JakartaGreater.com - Forum Militer
Nov 252014
 
Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko mendampingi Presiden Joko Widodo

Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko mendampingi Presiden Joko Widodo. (ANTARA FOTO/ Puspen TNI-Kolonel Inf Bernardus Robert)

Jakarta – Presiden Joko Widodo memerintahkan Polri dan TNI untuk mendukung Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti untuk memberantas maling ikan. Salah satunya adalah usulan untuk menenggelamkan kapal bagi kapal nelayan asing yang ketahuan mencuri ikan.

“Kita akan lakukan, dulu kita pernah lakukan tapi mungkin tidak terekspose,” ujar Panglima TNI Moeldoko, di Kantor Presiden, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta, Senin (24/11/2014).

Jenderal Moeldoko mengatakan, kebijakan tenggelamkan kapal nelayan asing tak berizin tidak akan merusak hubungan RI dengan negara tetangga. Menurutnya, negara lain akan memahami.

“Saya kira mereka akan memahami,” ujarnya.

Soal kendala BBM yang menjadi alasan TNI dalam patroli di laut juga dibahas tadi dengan Presiden Jokowi. Menurut Panglima TNI, presiden siapkan kebutuhan BBM untuk TNI AL.

“159 kapal siap digerakkan dan semua sesuai kemampuannya,” ujarnya. (Detik.com).


TNI Buru Pencuri Ikan

Jakarta- Presiden Joko Widodo tiba-tiba menggelar rapat dengan Panglima TNI Jenderal Moeldoko dan Menteri Koodinator Politik Hukum dan HAM Tedjo Edhy di Kantor Presiden, Jakarta, Senin 24 November 2014.

Mereka membahas tentang masalah keamanan maritim. Menurut Moeldoko, Jokowi minta dalam menangani masalah keamanan laut ini harus ada integrasi antar kementerian.

“Operasi ini harus dilakukan secara integrasi. (Jika tidak) nanti tidak efektif,” kata Moeldoko usai menggelar rapat.

Bahkan, kata dia, TNI sudah mengajukan kebutuihan bahan bakar minyak yang mereka butuhkan untuk mengoperasikan kapal agar bisa terus berpatroli mengamankan laut.

“Pasti ada tambahan, kita ajukan tadi berapa kebutuhan riil di lapangan sudah kita sampaikan,” kata Moeldoko.

Menurut dia, untuk mengoperasikan 159 kapal TNI untuk menyisir dan mengejar para pencuri ikan, dibutuhkan 350 ribu kiloliter bahan bakar per bulan.

Sementara itu, menurut Tedjo, dalam pertemuan dengan Jokowi itu dibahas mengenai keamanan laut agar segera dilakukan koordinasi di semua sektor.

“Anggaran kita sudah ada untuk operasional. Bagaimana kita terkoordinasi, jangan sektoral. Jika ada yang punya data, berikan datanya,” lanjutnya.

Data-data itu, kata Tedjo diperlukan karena tidak mungkin kapal TNI digunakan untuk memagari lautan yang begitu luas. Sehingga diperlukan kerjasama dengan semua sektor. (VIVAnews).

Berbagi

  101 Responses to “Panglima TNI akan Tenggelamkan Kapal Pencuri Ikan”

  1.  

    Kalau ada macam2 tembak pake yakhont aja

    •  

      Jangan pake yakhont kemahalan ….rhan sdh lebih dari cukup,biar sekalian uji coba

    •  

      wah duh, kalau pakai yakhont rugi boss …. 1 rudal yakhont ( Rp 25 milyard – 30 milyard )

      sedangkan 1 kcr 40 seharga sekitar 85 milyard, 1 kcr 60 sekitar 110 milyard rupiah …………. 4 yakhont = 1 kcr ….. 1 yakhont = 2 speedboat ……

      ada baiknya ujicoba R-HAN 122 … atau canon 105 mm / 90 mm yang ditembakkan lewat tank amfibi ……atau pakai bomp pt.dhahana P-100 , dll …….. atau ujicoba senapan SPR-2 , dll …….. seruuuu ….. + dokumentasi resmi yang di ungah di youtube, biar josss

    •  

      mungkin kalo saya kapal akan saya sita tus saya lelang murah2 untuk nelayan kita yang kurang manpu,agar nelayan kita pake kapal gak pake perahu lagi.maaf cuma mimpi belaka.

