May 182014
 

TARAKAN – Dalam kunjungannya ke wilayah perbatasan, khususnya di wilayah Kalimantan Utara (Kaltara) Jumat (16/5), Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko bersama rombongan sekitar 15 orang tiba di Tarakan sekitar pukul 7.30 wita, setelah bermalam di Balikpapan.

Panglima TNI berkunjung ke Satuan Radar 225 dan Pangkalan Angkatan Udara (Lanud) Tarakan. Kemudian, ia terbang menggunakan pesawat Helly Bell Seri 420, Helly Bell Seri 412 dan Helly Bell Seri 516  milik TNI AL ke Sebatik, Seimanggaris kemudian ke Sungai Nyamuk untuk melaksanakan ibadah sholat jumat. Selanjutnya, ke KRI Surabaya untuk makan siang di KRI sekaligus meninjau wilayah perbatasan di Karang Unarang Ambalat. Setelah itu, rombongan ke Tarakan untuk kembali ke Jakarta.

Usai berkunjung ke wilayah perbatasan di Kaltara, Panglima TNI mengungkapkan telah meresmikan rencana Operasi Garda Wibawa ke-14 menjadi operasi. Sebenarnya, rencana operasi ini telah dimulai tahun 2005, tapi operasi ini berdiri sendiri dari TNI AU, TNI AL dan TNI AD.

“Mulai sekarang, saya mengintegrasikan dan menginteroperability (sistem komando dan kontrol) menjadi satu satuan komando, satu kendali operasi. Untuk TNI AL dan TNI AU sudah menginteroperabilitykan Panglima Armada Timur (Pangmaritim) menjadi Panglima Komando Tugas Gabungan. Ke depan, TNI akan membentuk Komando Wilayah Pertahanan (Kolwilhan) atau Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan),” ujar Panglima TNI dikonfirmasi saat akan menaiki Pesawat Boeing milik TNI AU untuk kembali ke Jakarta.
Ia berkata, dibentuknya Komando Tugas Gabungan untuk menyatukan operasi, sehingga begitu ada Panglima Kogabwilhan semua akan berjalan dengan baik. “Alutista TNI cukup baik. Sekarang, belum terlalu kelihatan, jika ada penambahan alutista. Tapi, sampai Oktober 2014 nanti, akan mulai berdatangan terus alutista kita. Tahun 2015 sampai  2016, alutista akan semakin padat datangnya. Perkembangannya cukup baik,” jelas Panglima TNI.

Ia menjelaskan, alasan memilih Pangmaritim sebagai kepala komando, karena wilayah Kaltara ini merupakan wilayah kerjanya. Dalam struktur komando, Panglima TNI juga menempatkan Panglima Komando Sektor Makassar sebagai Wakil Panglima karena merupakan satu wilayah.

“Kita sudah cek Sukhoi terbang di atas air. Antara TNI AL maupun TNI AU dapat berkomunikasi dengan baik dan memberi input data, sehingga persoalan di laut begitu didapat, satuan udara memberi bantuan satuan di laut,” bebernya.

Disinggung permasalahan perbatasan antara Indonesia dan Malaysia terkait wilayah perbatasan di perairan Karang Unarang, hal itu merupakan urusan politik dan diplomatik. Tugas TNI akan tetap menjaga kedaulatan RI. “Sudah saya katakan kepada semua prajurit, dalam menjaga keutuhan atau kedaulatan sangat jelas dan tegas sikap kita. Tapi, jangan berbuat yang provokatif, karena akan memberi penafsiran yang berbeda oleh negara-negara di sekitar kita, dan akan mengganggu sistem diplomatik,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjend TNI Muhammad Fuad Basya juga menambahkan, wilayah perbatasan merupakan domainnya laut dan udara. Karena itu, menunjuk Panglima Armada Timur untuk menjadi Panglima Komando dalam rangka pengamanan perbatasan.

“Pengamanan perbatasan ini sebenarnya rutin dilakukan. Sebagai Kogabwilhan di bawah Panglima TNI, Kaltara masuk dalam Kogabwilhan 2. Karena itu, di bawah Pangmaritim. Kogabwilhan ini tinggal menunggu Keputusan Presiden (Keppres) turun, tapi semua pengajuan sudah masuk,” jelas Kapuspen TNI.

