Panglima TNI Banting Jam Tangan

Panglima TNI Jenderal Moeldoko Perlihakan Arlojinya (photo: detik.com)
Panglima TNI Jenderal Moeldoko Perlihakan Arlojinya (photo: detik.com)

Panglima TNI Jenderal Moeldoko mencoba membuktikan bahwa jam tangannya hanya imitasi Richard Mille seri RM 011 Felippe Massa. Dia kemudian membanting jam yang dibelinya dengan harga Rp 4,7 juta. “Kayak begini kok asli,” kata Jenderal Moeldoko seraya membuang jam itu ke lantai sambil tertawa, Selasa 23 April 2014 di Hotel Borobudur, Jakarta.

Tidak hanya itu, Moeldoko juga menawarkan jam tangan itu kepada wartawan yang telah menunggunya di lobi hotel. “Jadi kalau teman-teman mau ambil silakan,” katanya, tak lama seorang ajudan langsung mengambil jam tangan dan memberikan lagi kepada Moeldoko.

Saat ditanya mengenai pelanggaran hak cipta, Moeldoko menyampaikan bahwa itu bukan urusannya. Dia juga tidak mau menjawab di mana dia beli jam yang diakuinya sebagai jam palsu. “Itu bukan urusan saya. Banyak di mana-mana, harganya Rp 4,7 juta,” katanya.

Dia menambahkan, hanya negara yang memiliki inovasi yang akan maju. Dan ini menjadi pelajaran. Menurutnya, setiap dia melihat jam tangan itu, yang ada di otaknya adalah inovasi dan inovasi.

“Itu maksudnya. Jadi bukan pamer. Apanya pamer begini. Apakah ini membedakan prajurit saya, Enggak. Kalau orang lain beli jam mahal justru saya beli jam murah,” katanya.

Panglima TNI Jenderal Moeldoko sempat memamerkan jam tangan Richard Mille seri RM 011 Felippe Massa yang melingkar di tangannya. Dia kemudian mencopot jam tangan itu dan menunjukkannya kepada wartawan. “Sebuah jam yang dijual di pasaran bisa Rp 1 miliar lebih, tapi saya beli hanya Rp 5 juta,” jelas Moeldoko.

Sebelumnya Media Singapura The Millenary mengupas soal koleksi jam tangan Panglima TNI Jenderal Moeldoko, hasil jepretan fotografer The Straits Times. Dalam berita itu ditulis soal harga jam belasan ribu dollar US yang dipakai Moeldoko. Mabes TNI menepis pemberitaan itu dengan menyebut jam tangan sang jenderal produk China dan harganya tak seberapa. Namun apa saran KPK pada Moeldoko yang disorot Singapura soal jam tangannya?

“Sebaiknya para pejabat tidak mempertontonkan gaya hidup yang mewah, karena pada saat ini masih banyak rakyat kita yang hidup dalam kemiskinan. Harusnya para pejabat memberikan contoh tentang pola hidup yang sederhana,” jelas Ketua KPK Abraham Samad, Rabu (23/4/2014).

Jam Tangan Panglima TNI (detik.com)
Jam Tangan Panglima TNI (detik.com)

Perbedaan Jam Tangan Richard Mille RM 011 Felipe Massa Chronograph asli dengan yang palsu (detik.com)
Perbedaan Jam Tangan Richard Mille RM 011 Felipe Massa Chronograph asli dengan yang palsu (detik.com)

Media sosial juga sempat ramai membahas jam tangan Panglima TNI Jenderal Moeldoko. Awalnya karena pemberitaan media Singapura yang mengulas beberapa jam tangan yang dipakai Moeldoko. Di media Singapura itu dirinci mulai dari merek jam tangan yang dipakai sampai harga jam itu.

Media Singapura mothership.sg dijadikan bahan rujukan pembahasan di twitter. Di media itu disebut beberapa jam tangan milik Jenderal Moeldoko, antara lain IWC Pilot’s Watch Chronograph Top Gun Miramar yang seharga USD$ 12,700.

Kemudian, Audemars Piguet Royal Oak Offshore Jarno Trulli Chronograph seharga USD$38,300, dan juga Audemars Piguet Millenary seharga USD$ 43.000. Media Singapura itu melihat jam tangan Moeldoko berdasarkan foto-foto pertemuan sang jenderal dengan sejumlah pejabat.

Dari foto pertemuan itu kemudian ditelusuri soal jam tangan yang digunakan, dan dapatlah harga itu. Banyak yang kagum, takjub, dan juga bertanya soal koleksi jam tangan yang dipakai Jenderal Moeldoko, namun Puspen TNI menegaskan jam tangan Jenderal Moeldoko hanyalah produk China. (viva.co.id, detik.com).

Tinggalkan komentar