Apr 232014
 
Panglima TNI Jenderal Moeldoko Perlihakan Arlojinya (photo: detik.com)

Panglima TNI Jenderal Moeldoko Perlihakan Arlojinya (photo: detik.com)

Panglima TNI Jenderal Moeldoko mencoba membuktikan bahwa jam tangannya hanya imitasi Richard Mille seri RM 011 Felippe Massa. Dia kemudian membanting jam yang dibelinya dengan harga Rp 4,7 juta. “Kayak begini kok asli,” kata Jenderal Moeldoko seraya membuang jam itu ke lantai sambil tertawa, Selasa 23 April 2014 di Hotel Borobudur, Jakarta.

Tidak hanya itu, Moeldoko juga menawarkan jam tangan itu kepada wartawan yang telah menunggunya di lobi hotel. “Jadi kalau teman-teman mau ambil silakan,” katanya, tak lama seorang ajudan langsung mengambil jam tangan dan memberikan lagi kepada Moeldoko.

Saat ditanya mengenai pelanggaran hak cipta, Moeldoko menyampaikan bahwa itu bukan urusannya. Dia juga tidak mau menjawab di mana dia beli jam yang diakuinya sebagai jam palsu. “Itu bukan urusan saya. Banyak di mana-mana, harganya Rp 4,7 juta,” katanya.

Dia menambahkan, hanya negara yang memiliki inovasi yang akan maju. Dan ini menjadi pelajaran. Menurutnya, setiap dia melihat jam tangan itu, yang ada di otaknya adalah inovasi dan inovasi.

“Itu maksudnya. Jadi bukan pamer. Apanya pamer begini. Apakah ini membedakan prajurit saya, Enggak. Kalau orang lain beli jam mahal justru saya beli jam murah,” katanya.

Panglima TNI Jenderal Moeldoko sempat memamerkan jam tangan Richard Mille seri RM 011 Felippe Massa yang melingkar di tangannya. Dia kemudian mencopot jam tangan itu dan menunjukkannya kepada wartawan. “Sebuah jam yang dijual di pasaran bisa Rp 1 miliar lebih, tapi saya beli hanya Rp 5 juta,” jelas Moeldoko.

Sebelumnya Media Singapura The Millenary mengupas soal koleksi jam tangan Panglima TNI Jenderal Moeldoko, hasil jepretan fotografer The Straits Times. Dalam berita itu ditulis soal harga jam belasan ribu dollar US yang dipakai Moeldoko. Mabes TNI menepis pemberitaan itu dengan menyebut jam tangan sang jenderal produk China dan harganya tak seberapa. Namun apa saran KPK pada Moeldoko yang disorot Singapura soal jam tangannya?

“Sebaiknya para pejabat tidak mempertontonkan gaya hidup yang mewah, karena pada saat ini masih banyak rakyat kita yang hidup dalam kemiskinan. Harusnya para pejabat memberikan contoh tentang pola hidup yang sederhana,” jelas Ketua KPK Abraham Samad, Rabu (23/4/2014).

Jam Tangan Panglima TNI (detik.com)

Jam Tangan Panglima TNI (detik.com)


Perbedaan Jam Tangan Richard Mille RM 011 Felipe Massa Chronograph  asli  dengan yang palsu (detik.com)

Perbedaan Jam Tangan Richard Mille RM 011 Felipe Massa Chronograph asli dengan yang palsu (detik.com)


Media sosial juga sempat ramai membahas jam tangan Panglima TNI Jenderal Moeldoko. Awalnya karena pemberitaan media Singapura yang mengulas beberapa jam tangan yang dipakai Moeldoko. Di media Singapura itu dirinci mulai dari merek jam tangan yang dipakai sampai harga jam itu.

Media Singapura mothership.sg dijadikan bahan rujukan pembahasan di twitter. Di media itu disebut beberapa jam tangan milik Jenderal Moeldoko, antara lain IWC Pilot’s Watch Chronograph Top Gun Miramar yang seharga USD$ 12,700.

Kemudian, Audemars Piguet Royal Oak Offshore Jarno Trulli Chronograph seharga USD$38,300, dan juga Audemars Piguet Millenary seharga USD$ 43.000. Media Singapura itu melihat jam tangan Moeldoko berdasarkan foto-foto pertemuan sang jenderal dengan sejumlah pejabat.

Dari foto pertemuan itu kemudian ditelusuri soal jam tangan yang digunakan, dan dapatlah harga itu. Banyak yang kagum, takjub, dan juga bertanya soal koleksi jam tangan yang dipakai Jenderal Moeldoko, namun Puspen TNI menegaskan jam tangan Jenderal Moeldoko hanyalah produk China. (viva.co.id, detik.com).

  147 Responses to “Panglima TNI Banting Jam Tangan”

  1. Haduh gtu aja dibahaaas

  2. Selamat malam..

  3. Ini adalah kelanjutan drama “meminta maaf” kpd singapura.
    Sehari setelah panglima mengklarifikasi ….mka mulai diserang secara personil (penggunaan jam)
    Spertinya klarifikasi Panglima sdikit tidak disenangi pihak singapura …..jelas, berita tentang jam ini adalah utk menurunkan kredibilitas panglima.

    Yah maklum, negara kecil bersifat opportunnis ….hidup dan berdirinya dari sifat kelicikan, tp bukan brarti saya ngajak perang kayak mbah bowo ya heheheee

    Media dan propaganda adalah alat jitu jaman sekarang utk memainkan kepentingan2.

    Hanya analisa ngawur

    • Entah benar atau Tidak….. Seorang Sahabat Saya 6 Tahun Lalu Mengatakan, Bersumber Dari Saudaranya Yang Bekerja di PPATK, ada 7 Ribuan Rekening Para Jenderal (1234) Yang Nilainya Diatas 10 M di Republik Ini. Wallahualam Bisawab….

      • ya mungkin mereka berbisnis atau punya sambilan lain bung.. Banyak kok para TNI yg penghasilannya tidak dari gaji saja melainkan dari bisnis yang lain karena dinilai gaji TNI sekarang msh JAUH dari cukup bung.

        • Semua orang tahu bung,… kalau yang pangkat tinggi, jabatan tinggi hidupnya pasti lebih mewah….gajinya utuh, remunerasi utuh, pendapatanya dari mana-mana. meskipun tidak punya bisnis. wajar kalau banyak yang punya rekening diatas 10M.

      • Laporin ke KPK saja.

      • Ya bung arie,mungkin memang banyak rekening nangkring dsana ….singapura kan memang penangkringan duit “besar” dan money laundry …..tp kl liat time frame antara satu berita dan berita lain ….knp jam itu baru jadi masalah sekarang.

        Justru yg jd masalah adalah bagaimana singapura menggunakan media sebagai alat “serang” utk kepentingannya.
        Berita ttg jam panglima ini durasinya sekitar 2 s/d 3hr setelah publik singapura mengetahui klarifikasi beliau.
        Itu sebabnya berita jam tangan awal muncul (setau saya lho) lewat
        http://themillenary.com/2014/04/16/general-moeldokos-rm-011-felipe-massa-flyback-chronograph/
        http://mothership.sg/2014/04/indonesias-general-moeldoko-has-got-an-exquisite-taste-for-watches/

        Baru habis ini dibahas oleh media kita pemberitaannya.