      •  

        maaf bung sebelumnya dah pernah dari jaman presiden mega sampai jaman presiden SBY semua kapal yang disita dilelangdan negara dapat untung tapi pada kenyataanya harga yg ditawarkan sangat tinggi buat nelayan kecil di indonesia jadi kebanyakan pembelinya adalah yang punya kapal tersebut dengan menggunakan tangan orang indonesia sendiri istilah bahasa kasarnya org kita sebagai calo yang penting dapat duit alias untung
        maaf kalo salah brgkali ada yang mau tambahin atau betulin

    •  

      Itulah fungsinya memperbanyak drone Kalo bisa produk dalam negeri. Hemat bbm n sdm. Bagi yg pernah jutek saat ide drone dari pak JKW, saat inilah implementassinya.
      Drone ambil data n citra, fast patrol boat standby di pelabuhan. Bayangkan berapa banyak solar yg dihemat dan SDM bisa di maksimalkan energi n dayanya.

  2.  

    pertamax nggak y

  3.  

    menunggu berita kapal tenggelam

  4.  

    mantap

  5.  

    Muda2an Efektif masalnya 159 kapal = 350 ribu kiloliter
    Jayalah TNI KU

    •  

      159 kapal ( apakah sudah termasuk semua jenis dan tipe KRI …? ), belum termasuk kapal patroli kecil….ukuran kurang dari 30 meter, yang kabarnya kita ada sekitar 350 unit, ………

      350 ribu kiloliter = 350.000 x 1000 liter = 350 juta liter …? untuk kebutuhan 1 bulan / sekitar 30 hari …. @ perhari sekitar 11,5 juta liter …..

      siip lah, semoga NKRI semakin jaya…..

  6.  

    Ya ….TkI indon Yang menyeludup masuk ke Malaysia menggunakan kapal a an di tenggelamkan di tengah laut atau di bakar kakakakaaa….

  7.  

    poros maritim yah πŸ™‚

  8.  

    Mantab Panglima…… Sepakat…….!!

  9.  

    Mangtab…..Lanjutka…… harus tegas dan kompak .

  10.  

    tinggal tunggu komentar” negeri jiran

  11.  

    mohon koreksi jika tulisan saya salah

  12.  

    siipp,,tinggal tggu tanggal mainnya,,siap” bakalan rame d jiran.

  13.  

    masih kah maling_sial brani maling dan kurang ajar?

    moga aja tetangga kita bs cptt tobat..
    amiiiinn…

  14.  

    malingsial kog ikut koment teruz sich.

  15.  

    obongggg aeee ndak tumann

  16.  

    Yang jelas Indonesia tidak mau lagi ikan nya dicuri hingga 300 triliun per tahun, tetapi harus ada langkah selanjutnya yaitu memberdayakan komunitas nelayan Indonesia untuk diubah menjadi nelayan modern dengan kapal yang modern pula + membangun industri pengolahan perikanan modern maka lapangan kerja akan terbuka lebar dan menyerap banyak tenaga kerja

    begitu kira-kira logika berpikirnya……..

  17.  

    M0ga aja gak cuman kpal pncuri ikan aja yg dtengGelamin,..kasel ama kaprang yg msuk ilegal lngsung aja d.tmbAk..gak perlu d.ingetin sgla

  18.  

    Kebijakan yang perlu didukung nih…sekalian test the water ..siapa tahu ngejar hiu dapat paus…nembak kapal pencuri ikan eh malah kena scorpene hehehe…

  19.  

    Itu baru maling ikan apalagi maling pulau bisa dimusnahkan dari peta dunia,hehehhehe jaya ,NKRI

  20.  

