Oct 252016
 

pltsr

Pangkalan Angkatan Laut Tun Sharifah Rondziah milik Malaysia merupakan basis laut statis yang canggih dan murah. Murah karena pangkalan memanfaatkan rig pengeboran minyak yang sudah tidak terpakai dan canggih karena dilengkapi beragam peralatan modern seperti sistem penyulingan air laut, power dari tenaga matahari, radar pemantau dan drone pengintai. Pangkalan juga dilengkapi dek pendaratan helikopter, pusat pelatihan marinir dan derek angkat dan rilis boat super-cepat RHIB.

Diresmikan oleh Perdana Menteri Datuk Seri Najib Razak pada bulan Mei 2016, pembangunan pangkalan basis Angkatan Laut ini untuk mengatisipasi penyususpan dan penyerangan yang pernah dilakukan gerilyawan Sulu di Kampung Tanduo, Lahad Datu yang menewaskan sepuluh personel Malaysia.

cmi4yiluaaaakyd

Pangkalan Tun Sharifah Rondziah bertugas mengamankan Kawasan Keselamatan Khas Pantai Timur Sabah (Esscom). Kawasan Esscom terdiri dari 10 daerah, seperti Kudat, Kota Merudu, Pitas, Beluran, Sandakan, Kinabatangan, Lahad Datu, Kunak, Semporna dan Tawau.

Diperkuat oleh 85 personel militer Malaysia yang dirotasi setiap sebulan sekali, pangkalan berhasil memperkuat keamanan diperbatasan laut dan mencegah upaya penyusupan dari para kelompok sipil bersenjata.

Berbagi

  71 Responses to “Pangkalan Tun Sharifah Rondziah – Basis Canggih Angkatan Laut Malaysia”

  1.  

    MALAYSIA BOLEH

  2.  

    test

  3.  

    Saya akui cukup bagus malaysia punya ide spt ini… memanfaatkan rig yg tdk terpakai dikarenakan tidak perlu membangun dari awal sehingga biaya tdk banyak tapi cukup efektif

  4.  

    biaya maintenance tinggi and mudah diledakkan pada kaki platform sehingga bangunan runtuh…wkwkwkwkwk

    •  

      Untuk mendekati kapal perang aja sulit. . sensor aja tentu selalu aktif. . .Asal jeplak aja ni orang.

      •  

        Weleh mau bukti, suruh aja kopaska pasang bom……kapal dinaiki aja sampai buritan malingsia kagak tahu

      •  

        Inget !!…. maling lebih pinter daripada tuan rumah…. xixi…

      •  

        Jeng Rini, ini bukan kapal perang yang selalu mobile berikut dengan sensornya, tapi ini pangkalan statis yang tadinya adalah Oil Rig. Tinggal pakai SEAL Carrier Kopaska aja buat ngecek kaki pondasinya, dijamin tidak akan diketahui malay. Atau ditembak pakai meriam Kapal perang, karena tempat statis merupakan target yg mudah buat di eksekusi. Kalau pakai rudal overkill sayang rudalnya xixixi

  5.  

    tumben malay pinter

  6.  

    malas koment.

  7.  

    Gampang di ledakan menggunakan yakhont hehe

  8.  

    nanti pak archandra bakal kasi oil rig yg sudah gk terpakai untuk pangkalan semoga ada

  9.  

    Ini solusi malaysia karena tidak punya LPD untuk menyekat extrmis sulu .

  10.  

    Boleh lah bolehh … boleh jadi sasaran tembak yakhont

  11.  

    Satuan UDT Kopaska nyelam make SEAL Carrier, pasang bom di tiang penyangga, Lalu pergi dgn tenang… DUARR!!! hancurrr

  12.  

    Nkri harus meniru Malaysia kl urusan yg bagus bagus.. Yg jelek jelek jgn ditiru

  13.  

    Nkri hrs bikin.. Banyak kilang bekas yg sudah tidak dipake.. BS digunakan buat pangkalan militer permanen.. BS juga untuk rehat, Hotel terapung tni AL

  14.  

    ini bolelah idenya pak cik sebelah, otaknya lumayan untuk base kecil (ide boleh jd base terapung untuk marinir)

    salam damai selalu:)

  15.  

    BORONG 1000 UNIT…..