        Anggap aja ini pembelajaran …..siap2 kedepannya permainan propaganda dan informasi apabl kita berbenturan kepentingan dgn negara2 tsb (seharusnya kita sdh hapal sbab sudah berulangkali)

        Dan sperti biasa ….Indonesia akan selalu menjadi korban propaganda dimedia.
        Bgitu mudah dipermainkan ….bgitulah faktanya.

        hanya pandangan aja

        • Semoga masyarakat qt g terpancing adu domba singapura

        • Masyarakat Indonesia sudah makin pintar bung S&Y.. kalau cm propaganda macam itu hanya dianggap bualan aja.. yg patut diwaspadai adalah sebagian lsm yg merupakan antek asing yg merongrong2 dri dalam utk memecah belah persatuan dan kesatuan NKRI

          • @bungsora @bungandry….yup masyarakat smakin cerdas …….tp jgn menganggap remeh jg, terbukti kita terpancing kok bung heheee.

          • Yup… biasanya hal spt itu ada 2 penyebabnya:
            1. Kekurangan informasi
            2. Malas mencari informasi pembanding.. sehingga setiap informasi yg didapat ditelan scra bulad2 tanpa melakukan verifikasi atas informasi tsb..

        • Saya kok lihatnya kita tidak mudah dipermainkan, hanya saja celah orang untuk mencari kesalahan kita begitu besar. Bukan rahasia begitu banyak oknum di militer yang menggunakan kekuasaan untuk kepentingan pribadi. Politisi kita juga sama, selama pemimpin-pemimpin sipil dan militer (juga kepolisian) di negara ini masih mengutamakan kepentingan sendiri diatas kepentingan bangsa dan negara, negara kita tidak akan pernah bisa berdiri kuat seutuhnya

      • Assalamualaikum wr.wb
        ada benarnya juga, tapi untuk mengungkapkan hal itu tidak mudah seperti membalikkan telapak tangan.
        karena kalau rakyat sudah tidak percaya maka
        konsep pertahanan secara menyeluruh (membangun pertahanan bersama seluruh komponen bangsa) pun akan hancur dan hal itu mengancam keamanan negara juga,
        biaya yang dikeluarkan untuk menstabilkan negara saat kekacauan pun akan besar.
        dan cita-cita untuk menjadi negara maju pun akan hilang sehingga mulai dari awal lagi.
        saat itu terjadi pihak luarpun akan memanfaatkannya untuk menancapkan taringnya lebih dalam.
        seperti sejarah sebelumnya.
        jika hal itu dilakukan dalam kalangan militer maka ada polisi militer.
        penjabat memang begitu ada yang bersih dan ada yang kotor, baik dikalangan swasta atau pemerintahan, dimananapun didunia ini, tidak mungkin juga kalau menjudge hal ini cuma ada di negara ini 😀

        saya cuma tidak ingin cita-cita bangsa ini kandas di tengah jalan 😀
        Intinya pertama-tama kita utamakan kepentingan bangsa Indonesia 😀

        untuk jam, bisa jadi didalam jam tersebut udah di upgradeable, bisa jadi sebagai alat komunikasi atau pemancar.
        masa panglima hanya di kawal ajudan tanpa perlengkapan canggih.

        kalau salah ya maaf 😀
        maaf oot 😀

      • Ah biasa saja..aku jadi teringat artikelnya bung yayan tentang batubara..di mana disebutkan suami temannya; seorang bintang satu berbisnis batubara dan punya stok 150.000 ton. Selanjutnya, silakan analisa sendiri ya..saya males nerusinnya 🙂

  4. Waduh… jam tangan..? 🙂

  5. mayan..mendekati pertamax…baiklah selamat malam 🙂

  6. @singaporn: balas dendam nih ceritanya?…gara2 “kepandaian” kalian mengartikan arti kata “maaf” mbah moel,kalian cari titik lemahnya?
    Weleh2…..ini salah satu bentuk propaganda membentuk opini publik.

  7. yahh,klo kyk gini yang kasian Pak Moeldoko nya dongg,udh beli jam tangan hasil kerja,ehh malah harus dibanting segala…pun,sudah layak lah jendral bintang 4 menggunakan barang yang sedikit “mewah”

  8. Counter attack dari Singapura atas sanggahan kata maaf dari Pak Moel 😀

  9. kehabisan akal ya singapura jadinya mulai personal?

    • Iya betul bung,sy yakin jendral moeldoko adlh jendral yg bersih.kalo lihat gaya bicara,sifat dan sikap beliau sy jd ingat dengan jendral Ryamizad Ryakudu.krna ke 2 jendral ini adalah tokoh favorit dan idola saya.gaya bicaranya yg santun,berwibawa,tegas,bijaksana serta punya ide2 cemerlang untk kemajuan TNI.dan ke 2 jendral ini terjaga kenetalanya dlm Politik.Hidup Pak Moeldoko….Majulah TNI….Jayalah NKRI….Garuda di dadaku!

  10. Assalamualaikum wr.wb
    wahahahaha 😀
    takut kalau nanti ukurannya di kecilin 😀
    Pertama malaysia sekarang lagi musim perompakan tu seperti somalia 😀
    kedua sg mau dikecilin 😀

    kalau salah ya maaf 😀
    maaf kalau oot 😀

  11. si upil ngga usah diurusuin buang2 energi aje..

  12. Untuk tutup malu ya media singapura…gtu kok ngajak rujuk

  13. oleh2 dari cina yg banyak dibahas di komen2 artikel yg dulu ternyata ini toh 😀

    maaf kalo sok tau

  14. masalah jam aja kok di ributin. :-/
    pihak singapura kok lebay bgt. sampai hal sepele aja di jadiin berita.
    # mungkin balas dendam soal salah tafsir. permohonan maaf pak moel.

  15. Kami bangga padamu jendral

  16. Kalau Saya Demi harga Diri dan Jabatan Sebaiknya Demi kebenaran harusnya jam tersebut disumnbangkan atau benar-benar dipecahkan, bukan dilempar tapi diambil lagi…Pak Jenderal….

  17. Emang lokal ada yang sudah bikin jam ?

  18. Menurut ane yg dodol ini,media upil punya maksud propaganda halus dg berita itu.
    tapi sayang,masyarakat indonesia sudah cerdas.

    eng-ing-eng-ing-eng…… 😀 😀 😀

  19. akhirnya muncul juga artikel ini,,,,

    wkwkwkwkwkwwk
    pengen ngakak guling” deh, si Upil mau menjatuhkan Pak Mul dengan Isu Jam Mewah.

    Menurut Analisa saya yang awam…
    Si Upil mau membuat opini publik agar Pak Mul Jatuh dengan kasus korupsi. Jam mewah itu dibeli dari hasil korupsi anggaran alutsista NKRI yang membeli banyak mainan Gado-Gado. Nilai Belanja Mainan kita kan lumayan banyak juga. Pak Mul diperiksa KPK dan diproses lebih lanjut. Akhirnya diganti deh posisi Pak Mul dengan orang yang Pro – Barat.

    Apapun yang dilakukan Si Upil untuk mengganggu NKRI semoga mendapat Balasan yang setimpal danatau lebih. Amin

    Maaf yah,,, Klo analisanya agak kurang tepat.
    *masih Polos

  20. Kl saya jadi Pak moel,,,, saya akan bilang : jangankan jam merk ini harganya 1 M, kalau ada jam merk usman harun dengan harga 2 M pun saya pasti akan beli juga.

