Jan 052016
 

pangllima tni-2

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo bersama rombongan melakukan kunjungan ke Wilayah Timur Indonesia, usai meninjau tiga satuan prajurit di Ambon.

Panglima TNI mendarat di Pulau Saumlaki. Sebelum tiba di Pulau Selaru, Panglima TNI merapat ke Satuan Radar TNI AU di Pulau Saumlaki. Perjalanan dilanjutkan menuju Pulau Selaru dari Bandara Mathilda di Pulau Saumlaki dengan menggunakan Helikopter, dan mendarat di Desa Lingat.

pangllima tni-1

Kedatangan Panglima TNI beserta rombongan disambut Kepala Desa Lingat Bapak Melkisedek Baumaseh dengan memberikan sofie, minuman khas dari Maluku dan kapur dengan dua lembar daun sirih yang digunakan sebagai pembungkus untuk dikunyah. Acara dilanjutkan dengan sambutan tarian adat oleh delapan pemuda dan enam pemudi. Mereka memeragakan tarian perang, para pemuda memegang anak panah dan busur sementara para pemudi asik melenggokkan badan.

pangllima tni-3

Warga menyambut gembira akan kedatangan Panglima TNI beserta rombongan, karena warga mengakui belum pernah ada pemimpin negara yang datang ke pulau ini. “Baru dalam sejarah, petinggi negara datang ke tanah kosong ini. Kami butuh bukan hanya kehadiran Bapak, tapi suara hati Bapak,” ujar Kepala Desa Lingat.

“Saya tadi ke Satuan Radar TNI AU bahwa dalam setahun ada 4 sampai 5 kali pelanggaran batas wilayah ekonomi ekslusif dari luar yang kita tidak bisa berbuat apa-apa, karena pangkalan yang paling dekat di sini ada di Makassar,” kata Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo di Pulau Selaru.

pangllima tni-5

Panglima TNI juga mengatakan bahwa, Presiden Joko Widodo menyatakan untuk menjadi Poros Maritim Dunia, Indonesia harus memiliki keunggulan di Darat, di Laut juga di Udara. Berdasarkan rencana awal, di atas tanah ini akan dibuat Lanud (Pangkalan Udara) dengan panjang lintasan 1500 m. Tapi ada opsi untuk menambah panjangnya hingga 3000 m, agar dapat menampung pesawat yang lebih besar.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo di Pulau Saumlaki

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo di Pulau Saumlaki

“Selain sebagai sarana pertahanan negara, Lanud ini juga dapat digunakan untuk lalu lintas pesawat swasta. Diharapkan, hal ini dapat membuka akses transportasi dan logistik yang lebih besar di Pulau Selaru. Karena selama ini untuk memenuhi kebutuhan bahan pokok, warga di Pulau Selaru harus menyeberang ke Pulau Saumlaki menggunakan perahu cepat,” ujar Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Puspen TNI

  22 Responses to “Pangkalan Udara Militer Pulau Saumlaki”

  1. Cocok

  2. Minyak tanah

  3. Minyak tanah,di pasang s 300+s 400 lebih mantap

  4. tiduuuurr

  5. Sampe2 kebawa tidur gue pengen s300 dan s400 parkir di setiap propinsi…minimal satu set…hihihi…kok demen bget ya gue yg nama nya ss gitu…tak tak juosszz…

  6. Bangun woy jgn ngimpi,,,!!

  7. mantap, dibikin buat nyusu 35 atau faping 16 nih landasan?

  8. hehehehehe…bung@Diego,maaf ane cmn mau ralat sedikit aja…minuman itu namanya “SOPIE”kalau di daerah maluku sebutannya,sama kaya di papua.nah beda lagi kalau di maluku utara dan sulawesi utara namanya cap tikus,hehehehe….barangnya sama cmn sebutannya aja yg beda.
    lanjut ke kunjungan panglima…luar biasa kalau sampai landasan pacunya mencapai 3000m kan..sekelas antonof pun bisa take off dari situ.
    yg lebih seru lagi ni…apakah skuadron ghoib akan di markaskan di sana ,hehehehehe…ane gk tau tapi kemungkinannya sangat besar.
    selamat pagi Indonesia,mulai aktifitas hari ini dgn semangat juang tinggi..sukses untuk kita semua

  9. Ayo segera bangun landas pacu…

  10. Sebagusnya jgn tanggung hanya 1500m landasan pacunya, sekaligus saja dibangun yg 3000m agar langsung bs bermanfaat utk pesawat yg ukuran lebih besar lagi.

  11. Paling tidak, ada pespur sejumlah 36 skuadron kecil di 2034.

    Jadi lanudnya ditambah terus.

    Xixixi

  12. foto nomor 2 bagus tuch ekspresi wajah panglima..apa yang beliau pikirkan ya melihat tingkah 2 gadis kecil itu..

    • mungkin begini
      bagaimana bisa jajanan yang dianggap biasa diperkotaan merupakan jajanan istimewa didaerah.
      Sampai dimana pemerataan pembangunan saat ini, mereka ini juga penerus bangsa mereka juga berhak mendapat makanan yang sama seperti anak-anak Indonesia lainnya.

      • bisa benar bisa salah
        saya ataupun orang lain tidak bisa menjadikan seorang pemimpin menjadi adil, allah SWT (Tuhan YME) pun memberi kesempatan kepada seorang pemimpin untuk menjadi adil, namun semua tergantung dari sikap dan tindakan pemimpin itu sendiri.

  13. Semoga Allah mengangkat derajad Pak Gatot dlm menjalankan tugas 2 negara….foto2 itu tampak humanis sekali, begitu dalam maknanya, smp anak2 kecil yg punya masa depan harus dipikirkannya dgn cara memperpanjang landasan smp 3000 meter yakni melindungi keutuhan NKRI dan segenap rakyat Indonesia.

  14. markas sukhoi yang baru nih

  15. Lanjutkan pembangunan indonesia timur pak

  16. Ini br Panglima…? Keren Pak,suka berbaur dengan prajurit2,dan melegakan keluh kesah mereka…,smoga sehat selalu pak,dan panjang umurnya.

 Leave a Reply