  16.  

    ini baru malaysia jaguh. ide yang sangat pintar dan sangat strategis

  17.  

    gara2 cina daratan bangunkan Indonesia dari tidur nyenyak di Natuna sekarang sentimen wilayah kedaulatan NKRI menjadi perhatian pokok makanya sulit sekarang mau geser patok perbatasan dan caplok wilayah RI berani masuk bakal langsung ditempeleng, terpaksa anjungan dijadikan pos pantau sedikit lebih baik dari tetangga FIlipina yang mengkaramkan kapal LST nya buat pos jaga tapi bagaimanapun kita apresiasi usaha Malaysia karena kalau tidak dijaga dalam sekejap bisa lenyap tuh anjungan jadi kiloan buat ditimbang di rongsok

  18.  

    Tiangnnya di gerinda potong..biar ambrukk..
    Pangkalan apa itu ??

  19.  

    sebenarnya lebih bagus tu buat Karaoke an di tengah laut pasti ramai, jadi lebih aman karena banyak pengunjung malah dapet wang

  20.  

    Utus 2 Denjaka, runtuh ………………………………….

  21.  

    Aq nak tertawa sahaje baca artikel nih

  22.  

    Adik tiri kami kl omongin kakaknya takde
    bagus bagusnya…
    Hatinya selalu iri tp tak mampu..
    Makan masih minta minta Takde trimakasihnye
    Takde kolbu dlm dirinya karena lahir prematur
    Dulu bpk saya kena ilmu kejawen kali ma bini mudanya

    Salah pilih istri muda bpk saya kek gini jadinya py adik tiri…

    Saya prnh ke surabaya coba mainkan drone di atas pangkalan perak tp aman aman saja.. Tu pangkalan pa pos kampling ya….ha ha ha

  23.  

    Ibu susi suruh bikin yg beginian. Buat pos pantau bakamla. Selai menggunakan pulau terluar sebagai basis militer terdepan dan pos pengamanan ..
    Selama itu baik dan bagus. Kenapa tidak di contoh ..

  24.  

    Untuk Situasi damai, ini adalah hal yang sangat baik dan cerdas, jadi stasiun terapung, buat memantau pencuri ikan dan perompak, jadi bukan untuk situasi perang,…kalo situasi perang sungguhan ini hanya akan menjadi sasaran paling empuk dan paling dahulu yg akan di hancurkan.

  25.  

    Cocok jadi wc umum & pembuangan sampah non organic kapal perang TNI AL….. malaysia wajib memasang tarif; buang air kecil :Rp 2000, buang air besar : Gratis;

  26.  

    Pangkalan minyak tanah kale hahaha

  27.  

    Militer Malaysia idenya bagus dan kreatif.
    Hal tersebut di karenakan militer mereka hanya mengantisipasi serangan laut ataupun penyusup yang hanya menggunakan kapal laut.
    Akan tetapi hal tersebut (pangkalan) militer Malaysia memiliki kelemahan, mereka tidak dapat mengantisipasi serangan udara dan bawah laut.
    Hal tersrsebut dikarenakan pangkalan tersebut hanya di fasilitasi speed boat untuk patroli laut.

    Saya pribadi menganggap pangkalan militer Malaysia tidak efektif, meskipun hanya sebatas menanggulangi persoalan di atas laut (kapal laut).
    Karena jika pihak militer Malaysia berhadapan dengan nelayan China yang di backup oleh Coust Guard China, meliter Malaysia yang hanya menggunakan speed boat hanya dapat terdiam.

    Inilah dunia militer jika di lihat hanya dari sisi teknologi tanpa di tunjang perlengkapan alutista yang memadai untuk menghadapi dunia luar.

    Semoga Indonesia dapat belajar dari contoh-contoh untuk lebih mengefeaiankan anggaran militer.

  28.  

    Sarang beruk. Lempar banana setandan dah kelar itu. Kah kah kah kah..

  29.  

    Perlu di contoh

  30.  

    mari sini saya buat penjelasan kepada sahabat2 indonesia semua. pangkalan sea basing ini dibuat dibawah selian ESSCOM(sila google) dimana objective nya adalah untuk antisipasi serangan pihak pemberontak seperti sulu.. emang sulu ada rudal yakhot? ada kemampuan meledak bom dibawah air? TIDAK.
    seabasing tidak untuk antisipasi serangan tentara lain.tentera malaysia berpendapat, serangan asymetri(gerila,pihak2 pemberontak) lebih nyata berbanding antisipasi serangan dari negara tetangga.

  31.  

    sayangnya tidak efektif mengatasi perompak di perairan sekitar situ
    jgn2 pangkalan ini mlh jd target abu sayaf berikutnya

  32.  