  21. Pak moel ngajak guyon

  22. Kita lihat siapa sumbernya dan kemana media akan menggiringnya? Kita amati saja sampai dimana nanti ujung pemberitaan soal itu.

  23. jam tangannya pak jendral kan bsa utk komunikasi 🙂

  24. aku ra popo

  25. Seharusnya panglima TNI jga tdk harus hidup bermewah mewahan sederhana saja sekalipun Kw harganya 5jtaan mungkin bgi orang yg bruang tdk ada apa2nya
    Karna menengok kbelakang banyak anggota TNi yg masih dlm hidup yg pas2an mungkin jga dgn segala kbutuhan ada jga yg masih perlu d perhatikan
    Dan sharusnya bisa menengok bebrapa contoh pjabat yg brharta tapi lbih memilih hdup sderhana utk menghargai rakyatnya sendiri yg masih dlm kekurangan

    • maaf ane berpendapat,,,semua orang berhak mewujudkan impian dan mendapatkan kepuasan asal dengan cara yg halal..karena dengan begitu semangat bekerja sentiasa ada dan penat lelah bekerja dirasa tidak sia-sia….

      apalagi kalau sebagai barang koleksi..
      karena ane adlh kolektor maka ane tahu bagaimana perilaku seorng kolektor…akan berhemat/menabung/mengambil anggaran yg kurang penting/menjual barang yg lama/barter/mengangsur..bagaimanapun usaha akan dibuat untuk mendapatkannya..
      apalagi jam tangan sebagai barang koleksi dan sekaligus dapat dimanfaatkan siempunya itu sangat tidak salah..
      contohnya ane sbgi kolektor walaupun hidup hanya pas-pasan tapi harga merket koleksi ane melebihi harga total aset yg ane punya.knp ?karena kepuasan hidup,dan bukan karena kemewahan

      tidak salah dan berlebihan jika seorang jendral mempunyai jam yg seharga 1 ataupun 2 milyar rupiah.justru malah lucu kalau memakai jam 35 rebu rupiah…bukan dilihat dari harga tapi lihatlah dari fungsinya yg kompleks seandainya itu bukan barang koleksi..bahkan kawan saya yg hanya mempunyai usaha bengkel dan kedai makan..mempunyai berbagai koleksi jam tangan dengan anggaran harga market lebih dari 5 milyar.padahal hidup tdk mewah…sedangkan ini JENDRAL…JENDRAL BRO….koleksi bukanlah tanda kemewahan dan objek untuk dipamerkan..tetapi untuk dinikmati oleh empunya dengan cara tersendiri

  26. Saya jadi ingat mbah bowo yang sebelumnya dengan sangat masif mengajak warga warjag untuk bersatu padu menyerang singpor. Ternyata tidak berselang lama, ada counter dari media singpor tentang jam tangan Pak Moel yang sepertinya bertujuan untuk menjatuhkan personal.

  27. si upil negara yang katanya maju tapi kok norak gitu ya caranya
    pengennya sih itu jam Pak Moel dilempar ke si upil,,tapi sebelumnya ditempelin dulu dipensil kita+di lucurin dari KRI Usman-Haruna…mantep kayak nya 🙂

  28. Jam tangan KW-KWan banyak dimana-mana. Mulai dari pinggir jalan sampai Mall kelas atas. hati2 jangan ketipu! Saya pikir ini salah satu kejelekan Cina yang gak perlu ditiru. Bahkan kalau bisa hentikan “sumbernya”. Dan saya harap jangan ada lagi yg ikut2an memperjualbelikan. Hadehhh

  29. nunggu komen mbah bowo…..

  30. pak jendral mo korop kek mo kerep kek
    ane tidak perduli karna itu urusan dia ama tuhanya
    yg penting kasih kami rakyat kecil aman tentram nyaman
    biar kami bisa kerja dan bisa tidur dgn nyenyak……..
    maaf klo ada yg tak sependapat
    tp ane tetap bangga ama panglima ane………

  31. wkwkwk.., ngakak hbis lht kelakuan si upil…,

  32. singaporno mau mengadu domba indonesia antara rakyatnya sama hulu balangnya.
    di cari gap kesenjangan antara si miskin dan si kaya, biar rakyat menghujat pak moel…
    kita tungu aja apa hasil propaganga singaporno..
    a. behasilkah atau
    b. gagal maning.
    mau tau hasilnya….. kita tungu beberapa hari kedepan…..???????
    xixixiiiii……. maaf hanya ngarang belaka, ikut koment ngramein warung ja….

  33. Promosi ya?

  34. Sepertinya Episode Usman Harun bkal ada lg nie.. Terlanjur malu dgn slh penafsiran kata maaf dari Jenderal Moeldoko, skrg Beliau yg di serang scra personal. Mgkn nnti akan ada lg berita yg memojok kan Beliau.
    Dsni sya melihat kok spt nya ada skenario utk menjatuhkan Beliau, tp sya jg mrsa s’pork dsni hnya sbgai pion.. Ada dalang di blkg mrk yg pnya kepentingan lbh bsr dr sekedar penamaan Usman Harun.
    Maafkan analisa sya yg dangkal ini..

  35. Lebih bagus nggak usah di bahas dan di post,,,besar kepala dan tertawa media “singapork “, yang mencoba menggelar salah satu ‘assymetric warefare strategic”,dengan alat medianya untuk ciptakan ‘polemik” dan propaganda bagi bangsa dan rakyat kita.
    Mending kita post foto 1 Brigade Mar dengan memakai jam seperti itu , di media mereka.Untuk menunjukkan jam seperti itu banyak ditanah air dan tak terbatas.Sekaligus untuk menunjukkan pada mereka cara2 yang mereka jalankan dimedia seperti itu sudah kuno, nggak mempan lagi bagi rakyat kita.

  36. Betul mas, pasir aja diselundupkan, banyangkan 1 km bertambah luas daratan si upil sama dengan 1 km berkurang luas laut Indonesia,

  37. Bapak Panglima TNI jendral moeldoko…apapun.saya sebagai rakyat kecil tetap mendukung bapak…jangan pernah mundur menghadapi semua ini.ketegasan bapak,keberanian dan sikap kesatria bapak membuat kami bangga dengan bapak.
    Maju terus TNI.
    NKRI harga mati.

  38. Suatu hari wartawan media [kl gk salah Tempo],,, saat itu sang wartawan melirik sebuah jam tangan yg sedang di pakai pak Harto ,,yg baru datang kunjungan dari Vietnam ,ia bertanya berapa harga jam tangan bapak itu,,Lalu di jawab beliau 5 USD..kalau gak percaya tuuh tanya ajudan ,,sedang kurs USD kala itu masih di bawah 10 ribuan
    Berarti kalau dirupiahkan sekitar Rp.40.000,

    Dulu Singapura dan Malaysia mana berani berkomentar macem macem ke Indonesia.walaupun alutsista Indonesia ketinggalan dengan mereka.,
    Jawabnya karena mereka segan dengan Presiden Indonesia dengan Intelejennya yang kuat,
    hehehe

    • hihihi psti si ajudan tadi keringatan ya om sat..? mungkin dalam hatinya ,,lah mso bpk yg beli di suru t harga sm saya.. ckckckck

      mlaysia sm singapura jamn dolo takut mungkin karna jamn pk presiden 2 kita lebh dekat dengan us drpd mereka ^^ heehe

      ngomong2 gmna TOR M nya pk..? jadi ga di pesan ?

