Mar 272018
 

Kunjungan kehormatan Dubes Korsel untuk meningkatkan kerjasama antara Indonesia dan Korea Selatan dalam bidang militer, antara lain teknologi, Alutsista dan pendidikan khususnya pertukaran perwira siswa.

Jakarta, Jakartagreater.com – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P menerima Kunjungan Kehormatan Duta Besar (Dubes) Korea Selatan (Korsel) Yang Mulia Mr. Kim Chang Boem didampingi Penasehat Bidang Industri Pertahanan Mr. Jeong Giyoung pada Senin 26 Maret 2018 di ruang tamu Panglima TNI, Mabes TNI Cilangkap, Jakarta.

Turut hadir dalam pertemuan ini Asrenum Panglima TNI Laksda TNI Agung Prasetiawan, Asintel Panglima TNI Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono, Kapuspen TNI Mayjen TNI M.S. Fadhilah dan Wakabais TNI Brigjen TNI Andjar Wiratma.

Dalam pertemuan ini Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P menyampaikan ucapan terimakasih dan suatu kehormatan bagi Prajurit TNI atas kedatangan Yang Mulia Mr. Kim Chang Boem. Selain itu Panglima TNI menghargai perjalanan sejarah perjuangan kemerdekaan Korea, yang terpaut beberapa hari dengan Proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Kerjasama yang fenomenal dengan Korea Selatan salah satunya adalah pembangunan jalan Tol Jagorawi. Dalam pelaksanaan pekerjaan tersebut, Korea Selatan bekerja dengan sepenuh hati. Korea Selatan dalam bidang teknologi dan produksi industri alat pertahanan berkembang sangat maju.

Sekarang ini peralatan pertahanan buatan Korea Selatan sudah banyak digunakan Indonesia untuk menambah kekuatan alat utama sistem senjata (Alutsista) TNI diantaranya tank, pesawat tempur T-50 Golden Eagle dan kapal selam KRI Nagapasa 403.

Kunjungan kehormatan ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan kerjasama antara Indonesia dan Korea Selatan dalam bidang militer, antara lain teknologi, Alutsista dan pendidikan khususnya pertukaran perwira siswa dalam rangka meningkatkan kemampuan dan profesionalisme prajurit kedua angkatan bersenjata. Lebih lanjut mengharapkan transfer of technology dalam pembangunan Alutsista TNI dapat terus dilaksanakan dan berlanjut.

Dubes Korea Selatan Yang Mulia Mr. Kim Chang Boem menyambut pembicaraan Panglima TNI bahwa hubungan dan kerjasama di bidang militer khususnya dalam produksi alat pertahanan kedua negara dapat terus ditingkatkan dan dikembangkan di masa mendatang.

Sementara itu pada saat memberikan kuliah umum kepada mahasiswa salah satu Universitas di Solo Jawa Tengah, Dubes Korea Selatan Yang Mulia Mr. Kim Chang Boem menyampaikan materi dengan tema “Hubungan Indonesia dan Korea Membuka Dunia Baru”.

Lebih lanjut Dubes mengatakan Presiden Joko Widodo juga telah menerima penghargaan sebagai warga kehormatan Daerah Khusus Ibukota Seoul beberapa waktu yang lalu. “Ini menunjukkan persahabatan yang erat antara Indonesia dan Korea Selatan.

Untuk itu atas kesepakatan kedua kepala negara dalam meningkatkan kemitraan strategis khususnya di bidang keamanan dan pertahanan di Indonesia terus akan dikembangkan dan ditindaklanjuti di masa depan.

Selanjutnya Dubes Korea Selatan menyampaikan sekarang ini Korea sedang memproduksi kapal perang selam kedua pesanan Indonesia, diharapkan Panglima TNI meninjau pembangunan kapal tersebut di galangan kapal Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering Korea Selatan. (Puspen TNI).

  9 Responses to “Panglima TNI – Dubes Korsel, Bicarakan Transfer of Technology”

  1.  

    Minta Tambahan 500 Insinyur

  2.  

    wuih dpt tot….

    nah dubes mu mana boy, kok kgk datang2 ngajak ngomong tot…xixi

  3.  

    Tot dpt jika belinya banyak plus saling menguntungkan

  4.  

    Kayaknya semakin lbh akrab hubungan RI-Korsel drpd RI-Jepang yg sdh puluhan tahun menikmati kue manis pasar industri otomotif hy sebatas perakitan dan karoseri doang, kpn bangun industri permesinannya+ tot metalurginya dimari?he3

 Leave a Reply