May 292014
 
Panglima TNI Jenderal Moeldoko (photo:Kompas.com)

Panglima TNI Jenderal Moeldoko (photo:Kompas.com)

Panglima TNI Jenderal Moeldoko, menyatakan Pemerintah telah melakukan pertemuan dengan Malaysia membahas pembangunan menara suar di wilayah perairan Indonesia, di kawasan Tanjung Datuk, Kecamatan Paloh, perbatasan Kalimantan Barat, 28/05/2014.

Malaysia yang bertemu dengan perwakilan TNI, Menteri Luar Negeri, Mekopolhukam dan Menteri Pertahanan, sepakat menghentikan pembangunan menara suar di Tanjung Datuk. “Hasil pertemuan tim Indonesia dengan Malaysia, semua sepakat pembangunan menara suar dihentikan,” kata Jenderal Moeldoko di Mabes TNI, Jakarta.

Kedua negara juga sepakat tidak ada lagi kegiatan atau tindakan yang bisa memperkeruh situasi setelah proses pembangunan menara suar dihentikan. Selain itu akan melakukan verifikasi ulang untuk memastikan batas wilayah dari lokasi pembangunan menara tersebut, sebab masing-masing negara memiliki versi sendiri.

Menara Suar yang dibangun Malaysia di Tanjung Datuk, Kalbar (photo: tribunnews)

Menara Suar yang dibangun Malaysia di Tanjung Datuk, Kalbar (photo: tribunnews)

“Versi Indonesia dan Malaysia ada perbedaan. Kalau ini (Pembangunan Menara Suar Malaysia) berjalan, Indonesia kehilangan 143 km. Verifikasi akan dilakukan bulan depan,” katanya.

Jenderal Moeldoko menambahkan, belakangan masyarakat yang tinggal di perbatasan khususnya kawasan Tanjung Datuk resah, karena dilarang petugas keamanan negeri jiran untuk mencari ikan, bahkan kerap diusir. Padahal, para nelayan setempat berada di wilayah Perairan Indonesia. “Ada beberapa keluhan dari bupati Sambas (Kalimantan Barat), bahwa masyarakat nelayan sering diusir petugas Malaysia. Atas kondisi seperti itu, maka Panglima TNI akan memberikan pengamanan dan perlindungan terhadap mayarakat kita di sana,” katanya.

Panglima TNI mengingatkan kepada aparat Malaysia agar jangan sampai ada lagi larangan terhadap nelayan setempat untuk mencari ikan di kawasan Tanjung Datuk. “Bahwa mereka tidak boleh diganggu oleh siapa pun untuk mencari nafkah. Malaysia tidak boleh lagi seenaknya mengusir masyarakat kita”‘ ujarnya.

image

TNI akan membangun pangkalan militer di kawasan Tanjung Datuk, dekat lokasi pembangunan menara suar oleh Malaysia, guna memperkuat pertahanan negara di wilayah perbatasan. “Pangkalan udara di sana 750 m, sudah kita diskusikan. Persoalan-persoalan Tanjung Datuk sering muncul karena tidak ada military base di sana. Perlu menyetujui pemda membangun pangkalan militer. Kalau itu yang terjadi harus menyiapkan lahan,” tutup Jenderal Moeldoko.

Tapal batas Indonesia dan Malaysia di Kalimantan Barat (photo: tribunnews)

Tapal batas Indonesia dan Malaysia di Kalimantan Barat (photo: tribunnews)

Tapas Batas
Di tempat terpisah, Pasukan Pengaman Perbatasan bersama Pasukan Pos TNI Angkatan Laut Temajuk, dan pasukan bantuan dari Kompi C Raider Yonif 641 Beruang Hitam, telah mengamankan patok 01 perbatasan Indonesia-Malaysia di Tanjung Datuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas.

image

Anggota Yonif 641 Raider memeriksa patok A54 yang merupakan penanda batas Indonesia-Malaysia di Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalbar, Minggu (25/5/2014). Pasukan ini merupakan pasukan tambahan yang diperbantukan untuk Satgas Pengamanan Perbatasan Indonesia-Malaysia karena adanya gejolak keamanan di kawasan Tanjung Datuk, Temajuk, Sambas. (Vivanews.co.id dan Tribunes.com).

  262 Responses to “Panglima TNI Peringatkan Malaysia soal Tanjung Datuk”

  1. PERTAMAXXXXX

    • Pemimpin harus tegas & berwibawa. Harus bisa menjaga kewibawaan NKRI. Masih kurangnya alutsista yang kita miliki, mendorong pertisipasi masyarakat untuk peduli dengan lingkungannya dan sebagai mata telinga untuk melihat sekelilingnya. Salut untuk Panglima langsung merespon laporan dari masyarakat dengan langsung menghentikan pembangunan (walaupun harus mengerahkan 6 herder bawah lautnya dan 2 KRI suatu harga yang kecil dibandingkan kehilangan kedaulatan) dan dilanjutkan pembangunan pangkalan militer. Sekali lagi SALUUTTT. Tinggal pemerintah & DPR merespon tidak rencaana pembangunan pangkalan militer ini.

    • jayalah nusantara..

    • tulisan di gambar paling bawah …NKRI harga mati….loe jual gua beli…MANTAP bikin ciut malon.

  2. Uhuiiii

  3. Numero Uno

  4. assalamu’alaikum…

  5. Runner up ..! Best achievement he… he…
    Yang di foto bwh kok nyeker ya… Indonesia banget!
    situasi di mlsia heboh jg gak ya…? Cubit bung yayan… 🙂

    • Di malaysia mah biasa2 aja kali ye. Disini bnyk orang lapar, urusan perut jadi bnyk orang kalap jd mudah terbakar hal2 kyk gni.

      • Di RI hal seperti ini sensitive karena negara ini dibangun oleh darah dan keringat para pahlawan.
        Di negeri JIRAN TUKANG MALING alias MALINGSHIT biasa2 saja, kerena negeri mereka jiwanya dan penduduknya bertabiat MALING….

        simple dan jelas perbedaan kita.
        Juga catat baik2..RI tidak serumpun dengan bangsa MALINGSIA.

        • Di mlaysia org jadi tentara itu pilihan terakhr, disini no 1 plus sampe nyogok. Artinya disini hierarki ato kasta itu msh di-penting-in. Mereka udah ngomong soal bgmana meningkatkan kesejahteraan, tp disini bgmana rakyat bisa makan. Itu jauh bgt.! Makanya gampang emosian…

          • bung@jajaka tingkir
            itulah uniknya orang indonesia nasionalisme patriotisme untuk menjaga NKRI begitu besar. jadi tentara ibarat kontrak nyawa walau bayar juga di jabanin, ada semacam kebanggaan, dan pangilan hati.

            kamipun yg sipil jika ibu pertiwi memangil. kami siap jiwa raga demi NKRI.
            sedikit brbagi uneg2 bung tentang kebanyakan org indonesia.
            trimakasih

          • ya di mele jadi tentera adalah pilhan terakhir tahu kenapa ???
            karena rakyat mele ga berjiwa PATRIOTIS
            karena gaji tentera mele ciputtt….hampir 90 % tentera yg pensiun akhirnya hanya jadi satpam yg kerja 12 jam sehari dengan gaji RM.30 setara 90 rebu.cukup makan,rokok dan beli nombor buntut. sedangkan gaji TKI kerja 8-10 jam gaji bisa 2 atau 3 kali lipatnya.

            warga mele yg jadi priorita ingin jadi polis/kastam/imigresen…kenapa ???

            karena di mele banyak tenaga kerja dari luar yg dijadikan sasaran empuk pemalakan…hasil malak sebulan bisa 7 atau 8 kali lipat gajinya…

            coba warga mele disuruh kerja bangunan dengan gaji 3 atau 4 kali lipat gaji polis apakah mereka mau ??? JAWABNYA TIDAAAAAAAAAAKKKKK…dengan lari terbirit2

            ane tahu sebab ane buruh TKI

          • Salut kepada bung kecik

            Anda merupakan salah satu pahlawan devisa

            salam kenal

          • @bung baracuda terimakasih, salam kenal

            di mele jika ane ditanya klien ; encik asal dari daerah mane?
            ane jawab ; saye dari indonesia
            diorang sering jawab :biar betul encik orang indon!!!!
            ane jawab pula ; bukan cik, saye bukan orang indon. saye orang INDONESIA

            maka tetunduklah diorang dengan muka memerah

            pengalaman buruh TKI

          • Itu kamu kali bung yang cukupm sehari. Yang namanya nasionalisme tidak diukurdgn uang, mau kaya atau miskin sama saja. Saya alhamdulilah bercukupandan suka berkompetisi shg tdk perlu nyogok spt anda kalau mau kerja. Tidak semua rakyatindonesia spt yang anda katkan tapi saya percaya sebagian rakyatindonesia spt anda mungkin mempunyai jiwa patriotik yg cukuptinggi. Satu yg membedakan indonesia dgn malaysia adlh latar belakang sejarah dan kebebasan press.

        • Bro kecik Pertalite….. hormat

      • “Biasanya” di mlsia krn WN sana sangat terbatas akses informsnya jd lbh krn tdk tahu sj.
        Kl di sini heboh… bkn krn perut lapar dan mslh perut, kl bung JT asli WNI dan berjiwa merah putih, pasti tahu penyebabnya. Betul skali yg disampaikan oleh bung Listriaone.. nasionalisme & patriotisme membakar jiwa2 merah putih.
        Sy merasa tdk kelaparan dan merasa bkn mslh perut sy, tp sy sgt emosi kl ada negara lain yg berusaha mencuri wilayah ibu pertiwi, walau hanya sejengkal!