Di Nunukan sendiri, Panglima TNI Jendral TNI Dr Moeldoko membuka secara resmi operasi gabungan yang dilakukan oleh TNI AD, AL dan AU di perairan Karang Unarang Ambang Batas Laut (Ambalat) Indonesia-Malaysia. Ia juga menyempatkan diri berkunjung ke garis perbatasan di Pulau Sebatik yang berdampingan dengan Negara tetangga Malaysia. Fokus kunjungannya, yaitu melihat secara langsung patok-patok Indonesia yang terbentang di sepanjang garis perbatasan.

“Kunjungan Panglima TNI ke Nunukan dalam rangka mengawasi jalannya operasi gabungan dalam mempertahankan NKRI dengan berbagai kegiatan di dalamnya. Ia juga ingin melihat langsung wajah Indonesia di hadapan Negara tetangga Malaysia,” ujar Staff Humas dan Protokol Setkab Nunukan, Ayub kepada Koran Kaltara.

Beberapa daerah yang menjadi fokus operasi ini adalah Sebatik, Seimanggaris, Sebuku, Kecamatan Krayan yang merupakan wilayah Indonesia yang berhubungan langsung dengan Negara bahagian Sabah dan Serawak di bumi Malaysia.
“Kunjungan Pangliman TNI ditutup dengan upacara bendera di perairan Karang Unarang dan menuju Kota Tarakan mengikuti beberapa kegiatan lainnya,” terang Ayub.

Nunukan menjadi perhatian serius Pemerintah Pusat termasuk unsur militer, karena tingginya peredaran narkoba di daerah ini, sehingga menjadi alasan diperketatnya pengawasan di wilayah perbatasan. Selain itu, bergesernya beberapa patok Indonesia juga menjadi perhatian serius dari TNI.

Sebut saja, beberapa kasus yang dilaporkan Satgas Pamtas Yonif 141/ AYJP beberapa waktu lalu saat diwawancara khusus oleh Koran Kaltara, yaitu ada sebagian patok Indonesia bergeser dan dilaporkan hilang. Beberapa penangkapan besar sabu-sabu terjadi di Pulau Sebatik dan Kecamatan Krayan.(korankaltim.com)

 Posted by on May 18, 2014  Tagged with:

  196 Responses to “Panglima TNI Segera Bentuk Kogabwilhan”

  1. Ayo Pak segera dibentuk, biar negara -negara yang usil pada berpikir dulu sebelum mengusik bumi pertiwi.

    • Ini yang ditunggu ““Alutista TNI cukup baik. Sekarang, belum terlalu kelihatan, jika ada penambahan alutista. Tapi, sampai Oktober 2014 nanti, akan mulai berdatangan terus alutista kita. Tahun 2015 sampai 2016, alutista akan semakin padat datangnya. Perkembangannya cukup baik,” jelas Panglima TNI.”

      Bung Nara ,
      alutsista apa aja yang mau dirilis resmi pemerintah Oktober ini ?

    • Kan sudah diajukan ke Presiden..tinggal tunggu surat keputusannya turun.

  2. tumben belum dikomentarin….pertamax kah 😉

  3. NKRI harga mati

  4. GENBA, cek langsung ke lapangan

  5. ?……Sampai okt 2014 terus berdatangan , 2015 dsn 2016 alutsista akan makin padat berdatangan………maksudnya……hhmmmmm dari menhan langsung nih statemennya…..ada yg bisa ngartiiin gak para warjagers…..

  6. Lanjutkan , klo tetangga usil Gebuk aja. Perbtasan srng d pkai bwt seludupkan narkoba dan Miras , mhn di tingkatkan pengawasan perbatasan.

    Jayalah NEgaru NKRI

  7. <:D
    ?) siap !!!
    _||_ Komandan !!!
    minggu ceria. tetap siaga bung!

  8. Saya setuju, kalo pake logika pembentukan armada timur aja pasti ada pengadaan alutsista baru, ga mungkin ngandelin pake yang udah ada, laut dalam pula…

  9. .mohon pencerahan dr senior… 3 tanda yang nempel d dada kiri panglima itu apa?