      • waduh ndak tahu tentang TOR ‘M
        tanya ke bung NAra saja

      • bagus tuh bung sat,,, 3 in one radar pencari, sm penjejak plus rudal dalam 1 platfrm.. … kalo bs ya msukan dalam list mef 2.. 30 unit saja cukup ga usah banyak2.. plg juga $300jt yg keluar…

        saya stuju kita mw bkin sndr tapi jangan berkiblat ke startrek 🙁
        ayu lah bung ,,

        soal hely cnhk gpp deh kalo cat nya warna oranye asal tor m msuk list…

    • Bang satrio… mau nanya agak keluar dr wacana … kalau ngak salah denger tahunn2013 ada keinginan AL mengganti fregat kita dengan fregat dari rusia… gimana cerita ahirnya bang … mhn pencerahannya

    • Bung Satrio maaf sedikit koreksi, pada jaman pakde kurs dollar stabil di kisaran Rp. 2500,- jadi harga jam tersebut ialah sekitar Rp. 12.5000,-

  39. psywar udh mule ditebar sing, smg tak menjadi polemik media nasional. Dpihak lain, indikasi Sing mulai aware trhdp lompatan super Alutsista TNI mulai memanas. Keep attention on the next MEF

  40. Hati” dg propaganda singapur & antek”dibelakangnya..semoga kejadian ini bisa jadi pelajaran.untuk lebih waspada lagi kedepanya.!!

  41. Lanjutin pak **** segera mungkin ambil ahli FIR dari upil biar ke daulatan kita klop

  42. Melihatnya begini
    Upil sudah tidak mempunyai Isuee Strategis untuk diangkat menjadikan isue yang menyudutkan Indonesia
    Setelah mengangkat Isue Usman Harun dan berakhir dengan senjata makan tuan dan dipermalukan dengan blunder memakan mentah mentah info dari medianya,,si Eng Ing eng aslinya malu dengan kekalahan polemik Usman Harun tetapi kepentingan nasionalnya yang butuh sangat dengan Indonesia si eng ing eng butuh moment untuk memperbaiki dan melanjutkan hubungan dengan “Gudang Hartanya” yaitu Indonesia.permintaan “maaf” dalam tanda petik Pak Moel langsung disambarnya,,dan eng ing eng malu karena di ingkari oleh pak Moel,

    Secara tujuan Strategis jangka panjang Keretakan hubungan dengan Indonesia diakibatkan ulah eng ing eng yang ingin meningkatkan pamor dia dan nasionalisme dalam negeri mereka dengan menggoreng USman harun akan mengganggu hubungan politik militer dan berimbas hubungan ekonomi kedua negara, Eng ing eng lupa bahwa militansi nasionalisme bangsa Indonesia bisa tersulut dan merugikan negaranya .. Mereka takut TERKECILKAN dengan geliat Indonesia

    MAKA sekarang Eng ing eng dan Upil mencari Isue lain yang sebenarnya tidak pantas dijadikan Isue ,, Jam Tangan di upgrade dijadikan Layak menjadi next Isue..sekalian menyerang Pak Moel secara Person,,, dan ini jelas namanya Propaganda.

    Kita akan menunggu hal apalagi yang akan diangkat (diupgrade) menjadi sebuah Isue yang LAYAK, yang tidak merugikan kepentingan mereka..tetapi bisa tetap MENDISKRIDITKAN Indonesia 😀
    Analisa saya next isue
    Paling bentar lagi media Upil ikut mengomentari tentang Capres 😀
    Kalau yang disanjung nanti paling JKW dan PKB
    Kalau yang diserang paling PS dan koalisi demokrat 😀
    IMHO

    • Analisa lain :Next Isue untuk menyerang Pak Moel
      Media Upil akan menyebut pak Moel lebay karena membanting Jam.
      yang kedua akan menggoreng masalah Jam KW .. pejabat indonesia kok malah ngajari pakai jam KW ,,atau kemungkinan menyuruh produsen jam itu menuntut .:mrgreen:

      sebelum upil lebih berurah dibatesi dulu aja arahnya mau kemana ditebak 😀
      hehehehe

      • Assalamualaikum wr.wb
        kalau singapura menuntut hak cipta bisa jadi om panda yang awalnya jadi herbivora jadi karnivora 😀
        hanya karena masalah jam 😀
        bisa-bisa singapura di telan mentah-mentah 😀

        kalau salah ya maaf 😀

        • Walaikum salam wr wb
          Kita tunggu aja si upil makai next isue yang mana
          nanti ane jawab 😀
          Hak cipta yang bisa nuntun produsen nya dunk dari swis

          Ada yang percaya jam itu Asli atau KW,,
          Kalau ane percaya itu KW … serius ,

          Emang kita yang kadang suka branded mainded dibela belain beli asli sampai kredit cicilan 12 bulan hehehehe

          • Assalamualaikum wr.wb
            tapi pihak swiss tidak tau kalau singapura tidak ungkit-ungkit itu jam 😀
            iya saya sependapat dengan bung Satrio mengenai jam itu 😀

            kalau salah ya maaf 😀

          • kalo menurut saya itu asli bung,, GA ap2 juga pk moel pke jam mhal,, wajarlah pnglima cooy… ntar kalo ada jam mrh usmnharun harga 2 miliar kalo di suru ngumpulin uang buat beli itu,, mungkin dalam wktu kurang dr 3 hari sudah terkumpul buat beli jam usmn harun.. hihi,, ngomong2 TOR m nya mw di msukin mef 2 atau tdk bung sat…???
            kalo ga ada itu RI punya rokok ga punya mcis ^^ ga enak kan bung

          • Klo soal hak cipta udah dijawab tu bung sat di detik, “Kalau itu bukan urusan gue,” tutup Moeldoko. Yang hebatnya pak moel mencounter media singapura dengan pernyataan, mungkin saja media singapura itu tertipu karena menganalisa lewat media photo.
            Salut atas respect dari pak moel.

            Mungkin singapurel akan terus mengawasi pak moel dengan berharap menemukan kesalahan atau kekhilafan untuk merusak citra baik beliau…

          • Bung Satrio, dan bung warjager maaf menyampaikan sedikit uneg-uneg…
            menilik kebelakang, bagaimana kasus penyadapan thd petinggi RI, (+) keyakinan saya ada banyaknya lembaga/instansi yang telah disusupi agen-agen asing sekaligus berkeliarannya intelijen asing berkeliaran di bumi pertiwi.
            saya ada sedikit kekhawatiran, kalau singo upil ini memang mempunyai agenda yang terencana. kasus penyadapan dan kinerja intel dan mata-mata asing di NKRI sejatinya telah mengetahui rahasia pribadi para pejabat kita, dan itu akan dijadikan kartu truf bagi mereka. saya rasa ini akan sangat berbahaya untuk Negara kita secara keseluruhan.
            Maaf, saya sangat berharap semoga dugaan saya salah. dan saya berharap (lagi) apa yang diperbuat oleh si upil ini adalah wujud prustasi mereka dan ini adalah blunder politik yang kesekian kalinya. Amiiiin…

          • media2 di dalam negeri pun tidak mau ketinggalan rupanya, bukannya mengcounter pemberitaan dari luar tetap malah menambah2kan bumbu sedap nya…mulai dari “dengan kekayaan sekitar 36M masak punya jam KW” hingga “wibawa seorang Panglima TNI yang bisa jatuh hanya karena memakai jam KW”…

            ada aja yang bisa dijadikan bahan untuk media2 ini…dan bagi masyarakat awam yang tidak tahu pun akhirnya bisa terpancing emosinya hanya gara2 jam tangan…

          • @Bung IB
            Setelah penyadapan ,,Kemenhan sudah banyak berbenah
            dimomandoi langsung oleh pak SS bekerja sama dengan Lembaga Sandi negara , sedang dibikin firewall untuk protect secure line yang akan mampu meningkatkan keamanan jalur komunikasi kita.