        • nah di mlaysia masyarakatnya mungkin di cekoki dgn media yg berita baik2 saja kaya dikita jaman ORBA. rakyat taunya cari makan aja.

          coba sekarang jauh bung…
          nah kenapa terjadi pemblokiran karna respon pemerintahan yg lambat, pemerintah gak punya nyali, kenapa mungkin tersandra dgan kekuatan asing, atau banyak pejabat yg menjilat.

          coba sekarang kasus tanjung datu kalau pemerintah lambat bertindak pasti terjadi demo, menghujat malaysia seperti yg sudah2.
          salam hangat bung

        • ga di blokir, cuma para paparazinya yg d gencet oleh si empunya kebijakan (UMNO) jadi info kaya ginian ga ada d media2 malon. ya mirip2 d kita jaman orba doeloeo.

        • @bung J.tingkir kan anda yg berkata tiada pemblokiran situs apapun….kenyataanya apakah anda tahu???

          kenapa situs pembangkang tidak memakai domain.MY? kenapa situs partai pembngkang mendaftarkan di UK. FRANC ATAU AUSTRALI ??
          apakah anda tahu? bahkan najib sendiripun rela menyembah CEO facebook untuk memohon pengawalan facebooker malaysia!

          …apakah anda tahu hampir semua wartawan2 mele yg diiktiraf haruslah bersyarat ahli UMNO / MCA?

          ane tahu sebab ane buruh TKI

        • Ma’af bung@jajaka tingkir anda salah besar kalau pemerintah malaysia tdk blokir situs apapun hehe… Di sana akses situs internet terbatas bung , mereka paling iri kalau lihat kemajuan Indonesia tdk usah ygsusah2 lagu saja, lagu indonesia hanya d batasi sekitar 20% yg boleh masuk malaysia ,mengapa ? Karena mereka iri dgn kemajuan musik Indonesia

        • Kebebasan Pers negara Malaysia termasuk rendah…mendekati negara otoritarian….ini hasil survey Asing…sumbernya gw lupa…Indonesia dan Filipina yg terbaik di Asean….itu aja…

      • kalo dia lapar apa sempat dia mikir nasionalisme, ngapain ribut mikirin wilayah negara yg gak pernah dia lihat, JT kata2 sangat menyinggung kami,warga NKRI!

      • @jajaka tingkir….gak usah muluk2 deh tetang malasia temukan dulu itu pesawat yg hilang klo ngerasa malasia lebih bisa….gak berani ma RRC trus mau ngubah isu soal perbatasan….lagi dpt bantuan dri Paman Sam saja langsung pamer…

      • bukan krn lapar bung, tp krn kecintaan rakyat indonesia kpd negara nya,
        walaupun kami kenyang, tp kalau harga diri bangsa kami diinjak injak bangsa lain, ya kami sikat!!!
        lo jual, gua beli

      • di mele lgi banyak orang kelaparan.

        • Msh mending malak WN asing. Disini mulai dari kelurahan udah dipalak, WNI loh… Fakta.

          • lah itu bukan urusan TNI lah sayaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaang kuuu

            kalau mau komplain,datangin aja ke lurah yg doeloe anda pilih..

        • permasalahan dari bung Jajaka Tingkir sendiri seperti apa??ada masukan dari bung JT mengenai masalah pembangunan pancang suar/rig malaysia??

          • Aduh bung Kecik keliatan bgt penduduk desa ya, pake milih memilih. Di kota mah kaga ada itu… Oiya, itu buat komen bung kecik nomer 5 ye soal bung kecik yg dipalak tentara, imigrasi msia. Emang disini kaga ada gt.? Pdhl podo WNI ne.

          • @J.tingkir anda BETUL ane orang desa/kampung,sebab itulah ane jadi buruh TKI…

            kembali ke topik utama anda ttng prioritas menjadi tentara..ane hanya memberikan opini ttng dasar pemikiran dari prioritas trsbt..pasal pemalakan di indonesia jika anda mengetahui dengan dikuatkan bukti,,alangkah lebih baik jika anda melaporkan ke pihak yg berwenang…anda nak melaporkan ke polres mana ane siap membantu menghubungi kapolresnya..

      • BUNQ JEJAKA TINQKIR.Ini bkan smata permasalahan perut.ini adlah tentanq nationalisme.tentanq rasa cinta kami rakyat indonesia tentanq NKRI.untuk mslah prut,kami tdk pernah mnqemis kpda neqara.biarpun kami hnya pemulunq,kuli.tp,perlu anda ktahui;smpai dtik nie,kami msih sanqqup untuk berusaha menafkahi diri&keluarqa kami.jd,klo mo komen janqan asal nqebacot.semiskin&sesenqsara apapun kami.takkan pernah melunturkan rasa cinta kami akan NKRI.NKRI HARQA MATI.CAMKAN ITU BUNQ.

  6. sudah naik artikel nih… tidak dijelaskan ya pihak dari malaysia siapa2 saja yang ikut berunding

  7. NKRI HARGA MATI..!!!!

  8. mataaap…

    • Pesan Pak Moel itu keras tegas padat dan peringatan, sudah sepatutnya TNI kita memberikan sedikit tamparan buat TDM dan Kerajaan Malaysia.Bhwa keutuhan NKRI itu tdk bisa diganggu
      Gugat.Sesuai semboyan yg sudah ditanamkan pada TNI NKRI HARGA MATI.
      Sekiranya ini jadi pelajaran kpda para pihak agar lebih intens menjaga teritori NKRI,terlebih tamparan keras warning keras buat kelak kpda calon RI1 selanjutnya.Karena hal ini terjadi berulang2 tentu lemahnya pengawasan dan peran serta aparat terkait jdi hrus lebih sigap.
      Dan kpda aparat TNI yg ada diperbatasan lebih jeli dan peka kpda masy rakyat Indonesia yg diintimidasi aparat negara luar, mereka mencari rezeki makan untuk anak istri.berikan keamanan kpd rakyat sndiri.Jangan hnya bgsa asing kita beri keamaan cth misi pbb mereka lebih wah dgn rakyat negara tersebut.dgñ rakyat sndiri juga harus lebih lebih wah.

      • Waduh jangan di tampar bung ntr tdm nya bisa muntah2 m3nding sekalian di gaplok biar jungkir balik sekalian wkwkkkwkwk salam bu

        • Klo sy sih pengen nya KS scorpenne nya di tenggelamin aja tuh ky punya sonotan

          • betul bung @baracuda, kan selama ini, hanya scorponne maling yang gak bisa nyelem… hehehehe….. kalau bandel gak mau nyelem, tenggelamin aja… hehehe

      • Lbh tegas statemen Pak SBY, bung. Bhkn terkesan “meremehkan” Malingsia, wlopun Malingsia mang layak kita remehken, heheee….

        Akhir statemen SBY kurang lbh sprti ini, “Niat baik Indonesia seperti ini disia2kan”.
        Saya mengartikan, “Klo Indonesia sudah tak lg menawarkan kebaikan (diplomasi, damai), maka Indonesia tinggal mengklaim saja wilayah Tanjung Datu. Bhkn wilayah lain milik Malingsial sekalipun bisa kita klaim. Klo Malingsia macam2, Indonesia sangat kecil sekali meluluhlantakkan Malingsial. Intinya Malingsial bukan lg level Indonesia…!!! Terlalu kecil kekuatan Malingsial dibanding Indonesia…!!!!

        Tegas dan jelas, bukan….???

        Pesan untuk Malingsialan, jika kalian masih blom jelas, saya tegaskan kembali.
        Begini pesannya: “Kali ini coba aja kalian sedikit saja macam2, maka kami Indonesia akan MELUKAT kalian sampe tulang2”. CAMKAN ITU…!!!!

        • Sebentar lg malay bakalan miskin, dan saat itulah indonesia jd raja asia kembali, kita lihat saja nanti, dengan pertumbuhan ekonomi 6-8% pertahun Indonesia pasti jadi rajanya asia malay mah kecil, cuman serambi kalimantan saja, di kentutin juga ilang, malay bukan level indonesia bung!

  9. Loe jual gua Beli

    • Menurut saya tindakan tni dan pemerintah agak terlambat, seharusnya tni sudah bertindak jauh sebelum pihak malay bs membangun menara itu, La ini sampai ada laporan masyarakat baru ada tindakan, padahal tni khususnya tni al kan punya alat yang canggih yang bs mendeteksi keberadaan kapal asing, kan jelas malay mengerahkan kapal dan tongkang, jadi sudah bs dipastikan alat canggih tni bs mendeteksinya, ini tiddak boleh lagi terjadi, jangan biarkan malay berbuat se enaknya
      salam Indonesia Raya

  10. suka ma kata2 d batu besar dlm foto…
    “LOO JUAL GUE BELI”

    • Beulina kudu mah nganggo Ringgit, coz diperbatasan eta Rupiah gak laku.

      • Dugug taun!

      • kacrut…!

      • memang begitu sebab warga kita banyaki stok ringgit..lain dengan warga mele..kelaparan ga punya rupiah ataupun ringgit, sehingga harga diri pun di jual murah…lagi satu sebelum bayar ringgitnya diludahin dulu trus dicampak ke tanah …dengan membungkuk didepan kaki mereka mengutipnya…setelah dapat dicium pula tu ringgit dengan berteriak …AKU KAYAAAAAAAA

      • ari can bisa ngomong sunda,ulah balaga make basa sunda.ulah ngaruksak basa sunda,aing urang sunda,basa sunda eweuh make hartian coz,lain beulina tapi anu bener meulina.teu baleg pisan sia mah,diajar deui jung ka juragan emen!!!

      • Assalamu’alaikum kang Jaka tingkir :

        Upami salira teu ngartos bahasa sunda , langkung sae nganggo bahasa Indonesia atanapi melayu oge Bahasa Inggeris. Insya Allah sadayana bakal ngartos kana eta bahasa ( melayu – Inggeris ). Daripada salira nganggo bahasa sunda anu acak-acakan sareng teu aya dina kamus bahasana , nu ngajantenkeun ruksakna budaya Sunda. Eta hiji pepeling ti pribados anu kaleresan ngartos bahasa sunda sareng kantos ngahajakeun sakola sastra sunda.