    Bg,tki kita ribuan di luar negri cari nafkah ( KERJA ).Koq anda samakan mereka dg pencuri yg mengambil hak rakyat RI.Kalaupun ada tki yg mencuri/ berbuat kejahatan yg lain ya silahkan dihukum dg keputusan pengadilan.Anda aneh bg.Lam kenal bg.

  21.  

    Kita liat aja aksinya.. anget2 ee otok apa konsisten

  22.  

    yang merasa sudah tersinggung tuh πŸ˜€

  23.  

    AKan diTenggeLamkan itu banyak indikasi Loh??? KecuaLi kata “PASTI” nah itu baru Yakin sebenar – benarnya !?

  24.  

    dan satu lagi semoga bbm segitu banyak, ndak terpikir untuk dikencingin di tengah laut

  25.  

    kapal nelayan kita sudah sering di bakar mas,malah ada nelayan samapai meninggal..contoh oleh papua nugini,asu,malay juga pernah…terus kalo kita bertindak sama kenapa merasa takut disalahkan…?

  26.  

    hati-hati penyusup berwatak pecundang
    sudah maling ngeyel dan tidak tau diri
    memang sudah dari nenek moyangnya para bajak laut dan bandit jadi kalau salah nga erasa salah dan mau di tembak ngaku masih saudara “serumpun”

  27.  

    Indonesia sudah,akan menggambil sikap tegas dengan segala knfknsi nya. apakah masih di pertanyakan?. pdhl udah lama diperhitungkan. atau mgkn masih kurang sosialisasi ya? pada masyarakat umum.? Mungkin jg masyarakat yg kaget tak menyangka sikap keras&tegas macam ini. kena udah terbiasa dngn sikap lemah lembut pemerintahan2 terdahulunya. Nah skng mari kita sikapi bersama efek positif/negatif nya.utk skrng,bsk,dan yg akan datang. kena keputusan ini akan menjadi tolak ukur sikap,kepribadian,kebranian,kualitas, dari suatu bangsa indonesia yg mulai exsis dan mlekat tuk seterusnya pada masa akan datang. jgnlah jdi bangsa lemah,peragu,plinplan,&pengecut. skrng adalah kesempatan kita bersikap atau tdk sama sekali tuk selamanya,tinggal pilih mana? yg anda zzzzukaa!.?….Ayo ,ayo tentukan pilihan. tgl pilih2..

  28.  

    ini juga politik dagang/investasi…lihat aja ..tak lama lagi…para tauke kapal ikan dari Thailand, Vietnam dan Malaysia akan investasi pabrik pengalengan di Indonesia…kan tenaga kerja lumayan keserap tuh….keberhasilan mereka selama ini krn oknum di KKP mau keluarin regulasi penjualan ikan ditengah laut….ini peraturan banyak bikin bangkrut bbrp kota perikanan di Indonesia Timur..krn kapal ikan asing mengangkut pulang semua ikan kenegaranya dgn kapal ikan raksasa mereka…akhirnya pabrik berhenti ..

  29.  

    duit terus om shu ini, pakai saja minyak sawit/bio diesel, beres toh, anggap saja CSRnya sawit company, cost Rp 0,..

  30.  

    salut bwt presiden yg segera memanggil panglima tni tuk berkoordinasi dg institusi yg bersangkutan, presiden jg menyediakan anggaran bwt bbm kata panglima tni. maju terus bangsaku sikat habis maling2 kekayaan alam negeri ini, bukan cuma yg di laut tolong sikat jg maling2 kekayaan alam yg di darat sprt freeport, newmont, cevron, british petrolium dan konco2nya. langkah maju telah di lakukan oleh pemerintahan SBY dg renegosiasi kontrak perusahaan2 asing yg selama ini sangat meeugikan indonesia, semoga presiden jokowi berani melakukan yg lebih hebat dari SBY.

  31.  