            Kalau agen asing disini dari dulu ma banyak .. menyusup disegala sendi ,,
            nanti kalau di artikel mendatang “ular musuh garuda’ ane coba jabarin,

          • Bung Sat, Maksud saya (Mudah2an hanya firasat saya saja) secara siupil adalah mata dan telinganya asu dan anteknya begitu juga sebaliknya. jangan-jangan karena si upil malu dan kekecewaan sama pak moel sedangkan mereka mengetahui rahasia pribadi pak moel (Hasil sadap dan telik sandi) jauh sebelum skandal penyadapan ini terungkap. nah sekarang di manfaatkan pihak upil untuk membongkar kredibelitas pak moel. sehingga negara ini akan guncang…. (Tp kembali lagi saya berharap semoga hanya kekuatiran saya saja)..

    • @suhu satrio…mohon pencerahan ttg “nyi roro kidul* yg nongkrong dimuka halaman rumah heee “eng ing eng” sejak penyerangan secara personal pak moel…denger di warkop sih..kiansantang back up juga

      • masak sih? kan perairan disana ga dalam … paling banter yg sekelas cakra or sotong.

        Bagaimana konfirmasinya para suhu?

      • @Bung jenggo
        anda sepertinya lebih tahu..monggo dibabarin.bung

        @bung deka
        Mungkin berkaitan dengan api belakang

        • Sya sih udh curiga dr td pgi Om@Satrio.. Dr mulai pangdam 1 BB & jajaran nya smpe petinggi2 kota Medan spt nya hadir semua dstu ( sya liat dr mobil2 dinas yg masuk kedlm area ).
          Tp klo soal api blkg mosok jajaran petinggi2 sipil jg diundang semua ya Om.? Apa gk takut ntar ngerembes kmna2..
          Sya jg liat ada hall spt utk pnjat tebing..mgkn utk atraksi paskhas x ya..

    • Om@Satrio.. Maaf oot nie.. Di Soewondo hari ini ada acara apa ya.? Kok rame bgt tuh pgi2 gini udh pd ngumpul dstu.. Ada Sukhoi jg 2 ekor tuh lg parkir..

  43. Katanya barang KW dilarang dijual di singpret tapi semua barang yg dibawa lewat kapal harus lewat singpret dan dipungut biaya jadi kesimpulannya singpret memang kampret. Untuk ngerjain singpret maka ada baiknya sang jendral pake jam karet buatan cina

  44. AWAS kalo natuna besar sudah jadi,, indonesia bakal bikin pelabuhan besar dan kapl2 harus terlebih dahulu singgah di situ,, dengan alasn sekarang banyak narkoba yang sudah msuk indonesia dan di sinyalir melewati jalur laut,, dmi menjaga keamnan indonesia memberlakukan HARUS SINGGAH kapl untuk pemeriksaan..

    KALO MSH NAKAL JUGA, indonesia bakal memberlakukan zona identifikasi udara seperti yang di lakukan china,,

    KALO GA KAPOK, baru kita musti merfikir untuk memprookasi mereka supya terlibat perang terbuka,,,
    tentunya psukan2 harus standbay lebh dulu sebelum bantuan untuk mereka msuk..

    hehehe muuf kalo salah

  45. bales lagi propagandanya singaporno,
    kapal usman harun datengnya lewat selat malaka, berhenti dulu dkat singaporno???
    kan mantabbb langsung mak jleb….

  46. Kita hrs waspada dlm kemajuan teknologi, baik bicara/asosoris yg digunakan akan dpt dijadikan serangan ke pribadi kalau terjadi konflik kepentingan dan kita hrs fokus ke program yg sdh dijalankan seperti Natuna hrs dijadikan tempat bandara militer juga bandara umum mendukung pariwisata. Dg kegiatan bandara militer/umum yg padat tdk bisa lagi singapura mengatur seenaknya, kita dpt menuntutnya ke internasional dan kalu dipertahankan singapura bisa digugat di pengadilan perdata Internasional. Salam………….

  47. Sebenarnya Itu hal yg wajar bagi Jendral hidup kaya di Indonesia dari pengahasilan Upeti para pebisnis yg dibekinginya..jika dibandingkan dengan kepangkatan Jendral polisilah yg masih banyak mendapatkan Uang Sabetan Istilahnya” Kanan Kiri Oke” Maju terus Jendral untuk membangun Alutsista yg Modern bagi NKRI walaupun ada badai kecil.. kami rakyat dibelakangmu….!!!

    • Tidak semua Jendral berkehidupan mewah bung WG
      saya pernah menulis diwarjag pengalaman saya sebagai TENJEN

      Satrio says:
      March 2, 2013 at 4:06 pm (Edit)

      REJEKI itu bukan dilihat dari banyak banyakan tetapi BAROKAH barokahan..nya
      Banyak yang rejekinya melimpah tetapi tidak bahagia..
      tetapi juga banyak yang rejekinya cukup tapi sangat bahagia..

      Saya punya kenalan seorang bintang 2 ..liting 73..Almarhum begitu BERSAHAJAnya disaat kolonel beliau masih menempati rumahdinas ,,dan baru bisa membeli rumah disaat bintang 1,dan baru bisa ,membangun rumahnya disaat bintang 2..beliau bukannya tanpa jabatan lhoo..apalagi liting 73…beliau pernah memimpin satuan yg alutsistanya nilainya triliiunan.

      Saat bercengkrama dengan saya rakyat jelata beliau dengan santainya nongkrong memakai sarung dan bercerita santai tanpa menunjukan bahwa beliau harus dihormati seperti JENDRAL
      walau sedikit ngeri dengan 2 ajudan yg selalu standby dirumahnya..beliau selalu ramah kpd tetangganya saat pulang dari dinasnya dijakarta,
      Image Jendral kaya korupsi tdk ada sedikitpun ada dalam keseharian beliau…disaat beliau wafat dan dimakamkan secara MILITER karena masih aktif..tetangga sangat merasa kehilangan..walaupun dilingkungan kami banyak kolonel juga irjen,mayjen dari kesatuan lain.

      Saya yg suka nunggu dihari sabtu untuk melihat beliau datang dijemput ajudannya memakai mobil plat dinas camry thn 2001 merasa kehilangan Jendral bersahaja itu..dan HARTA yang ditinggalkan kepada istri dan anak anaknya hanya rumah,mobil camry platdinas dan kijang 2002 yg dipakai keseharian istrinya,dan satu corolla 98 yang dipakai anak anaknya..Dan Pendidikan yang BAIK.

      dan saya sbgai TENJEN (Tetangga Jendral) hanya bisa mengenang beliau lewat doa dari buku yasin yg terpampang foto beliau dengan GAGAHnya memakai seragam PDU lengkapnya..
      Soo masih ada dan BANYAK seperti beliau..