  11. Trus trateginya gimana nih?
    tu menara suar d rubuhkan pa gk ya?
    jd ikut mikir2 untung ruginya ….hehehehe
    padahal ane orang sipil doang…. 😀

    • mau di pasangkan bendera Merah Putih, bung…
      itu kata panglima lho…

      • masih jauh bung wajo dari pemasangan ….
        toh wilayah tersebut grey…. kecuali ah sudahlah…. nanti cucu2 dan cicit kita yang memutuskan……

        untuk sekarang yang bisa dilakukan militer kita ya lakukan operasi senyap, gebuk dan tenggelamkan……tapi jauhkan dari media.


        BENTO says:
        May 29, 2014 at 8:30 am

        Trus trateginya gimana nih?
        tu menara suar d rubuhkan pa gk ya?
        jd ikut mikir2 untung ruginya ….hehehehe
        padahal ane orang sipil doang…. 😀

        harusnya dirobohkan….dan wajib,kecuali pemerintah RI sudah mempunyai tingkat deteren politis dan diplomasi…
        maka wajib kibarkan merah putih….

        kalau tidak dirobohkan maka akan menjadi duri di masa depan cucu2 dan cicit2 kita…. bila ini bila lho….bila masalah tersebut berakhir di meja perundingan internasional….bisa terulang lagi….. kasus2 seperti dulu..

        cuma pendapat
        maaf cucu lancang

      • Sebaiknya menara tsb dirubuhkan saja karena jika dibiarkan tetap berdiri maka itu bisa menjadi alat justifikasi pihak malay di mahkamah internasional yg mengklaim bahwa wilayah tsb adalah miliknya. Padahal berdirinya menara tsb sudah masuk ke wilayah RI.

    • terlepas sipil atau militer, kita tetap bangsa indonesia. nkri harga mati

  12. BIG 10 , NKRI HARGA MATI!!!!!

  13. singkat, padat dan tegas… salut untuk bapak moeldoko

  14. Salam hangat para sesepuh…lama2 gemes juga lihat upin ipin selalu bertingkah…gimana ya caranya kasih pelajaran upin ipin biar tahu sopan santun sama tetangga…satu jengkal pun tak rela wilayah RI di embat upin ipin…NKRI HARGA MATI, MAJU TERUS PANTANG MUNDUR…

  15. gue demen… Elo Jual Gue Beli…!!!

  16. Strateginya memang gitu. Ngadepin orang marah manut dulu. Ntar marahnya turun, otot tni juga turun, pengawasan kurang akhirnya lengah. Saat itulah suar malay dibangun lanjut. Kalau ketahuan ulangi langkah2 tadi. Hingga siap jadi suar malay masukin pengadilan internasional. Beres dah.

  17. NKRI harga mati. . .

    Ang jua den bali. . .

  18. Izin nyimak…

  19. salut kepada TNI sedikit usulan menurut khayalan ane sebaiknya teknologi patok tapal batas baik di darat maupun laut agar semuanya dilengkapi gps dengan sensor dan hidden camera yang otomatis melaporkan ke pangkalan militer TNI terdekat

  20. Bung surya,
    ga usah bawa2 A1 disini tidak berlaku……
    semua pada dewasa dalam mencerna suatu info…. tidak asal angguk-angguk saya harap yang akan datang kalimat A1
    dan kalau mau kampanye terselubung juga jangan disini…

    back to topik

    kalau menghadapi permasalah seperti red dot, sonora,sonotan dan papua newgini tidak usah di gembar gombor pak, langsung action n konsumsi buat militer saja…..

    kalau sonora dia malah seneng kalau ada repect dari petinggi militer apalagi komisir uno, lha emang yang di cari sonora ya masalah seperti ini jadi booming…..awas taktik sekutu diplomasi ( who is behind the scene?)……titip bumu pertiwi pak moel….

    salam bahari
    cuma pendapat
    maaf cucu lancang

  21. Ada baiknya suar itu dirobohkan. Kalau sudah jelas klaim wilayah baru dirkan lagi. Dari pada dibelakang hari jadi masalah, diledakkan sekarang saja.

    • setuju bung, diriin pager ditanah sengketa,sama aja melecehkan pihak laen

    • Yap, harus dirobohkan, sekaligus untuk menunjukkan ketegasan sikap kita. Bangunan kaya gitu kita bisa bikin sendiri yang lebih bagus..

      • Pos perbatasan di kalimantan bagusan mana punya RI ato Msia.?

      • @ pertamax..

        sangatt setuju…bila tak di rubuhkan untuk strategi,harga diri ..indonesia “kalah”
        karena tiang pancang itu….. MADE IN MALAYSIA.dan mereka pasti sudah mendokumentasikan…INGAT SIPADAN DAN LIGITAN…mereka cuma modal rumah kayu ,,,indonesia kehilangan 2 pulau sekaligus,
        kalau tidak dirubuhkan ,indonesia wajib menancapkan bendera merah putih di atasnya…dan dokumentasikan…itu baru namanya SERI
        bila ingin di sebut MENANG,..jadikanlah tiang pancang itu untuk latihan tembak militer lalu dokumentasikan..
        nah baru kemudian indonesia dan malaysia bicara soal daerah abu2.

        * santai aja bang

        • hore….sekarang sudah SERI….
          karena tiangnya sudah di cat merah putih…!
          mari malaysia kita bicara daerah abu2
          mantap..TNI KU
          ha ha ha ha

  22. “Loe jual gue beli”, dengan syarat ToT dan penggunaan komponen lokal minimal 30% 🙂

  23. Ass wr wb,selamat pagi para warjager,cabut aja pancang itu,ntar di klaim bahwa yg bangun malon,kalah lagi di arbitrasi internasional…….

  24. Salam Hormat Ndan nara, ndan satrio, ndan PW, ndan yayan, ndan erich, dan semua sesepuh warjager…Apa pun yang terjadi jangan sampai tanjung datuk di rebut negeri upin ipin…pertahankan sampai titik darah penghabisan…pak mul saya mendukung engkau dan tni…NKRI HARGA MATI..Jayalah Indonesia dan TNI ku….

  25. lo jual gua borong…!! biar ga bisa jualan lagi kan dah abis di borong hehehe

  26. Slmt pagi warga warjag. Kira-sudah dpt info blm hsl perundinga indonesia malaysia ttg pembangunan “rig” ini mhn bantuannya kawn”.

  27. Barusan lewat diatas langit kota malang iring2 an 10 pesawat hercules menuju arah timur….Mantab…Jayalah NKRI

  28. Salam hormat para sesepuh, salam hangat semua warga jkgr….tentang tiang pancang panglima tni (pak muldoko) sudah memberikan statement yang jelas…cuman kalau emang mau dirobohkan itu tiang pancang dirudal saja hehehe…itung2 untuk latihan….

  29. Membangun Pangkalan militer ??? Apa Pos Jaga ya ???

  30. Pak moel pancen oyeee….

    Lanjutkan pak, hajar saja itu tetangga yg tdk tau tata krama international..

    Salam

  31. Pilih om satrio aja bung..

    Piss om satrio,,.:D

  32. maaf OOT…
    nanti jam berapa ya latgapnya di siarin tvri…
    kali aja ada penampakan…

  33. Sekali-kali kita yg agresif menggeser patok masuk kedalam wilayah sonora.mencurangi pihak licik itu hanya membantu hukum karma berlaku.

  34. mantap jenderal…kelihatan sekali saat ini otot2 dari para hulubalang negeri ini sudah terbentuk setelah sekian lama negeri ini terlihat tidak berotot..teringat kata para warjager di artikel sebelumnya…seumpama saat ini negeri ini tidak mempunyai otot kuat..bisa saja pihak asing akan dengan seenaknya menginjak nginjak tanah air ini..dan mereka rupanya sudah menyadari kalo apa yg mereka lihat dan apa yang mereka baca di statemen dan media tidak sesuai dengan apa yang dirasakan…bahwa armada perang kita saat ini sudah sedemikian digdaya dengan tidak berkoar koar di media…kita memang rendah hati…
    jayalah negeriku…

  35. urusan roboh-merobohkan urusan sepele (tim demolition dari KOPASKA maupun orang2 dari tim cumi2 jagonya), toh yg masang jg bukan kita biaya material maupun ongkos kerja jg bukan uang kita. Tp yg kudu di pikir what next impact nya, nah ini dibutuhkan kecerdasan para petinggi negara & hulubalang negeri ini. Nah kita para warga warjagers hayo ikut urun rembug scr cerdas juga, siapa tau jadi inputan para sesepuh JKGR yg lg nyelem. (muhun maap ndak disebut satu2 para pinisepuh worry ntar mrk gk komen)

  36. udara malang makin rame. kamis 29 mei 2014 jam 10.23
    melintas 10 pesawat angkut militer…..ckckckckc
    kereeeeeen
    buat latgab ya?

  37. Yonif 641 Raider Beruang Hitam, seragamnya bagus..

  38. Urusin yg di papua,atambua,bila perlu perbatasan malaysia di kalimantan buat jalan dari ujung barat ke timur lalu pos jaganya dikasih anoa buat ngronda…?heran gua sama negeri NKRI ini..?
    tolong pikirkan jendral*nya..jangan sampai ada musuh masuk wilayah indonesia baru berkoar-koar..mau ini mau itulah nantinya…??