  10. tunggu tanggal mainnya…hehehe..Jayalah NKRI ku…

  11. Ia berkata, dibentuknya Komando Tugas
    Gabungan untuk menyatukan operasi,
    sehingga begitu ada Panglima
    Kogabwilhan semua akan berjalan
    dengan baik. “Alutista TNI cukup baik.
    Sekarang, belum terlalu kelihatan, jika
    ada penambahan alutista. Tapi, sampai
    Oktober 2014 nanti, akan mulai
    berdatangan terus alutista kita. Tahun
    2015 sampai 2016, alutista akan semakin
    padat datangnya. Perkembangannya
    cukup baik,” jelas Panglima TNI.

    sesuai dengan klu sesepuh, semoga dapat sampai ke Nusantara dengan lancar, aman dan terkendali. salam hangat warjager..

  12. bung pemula, mohon maaf sebelumnya, saya hanya mengingat kan jangan membawa ranah politik ke sini. mohon di indahkan. terima kasih.

  13. “Kita sudah cek Sukhoi terbang di atas air. Antara TNI AL maupun TNI AU dapat berkomunikasi dengan baik dan memberi input data”—> ada yang bisa memberikan tambahan info mengenai hal ini??perkembangan nih 🙂

  14. Hmm…smoga gak ada aral melintang deh..lanjutkan pak moel! #hehe

  15. Panglima Kogabwilhan sebaiknya di jabat oleh Kasad, Kasal dan Kasau sebagai pembelajaran mereka utk memimpin 3 matra pada lingkup skala kecil. . setelah berhasil baru boleh di promosikan sebagai Pangli.a TNI . . Lha kalo belum punya pengalaman memimpin 3 matra yaa susah jadi ya panglima yang hanya berprinsip asal preaident senang tanpa mempunyai NYALI memberikan shock terapi pada negara lain apalagi berperang. .

  16. Sukhoi di atas air = SU 34 kah? Mohon pencerahannya.

    • Bung Nara,
      Su-34 Oktober nanti mau dirilis resmi tidak ya ?

      • beh beh beh,. bung nara,. udah nda maen singkap,. maennya yang beberan,. sampe ngiler2., 😀

        kalu pensil2 yang masih gres ples hangat apakah sekalian diuji coba di latgab ndan?.. :mrgreen:

      • Kalau yg matra laut apa aja yang mau dipublish juga Bung Nara ?
        Apache jadi ikut flypass juga kah?

      • weks…. ada lagi nih pinsil baru dari udara jangkauan 300 km ? brahmos kah bung Nara?

      • bung @nara : sigh, saya cek lha saya kelewat nda dikomentari,. 😀

        wah2,. termasuk lokal ya bung., soalnya ane ngidam pensil lokal., menurut bung nara,. di latgab nanti,. apa masih ada yang berani2 ngintip,. atau strategi TNI hold dulu,. biar kesannya,. “nyoh intipen,. sekalian ngelirik2 ke si spy”,. :mrgreen:

      • Wah , jadi g sabar nungguin rilis resmi.
        apalagi yang percaya g percaya pasti juga H2C, he he…
        Kalau kapur segede itu dipublish banyak rakyat yang bertanya-tanya kapan belinya tau-tau dah nongol.
        Kalau gerbong maut bakal dipublish juga tidak Bung Nara, mumpung juragannya hadir skalian nanyain pensil-pensil 😀

      • kalo gerbong maut kayaknya kaga deh bung, soalnya strategis banget tuh hehehehehe…… takutnya tar bisa bisa rel nya yang di pretelin ama tetangga tetangga iseng hehehehehe

      • bung awan : wehehehe,. saya hanya juragan saja., kita anggap gerbong maut., buat angkut coal aja., biar pada merem tetangga,.

        bung MP119 : wah2,. nyaingin daerah saya saja,. kiloin baut rel,. :mrgreen:

      • takutnya nanti bung JGM tetangga kita jadi paranoid kalo liat kereta kita… jangan jangan nih gerbong maut-jangan jangan nih gerbong maut….. xixixixixxixixii

      • HUT TNI apakah akan tampil ya…kalau camo nya di cat sama dengan SU-27/30 bakal susah ngebedainnya…saya awam soal beginian 🙂

      • yess sovremenny class yang baru beres di camo bakalan ikut latihan… heuheuheu…
        tapi kayaknya east wind 21 bakalan di umpetin ya bung nara..?

      • Gerbong maut iku opo toh rek?