      • karena masih ada dan BANYAK yang seperti beliau..

        mungkin perlu acuan baru untuk memilih para panglima hingga puncaknya panglima TNI?

        selama ini “lulusan terbaik angkatannya” seolah jadi pertimbangan utama, sepertinya perlu kriteria penyeimbang seperti kebersahajaan.
        lulusan terbaik cukup jadi staf ahli jika gaya hidupnya glamor.

        lulusan terbaik belum tentu akan menjadi pemimpin terbaik (salah satu judul buku kiyosaki adalah ‘why A students work for C students’).

        bahkan di AS para milyarder IT ternama adalah DO perguruan tinggi,
        http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_college_dropout_billionaires

      • kok terbalik ya bung satrio, diseberang kampung kami ada kompleks yang dihuni oleh melati dan eks bintang dengan kehidupan yang berkecukupan dibanding kampung kami. mobil yang banyak, tanah luas dan rumah yang megah. Kebersahajaan adalah gaya hidup yang langka di jaman sekarang. apalagi dengan jabatan yang tinggi.

        • Mantan tetangga saya yang di akhir jabatannya berbintang, sekarang anaknya pengusaha besar dan berbagai bisnis lain. Saya tahu juga ada yang relatif sederhana untuk ukuran kedudukannya. Tapi lepas dari semua itu, memang godaan bagi siapa saja yang makin tinggi kedudukannya. Paling tidak, gengsi. Ibarat pepatah, makin tinggi pohon makin kencang angin menerpanya.

  48. Negara Binalu Liliput Singapura….Ternyata Tetangga yg Busuk….Masak Jam Tangan aja disorot…..Kurang Etis….Dendam nih kayanya sama Panglima……Kami Segenap Rakyat Indonesia Tidak akan Terpancing dengan Propaganda Negara Tetangga Singapura yg Busuk….Ini Hampir sama dg Propaganda negara penjajah…Suka memecah belah dan memfitnah Bangsa….Bpk.Panglima Moeldoko….Kami Segenap Seluruh Rakyat Indonesia Selalu Berdiri Dibelakangmu . Tidak usah Gentar atau Malu atas pemberitaan Media Singapura.

  49. IMO, berita seperti di atas tidak akan berarti apa2 kalo kita bangsa Indonesia sendiri menganggapnya sebagai berita biasa dan tidak bereaksi berlebihan… Kalo kita bereaksi berlebihan, bersorak gembira lah mereka karena tujuannya tercapai… Santai aja mas bro… Propaganda tidak seharusnya dihadapi dengan hati yg panas…

    IMO lagi, memberi pelajaran ke upil itu tidak sulit. Kalo saya panglima TNI saya akan kurangi pengamanan selat malaka. Hanya kapal2 berbendera Indonesia & yg berhubungan dengan kepentingan nasional saja yg akan saya perintahkan dikawal.. Niscaya ga lama kemudian selat malaka akan berada dalam status tidak aman. Kalo selat malaka tidak aman, ekonomi siapa yg paling terancam..?? Tapi itu cuma mimpi saya pribadi ya… Upil itu sangat peduli dengan keamanan selat malaka karena jalur itu jadi urat nadi ekonomi mereka + upil juga peduli (aka: suka sekali) dengan barang2 selundupan dari Indonesia (BBM, hasil tambang, pasir, kayu dll)

    • Met pagi mas Barbie, mnrut sy sebaliknya di selat mlk justru hrs stel kenceng lg arahkan ke batam, klo kita kendor dah pst dia minta bosnya turun tangan….hehe ..salam

    • gak usah susah2, mas…

      umumkan aja pipa gas bawah laut natuna yg langsung ke singapur sama msia bakal diadakan pemeliharaan berkala.

      suplai bakal tersendat 1 bulan lamanya.
      singapur ama msia silakan mencari solusi sendiri selama masa pemeliharaan.
      giliran dah kelar, umumin aja eh maaf ternyata bautnya ketinggalan satu.. ini baut penting, jadi terpaksa kami tutup lagi sebulan lagi…

      pertanyaannya cuma satu: RI tahu nggak kartu apa aja yg bisa dimainkan oleh kita? kalau sudah tahu BERANI/MAU nggak kita memainkan kartu itu?

      ups.. itu dua pertanyaan ya.. 🙂

  50. 1 – 0 untuk kemenangan Singapura.

    Semoga ada hikmah yang bisa diambil dari kasus jam tangan ini

  51. Pak Moel sebagai next Gajahmada , pantaslah singo ketakutan dganti jadi Tumasek lagi . Kira2 Gajahmada zaman sekarang levelnya Perdana Menteri ,kalau di Indonesia RI 1 ?

  52. kita liat siapa aja media indonesia yg akan terus menggoreng masalah ini……
    kita boikot aja media yg kepanjangan tangan sing ngi .. biar rating turun ….
    blok jalur pengiriman pasir laut ke sing ngi
    maaf esmo orang awam

  53. KPK: saya tunggu pensiunmu jenderal

  54. kalau saya pribadi sih gak masalah mau itu jam tangan asli atau kw, mau 5 juta atau 5 milyar ya silahkan, selama uang beli jam nya bukan hasil korupsi. ya wajar aja lah kalau pak moel pakai jam tangan mahal, masak sih gak boleh menikmati hasil keringat sendiri.
    kalau salah maap maap ya, cuma pendapat

  55. Kita tunggu pak Moel ngomong : Ini cuma jam buata china, nanti gue kirim pensil buatan china juga ke kota lu…

  56. diluar masalah pelitik kedua negara n ntu cumam brita biasa ato punya mangsud terkentu, pemberitaan media upil sebenere ada positipnya juga..
    dalam berbusana n berdandan emang kagak ada aturan bakunya, yg ngebatasin cuman norma masarakat n kepantasan doang..
    ente bole kog berkalung rante emas 1 kwintal, ente bole kog mata ente ditindik linggis emas, ente bole kog pake anting berlian 5 kg, kagak ada yg nglarang, palage cuman jam tangan kw..tapi kalo ente lakuin ntu, siap siap cingur tetangga ente ndlewer ampe kampung sebelah n jadi inceran gerombolan si berat..

    hal yg lumrah orang yg dah mapan secara ekonomi akan milih barang yg merk kualitas tinggi, kagak masalah n wajar..kalo yg kismin seh mikirnya kegunaan n asal punya dolo 😀
    tapi buat ngehindari pitonah, omongan kagak enak, curiga n kayak kasus pemberitaan yg dilakuin media upil ne sebaiknya aparat terutama pejabat tinggi negara bersikap sederhana bersahaja, prasojo kata orang sopiet..
    disamping bebas incaran pemberitaan miring, kepercayaan masarakat pada orang ntu juga meningkat..kata kakak ane yg masih klas 3 smu, orang yg berdandan berlebihan ntu orang yg cuman peduli ma dirinya ndiri..
    kagak nyalahin pak moel, tapi dgn kasus ne bisa diambil hikmahnya..bahwa apa yg dilakuin seorang pejabat ntu disorot n di korek2 buat dijadikan pembentukan opini buat mangsud tertentu n tujuan tertentu..