    • Tahun 2012 kan masalah ini sudah muncul, anggota dewan terhormat pun datang kesana. Mengapa sampai m,sia bisa menancapkan tiang suar seperti ini. Apapun masalah salut dan hormat utuk TNI. Kepada para pengambil kepiutusan dan anggota dewan terhormat jangan hanya mikir kantong sendiri aja. Apakah sipadan ligitan dan Ambalat tidak cukup menjadi pelajaran berharga untuk menilai siapa itu Malesia

  39. Senggol dikit … Bacok !!!
    Tapi diplomasi nomor satu … Dibelakangnya ada ‘Beceng’ seperti Amur, slava, su 35, tu 22 … He he he … MERDEKA

  40. clear utk sementara, hrs segera terwujud tuh pangkalan jg cm sekedar wacana. aq mo tanya sama para sesepuh 1. Kenapa kebijakan pertahanan Indonesia seringkali hanya bersifat reaktif kalo ada maslh baru sibuk terus kmn semua intelijen kita? 2. Kenapa ya patok perbatasan dibuatnya kecil amat apa dsn mahal semen kali ya, terus knp g d kasih pagar aja ya biar TNI ga terlalu repot ngronda, kalo liat photo d bwh sedih banget q liat tuh patok yg cm segede betis bini gua ….

  41. Kira2 presiden yg akan datang bisa ga ya..tetangga yg usil di rudal langsung az.kaya kasus suar ini…toh nelayan kita yg masuk perairan tetangga az langsung di bakar kapal nya…kayanya memang perlu juga rada galak nih..abis rada kesel juga ngeliat tingkahnya…loe jual ane beli klo perlu gue borong dah…!!! NKRI HARGA MATI..!!!

  42. cuma 2 kalimat buat masalah perbatasan

    Loe Geser Patok Gue Sikat
    Loe Jual Gue Beli

    Harga Mati
    maaf cucu lancang

  43. Tanjung Datuk Bagian NKRI ! Titik !
    Saya Berharap Para Sesepuh JKGR mendelet langsung apabila ada Warga JKGR Beropini Penyelesaian Tanjung Datuk Harus Diselesaikan di Mahkamah Internasional.
    Cukup Tomor Tomor, Sipadan dan Ligitan !
    Maju dan Jayaklah TNI ku !
    NKRI Harga Mati !

  44. Perairan yang menjadi salah satu hotspot NKRI ini memang harus terus dikawal ketat agar gangguan dan provokasi dari negeri jiran bisa dieliminasi sekaligus menunjukkan kekuatan harkat diri untuk tidak bermain api di kawasan.

    Peningkatan kuantitas dan kualitas KRI memang diperlukan, apalagi kekuatan armada RI akan disesuaikan dengan pembentukan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan yang dikenal dengan istilah Kogabwilhan. Sebagai negara kepulauan tentu pagar terluar Indonesia didominasi oleh perairan dan sangat wajar pula bila pagar laut ini diperkuat dengan kebijakan peningkatan kuantitas dan kualitas Lanal (TNI-AL), tetapi saya sangat lebih setuju lagi bila penempatan/dislokasi Satuan Lanal atau Marinir itu ditempatkan di wilayah pulau pulau terluar Indonesia seperti di P. Mentawai/Siberut, Sabang,kepulauan natuna dan sekitarnya atau di ring terluar wilayah NKRI, contoh dislokasi satuan yg salah : Jangan sampai dislokasi bukankah dislokasi Satuan ini “di dalam Pulau”? ini adalah salah satu dislokasi satuan yg sgt salah, mau jaga apa satuan itu di dalam pulau? kalau ada musuh yg masuk duluan pasti rakyat yg duluan mengetahuinya…?bukankah TNI AD dan Kepolisian sdh ada disana..? Untuk Markas Setingkat Panglima Armada boleh*saja, seharusnya semua satuan setingkat Batalyon AL ataupun Lanal yang ada “di dalam kepulauan” harus di relokasi ke titik titik hotspot ring terluar wilayah indonesia, ini baru benar2 menjaga Keutuhan NKRI.

  45. Mantab pak Moel tegas berwibawa, sikat aja pak. Salam NKRI

  46. buat referendum aja buat masyarakat di sepanjang perbatasan indonesia-malaysia..mereka “merasa nyaman” di bawah pemerintahan indonesia atau malaysia,mereka punya hak untuk hidup sejahtera..untuk apa mempertahankan sebuah wilayah jk masyarakatnya tdk mendapat kesejahteraan.. apapun hasilnya harus di hormati kedua negara,jd ga ribut mulu soal batas negara..kasian masyarakat perbatasan!

    • apaaaa… ?
      Bung Frans ini apa sudah dipikir baik-baik ?
      Saya kira tidak semua wilayah perbatasan awalny berpenduduk . Pendatang yang mendiami perbatasan ada kemungkinan sengaja dikirim untuk membuka lahan dan mendiami yang akhirnya menguatkan kehadiran suatu negara.
      Kalau seperti itu tentu saja tanpa referandum pun wilayah akan terlepas .

    • Ide ngenyel bung…itu sama aja seperti berjudi. Di NKRI ini tdk ada toleransi utk melepaskan wilayah kedaulatan walau hanya seluas 1 m2; NKRI harga mati. Kalau pemikiran/ide anda spt itu, mending anda ga usah ikut mikirin perbatasan, pikirin piring-nasi anda aja dulu (maaf).

    • Dari awal bung Frans ini komen, sudah minta agar kalimantan gabung malon dan sdh ditegur oleh bung Satrio, dan akhirnya komentarnya sdh lebih enak dibaca. Tapi akhir-akhir ini komentarnya kayak awal-awal dulu dia berkomentar di JKGR. Semoga bung Satrio bisa beri pencerahan lagi pd bung Frans, khususnya dengan menerbitkan artikel kewiraan lagi. Kembali SR lagi ah.

    • gdp per kapita korsel sekitar $28,000, korut sekitar $2,000 (untuk apa mempertahankan sebuah wilayah jk masyarakatnya tdk mendapat kesejahteraan) sekalian aja dibuat referendum di seluruh wilayah korut ?

      • Yg berkuasa kan pemimpin dan jendral2nya. Klo rakyat nya pasti gak… Aku ada temen expatriat Korsel, dia cerita pernah ke Korut. Keadaan nya sangat-sangat berbeda.!!! Dan dia blg bersyukur gak jadi orang Korut.

        • Hmm iya iya…mendingan jadi rakyat korsel bs operasi plastik…korsel kan biasa hidup dgn muka topeng…penuh kepalsuan…

          Hidup ini pilihan…rakyat korut hidup menderita (meskipun petingginya mungkin hidup mewah) demi eksistensi keberadaannya…orang korut adl.benteng terakhir harga diri orang korea di muka bumi.orang korea seperti orang asia pd umumnya (kec. Korsel,malay dan spore yg tdk dpt hidup tanpa sisa makanan bule) tahan banting dan biasa menahan penderitaan sampai batas yg bs bkn kita geleng kepala…ASU dan bule aja amat takut kalo hrs berurusan dgn orang asia murni yg punya harga diri…

          Tanpa rusia dan cina orang korut mampu bertahan dari serangan bangsa manapun…berbanding terbalik dgn korsel yg tdk akan bertahan 3 hari saja tanpa ASU….

          • Ha ha bisa aja bung djoko…udah mangkel bener sm tuh mahluk…

            salam kembali bung 😀

          • Lagi2 perbndingan soal perut lapar dan kenyang… Operasi plastik ada krn org udah sejahtera, udah mikir gaya hidup. Orang lapar mana brfkr kesitu, mikir nya ya lapar perut kudu di isi… Orang lapar=emosian.

          • Sabar bung wehrmacht . Kalo perlu tombak, saya siapin. Nih orang kayaknya malu jadi org Indonesia, tp masih suka tinggal di sini, kommentnya banyak menjelekkan Indonesia, pdhal komment warjager yg lain banyak membangkitkan semangat dn bangga menjadi org Indonesia.

      • Beruntunglah sampeyan idup di Indonesia. Jadi masih bisa makan sate ayam setelah nulis ide tersebut. 😀

        • Akur bung tedjo…apalagi kalo pake bumbu kacang… :mrgreen:

        • bung Sakerah & Tedjo, kalau tanggapan anda tidak salah kamar / emang ditujukan ke saya, maka jawabannya;

          “untuk apa mempertahankan sebuah wilayah jk masyarakatnya tdk mendapat kesejahteraan” adalah teori @frans, saya hanya memperjelas dengan contoh kasus 2 korea.

          silakan cek dan ricek…

    • cangkemmu di toto meneh le….

    • hahaha,,,bung Frans,,,,,kelepon kelepon

    • ngk semua orng klimantan mau gabung malay bung,gue orng klimantan dan bangga jdi wni,propinsi gue juga cukup mkmur brani kok dibndingkan dg sabah dan serawak,malah gue malu klo jd wrna negara malon,hehe ingat bung pembangunan diklimantan semakin mningkat dan aku optimis 10 thun lg kita bisa mlampaui malay

    • kamu aja yg referendum sendirian….
      insya allah saya doakan sukses dan RI tidak perlu rakyat yang pesimis..

    • Semoga para pemimpin negri ini tidak ada yang punya fikiran seperti anda bung..
      Referendum itu bukan penyelesaian masalah perbatasan..
      Warga perbatasan timor timur pun banyak yg menyesali terjadinya lepasnya timor timur dari NKRI karna mereka terpisah dari keluarganya..
      Mereka jadi merasa dilema antara harus memilih ikut keluarganya jdi WNA atau berpisah dgn keluarganya jadi WNI..
      NKRI HARGA MATI bung..
      NKRI warisan perjuangan para pahlawan..

    • patut di pertanyakan nasionalisme nya.

    • Bung frans dodol , habis minum berapa botol bung?!

    • Kalau mau referendum, jangan bawa-bawa wilayah, kalau memang ada yang merasa lebih nyaman dibawah malaysia, pindah aja ke malaysia.

    • COCOTMU,ASAL NDEPLAK.INDONESIA BUKAN INDON BUNQ.TOLONQ KALAU KOMEN DI PIKIR JANQAN ASAL MANQAP.

    • Ini bukan masalah penduduknya bung tapi masalah tapal batas wilayah kita. Kalau penduduknya mau pindah negara, itu hak mereka bung.