    Nenggelemin kapal asing emang bikin efek jera tp mendingan tuh kapal sita dan kasih nelayan kita sendiri…awaknya tahan dan berikan denda juga yg tinggi jd gk asal maen deportasi aja…jdnya untung berlipat,dapet kapal dapet dendanya juga…
    Buang2 peluru untuk hal yg gk perlu,
    Klo di negri ini pengawasan masih kurang dan banyak celah ya tetep aja nelayan yg melanggar…

  32.  

    drone patroli maritim yang digadang2 sejak kampanye apa kabarnya ya ?

    bung Jalo mungkin tahu kabar terakhir ?

    jika patroli dikombinasikan dengan drone, mungkin jumlah kapal yang dibutuhkan bisa dikurangi…

  33.  

    Kalau kapal nelayan cina apa di tenggelamkan juga?

  34.  

    Kenapa ga diSITA aja y kapalnya..terus diKASIH ke Nelayan kita terus diBAGI2 ke Nelayan kita..LUMAYAN..:)

  35.  

    KAPAL INDUK AYAM
    Shrsnya, pemerintah kita, disamping mengerahkan KRI utk melakukan pengamanan laut scr intensif jg mengerahkan nelayan2 kita utk mengambil ikan yg akhirnya tdk jadi dicuri oleh nelayan asing.
    Klu tdk, mk percuma saja kita melakukan pengamanan, jika akhirnya trnyata ikan yg diamankan yg nilainya 300 trilyunan itu justru disia2kan.
    Krn itu, jadikanlah KRI-KRI kita bagaikan induk ayam yg menggiring anak2nya utk mencari makan.
    Giringlah mrk ketempat2 yg banyak ikannya dan jagalah mrk !

  36.  

    saya kayanya kurang setuju klo kapal nelayan asing yg disita di kasih kenelayan kita,apa kata dunia?.(MEMALUKAN),secara politik kita akan di permalukan masyarakat dunia, kesanya pemerintah kita sngt miskin tak bsa meberikan fasilitas &peralatan utk nelayan nya secara mandiri. dan berharap sekali bsa memberikan kapal nelayan asing hasil sita’an. apakah indonesia lebih rendah dari negara lain? apakah cara pikir sprti ini tak memalukan?, blas tak ada grget yg di banggakan secara mandiri. apa negara kita tak bisa bikin kapal utk nelayan?,mikir bro,o apa lagi efek nya pada negara asing yg kapal nelayanya kena sita ama kita lalu di berikan pada nelayan kita. apa nanti pendapat mereka?,broo. Lebih bagus sita tenggelamkan sesu’e prosedur, pertama kita dikecam toh lama2 mereka pasti memahamii juga…

  37.  

    Jangan cuma kapal nelayan di tengelamkan komandan, kapal perang sonora n sonotan sering masuk ke perairan indonesia tanpa ijin ( ini lebih bahaya ) juga harus di tenggelamkan.

  38.  

    betul bung shu,….. coba kita bandingkan dengan jatah APBN untuk TNI 2015 yang hanya
    sekitar 95 Trilliun ? …… hmm berarti harus ada dana taktis lain untuk pemenuhan BBM
    kapal kapal perang / patroli kita …….

    Hitung hitungan
    350.000 X 1000 (liter) = 350,000,000
    350.000.000 X 5.500 = 1,925,000,000,000
    Setahun = 23 trilyun / tahun

    belum lagi untuk Aftur pesawat pesawat tempur / angkut TNI AU ..?
    belum lagi juga untuk solar / bensin armada TNI AD ..?

    bisa jadi total bisa lebih dari 35 trilliun / tahun kusus untuk BBM TNI kita…

    sudah wajar negara besar, harus punya operasional yang besar……. apalagi potensi hasil laut yang diselamatkan kabarnya mencapai 300 Trilliun / tahun…….

    bravo…. TNI……NKRI

  39.  

    Hitung hitungan
    350.000 X 1000 (liter) = 350,000,000
    350.000.000 X 5.500 = 1,925,000,000,000
    Setahun = 23 trilyun / tahun

    ….. jika + TNI AU dan TNI AD …. mungkin bisa total sekitar 35 Trilliun / tahun untuk TNI disemua matra ……….