    Sekali salvo….innaliklahirojiun . Bisa juga sebagai target ujicoba rudal xixiii

  33.  

    biarkan saja lah mereka mau apa silahkan punya2 mereka sendiri, cuma buat pos jaga saja koq kan lahan mereka kurang makanya mereka nafsu perluasan wilayah dari geser patok perbatasan ke dalam wilayah NKRI, Sipadan Ligitan, Tanjung Dato, Ambalat, dan juga yang sangat2 mereka impikan adalah Natuna, salah kita juga dulu terlalu baik sama musuh serumpun, mereka tidak pernah menganggap kita saudara serumpun (propaganda orba) nyatanya mereka selalu nge resek in kita. kita tidak pernah anggap mereka ancaman tetapi justru mereka yang selalu merasa bahwa kita adalah ancaman. Satu hal yang perlu kita garis bawahi bahwa mulai sekarang kita harus waspada dengan bangsa semenanjung ini, mereka iri apapun dengan yang kita miliki terlebih sekarang Indonesia menjadi banyak contoh negara lain didunia dari negara otoriter menjadi paling demokratis, peningkatan kekuatan ekonomi, peningkatan pertahanan dan keamanan, dan satu2 nya negara dengan penduduk muslim terbesar didunia tetapi justru mengayomi warganya yang minoritas, negara kita aman makanya bangsa semenanjung berusaha melemahkan dengan eksport teroris, ekspor narkoba, pelecehan TKI dll ….beware of them

    •  

      indonesia mnjadi contoh kpada banyak negara..justru kamu menjadi contoh jelek segelintir rakyat indonesia yg punya pemikiran kuno dan berburuk sangka kpada tetangga..ini sda 2016 lebih baik buat sesuatu yg bisa menaikan pamor indonesia drpada gencar menabur kebencian dan syak wasangka..

  34.  

    PANGKALAN kek GINI SANGAT MUDAH UNTUKK DISERANG gak ada alutsita pelindungi yang mumpuni..

    •  

      baca dan pahami artikelnya bung..ini cuma pangkalan untuk antisipasi kegiatan penyeludupan dan perompak yg dtg dari filipina.bkn sbagai basis pertahanan perang..ngak perlu disimpan senjata2 gahar..indonesia juga harusnya tiru yg ginian sbagai antisipasi penculikan warga indonesia oleh abu syayaf..soalnya biaya patroli kapal laut mngkin lebih mahal ketimbang yg beginian..

  35.  

    apa…?! cuma utk konter ancaman sipil malay repot2 bikin beginian, rugi bandar…

  36.  

    mgomongnya kalau bisa pake akal bung…apa kamu pikir yg beginian sama persis kayak rumah lo? Namanya jgk pangkalan militer ya pasti la sda dipikirin aspek2 keselematan dan pertahananya..

  37.  

    rumpon….

  38.  

    Pangkalan Angkatan Laut Tun Sharifah Rondziah milik Malaysia merupakan basis laut statis yang canggih dan murah. Murah karena pangkalan memanfaatkan rig pengeboran minyak yang sudah tidak terpakai dan canggih karena dilengkapi beragam peralatan modern seperti sistem penyulingan air laut, power dari tenaga matahari, radar pemantau dan drone pengintai. Pangkalan juga dilengkapi dek pendaratan helikopter, pusat pelatihan marinir dan derek angkat dan rilis boat super-cepat RHIB.

    Sejak kapan malaysia punya marinir….????

  39.  

    saya inget berita agak lama… masyarakat setempat resah, karena rusa rusa di pulau yg dijadikan pangkalan habissss diburu oleh para tentara penjaga. pulau dimana.? indonesia bagian timur
    …. setidak nya cara malaysia ini tidak akan mengganggu kehidupan masyarakat sekitar.

  40.  

    Bisa di tiru

  41.  

    Beruk sok2an, padahal malingsial udah diujung tanduk….. ikan dimaling China, beruk malingsial cuma plonga plongo kayak kebo !!..

    kwaaakk…kwaaaakk…kwaaaakk…

  42.  

    oke juga

  43.  

    ini startegi inggris , untuk ngadepi peswat(bukan kapal) pembom german dulu, murah tapi karena statis terlalu gampang dijadikan target, hanya cocok untuk meanghadapi pencuri ikan plus penyelundup, bukan negara yang punya meriam sama pensil

  44.  

    Pangkalan ini punya pusat pelatihan marinir?…

    Yg gua tau malaysia itu nggak punya pasukan marinir, baru berencana mau bentuk korps marinir, tapi kagak tau realisasinya kapan/tahun berapa….

  45.  

    Lumayan cerdas juga nich negara upin ipin

 Leave a Reply