      Tapi saya ambil sisi positifnya saja dari yang bung katakan, yaitu sebagai penyemangat pemerintah kita agar lebih memperhatikan lagi saudara kita yang ada diperbatasan. Walaupun saya tahu apa maksud anda dari track record anda..

  47. ajibbbb penawaran pertama brp ya?
    salam damai penghuni warjag

  48. para sesepuh ada kemungkinan semua pulau terluar di buatkan minimal pos militer nga ?
    yah klo bs sih pangkalan militer buat menjaga pulau terluar, meski nga ada penghuninya paling nga bs buat kontrol wilayah maritim NKRI
    salam hangat semua

  49. Suarnya dirobohkan aja pakai r han kita. Yah lumayan lah buat ujicoba klw diancurin manual ga ada efek kejutnya klw pakai r han dr jarak 100km dan target sesuai sasaran kan maknyuss tuh tetangga. Smg saran ane didenger sm petinggi TNI atau sepuh disini.

  50. Terima kasih malaysia

  51. Bung bento@ pesawat angkutnya juga lewat blitar . Saya di blitar.

    • @nala
      asik ya…. ada kebanggaan tersendiri
      darah jadi berdesir…..
      n salam kenal

      • betul bung..kemarin pagi malah ada pespur 5 ekor melintas d atas kanigoro ke arah timur..10 menit kemudian herculel terbang kearah barat 3 ekor. salam kenal para wajaker

      • Cb bung bento tinggal di sisi barat g. Kelud, itu darah gak akan cm berdesir tp lgs nggrojok kyk air terjun.
        Langit sekitar sisi brt kelud sering jd tempat bermainnya penghuni IWJ. Dolananan uber-uberan sm delik an.
        Slm hangat dr tetangga bung bento… [bukan tetangganya jendral lho… 🙂 ]

  52. Wow jualan kueh ya bung

  53. Si frans ini… Antek nya orang asing….nte aja pindah ke malaysi..

  54. Tni bilang 143 km kita akan kehilangan wilayah , itu jelas bahwa menara itu berada di wilayah Indonesia, jd menurut saya tidak usah diplomasi langsung saja rubuhkan atau tancapkan merah putih, kan sudah jelas itu masuk wilYah kita, sama malay tidak usah diplomasi tidak ada untungnya, karena itu yang mereka harapkan, malay tau kalo kita mau diplomasi kita banyak ngalahnya, jd langsung rubuhkan atau tancapkan merah putih

  55. Sok sapa aja wes yg jadi presiden, abdi mah ngikut ajah…

  56. wong cilik ikut nyimak..

    LOO JUAL GUA BELI

    NKRI HARGA MATI

    wong cilik siap bela bangsa dan NKRI

  57. @ bung frans…ente tuh kalo mo komen ya di pikir dulu la.,nyadar ente hidup, makan usaha di tanah NKRI.,malu lah ma diri sndiri juga ma slrh rakyat NKRI, oh ya salam kemal u para sesepuh JKGR juga teman2 smua

  58. Saya lebih setuju kalau suar itu dibongkar, lalu kita bikin lagi yg lebih besar masuk ke perairan Mr Alay.. heehehe

  59. Ga ngaca ngaca dulu
    Padahal di mata kita mereka bukan apa apa
    Urusan mereka sama china belom kelar
    Mau nantang raksasa lainnya dia
    Seakan akan mereka penting banget di mata asu
    Sampai berani ngelawan 2 raksasa sekaligus
    Mereka negara norak yang merasa cantik sekawasan
    Dan merasa patut dipertahankan sama si asu

  60. sekali kali di warning napa si malon ni,sekali lg usil gue gebuk lo sampe rumah lo….

  61. Tiap hari ngopi di warjag makin nambah rasa nasionalisme.gue bangga lahir sebagai WNI.
    Walau selemah apapun keadaan kita pantang buat di leceh kan negara lain.
    Jangan kata ada mbak astut atau mas sukro
    Dengan dengan golok pun gue brani kalau negara membutuhkan.
    Salam kenal para senior .terimakasih atas bocoranya.
    Yang kita butuhkan adalah ke satuan dan cita tanah air.

  62. banyak sekali warga keturunan yang patriotik dan berjuang mati-matian demi negeri ini , kenapa kali ini dicemarkan oleh sikap sdr frans yg pengin referendum yach…..?

  63. Assalammu alaikum wr.wb.,.
    slamt siang menjelang sore warjager semua..
    Puput cuma mikir ada deal apa ya di balik kesepakatan dialog antara RI dan malay.!
    Puput suka dengan tulisan Den loo jual gua beli di batu besar tu.sebuah kalimat yg memberi pesan psikologis yg jelas bg siapa sj yg mengusik kedaulatan NKRI.btw itu foto kapal patroli TNI ko pakai prahu nelayan ya?ada yg bs kasih masukan om om sesepuh warjag.tp puput cm punya 1 keyakinan bahwa TNI di balik kekurangn dan keterbatasan tetap mempunyai semangat juang yg tinggi.

  64. Lha sekarang aj udh 7 – 8 persen,masa di kurangi se Kaka…ini info dari Paman sy yg di ******

  65. Bung Frans mungkin hanya numpang makan di Indonesia, Kalau WNI sejati tentu siap membangun NKRI. Salam kenal juga buat Bung Jajaka Tingkir Si “Tengjenmangubduper” 😀

  66. Sudah, ngak usah ribut-ribut masalah malaysia, dia negeri tetangga yang baik, musuh dari Utara bukan dari rimur,

  67. Sabar bung LA… Jgn sia2kan energi anda utk ngrespon bung Frans… kl dipikir2 komen2 beliaunya 11-12 sm bung jt, mreka belum ngrasain gmn bangganya jd WNI yg berjiwa merah putih…
    Sadumuk batuk sanyari bumi… rawe2 rantas malang2 putung…
    🙂 🙂

    • Btul bunq PERMAK,mereka bunq jt&bunq frans adlah oranq-oranq kelaparan yq rela menjilat pantat asinq aqar bsa trus makan.mreka oranq malas.di indonesia tidak ad cerita oranq kelaparan,selama oranq itu mau bekerja&berusaha.atau juqa mereka bukan oranq INDONESIA.

  68. maksudnya tengjend itu tetangga jendral yg dua periode mantan gubernur to, baru ngeh aku….

  69. Emangnya dana negara buat patok perbatasan berapa ya? Apakah anda tau?

  70. Kalo mau nulis…mikir dikitlah, jangan samain tugu atau gapura antara kabupaten di jawa. Patok2 itu sebagian besar ditengah hutan dan untuk menuju ke titik itu hanya bisa ditempuh dg jalan kaki berhari2……apalagi listrik?

  71. Rumah itu sangajo dibuek untuak tni da, jadi tninyo indak manumpang doh, ibarat pos kamling kalo dtampek wak da, tapi dek menteri pertahanan ingin inyo balinyo, supayo warga disinan bisa dapek razaki juo da. Hehehehehe…

  72. udh sepatutnya kita ambil yg menjadi hak kita.
    namanya jg maling kambuhan

  73. hehe iyo tu wan petra.ebat reman tu salut wak.

  74. putri kaltim@saya bukan orang kalimantan,tp saya sudah tapaki ke 4 provinsi kalimantan(dulu kaltara msh masuk kaltim)!
    Menyombongkan diri? Tentu tidak,selain karena tuntutan pekerjaan saya,saya juga ingin melihat langsung kehidupan di bumi kalimantan,terutama di wilayah perbatasan walau cm sebagian kcil yg saya kunjungi tp bs dibuat gambaran betapa msh sangat byk masyarakat yg menggantungkan hidup dgn kebaikan pemerintah malaysia..byk org menghujat malaysia tp tdk byk org yg faham bahwa malaysia begitu berarti buat mereka..tp bkn berarti pemerintah malaysia berharap nasionalisme org indonesia mengendur..mereka membantu cm krn hubungan sesama manusia bkn utk mengubah rasa nasionalismenya..dari perdagangan,pendidikan,kesehatan,bahkan byk guru mengaji yg dtg utk masyarakat muslim indonesia di sepanjang perbatasan,dan itu bkn dtg dr perbedaan tp krn rasa persaudaraan sesama manusia..sampai detik ini,jgnkan masyarakat biasa..aparat2 indonesia diperbatasanpun pun msh bergantung dr malaysia,seperti sembako dll..termasuklah siaran tv malaysia yg mudah ditrima sinyalnya,sarana komunikasi jg msh gampang menggunakan provider malaysia..bgmn menurut kawan2?
    Apa pemerintah sdh berbuat “sesuatu”?
    Jgnlah kita cm takut wilayah dicaplok tp sementara penghuninya terlupakan..kita teriak2 disini “jayalah nkri”,tp saudara2 disana seperti anak tiri!