  40.  

    dikit2 gensi dikit2 bilang apa kata dunia,kalo saya gak peduli kalo saya dihina,dicaci,dicemooh bahkan dikritik asal nelayan kita bisa hidup enak itu sudah cukup untuk saya.catatan tahun kemaren2 udah ada bantuan perahu dari pemerintah tapi kalo liat perahunya pasti anda ngelus dada sendiri.

  41.  

    Kalau saya melihat ni bukan pilihan yg bagus. Harus d ingat juga. Nelayan indonesia banyak lo. Bahkan sering kali juga masuk ke halaman tetangga. Masalah ni bukan saja indonesia yg alami. Tapi semua negara asean.. jgn smpi indonesia yg mulai tenggelam kan kapal asing. Nah negara lain juga akan ikut membalas dgn tindakan sama pada indonesia. Lama x2 nelayan nya akan bawa senjata untuk membalas.

  42.  

    Ya,saya setuju pendapat anda, negara kita seakan di cap negara suka penerima hibah!?terus apa membanggakan?,klo saya suka pribahasa” tangan di atas lebih baek dari tangan di bawah”. Klo blm mampu ,.ya kita berusaha lebih keras. ibarat anda pu,ya teman 3 . (1)paling suka menerima bantuan.(2)tak suka menerima&tak suka memberi(3)lebih sering memberi bantuan teman. tentu anda akan menilai kawan porsi berbeda beda. Manakah lebih baik?.
    tentukan saja sendiri..salam…

  43.  

    Pokoe keremne titik

  44.  

    salam bung boku, kalo pendapat anda separti itu saya akan setuju bila peraturan antar batas wilayah negara dihapuskan. Percuma peraturan batas wilayah antar negara tak di hormati, yg disetuju’i PBB. atas penghormatan batas wilayah negaranya masing2, tentu tiap negara menyikapinya berbeda beda, dan yg “pasti” setiap negara tak mau batas wilayah nya tak mau di acak2 pihak lain.. Salam….

    •  

      Ya. Manax2 lah. Kalau itu saja pilihan yg ada untuk pemerintah mu. Saya cuma sebatas memberi pandangan saja.. jgn sampai ada dendam mendendam diantara nelayanx2 yg akan membawa kepada kematian.

  45.  

    apa yang terjadi dilaut..ta semua kisah yang bisa diungkap seperti kata panglima.dan lagi semenjak presiden memberi ultimatum pada para pencuri ikan,banyak pihak2 asing[cukong] merasa terkejut dan marah.apalagi kemarin ada raja suku dari negeri sebelah yang ikutan koar2 menentang sambil mengancam.ada baiknya pemerintah negeri ini sebelum mengambil keputusan,bisa meredupii segala akibatnya !! karena pada akhirnya nanti..baik tao buruk sebuah keputusan..rakyatlah yang kan menanggung resikonya.

  46.  

    Siap Laksanakan, tapi kita harus sudah Koordinasi dengan berbagai departemen terkait, untuk mengantisipasi dan menindaklanjuti segala sesuatu yang bisa terjadi sebagai akibat dari kebijakan tsb, sebab hal ini tidak bedanya dengan kita mengumumkan perang !!!

  47.  

    Prepare For Future War

  48.  

    Terimakasih bung penjaga hati, ungkapan yg bijaksana. Memang intinya semua keputusan yg mau di ambil harus di pikir masak2 agar tak blunder di ke.udian hari. apa lagi menyangkut sebuah negara. Tentu lebih rumit& kompleks. Salam….

  49.  

    kita ganti sistemnya,misal kapal masih milik negara tapi sewa dan pembayaran sewa memggunakan sebagian hasil tangkapan yang didapat sipenyewa kapal yg dilewatkan kepada tempat pelelangan ikan jadi kita masih bisa memantau sipenyewa ditambah kapan2 kita sidak mendadak.kalo masih jebol yg berarti nelayan kita memang gak mau maju.