    mungkin pejabat n aparat indonesia bisa meniru ane dalam beraksesoris, ane cuman pake gelang karet..selaen bebas iri dengki tetangga, dimari bisa juga buat jepret botaknya para sesepuh hahag 😀

  57. Keji. Menyerang pribadi. Moga Bpk ‘ora popo’, dan dilindungi olehNya. NKRI harga mati.

  58. Tisuu mana tisuu…
    Terharu baca komeng bung LS…

  59. permisi,salam kenal semua yang ada di forum ini. Mungkin sedikit keluar dari tema,selama ini saya sering membaca bahwa kopasus pasukan terbaik ketiga didunia sesuai discovery channel military 2008. Tapi setelah saya cari2 tidak ketemu. Mungkin teman2 ada yang punya link data atau videonya, kalo boleh bisa dibagi

  60. unsur politisnya kental sekali….. pilpress blom berlangsung…. beberapa partai atau tokoh ada yang mengisyaratkan pak jendral ini cocok jadi cawapress…… militer indonesia sedang berbenah menjadi yang terkuat di kawasan…. ketakutan2 itu pasti ada dari negara tetangga….. yang harus dicermati adalah potongan2 pemberitaan soal panglima di singapore waktu polemik “minta maaf’ soal kasus usman harun

  61. Yang penting:
    – KRI Usman Harun berlayar terus sampai Marina Bay Singapura…
    – Jenderal2 di Singapura gak punya jam gituan…

    Hahaha…

  62. blunder…
    setelah kasus salah terjemah soal penggunaan kata maaf kemarin yg harusnya bisa dihindari dengan meminta channel news asia / sujadi siswo mengirimkan dulu klip+terjemahan yg akan mereka muat untuk diperiksa dispen tni sebelum tayang.

    sekarang kasus jam tangan.
    media di singapur itu dikontrol pemerintahnya, kalau skr mereka mengomentari soal jam tangan ini pasti ada udang di balik batu.

    tidak perlu dikomentari atau diteruskan dengan acara klarifikasi segala menurut saya.
    biarkan saja berlalu. perihal jam asli/tidak, dapatnya gimana dll, panglima bisa klarifikasi dengan cara lebih elegan spt menyerahkan daftar kekayaan atau hal lain yg secara halus dan tidak langsung menjernihkan persoalan.

  63. Kalau boleh usul
    Gimana pejabat menteri kabinet ,dan setingkat menteri
    Dibuatkan jam tangan dalam negeri dengan Logo Garuda dan ada cap Republik Indonesia dibelakangnya dan wajib dipakai selama kegiatan publik,
    Selain akan mengangkat prestise produk dalam negeri juga untuk mengajarakan kepada rakyat indonesia untuk mencintai produk dalam negeri .

    Kalau hanya membuat Jam Tangan yang lumayan mewah saya kira Industri dalam negeri bisa dan mereka akan mau memberikan harga khusus untuk pejabat pajabat kita dan menjadi sponsor istana negara

    Dulu pernah ketemu pengusahaa nasional yang bangga memakai Jam tangan dengan logo dan tulisan Salah satu nama Jendral (Menhankam) kita,,pengusahaan itu bangga sekali memakainya karena jam itu kenang kenangan dari pak menhankan pangab.
    Juga ada yang memakai Jam tangan dengan logo Istana negara mereka sangat bangga,

    Perasaan itu akan bisa tertular lagi bila pejabat kita memakai suatu Jam merk A dalam negeri dan dipakai sebagai Jam resmi kenegaraan,, maka rakyat nasionalis akan ikut ikutan membeli jam merk A tersebut ..
    Dan akan lebih mewabah bila pejabat kita juga memakai produk produk dalam negeri lainnya misalnya sepatu,topi, ikat pinggang dompet,pakaian produk dalam negeri.
    IMHO

    • Ide bagus bung satrio …sdh sharusnya terminologi bahwa pejabat itu hrs Highlife dgn simbol flamboyan dan glamour dihilangkan.
      Memang gaya/style adalah hak masing2 …tp hrs ingat, pejabat itu menjadi patokan jg utk rakyatnya.
      Sangat ironis ktika slogan Cinta Produk Dalam Negeri digembar-gemborkan tp aplikasinya bertentangan.

      Jd teringat sosok Pak Jusuf Kalla, salah satu politikus yg sangat mendukung produk2 dalam negeri….smoga beliau ada tempat buat dikabinet kedepannya….heheheee ini bukan bermaksud kampanye ya

      • Betul sekali bung, Pak JK selalu memakai sepatu kulit dari Cibaduyut, yang di beri merk JK Collection, dan beliau juga selalu mempromosikan sepatu tersebut.

        Pada saat acara “Mata Najwa: Penebar Inspirasi” di kampus UNS Solo, Beliau juga memakai dan mempromosikannya.

        Alangkah bangganya kita, apabila semua pejabat dan birokrat selalu memakai dan mempromosikan barang-barang “Made in Indonesia”.

        (Bukan kampanye juga, hehehe)

    • utk pejabat2 sipil sih emang harus sederhana, tp asesoris utk pejabat TNI & Polri ga sederhana ga apa yg penting canggih n multi fungsi dan dapat d pertanggung jawabkan pemakaiannya biar mirip2 yg di film2 hollywood gituuuuuu

    • Setuju Bung Satrio,bagaimana klo mulai saat ini “kita” Bung Admin,sesepuh Warjag,Anggota Warjag,baik yg Komentar atw jd SR.mari kita semua sama2 mempromosikan Produk2 INDONESIA,tp dengn langkah awal yg kongkrit,lewat Warjag ini.untk langkah kongkritnya seperti apa?nanti kita bs diskusikan di warjag.krna sy punya impian Warjag ini selain Pembahasan suatu artikel baik
      mengenai wawasan
      Kebangsaan,Sejarah,Ekonomi,TNI,Alutista
      dll.beserta diskusi dan komen2 anggota
      Warjag.yg memang mungkin menjadi
      tujuan Warjag ini.untuk menambah
      wawasan Kebangsaan dan Cinta Tanah
      Air.lewat artikel2 yg di muat di Warjag ini
      yg di angkat dr Bung Admin,Sesepuh
      Warjag maupun dr sumber lain.tp
      Alangkah Ruar biasanya kalo di Warjag ini
      “KITA” melakukan langkah “NYATA” Usulan Bung Satrio:Pejabat Setingkat
      Menteri dan Kabinet di berikan jam tangan buatan INDONESIA,Yang ada lambang
      Garudanya.tp klo bisa dan harus,yakin
      bisa bukn cuma jam tangan saja tp semua
      Produk yg bs di buat di dlm Negeri.dan
      mengenai artikel Bung Satrio,Produk
      dalam Negeri harus ada Lambang Garuda
      dan label SNI.Usulan yg dl pernah di muat
      menjadi Artikel mari “KITA”
      PERJUANGKAN Bersama ASPIRASI
      ini.jangan cuma di buat Artikel,didiskusikan,di komentari dan setuju2 tok.agar di sampaikan,ke Anggota
      DEWAN,PEMERINTAH atw Lembaga
      terkait lainnya.agar di dengar,di
      Perhatikan sampai nanti di buat
      suatu”Kebijakan atw Undang-Undang.dan
      mungkin ini adalah awal,balik lagi ke
      Bung Satrio dengan Artikelnya
      “MENGEMBARGO DIRI SENDIRI”.jd nanti
      “KITA” lewat Warjag ini tidak hanya
      sebatas memuat Artikel di bahas melalui
      diskusi lewat Komentar2.tp khususon
      Artikel CINTAILAH PRODUK2
      INDONESIA,Ma’af oot.”KITA” lewat
      WARJAG ini harus melakukan
      langkah,awal “NYATA”.untuk
      bagaimana,Langkah awal,tindakan apa
      atw Bagaimana caranya?untk sampai
      Goalnya!”KITA” diskusikan bersama di
      Warjag ini.sy yakin Bung Admin,Sesepuh
      Warjag semua bisa mendukung saturatus
      persen!