      • bung UCAV, dah lupa ni ama slava nya yang dah kelar di uncle bear sono ? hehehehehehe…….

      • lom selesai di cat mungkin bung master poker.. ane sih yang pasti2 aja, yang baru selesai camo di muara and udah ngeronda di LCS… triumph card nya di umpetin dulu lah.. tar malah muntah darah yang suka bilangin hoax hoex…

      • tambah geger kawasan yo kalo slavanya muncul hehehehehe

      • itu sih namanya udah bosen idup komandan…
        masa orang lagi latian di intipin..
        mudah-mudahan gak kejadian kayak kursk tragedy komandan..

      • mohon pencerahan bang, ply pass akan dlkukan dman..?

      • bung nara maaf nih oot.kan kata bung nara kita beli rafale varian F3R.Bukannya varian itu baru diproduksi thn 2018.kok kita bisa beli,padahal belum diproduksi???

      • makasih ya bung.oiya satu lagi,apa bener kita dapat tot angin timur ?maap nih banyak nanya

      • bung Nara : wah 3x,. itu baru ketegasan., dor langsung pengintip ,. meskipun ane lancang,. moga ntar itu pensil ada sasaran berupa Ucav, KS lambang tukang intip, . biar tambah jeger liat daya ledaknya,. sekalian melek :mrgreen:

        meskipun senjata strategis tetep di keep,. sigh, sedikit kecewa.. ane request, kalu ndan nara ada moment mungkin elus atau selfie dengan perabot yang menurut boss ndan nara udah dibolehin,. sepertinya bisa dikasih dimari ndan,. biar bisa buat analisa kedepan,. dan juga pembuktian,. yang katanya ndan nara cakep mungkin,. soalnya yang terakhir itu hoaxnya kental ndan,. 😀 :mrgreen: piisss ndan,.

      • hahaha….. 😀

      • Bung Ps : hyah,. numpang nyengir aja,. kenapa pas anget2nya artikel ngilang bung,. apalagi sekarang di thread sebelumnya ada radar thermal dah mengindikasikan panas antar komentar yang menyenggol elektabilitas bung nara (hyahaha, kaya pemilihan presiden) oleh yang sok jaguh,. masih tersisa rupanya,.

        ditunggu artikel kelanjutannya lho bung atau ulasan perabot lain,. :mrgreen:

      • hehehe… saya baru abis selesai tugas jalan-jalan Bung, jadi baru sempet nongol :mrgreen:

        Apa yang dibeberkan oleh Bung Nar sebetulnya memang hanya untuk konsumsi orang-orang tertentu saja dan apabila untuk konsumsi orang kebanyakan mudah ditebak pasti banyak yang masuk angin mendadak kan hehehe…

        yang jelas enggak semua perabotan tiap matra yang mau dateng itu baru, ada juga yang second hand nya kok Bung :mrgreen:

      • bung Ps : anda benar,. memang konsumsi tertentu saja,. karena publik sekarangterlalu terdidik, kritis dan realistis,. sampe kualik mana nyata mana fana,.

        ehm,. jalan-jalan itu ngecek perabot matra hiu,. atau gimana bung,. bisa dibabar dikit seperti tugas bung yayan ketika di brunei,. bisa dibuat diskusi bung,. :mrgreen:

        meskipun second juga tu perbot ane yakin bukan macam kw transjakarta kelasnya bung.,. 😀

      • hehehe…. :mrgreen:

      • bung JGM, ane jangan dijadiin sasaran tembaknya donk.. hahaha.. kasian bini ditinggal janda.. wkwkwkwk..

      • bung UCAV : makanya cepet ganti nama., UCAV Lokal gitu aja.,kan pasti buatan dalam negeri., :mrgreen: becanda bung,. ma ap lancang.,

      • nanti di setiap perabotan pensil harus ditulis “SARINAH” bung 🙂 Siapa Anti Republik Indonesia,Negara Akan Hancur….

      • hahaha.. bisssa aja bung JGM ini..
        Bung DK, itu nama catering langganan ane.. wkwkwk..

    • Sip ndan..dah mulai ngeronda rupanya..selamat ndan..salam hormat..skrg tinggal persiapan buat latgab nih..jgn lupa laporan saban harinya dipost dimari ya ndan..

