh di lautan? target di udara? darurat rudal dari temen2 warjag sudah layak untuk di wujudkan segera…Bayangkan jika musuh dari laut kirim rudal banyak2 ke wilayah darat NKRI….apa ndak babak belur dulu kita….sebelum babak belur dulu…di hajar dulu dgn rudal made in Rusia saja…koyoto…iskander, rudal EXTRA dan made in Turki, rudal Harpoon UGM-84, SOM-J dll

  10. Kita gak usahlah ikut2an ma negara berkantong tebal. Semua maunya banyak2an alutsista.
    Kita cukup mutakhirin aja tehnik sabotase dlm hal ini bisa di serahin ke kopaska atau kopassus sebagai operator lapangan. Yah tentunya peralatan individu operator lapangan harus di buat se advance mungkin, kalau bisa buatan bengkel peralatan dari kalangan TNI sendiri. Gak usah gandeng perusahaan swasta untuk menghilangkan kebocoran. Tentunya kita masih ingat efek deterence yg di timbulkan beberapa personil TNI wkt nyegat kaprang belanda Karel Doorman di terusan Suez. Atau bebarapa personil yg menimbulkan instabilitas di singapura hingga menyebabkan gugurnya 2 pahlawan kita Usman dan Harun. Atau masalah terbaru yg malah cm membutuhkan 1 prajurit Kopaska buat mengusir 2 kapal malaysia di karang unarang.
    Ingat, pesawat tempur mungkin sangat susah di jatuhkan saat mengudara. Tp di darat cm sebuah granat tangan atau sebuah peluru bisa membuat sebuah pespur gak akan bisa mengudara.
    Prinsip itu berlaku juga buat kapal perang atau kapal selam.
    Dari pada pusing mikirin barang yg belum tentu ada. Lebih baik tingkatin yg sudah ada.
    Dari pada pusing mikirin cara menembus pertahanan luar musuh, mending kita cari celah di bagian dalamnya rusak bagian tersebut dan di jamin akan amburadul pasti strategi mereka.
    Gak usah lah jadi ciut cm gara2 kita gak bisa mengikuti doktrin militer mereka. Kita negara besar kok, kita juga punya doktrin tersendiri. Jgn jadikan standart mereka sebagai rujukan standart kita.

    • Komen terbaik minggu ini…. Josh bung ilalang,n 10 jempol utk anda… A

    • mohon dikasih link atau buku bahwa personel tni nyegat kapal induk karel doorman di terusan suez

    • Ya bung setuju, kita negara besar… tapi ada yg anda lupa bung πŸ˜€ negara mereka lebih besar, rakyat mereka lebih banyak dan alutsista mereka lebih gahar πŸ˜† bukan saya menyepelekan kekuatan militer kita, saya tahu kita menang lawan “perusahaan” Belanda, tp lihat dulu, Belanda itu negaranya kecil, jumlah penduduknya juga sedikit, armada mereka banyak diisi tentara sewaan, klo utk perang panjang mereka tidak akan sanggup,

      Untuk masalah dengan China, kita harus pertimbangkan masak-masak… Tidak semua masalah bisa diselesaikan lewat perang πŸ˜€ para pemimpin kita tentu sudah mempertimbangkan segala bentuk skenario yang mungkin atas masalah ini…

      Kita sebagai rakyat tinggal tunggu komando beliau-beliau aja…

      • Maaf bang Lingkar. Belanda memang negara kecil. Tp saat mereka berkonflik dgn kita mereka masuk poros negara blok barat. Jadi jalur supply sista dan prajuritnya mendapat support dari persekutuannya.
        Tiongkok memang negara besar dgn sista yg mumpuni. Tp jgn salah. Indonesia juga negara besar yg geografisnya berpulau pulau dgn banyak akses pintu masuk dan keluar yg bisa jadi sarana gerilya.
        Ingat, kita bisa mengusir Belanda lewat jalur peperangan fisik dan diplomasi itu karna tekad yg lebih kuat dari Belanda itu sendiri.
        Dan yg harus di pahami kebebasan itu terjadi saat sebahagian wilayah timur itu cenderung welcome dan kompromi dgn pihak penjajah. Bayangkan saja jika dari sabang sampai merauke punya 1 suara.
        Perang di negara kepulauan itu sangat melelahkan dan menguras kantong buat negara penyerang.
        Apalagi doktrin penyebaran militer kita saat ini dmn setiap wilayah di fokuskan untuk dapat melakukan peperangan mandiri di wilayah masing2 kedepannya.
        Kita kebanyakan sering melihat sesuatu dari luar itu yg wah2 saja. Tp, seringkali kita lupa bahwa kita punya banyak keunggulan saat membawa masuk perang berlarut ke dalam tanah tempat kita bermain ini.

      • Sebuah perdamaian bisa dilakukan tanpa sebuah persiapan bang Lingkar.
        Andai saja sebuah perang juga seperti itu.
        Seorang manusia tak akan mau mendapat sakit. Tentunya berupaya mencegah supaya jgn jadi sakit.
        Tp, saat kita terjangkit sakit dari luar tanpa kita tahu dan mau.
        Apa yg harus kita lakukan…
        Yah tentunya berobat kan. Dan berobat itu pahit rasannya bang

    • setuju sangat bung ilalang , tetep semangat .

  11. kalau pasukan khusus din Indonesia pokoknya udh mahir2 lah untuk urusan misi rahasia. Seperti dulu beliau adalah orang yg berani dan dan tegas pada waktu itu beliau hehehe mf tdk saya sebutkan nama identitasnya yah beliau mendapat misi menghancurkan malonsia pada waktu itu beliau sudah berada di dalam terowongan bawah tahah yg di atasnya terdapat kilang minyak malonsia dan siap di ledakan. Tapi apa boleh buat tiba2 misi di batalkan oleh atasan karena tiba2 di tah air terjadi gerakan pemberontakan pki. Ahirnya beliau di tarik mundur ke tanah air. Sekarang Saya klo di ruang tamu depan klo liat fotonya di dinding merasa kagum dengan keberanian beliau ini berani membela yg benar. hehehe dan waktu pun terus berjalan hingga beliau mendapat pangkat yg lumayan tinggi waktu itu udh menjadi polisi militer. Pernah saya waktu itu kehilangan motor setelah pencurinya ketangkap dan barang bukti tadi berupa motor ahirnya sya ambil itu motor tapi malah suruh nebus gila gaes mahal banget!! ahirnya beliau ini turun tangan masuk kepolsek seingat saya waktu itu meja dan kursi di polsek pada terlempar semua di halaman hahaha dan motor pun kembali hihihi

  12. denjaka jos

  13. Cina punya strategi yg tepat buat asean (menaklukan). Dari pangkalan tersebut, rudal-rudal cina dapat dengan mudah menjangkau wilayah hampir seluruh negara asean belum terhitung jangkauan bomber dan jet-jet tempur mereka jika memaksa terjadi kontra militer dengan asia tenggara. Setelah amerika kini cina yang ambisi untuk menguasai SDA dunia. Cina tidak mungkin bergerak di timur tengah karena target di asia tenggara masih lebih menguntungkan bahkan tanpa atau sedikit kemungkinan mengambil jalan perang.

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)