      Ma’af klo ada kata2 yg kurang berkenan

      Bagaimana dengan Anggota Warjag semua?

      SETUJU,..Setuju…se7…?!:-D

    • @bung Satrio, bukannya jam tangan Lambang Garuda udh pernah di buat ya..saat ini salah satu kerabat saya sudah memilikinya dan di pake hanya saat” tertentu saja..saya tanyakan beli dmn, Beliau hanya bilang ini gag di jual dan limited edition…gag tau deh itu asli atau palsu..

  64. moga gak ada yang tanya copas dari mana 😀

  65. kita dah punya kitab yg lebih cocok kok,dah di sesuaikan dengan kepribadian luhur bumi pertiwi.

    • Saya kira ajaran diatas berlaku universal, bukan berarti kita memuja Tiongkok dan lain sebagainya.

      Setiap budaya didunia sudah pasti ada suri tauladan yg patut di contoh, hanya saja sedikit yg dapat merumuskan nya lalu membukukannya dengan cermat dan terukur, singkat dan padat.

      Kalau boleh tahu apa karya dari tanah air yg patut di sandingkan dengan karya yg saya tulis/sebut diatas.
      Agar kita juga dapat mempelajari dan menganalisanya.

  66. Jangan di tanggapi jg pak panglima, singapura cuma mau ngadu domba aj tuh,,,,,,,,,,,,,,,,, sdah terlanjur malu dia,

  67. maaf ane berpendapat,,,semua orang berhak mewujudkan impian dan mendapatkan kepuasan asal dengan cara yg halal..karena dengan begitu semangat bekerja sentiasa ada dan penat lelah bekerja dirasa tidak sia-sia….

    apalagi kalau sebagai barang koleksi..
    karena ane adlh kolektor maka ane tahu bagaimana perilaku seorng kolektor…akan berhemat/menabung/mengambil anggaran yg kurang penting/menjual barang yg lama/barter/mengangsur..bagaimanapun usaha akan dibuat untuk mendapatkannya..
    apalagi jam tangan sebagai barang koleksi dan sekaligus dapat dimanfaatkan siempunya itu sangat tidak salah..
    contohnya ane sbgi kolektor walaupun hidup hanya pas-pasan tapi harga merket koleksi ane melebihi harga total aset yg ane punya.knp ?karena kepuasan hidup,dan bukan karena kemewahan

    tidak salah dan berlebihan jika seorang jendral mempunyai jam yg seharga 1 ataupun 2 milyar rupiah.justru malah lucu kalau memakai jam 35 rebu rupiah…bukan dilihat dari harga tapi lihatlah dari fungsinya yg kompleks seandainya itu bukan barang koleksi..bahkan kawan saya yg hanya mempunyai usaha bengkel dan kedai makan..mempunyai berbagai koleksi jam tangan dengan anggaran harga market lebih dari 5 milyar.padahal hidup tdklah mewah…sedangkan ini JENDRAL…JENDRAL BRO….koleksi bukanlah tanda kemewahan dan objek untuk dipamerkan oleh kolektor..tetapi untuk dinikmati oleh siempunya dengan cara tersendiri

  68. Bung Satrio, bagaimana cara “KITA” atw langkaah apa?yg kita lakukan untuk mendukung Aspirasi Bung Satrio,jujur sy Pribadi sangat setuju.tp bingung oleh karena itu sy utarakan di Warjag ini.apa kita harus. “ma’af” Demo ke Pemerintah atw DPR,atw bagaimana?jd greget,hehehe….krna sy ingin ada langkahmnyata!lewat Warjag ini,sy minta tolong dong sama Bung Admin,sesepuh Warjag,dan anggota warjag lainnya kasih Pencerahannya,Pendapatnya dan uneg2nya.apapun itu demi kemajuan Bangsa.krna sy yakin dari Admin,sesepuh Warjag,anggota maupun pembaca Warjag ini ada yang Profesor,Doktor,Insinyur,Pengamat,Pelajar,Mahasiswa,Pengajar,Aparat,maupun instalasi lainya.pasti ada ide2 cemerlang untuk mewujudkan Aspirasi ini.jd jangan biarkan Bung satrio membawa Aspirasi ini sendiri.mari kita dukung dengan tindakan nyata!krna mengenai Produk dalam Negeri jd ingat Motor sy,Kanzen Taurus Ultima.ma’af bukan Promosi,kalo mau belipun Produk barunya sudh tdk ada.karna Pabriknya sudh tutvp.setau sy itu adalah satu2nya Produk,desain anak Bangsa.walaupun lisensi dari Daelem Korea Selatn,jd ingat Changbogo.5 tahn lebh pakai tp blum prnh turun mesin, knalpot blm ngebul,stater tokcer.”intermezo”jd intinya ternyata kita bisa buat sepeda motor yg mesinnya bandel.tp kenapa tdk laku,dan akhirnya Pabriknya ttp.mungkn klo seandainya dulu ….instansi Pemerintah membeli Produk ini dan di gunakan sebagai kendaraan dinas.mvngkin lain crita!padahal Pemilik tu Pabrik adalh mantan mentri Perindustrian,intinya adalah jangan sampai ada Produk Indonesia yg tidak. Laku di Bangsa sendiri,karna imej,oleh krna itu kita hars membuat imaj seperti komentar Bung Satrio di atas.dan tentu saja harus lulus SNI,dan sebntar lg sy yakin ada SPI….Hidup Patriot Indonesia,majulah Produk Indonesia…dan akhirnya “Jayalah NKRI”.

    Garuda di dadaku!

  69. Satu lagi bung Diego buat Pin BB khusus acount Warjag 😀
    ide ide briliant disini bisa dishare ke teman teman BBM dan dishare lewat BC dan saling sambung menyambung ke warga Indonesia yang lainnya yang kebetulan tidak mengenal Warjag,

    maaf kalau salah

  70. Cintailah produk-produk Indonesia

    Tentara Amerika saja jatuh cinta sama SS Pindad

  71. Ass.. Singapura besar dari jalur pelayaran dan penerbangan .. itu kuncinya!! Kita punya Batam / Kep Riau, Singapura sudah tunjukkan ke kita .. kekawatirannya adalah kelemahannya, sikapnya adalah kebijakannya, pilihan ada di tangan kita, masihkan kita izinkan si chiwawa ngaku2 singa ini untuk terus congkak ? pakai akal dan keberanian, karena kita lebih besar… sekutu singpura ? – jgn kuatir.. dunia sudah berubah, dan saatnya si ciwawa melengking … meregang nyawa.

 Leave a Reply