    • Aslinya namanya SU-34, untuk versi ekspornya dinamakan SU-32, dua2nya dinamain Fullback….bung nar kalo yang kita beli versi ori atau versi ekspornya?

    • waduh, udah dateng to bung Nara? pesawat antonov nyampainya dimari kapan tuh bung Nara, kok tiba tiba aja sdh nongol tuh hehehehehe….. kayaknya versi kita nih ama dengan yang dipake uncle bear ya bung Nara?

      • bung MP119 : bukannya udah dateng dan sering komentar disini itu antonov?.. :D,. colek bung antonov

      • hehehehehe… ntu dia bung JGM, jangan kan SU34, SU 30 aja bikin wa keblinger bung, diwartakan cuman 1 ska 16 buah…. eehhhh ternyata dah 3 ska yang masuk, ditambah lagi nih SU34 nya dah dimari hehehehe…… kalo di mks kagak pernah lagi tuh nongol antonov nya bung, terakhir yang 2 biji dateng taon kemaren, ternyata antonov ada juga yang mendarat di lanud IWJ hihihihihihihii…… emang hebat strategi TNI kita bung…. salut… salut…

        • Jd sengaja parkir di IWJ ya bung, pantesan gak ada yg tau sosoknya

        • bung MP119 : yang menarik dari clue bung nara,.

          rombongan Flanker KOMPOSIT (27,30,34,35),. seperti yang ane ketahui,. kan kebanyakan mereka pake titanium., kecuali Pakfa ntar mungkin,. 😀

          CMIIW

        • bung radialv, tempat ngumpetnya banyak banget bung…. bandara bandara yang jauh dari pemukiman dan ditengah sawah salah satunya tuh bung. keluarnya nyari mangsa juga tengah malem xixixixxixixi…. itu bandara bandara tempat di umpetin kagak kedetek ama google earth dengan google map bung, ane dah pernah nyoba tuh pelototin hehehehehe….. tp kagak dapet dapet juga tu bandaranya. hehehehehe

        • Walah, ternyata pesawat juga pakai siasat gerilya gitu ya

        • di china malah make bungker bung untuk ngumpetin pespurnya 🙂

      • wah wah…. mantap mantap, artinya camonya masih bintang ya bung Nara, lom segilima hehehehehe…… ntu terbang ferry ke mari apa di terbangin ma antonov bung Nara, jadi penasaran tuh :mrgreen:

      • waduh…. ternyata si condor tambah rajin aja sowan dimari ya, baru tau lagi nih bung Nara 🙂 cuman alamat nginep nya yang susah ditebak ya bung hehehehehehhe…. paling banter nginep semalem trus balik lagi hehehehehe….. kalo si condor dateng 4 biji beriringan, bisa geger nih kawasan heheheheh…. untung datengnya selang seling. :mrgreen:

      • bung @Nara, Pemahaman awam…
        mungkin Pesawat Tempur Rusia yang sering wara-wiri di pasifik… ada hubungannya dengan kedatangan Arsenal TNI…

    • buat agan2 sorry nih masih awam

      maksudnya shukoi di atas air apa ya?
      hehe

    • Bung nar Su35 kita versi yg pake canard gak?

  17. Maksud panglima: “kita sudah cek sukhoi terbang di atas air” apa yang di maksud su33. ? *orang awam mengharap pencerahan sesepuh..

    • Ini berarti nanti jd adik dr cn 235 mpa milik TNI AL,dengan spesifikasi yg lebih gahar sebagai Maritim
      Patrol Aircraft.wah ini akan menjadikan Kekuatan Maritim Strike Kita bisa bikin yengyengan sampai mual2 muntah Para pengusik Kedaulatan NKRI ya Bung Nara.blm lg di tambah dengn siluman2 bawah laut kita…

      • Om Nara. ni permohonan konyol. saat latgab nnti kan terbesar & pling membanggakn bisakah didokumentasikan/siaran live buat patriot2 dipelosok tanah air, krn momen ini dah lama ditunggu2

      • Kapan,,kapan tayangnya bung Nara? Mumpung kalau TVRI sinyalnya bening dirumah saya hehe

      • hikz.. di tempat ane TVRI nya banyak semutnya.. kalo udah fix jadwal tayangnya.. dimohon untuk di share tanggal dan waktunya.. hehehe.. kali aja ada crew TVRI yang SR dimari..