  50.  

    sebelum ditenggelamin… jangan lupa bbm kapalnya dan semua bahan-bahan yg bisa merusak biota laut diamankan dulu ya pak…!!

  51.  

    sekarang genderang perang laut[melawan maling ikan] telah diumumkan pemerintah dan para aparatnyapun telah menyatakan kesiapannya.dilain pihakpun[sebrang laut]..sebagian masyarakatnyapun jua telah siap melakukan pembalasan..!!!entah kenapa bangsa ini slalu dianiaya oleh tetangganya sendiri[malay**a]
    -mengirim ashari\nurdin cs buat melatih pemuda pemudi menjadi teroris dinegeri sendiri
    -memberi senjata pada sebagian rakyat agar memberontak[g*m]
    -membudidayakan cukong\tekong buat terus membawa tki ke negerinya..agar bisa dijadikan sandera hidup supaya negeri ini slalu menundukkan kepala bila dihadapannya[malay**a]
    …maju terus presidenku,jer lahir utusaning bathin !!!

  52.  

    Kapal nelayan asing jangan ditenggelamkan atau dirudal. Sayang rudalnya, ini pemborosan. Lebih baik kapalnya disita dan disalurkan ke nelayan setempat atau dilelang.

  53.  

    Hitung hitungan
    350.000 X 1000 (liter) = 350,000,000
    350.000.000 X 5.500 = 1,925,000,000,000
    Setahun = 23 trilyun / tahun

    ….. jika + TNI AU dan TNI AD …. mungkin bisa total sekitar 35 Trilliun / tahun untuk TNI disemua matra ……….

    jika kabarnya negara di rugikan sampai 300 T, ( 300 – 23 = 277 ) wow sisanya fantastis sekali.

  54.  

    Klo menurut saya pribadi.kapal2 ikan ilegal tersebut jgn dbakar,kapal tdk dilelang,agar tdk jatuh ketangan pemilik (warga asing)kapal (dgn jln tangan kedua yaitu warga lokal)
    Tetapi dberikan pada koprasi nelayan ,tetapi tdk dgn cuma2.mereka harus mencicil ke pemerintah.kira2 seperti itu.

  55.  

    β€œKita akan lakukan, dulu kita pernah lakukan tapi mungkin tidak terekspose,” ujar Panglima TNI Moeldoko, di Kantor Presiden, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta, Senin (24/11/2014)

    menarik membaca pernyataan diatas oleh panglima, apakah ini dulu yang sering dibahas oleh para pinisepuh soal “operasi rumpon jaya” πŸ™‚

  56.  

    Kali pesannya ‘Jangan melanggar wilayah NKRI bung!’, menjaga kedaulatan RI intinya. Biaya yg. dikeluarkan ndak bisa dikatakan mahal/murah. Kira2 apa yg optimal mengawasi negara yg amat luas ini?………….,misalnya:
    1. Kita yg biasa hidup didarat, bisa menerapkan siskampling klo dilaut bisa nggak ya? dengan melibatkan nelayan yg. emang didik+dibekali (alkom)
    2. Mengoptimalkan kerja ‘drone’ dengan asumsi biaya operasional lebih murah
    3. Kenapa kok ditenggelamkan? Ini bukan masalah hanya mencuri ikan (kecil nilainya), ini masalah melanggar kedaulatan Negara.., pesannya jelas: Jangan macam2 memasuki wil NKRI
    4. Tambahan dari rekan2? Monggo…..
    Moho maaf jika salah, moga sehat2 semua

  57.  

    saran metode penenggelaman nih.tuh kapal nelayan kasih bendera negara asal aja.terus KRI kita latian penembakan pake target tuh kapal.nembak sambil cengengesan terus upload ke YouSouf.sambil setel sakitnya tuh disini. πŸ˜€

  58.  

    Awas BBM untuk operasional kapala TNI AL jangan sampai dijual oleh oktum TNI di tengah lautan ke nelayan asing

 Leave a Reply