    • Kasian kali kau sampai cari makan kesini (kalimantan) perantaun ya ckckck itu taon kapan jaman mbah harto ya ? Ente ini sok bijak tp kurang sekolah nya hehhee

    • @bung Frans, tuh khan ada bung Indonesia hebat yg menyanggah pernyataan anda. Pembangunan yg berkeadilan dan merata itu butuh proses dan butuh waktu, bukan sim salabim. Memang tdk dipungkiri, jawa masih lebih dominan, tapi luar jawa juga makin dipergiat pembangunannya. USA, negara eropa perlu waktu berapa lama shg negaranya spt skrg ini, apa cukup 10 tahun, khan tidak? Kalo negara upil, semua tahu bgm cara mereka memperkaya diri. Jd kalo mmg anda punya ide utk percepatan pembangunan di daerah perbatasan, beri saran yg konstruktif, anda jd pelopor pembangunan disitu, bukannya “provokasi” rakyat setempat utk referendum! Cukup sekali sj kita dikadalin dng referendum timtim! IMHO

    • @bung frans :
      Kenapa para bung2 disini pada “sewot”? karena argumen awal anda adalah : “buat referendum aja buat masyarakat di sepanjang perbatasan indonesia-malaysia..mereka “merasa nyaman” di bawah pemerintahan indonesia atau malaysia,mereka punya hak untuk hidup sejahtera..untuk apa mempertahankan sebuah wilayah jk masyarakatnya tdk mendapat kesejahteraan.. “. Sayapun secara pribadi akan mengusulkan “Bila loe gak suka jadi WNI silahkan pindah aj jadi WNM! Bila loe sdh jadi WNM jangan loe bawa tanah NKRI seemberpun…begitu aj koq repot”.
      TAPI
      bila argumen anda berupa topik mengenai “Bagaimana kita dapat memajukan teras muka wilayah NKRI agar seluruh pembangunan merata?” saya fikir akan sangat konstruktif ide2 yang mengalir oleh bung2 yang lain dalam pembahasannya…CMIIW 🙂

    • Negara Sudan jg miskin …tapi apa iya mereka mau jadi warga Mesir(yg lebih makmur)…he5x…tetap aja mereka bangga sbg orang Sudan….kalo mau yg lebih ekstrim…Warga Yaman kalo dibandingkan Oman dan Arab Saudi…kesejahtraannya ekstrim bangert….tapi g pernah mereka jg mau referendum ke Arab Saudi atau Oman…padahal kalo mau bisa aja sih..bahasa sama, ras sama, agama sama…orang2 kaya Saudi jg kebanyakan orang Yaman…he5x…itu-lah artinya Nasionalisme…I’am Yemen………logika hidup bukan perut terus…ada juga harga diri…apalagi kalo harapan makmur tetap ada…Indonesia kan membangun kearah keperbatasan terus berjalan….kelihatan lambat tapi pasti akan lebih cepat…knp karena SDMnya lebih banyak…dan SDA sgt memadai…Gw sih jg sebenarnya terima kasih banget ke Malaysia bikin gara2 di Tanjung datuk Hitam shg DPR akan mengelontorkan dana besar2an ke arah Tanjung tersebut….seperti Provinsi Kaltara ada, krn dorongan kasus ambalat…Thanks Malaysia….he5x….

    • Kalau anda merasa di indonesia kehidupannya lebih buruk daripada di malaysia buat apa anda bekerja, cari makan dan hidup merantau di indonesia sekalian saja anda merantau di malaysia. Kalau merantau Itu yang sekalian, jgn jauh-jauh dari daratan cina tapi tetap nyari makan dan hidup di bumi indonesia shg hanya menjadi benalu disini.

      Walau apapun keadaan saya, bumi pertiwi ini tetap nomer satu.

  75. TNI manungal dgn rakyat, Dulu ada istilah AMD (abri masuk desa) tidak ada yang ada yang salah dengan numpang di rumah rakyat, justru malah membentuk emotional bonding. Pos kita mgk paling butut tp tdk dgn kemampuan kita, mohon maaf jangankan malaysia, serdadu uncle sam saja tdk kuat dgn cara jungle survival kita, tentara ausie baru dikasih level situ lembang saja sdh bilang oh my god, god damned dll, paskal yg katanya pasukan khususnya TLDM di suruh berenang nyebrang selat bareng kopaska malah bilang latihannya tdk berprikemanuasiaan. Tdk perlu bangunan mewah untuk menjaga keutuhan NKRI ber bivak saja tak masalah. Siapa juara bertahan AASAM ?? Di Lebanon dr semua kontingen tentara baik dari eropa atau asia juara umum menembak ttp TNI, kopassus runner up dr 35 elite force yg jd peserta di tactical, deployment & assault di wina cm kalah tipis dari Delta Force dalam operasi militer strategis. Semua negara punya plus minus jgn lihat minusnya saja yg baiknya jg banyak. Apalagi sama negara sendiri, masalah kesejahteraan tdk hanya di perbatasan jgn seperti katak dalam tempurung, apakah org aborigin sejahtera? Sgt disesalkan ada yg mengaku WNI tp menebar isu referendum di wilayah NKRI
    Mau coba jadi lesan ???

  76. Drpada komen kritik tp tanpa memberi solusi lebih baik berbuat nyata, sdh pernah dengar nama siti dwi arini putrianti & reni sartika yg jadi guru bantu di daerah perbatasan ri-malysia? Atau ekonomi penduduk malinau yg di atas rata2 penduduk jawa (karena harga bbm,bahan pangan 10x lipat saja mereka mampu beli) indeks warga miskinnya saja hanya 10%. Silahkan googling, atau ini ada sedikit cuplikan ttg Merah putih di dadaku,malaysia di perut ku…. “Di dadaku Merah Putih, Di Perutku Malaysia…” Demikian ungkapan penduduk di perbatasan Indonesia – Malaysia yang sempat membuat pejabat pusat kegerahan. Bagaimana dengan Anda, ketika membaca kalimat itu?

    Ungkapan itu bukan pertanda kurangnya nasionalisme penduduk perbatasan, melainkan mempertunjukkan realitas sesungguhnya di wilayah perbatasan. Salah satunya di kabupaten Malinau Kalimantan Utara (Kaltara), yang lebih dari 400 km wilayahnya berbatasan langsung dengan Malaysia. Bisa Anda bayangkan panjang wilayah 400 km? Tahukah Anda berapa jarak dari Anyer (Banten) ke Panarukan (Jawa Timur)? Sekitar 1000 km. Maka wilayah Malinau yang berbatasan dengan Malaysia nyaris setengah atau sepertiga pulau Jawa! Jarak Jakarta –Semarang saja sekitar 480 km.

    Malinau sendiri merupakan kabupaten hasil pemekaran pada 2001. Sebelumnya, Malinau hanyalah salah satu kecamatan bagian dari kabupaten Bulungan Kalimantan Timur. Luas Malinau sekitar 4 juta km2. Atau sekitar 7 kali luas DKI Jakarta. Jadi sesungguhnya butuh 7 gubernur untuk mengurus Malinau, wilayah perbatasan yang selama ini masih terabaikan. Saat ini, Malinau dipimpin oleh seorang bupati.

    Kondisi Malinau dan perbatasan memang masih jauh dibandingkan kemajuan kota-kota di Jawa. Boleh disebut kota ini masih perawan. Namun dari segi kesejahteraan sebenarnya tidak terlalu berbeda. Bahkan mungkin secara rata-rata kesejahteraan warga di Malinau lebih tinggi dibanding rata-rata warga di Jawa. Sebagai perbandingan statistik, jumlah orang miskin di Malinau hanya sekitar 10% saja. Di perbatasan, harga bensin dan harga semen, bisa 10 kali lipat atau lebih harga di Jawa. Namun, mereka masih mampu
    membelinya!
    Beruntung, Malinau memiliki putra daerah terbaik yang kini menjadi pemimpin daerah itu. Dr. Yansen TP, sang bupati yang menjabat sejak 2011 lalu, memprioritaskan pembangunan infrastruktur di Malinau khususnya wilayah perbatasan dan pedalaman. Prioritas pemda Malinau adalah membangun jalan dan sarana komunikasi. Hasilnya, sudah mulai terlihat. Saya berkesempatan melakukan perjalanan menarik ke wilayah itu…

    Perjalanan dan liputan ini bukan hanya didukung oleh pemda Malinau, melainkan juga oleh Kodim Malinau. Dandim Malinau Letkol Inf Agus Bhakti berpandangan sejalan dengan pemda, untuk meningkatkan kesadaran bangsa Indonesia terhadap wilayah perbatasan. “Dibanding daerah lain di Indonesia, mungkin semangat kebangsaan dan nasionalisme di sini lebih tinggi. Ada daerah lain yang selalu menyanyikan Indonesia Raya dalam setiap kesempatan?” katanya.

    Jadi ungkapan “Merah putih di dadaku, dan Malaysia di perutku” memang hanyalah sebuah ungkapan realitas. Sedangkan semangat kebangsaan dan nasionalisme warga perbatasan, tidak perlu diragukan lagi.

    Mohon maaf sekedar ajakan utk selalu berusaha memberikan yg terbaik untuk bangsa ini dari hansip kampung, mohon maaf para warjag, warga negara jkgr atau tamu jkgr hansip kampung lancang
    Berbuat nyata walau sedikit masih lebih baik daripada hanya mengeluh, mencaci,menjelekan,
    Tidak ada gading yang tak retak

    • komentar yang membangun bung SGI…anda saat ini berdomisisli di area Kalimantan??salam

    • Saya setuju dengan Statement ini : “Prioritas pemda Malinau adalah membangun jalan dan sarana komunikasi.” Memang dalam membangun suatu daerah banyak bidang yang juga harus ikut dibangun, tapi menggunakan skala prioritas akan membantu percepatan pembangunan daerah tersebut. Seperti kita ketahui masih banyak daerah yang sarana jalan dan transportasinya masih memprinhatinkan. Jadi Saran buat Pemerintah Pusat dan Daerah PRIORITASKAN PEMBANGUNAN SARANA TRANSPORTASI DAN TELEKOMUNIKASI YANG BAIK diulangi : PRIORITASKAN PEMBANGUNAN SARANA TRANSPORTASI DAN TELEKOMUNIKASI YANG BAIK , terlebih dahulu yang akan membantu perekonomian daerah tersebut. BUKAN jalan yang tiap tahun menjelang lebaran baru diperbaiki yang telah berlangsung sejak saya SD sampe sekarang. Tapi kualitas jalan dan sarana yang lain yang memang berkualitas baik

      xixixix…maaf kalo ngawur maklum tukang kebon yang beralih profesi jadi tukang bubur tapi belum naik haji…wkwkwk…salam kenal buat warjagers semua….nyilem lagi aahh…

  77. kawan pampijit@klo tni kehabisan granat bs pake kelepon buat nyambit..
    Tldm mangap trus..sedapnye..boleh tahan tni punye weapon lah