    • Assalamualaikum warjagers n sesepuh
      @bung narA : Untuk su 34 apakah dibawah AU atau AL
      Szlam kenal buat warjagerz semua

      • bung cumicumi, saran ane sih ya bung, kalo bisa topik topik sebelumnya dibaca deh ampe koment nomer terakhir, tar pasti ketemu jawabannya, 🙂

    • Ndan Nara:
      1. di kompas ada gambarnya Panglima TNI lagi nunjuk ke pesawat sukhoi yg terbang rendah di atas laut. Tp gambar sukhoinya terlalu keciiiil, gak bisa diidentify jenis sukhoi apa.
      2. Minta konfirmasinya apa kita juga mbungkus Tu-22? bekas ato baru Ndan? Berapa biji? Kalo kita punya Tu-22 sih su-34 gak usah disembunyiin lagi.

      trims

  18. Ini tidak jelas maksudnya apa bung. Kita diskusinya fokus tentang militer aja ya. Okay?

  19. list bung nara dipertegas oleh panglima CMIIW 😀 :mrgreen bagi yang belum paham baca lagi artikel bung nara yang ini http://jakartagreater.com/akhirnya-era-baru-alutsista-trimatra-di-depan-mata/ dan dilanjutkan sama yang ini http://jakartagreater.com/akhirnya-era-baru-alutsista-trimatra-di-depan-mata-2/ setelah itu satukan kepingan puzzle nya sama yang dikatakan oleh panglima TNI. :mrgreen: IMHO

  20. Apakah pesawat pesawat tempur Sukhoi family yang kita beli hanya bisa membawa armament buatan Rusia?

    • Wow begitu ya. Kalau bisa nembak pakai torpedo juga, bakal jadi true nightmare nih Flanker kita.

    • missil ular pembelit? misil apa ityu bung nara??

      • Phyton family missile dari israel..

        • salut komandan.. tni sekarang belinya sering yang paling canggih dan baru dari tiap varian senjata yang dibeli…
          east wind 21, kita variannya yang D juga kan..? hehehe…
          kata bung ngurah rai EW 21 nya kebagian ToT juga yah..?
          dan akan di satukan dengan teknologi rudal papa bear… dan menjadi cap 21 made in indonesia…
          yang jadi pertanyaan, jenis rudal mana yang dikasih ToT dari papa bear..? kalo boleh di undisclosed dikit, silahkan dijawab komandan..

        • hehehe.. terimakasih atas motivasinya bung nara.. insya Allah ane berusaha semampu saya untuk berkontribusi untuk bangsa sesuai peran ane..

          eh kalo bisa bung nara.. dijawab pertanyaan ane yang diatas komentar ane sebelumnya.. hehe itu juga kalo ada clearence buat di disclosed meski dikit… tapi kalo gak boleh juga gak apa2…

          nanti disampaikan salamnya.. salam balik untuk bung nara sekeluarga.. kalo mau jaket kulit kaya pak moeldoko waktu pesiar ke mama panda juga bisa caling2 ane… hahaha…

        • Python 5 nya sekalian dibungkus gak ya…

        • nurut tebakan ane sih Topol-M versi silo dah dimari deh :mrgreen:

        • Bung MP119, range nya kejauhan… bisa geger kawasan.. meski bagus sebagai potensi hedging nuklir untuk Indonesia.. hehehe.. cukup 1000km aja, tpi launchernya bisa pake KS..kan bisa kemana2 tuh…

        • bung UCAV, alasan saya sih simple simple aja knapa bisa bilang kalo Topol-M ntu, hantu laut aja segede gaban di kasiin, trus destro juga dishare, mane semua jenis pespur kemauan kita juga dikasiin, masa senjata pamungkas kagak ikut juga untuk matra daratnya (dalam hal ini dibawah kotama). hehehehehe…….

        • kenapa menurut ane iskander yg lebih memungkinkan.. ini rudal udah siap oprasional.. tapi terkendala masalah treaty.. daripada mubadzir.. mending di jual ke kita beserta tot nya.. hahaha… lagian range nya ga jauh2 amet.. sesuai dengan doktrin defensive active TNI kita…

        • kan clue nya dari bung Nara, yang jadi diambil nyang ikut parade tuh yang versi mobile lagi hehehehehe….. ntu iskander ama topol? kalo keterangan gambar sih ntu topol bung UCAV. 🙂

        • kalo dr surfing mbah google sih yg paling mungkin kita bungkus iskander-e, krn dah ada versi ekspornya. Tp gak ada keterangan bhw iskander bs diluncurkan dr ks. apa ada clue lain ya?