  78. Jangan percaya bung. Satpol PP nya dia aja skrg gak boleh bawa pentungan. Boro2 dikasih senjata.

  79. Waduh bung, emang perbatasan amerika meksiko pake pagar semua gt..? Sekalian aja bikin tembok besar china.. kalo pake pager besi,paling di kiloin ama warga malon.. hahaha.. lagian sayang dananya mending dipake buat kesejahteraan prajurit yang jagain perbatasan sama pembangunan infrastruktur di perbatasan seperti sekolah dan fasilitas umum…

  80. ternyata banyak yang marah,paranoid? Bs ia bs jg tdk!
    kawan indonsia hebat@ dan ekki@mungkin sekolah anda tinggi tp nilainya cm sejengkal tangan saya hehe..ini demokrasi kawan,sah2 saja berbeda pendapat tdk perlu emosi berlebihan bgtu,walau saya selalu senang menghadapi org yg sedang marah biar saya tahu apa kelebihan dan kekurangan saya,bkn sebuah provokasi tp bentuk keprihatinan,saya ke kalimantan cm bagian kcil perjalanan saya,saya org indonesia jd saya ingin dan hrs tahu indonesia dr sabang sampe merauke,bkn cm simbol saja wni tp tdk tahu tentang bentang dan rentang nusantara cm tau dr cerita atau berita..setahun konflik ambon,saya datang kesana hingga ke ternate cm ingin tahu “apa yg terjadi dgn saudara2 saya”..konflik sambas/ledo/samalantan sampe sampit puji tuhan saya datang jg krn ingin menghapus tangis saudara2 saya..saya tidak terpaku pd berita apalg cerita,tp saya ingin melihat langsung keadaannya yg nyatanya byk melenceng dr apa yg diberitakan(ini cm sebagian kcil perjalanan saya)
    Kembali ke mslh awal,habibi memberi opsi kpd timor leste toh tdk byk yg protes,ternyata melepas timor leste lbh baik dr pd mempertahankannya sbg bagian dr nkri..tp ini bkn berarti pembenaran utk kasus perbatasan wilayah yg lain,cm sbg gambaran sebuah keputusan politik walaupun pahit tp bermanfaat bagi byk org!
    hmm rusia memprovokasi crimea,donetsk dan wilayah sah ukraina lainnya untuk bergabung ke rusia..tp byk org indonesia yg dgn “bangga ga jelas” justru memujanya..hidup rusia..jayalah nkri..nkri harga mati..adalagi bumbu preman tanabang “lu jual gua beli” hahaha kelepon..kelepon

  81. maap bung dacor ikut nyundul. klu nte perhatikan tulisan bung frans n bung jt pasti ada bedanya. kamsud bung frans “kritik positif” cuma ekspresi penyampaian kurang ngena, belur dah kena bully 😀 (perhatikan komengnya sethn k belakang). klu bung jt emang niad banget ngetrol, tp sdh mulai sdikit lunak (lht s bln k blkg). ane jg sempat bully dia xixixi… kesimpulanya pesan dr gaung semangat nasionalisme warjag emg benar2 ngefek. gitu jg dgn ses oke ada perubahan kok (walopun klu dtg bulan emosinya suka labil cam agar2 xixixi…) jd bung dacor hrs lbh banyak sabar menasehati org2 sejenis ane. mohon maap jg klu canda ane sampe klewatan.
    salam tabik u/ rakyat warjag/indonesia smua.
    lontong stronkkk…. ehh salah… indonesia stronkkkk

    • Owwh… Jajaka Tingkir itu gak pernah pake nick laen. Jajaka Tingkir adalah pembenci kebohongan publik.! Chauvinis.! Kata2 kotor yg menodai nasionalisme.!

  82. Lah isi blog itu kan cuma copas dari sini mas bro!!!! Murni copas tanpa modifikasi. 😀

  83. Cancut Tali Wondho.. Rawe-rawe Rantas, Malang-malang Putung.. Jangan tanya apa yang bisa kita dapatkan dari negeri ini, tapi tanyalah apa yang bisa kita berikan untuk negeri ini.. Sampai titik darah penghabisan kita persembahkan bagi IBU PERTIWI.”(Soekarno)Salam MERAH PUTIH…JAYALAH NEGERIKU, TEGAKLAH GARUDAKU,JAYALAH NUSANTARAKU

  84. Bangun tidur bung..? 🙂

  85. ati2 bung ntar d bilangin tetangganya yg jendral, nyuruh minta d karungin. hahahahaa

  86. koq bisa ada kesimpulan bahwa tidak lolos hanya karena beliau WNI Keturunan bung??ngga lolos dimananya, pada tahap apa??sampai pantukhir ga??

  87. mnurut senior associate director advisory&investment knight frank,saudara fakky ismail hidayat..
    Indonesia msg harus byk bljr dr negri serumpunnya MALAYSIA,bgmn mengembangkan sebuah kota terpadu dgn perencanaan&pembangunan yg matang serta penuh komitmen,perencanaan jangka panjang yg bgs,mulai dr konsep pembangunan infrastruktur&aksi yg jelas.
    Selanjutnya mereka memiliki konsep catalyst project berupa educity,entertainment,creative industri,tourism hingga medical facility bertaraf internasional dan mmg mampu bersaing dgn negara lain serta semua itu terintegrasi!
    Smua itu terwujud dgn adanya komitmen utk benar2 membangun,tdk cm skedar planing.meskipun mereka berdekatan dgn singapura, mereka tdk bersaing tp justru saling melengkapi…
    Kawan kecik@tdk mudah utk tki di malaysia medapatkan akses yg luas,tki di malaysia tak ubahnya seperti burung..mata melihat badan terkurung..yg anda critakan tentang malaysia nol smuanya..gaji tentara/polis/pns malaysia jauh lbh bsr dr tni/polisi/pns indonesia..dan itu sdh rahasia umum kawan,di sektor pariwisata pd thn 2013 malaysia mendpt kunjungan wisatawan lbh dr 22jt,bandingkan dgn indonesia yg kurang dr 9jt kunjungan..pdhl indonesia negara besar akan wilayahnya,besar budayanya dan besar objek wisatanya dll,pertanyaannya koq indonesia bs kalah telak dr malaysia? Jawabannya sederhana mereka punya komitmen,arah dan aksi yg jelas serta mereka lbh smart!
    Malaysia,singapore dan australia adlh negara yg sdh jauh melangkah,sementara kita tertinggal dan msh berkutat dgn permasalahan dlm negri yg tak kunjung usai..sebentar lg vietnam yg akan mengucapkan bye2 indonesia hehe

    • Bung Frans…apa yang ada sampaikan itu memang sebuah fakta..jikalau memang malaysia lebih maju dari bangsa Indonesia….Tetapi satu hal yang tetap kami pegang sebagai bangsa Indonesia…kami mempunyai kebanggaan sebagai sebuah bangsa..mempunyai harga diri…mempunyai visi untk membangun tanah air Indonesia menjadi lebih baik…semua butuh proses…Indonesia dengan segala permasalahannya..tidak menjadikan kami patah semangat dan melupakan sejarah tentang merebut tanah air dari para penjajah..

    • @bung frans..memang ane hanya buruh TKI…dan betul gaji mereka lebih besar dibanding dngn pns di indonesia,,,tapi ingat itu jika dikurskan ke rupiah dan memang besar jika untuk hidup di indonesia…tetapi jika untuk hidup di malaysia ???kalau anda nak tahu slip gaji guru,askar/polis ane bisa tunjukan..sebab ane banyak menyimpannya sbgai syarat pinjaman wang….

      untuk jumlah pelancong…
      tahukah anda darimana total jumlah hitungan pelancong didapat???
      1. secara sehari rakyat singapura keluar masuk ke johor melalui tambak johor beribu orang…untuk apa??hanya untuk makan dan membeli belah lepas tu baliklagi..bukan disebabkan mele cantik tetapi disebab kan harga yg super murah dibanding harga di singapura…
      2. warga indonesia di kalimantan keluar masuk sabah sarawak sehari beribu orang???bukan untuk melancong tetapi untuk berdagang dan melawat keluarga..
      3. warga indonesia di sumatra keluar masuk melaui situlang,pasir gudang,melaka,muar berapa ribu orang??? bukan untuk melancong..tetapi untuk bekerja dengan pas lawatan…
      4. warga thailand keluar masuk kelantan di sungai golok sehari beribu orang..?? bukan untuk melancong tetapi untuk menyelundupkan barang keperluan harian dan balik menyelundup minyak..

      jikalau anda tak percaya ,,datanglah ke pusat pelancongan di mele,,,anda akan kesepian ditemani satpam dan tukang sapu….

      siapa kata mele dngn singapore tak berlawan???hahahahaha
      bahkan antra warga mereka bermusuh lebih teruk jikalau dibanding dngn indonesia….

      • tambahan dikiiiiiiiit aja…
        walaupun ane hanya buruh TKI…tetapi ane merasa badan tiada terkurung…kalau @franc berkunjung ke mele..ane dan keluarga siap menemani jalan-jalan 2×24 jam x 7 hari x 30 hari x 365 hari…bukan ane penganggur dan minta ongkos dri anda..ttpi karena kerjaan ane sbgi buruh TKI sudah banyak warga tempatan yg mengerjakanya untuk ane…

        • Sabar bung Kecik. Komentar Frans mmg menunjukkan kelas dan kualitas yg tidak selevel dng anda. Selalu anggap dirinya paling hebat (waham kebesaran), sedangkan orang lain rendah dimata dia. Itu suatu bentuk parasaan rendah diri (inferior) shg melakukan kompensasi dng bersikap arogan, tidak menghargai orang lain krn merasa dirinya paling hebat, paling superior dan paling tahu segalanya, padahal kenyataannya adalah sebaliknya. Jd sebaiknya jangan direspon, krn buang-buang energi dan makin ngelunjak dianya. Maaf analisa tukang rombeng. Kembali nyari barang rombengan ah.

        • Saya salut kepada bung kecik. Bung kecik adalah pahlawan devisa kita. Dan yang lebih membuat saya bangga walaupun di luar kerjanya, bung kecik mempunya rasa kebanggaan dan optimisme yg cukup tinggi kepada bangsanya. Salam hangat buat anda dan keluarga.

  88. @frans, setuju dgn anda. Seringkali member forum ini tdk melihat kenyataan yg ada ato pura2 tdk melihat… Suara yg kontra dianggap tdk nasionalis hahaha macem apa itu. Suara kontra justru melihat sesuatu nya dari sudut pandang yg lain, sudut pandang yg bukan org kebnykan lihat. Tp intinya demi kemajuan bangsa dan negara. Tanpa korupsi, tanpa kebohongan publik, tanpa diskriminasi.

    • Bung Jajaka Tingkir,
      Suara kontra dengan cara pandang berbeda tentu menjadi kombinasi yang bagus dalam menyelesaikan masalah .
      Tak usah terlalu bangga dengan sudut pandang yang tidak dapat dilihat dari sedikit orang termasuk Anda, karena lebih banyak kenyataan dan kebenaran yang dilihat orang banyak daripada orang sedikit .
      Cara pandang kontra sah-sah saja asal masih dalam semangat yang sama yaitu persatuan dan kesatuan karena kita hidup di Indonesia .
      Bila Anda mengijinkan referandum di satu wilayah NKRI , maka tak lama yang lainnya akan mengikuti, hancurlah negeri ini .
      Korupsi dan kebohongan publik itu hal yang butuh diberantas bersama – sama.
      Bagaimana ada rasa kebersamaan hbila diantar kita sendiri ada konflik kepentingan. Satu partai politik saja bisa berbeda kepentingan antar anggota apalagi masyarakat Indonesia yang multi etnis .
      Tidak usah bicara masalah diskriminasi etnis , contoh saja masalah di Banten yang satu keluarga hampir menguasai seluruh jajaran pemerintahan ,apakah itu bukan diskriminasi ?
      Jadi bisa disimpulkan diskriminasi itu bukan masalah etnis tapi masalah kontrol dari masyarakat .
      Kalau masyarakat solid tidak akan penyelewangan dan pembohongan publik .

  89. kumaha silaing weh Tingkir, Memang Malay tanpa korupsi tanpa diskriminasi tanpa kebohongan publik. Tong ngalelece bangsa sorangan lah, mun maneh can bisa ngalakuken nanaon jang kamajuan bangsa. pokona NKRI selalu dihati.

  90. “LOE JUAL…, GUE BELI” bener ngak ya…??? paling-paling di bawa ke MI lagi…., cuma selogan doang selama ini…, ingat Simpadan-Ligitan….??? masak kapal Malay masuk ngak ada yg tau…, bangunan dah jadi baru ribuuuuuttt…… Kemana ajeeee..??? Kalo brani tuh bangunan di hancurkan…, kita bikin baru, kasih bendera merah putih…., berani ngaaaakk…??? jangan alasan diplomatis doang…, ujung2 nya lepas…., capek deh…!!!

    • Bung Budi, tolong analisa :
      1. “masak kapal Malay masuk ngak ada yg tau…, bangunan dah jadi baru ribuuuuuttt…… Kemana ajeeee..??? ” , apa keuntungan dan kerugian sonora terbukti sah meyakinkan mendirikan bangunan di wilayah INDONESIA ?
      2. “Kalo brani tuh bangunan di hancurkan…, kita bikin baru, kasih bendera merah putih…., berani ngaaaakk…??? , apa keuntungan dan kerugian bangunan dihancurkan ? Lalu apa keuntungan dan kerugian bangunan langsung didirikan Sang Saka Merah Putih .
      Sebagai orang yang kritis , tentu Anda bisa memberikan kami pencerahan . Ditunggu jawabannya.

  91. salam kenal dan slm sejahtera u bung ucav beserta kluarga.,betul bung, sy pikir juga begitu.,saya bener2 n’nek baca koment dia…

  92. lha kok nyangkut dimari…he he he pdhl sy reply koment bung ucav pd no 55

  93. bung frans yang diingini malon dan sonotan ya seperti yg dilakukan dan dipikirkan sampeyan ini, dan kalau kita ikut irama permainan mereka berarti kita sudah kalah duluan, ingat Indonesia masih bisa berdiri dg kokoh saat ini itu karena disebabkan anomali , kekhasan bangsa yang selalu saja berbeda dg bangsa yg lain, selalu diluar prediksi mereka, kalau saja mereka dapat memprediksi ataupun mengira-ira dg tepat kondisi bangsa ini maka sudah hancur dari dulu bangsa Indonesia……..

  94. alaahhh maakk…mantaft kali bung awan nie…saluutt…

  95. hehehe…yang ini kayaknya kurang enak dibaca yaa…

  96. Assalamualaykum

    Fenomena terkini, JKGR semakin sering disusupi oleh komentar2 provokasi yg melecehkan NKRI, dan mulai tak terkontrol. Ini terjadi semenjak info2 “HOAX” kelas A1 mulai dimunculkan, sepertinya ada yg resah dan gelisah bila rakyat indonesia mulai bangga dengan kekuatan militer negaranya.

    Maaf, hanya sekedar pendapat SR

    wassalam

  97. Sebetulnya jawaban untuk kaum hoaxer simple. Cuma satu pertanyaan saja. Apa yang membuat sonora lari ketakutan dan meninggalkan bangunan yang sudah mereka buat susah payah? Kalau alutsista mereka lebih canggih pasti mereka tidak takut lari meninggalkannya. Seperti cina yang tetap membuat anjungan minyaknya di lcs walau mendapat gangguan dari vietnam. Karena cina sangat siap dan lebih percaya diri.

  98. @ bung frans dan @ JT :

    ada beberapa pertanyaan dari saya buat anda ber dua :
    1. anda ini WNI atau bukan ?????
    2. Pernah dapat pelajaran PMP / PPKN tidak ????
    3. Anda tau PANCASILA ?????
    itu aja mungkin pertanyaan nya,.,

    ini hanya pendapat saya pribadi,., kalo udh ga nyaman tinggal di INDONESIA,., silahkan pindah kewarga negaraan anda ke sonora,., daripada tinggal di sini,., secara tulisan anda isi nya menjelek2an negara sendiri,.,

    maaf,., no offense,.,

  99. LIKE THIS..

    **sayang ga ada tombol like disini senggol bung @Diego

  100. Dear Warjager,
    Hati-hati segala hasutan , provokasi dan adu domba yang akhir-akhir ini marak di JKGR.
    Pikiran kritis disini kadang hanya sebagai KEDOK untuk menggali informasi yang diinginkan .
    Pikiran maju disini kadang hanya sebagai KEDOK untuk menyoba meracuni dengan paham-paham yang merusak persatuan dan kesatuan .
    Bahasa Indonesia itu mudah , jadi walau pun sempurna dalam tata bahasa dan kosakata , selalu waspadalah .
    INDONESIA terlalu besar bagi kawasan yang selalu paranoid. Bersatu dan bersatulah kawan-kawan.

  101. Salut Buat TNI…

  102. Kata Menteri Malaysia Tanjung Datok itu Malaysia yang punya, media/politisi Indonesia sengaja bikin cerita sensasi untuk raih undi di pemilu sahaja……kalian telah ditipu dong:

    http://www.fmtborneoplus.com/category/nation/2014/05/26/indon-navy-claim-of-tresspassing-not-true/

  103. Itulah kalau pejabatnya semua dari pulau Jawa dan Sumatera Plus Sulawesi .Dia hanya memikirkan kemajuan di pulau Jawa ,tidak memikirkan keadaan pulau-pulau lainnya,seperti kalimantan.Lihat betapa nikmatnya pasilitas di Pulau jawa dan Sumatra,ada jalan layang kereta api.Kerena apa ?ya kerena para pejabatnya orang mana. . . ? Tebak saja sendiri.Sedang di kalimantan ,jalan untuk menuju ke Kalimantan barat saja nggak ada,kereta api nggak ada.daerah perbatasan tidak diperhatikan…ya biar saja lepas …kalau seluruh kalimantan sekalian.

    • analisa dari mana bung koq bisa berpikiran seperti itu??anda tinggal dimana sekarang, sepertinya memiliki kegundahan yang luar biasa sekali…salam

  104. jiwa ragaku hanya untuk NKRI..negara lain usik indonesia maka akan kami bela sampai titik darah penghabisan..

  105. hanya ALLAH yg maha tahu siapa sebenarnya maling,,ya kalau negara orang itu di bagi bencana alam,,,,kalau nelayan malaysia mencuri ikan indonesia,,makanya ,,orang indonesia yg datang ke malaysia tanpa pasport,,,dan kerja dimalaysia ,,,ya bisa juga di katakan maling,,mencuri uang malaysia lalu di kirim ke indonesia,,bukan gitu bung,,,age idup agi ngalaban

  106. pemuda indonesia yg MILITAN ( FKKPI, PPM, Laskar merah Putih, Resimen Mahasiswa, Pemuda Pancasila ) Harus punya posko di daerah perbatasan dg negara tetangga agar tdk di curi tnah wilayah indonesia.

  107. Selama Para pejabat kita bermental tempe selama itu pula negara lain akan terus mengobok2 Indonesia,lalu kenapa mesti di pusingin ketika Malaysia berulah ? koreksi diri dong wahai para pejabat,kalau masih sibuk terus KKNP (pungli) wajar dong negeri ini seperti tak pernah dihormati negara lain.silahkan mundur masih banyak rakyat yg siap tuk menjadi Abdi Negara yg tanpa KKNP.ini aneh tapi nyata lho,Di Indonesia Rakyatnya jauh lebih Cerdas dari pada Para Pejabatnya sendiri.Bayangkan Apa Kata Dunia ?.Om Tat Sat.

  108. hay pemuda bersatulah demi harga mati NKRI

 Leave a Reply