    • bung nara,, saya pernah liat di sukhoi kita ada semacam elektro optik di depan kokpit, sebagai pengganti radar apabila radar di matikan/ mati karena berbagai hal,,
      yang saya tanyakan elekto optik ini apa bisa mengendus pesawat siluman?

      apa semua elektro optik ini termasuk pesanan khusus atau memang sudah dari pabrikan nya?

      • bung andri, nyang ntu namanya klenengan sapi bung 🙂

      • tambahan lagi bung andri, SU27 ampe SU35 ama PAK-FA ntu dah bawaan standarnya, jin rafa juga make kalo gak salah ya. IRST IR / search optik dan sistem pelacakan. justru yang sering dimatikan nyang ini bung, semisal waktu kemaren latihan bareng di negara ausshit, tukang layangan kita gak nyalain klenengan sapi nya bung. ntu juga nurut kabar kabari yang tercecer di artikel artikel sebelum nya. banyak kok bung yang ngebahas soal shukoi ini. buka buka aja thread yang lama. pasti nemu tuh 🙂

      • Bung Andri, sukhoi menggunakan Phazotron Zhuck-27, ini sistemnya radar silent dan berada di jaringan X-band. Kalau dikapal biasanya namanya Radar LPI. Radar ini punya laser range finder tapi hanya bisa mencakup 8 km. Radar ini dilengkapi IRST dengan jarak 50 km, dengan sudut azimuth mulai dari -60 sampai +60 derajat, sementara sudut ketinggian mulai dari -60 sampai 15 derajat. Deteksinya bisa mencapai 130 km vs 5 m2 RCS target dengan dua mode operasi, udara ke udara, dan udara ke permukaan.

        kalau untuk pesawat stealth kayaknya belum deh bung Andri, Mungkin Bung Erich yg bisa menjelaskan secara detail, maaf kalau ngaco bung Andri atau bung Erich… 😀

        • thxs bung atas penjelasan nya,,
          saya baru baca di situs lain klo ga salah namanya OEPS-27 ,,
          dan ternyata Sukhoi Su-27 adalah pesawat operasional pertama Uni Soviet yang menggunakan sistem kontrol penerbangan fly by wire , dikembangkan berdasarkan pengalaman Sukhoi OKB pada proyek Pengebom Sukhoi T-4.

      • Mungkin itu IRST (Infra-Red Search and Track) buat mengendus signature panas

      • pokoknya semacam itu lah….. hehehehehe gak ngeh jg saya bung 🙂
        bung Erich tuh punya jeroan. Kalo kata bung Lara Sarkem, laler sama kodok bukan urusan gw xixixxixixixixii,,,

    • Yg dateng su-34 kan Bung Nara, bukan Tu-22 backfire?

    • bisa bawa.. maksudnya sudah di beli kah..? soalnya untuk phyton-5 canggih banget seekernya.. high maneuver ability.. and high one shot kill probability.. meski jaraknya cuman 20 km…
      lumayan buat dog fighting..

      • yang ganas bung UCAV, pencil yang bisa dilempar dari udara dengan jarak jangkau 300 km. jenis yg mn nih yang dibungkus hehehehehe

        • iya nih bung.. saya juga penasaran..
          yang range nya samapai 300 km ada :
          P-27 moskit A.K.A. “sunburn”
          Kh-SD
          P-800 Oniks (export version nya bernama Yakhont)
          dan brahmos
          gak tau mana yang diambil…
          tapi semuanya juga gahaaar…

      • waduh… sudah lama ya…? hehehe, memang banyak yang masih misteri ternyata arsenal kita…
        kalo boleh nanya komandan, missile sunburn kalo di pake buat nembak kapal sekelas Aircraft carrier semisal USS John C. Stenis, kira2 butuh berapa rudal untuk menenggelamkan ini kapal induk..?

      • berarti asal bisa merusak landasan dan sistem propulsi yah komandan..? berarti hanya perlu 2-3 direct hit…
        tapi kayaknya kalo east wind bisa langsung kelelep ya komandan..? hahaha…

      • kalo kecepatan mach 10 kayaknya susah di intercept komandan.. apalagi kalo di ganggu salvo 2 missile “sunburn” sebagai pengalih perhatian… ketika perisai aktif nya lagi sibuk, tau2 rudal asli east wind datang secepat kilat… dan dhuuaaar… kelelep deh…

      • ndan nara nanya…
        angin timur 21 ada yg bisa di bawa bawa oleh pespur kita ga…
        teng kiu b 4

      • Python 5 sdh ada bung? Yg pake paspur apa selama ini?

      • kayaknya lom ada tuh angin timur 21D yang bisa digotong ama pespur, soal nya gede banget tu barang hehehehehe

    • Bung Nara, Rencananya Indonesia akan dibentuk berapa Kogabwilhan??

  21. dilapaknya bung satrio bung kalo mo posting semacam ini 🙂

  22. Cerdasnya tni: bilang g punya duit. Tahu2 udah bungkus. Bilang rencana. Tahu2 dah beli. Bilang punya 2 padahal 20 puluh. Selalu rendah hati membuat lawan tak bisa baca kekuatan … Terima kasih kau telah mengawal nkri dengan sangat baik. hatiku benar2 gembira horeee hehe

  23. Assalamualaikum … Salam sejahtera bagi kita semua … Wah ‘MAHABHARATA’ dengan lakon perang di kurusetra neh …? Hayoo … Yang lagi bertapa di ‘udara’, di dasar ‘samudra’ maupun di darat. Baik yang terlihat maupun yang ‘tersembunyi’ kita ‘turun gunung’ sambil merapalkan mantra ‘Jalmo moro jalmo mati, sata moro sata mati, Dewa moro Dewa Keplayu ‘ … Rawe rawe rantas malang malang putung … NKRI HARGA MATI … MERDEKA !!!

    • setuju mas bro pokok e semua itu akan buat kita makin bangga akan indonesia oh ya Bung Nara meniko Su 34 itu dibawah kendali AL menopo AU nggih mohon pencerahannya, terus untuk njagain DIY (Meguwo) pripun kan meniko Celak Australia nggih

  24. Mas bro weleh weleh piye kok malah mbahas politik
    opo sampeyan jurkam e yo, mara i mripat gatel wae

  25. mpat jempol dah buat infonya bung nar

  26. mau tanya bung gue.. apa yng menyebab kan president lama mengambil keputusan kogabwilhan ini?
    rasa nya proposal pengajuan kogabwilhan ini sudah lama di ajukan..? tp sampai sekarang blm ada keputusan,,

    • Benar bung andri, menurut saya sgt lama sekali. Tapi kita positiv thinking saja, karena utk membentuk kogabwil tsb hrs merubah struktur yg ada, harus buat SOP dulu supaya semua unsur 3 matra dan satuannya spt kodam, lanud dan lantamal bisa bersinergi. Belum lg penyediaan sarana dan infrastrukturnya, dan alutsistanya juga harus juga disiapkan dari procurementnya, pabrikasinya smp delivery dan awak yg menungganginya, saya rasa itulah yg membuatnya lama walau bisa saja dikerjakan secara paralel.

      Yang terakhir peraturan pemerintah atau perpres jg harus dibuat supaya ada payung hukum.

    • thxs bung nara atas penjelasan nya,,

  27. Bukan.. Om nara itu calon kasal :mrgreen:

  28. Assalamualaikum wrwb,
    Salam NKRI buat poro sedulur semua.

    Buat bung Nara, bg satrio, bg PS dan yg lainnya, saya ada masukan nih untuk menghadapi agresor asing sebaiknya diperbanyak saja latpur(alat tempur) yg sifatnya seperti siluman(antiradar) diantaranya (Pespur,Kasel,rudal) dgn teknologi siluman dalam jumlah massiv krn alat tsb lah yg paling efektiv menerobos jantung musuh tanpa diketahui mereka, jd dlm pertempuran tsb dapat dilalui dlm waktu yg singkat dan cepat dapat menghancurkan musuh. Bukan berarti kapal destroyer dll tdk dibutuhkan tetapi sifatnya hanya pelengkap saja sedangkan ketiga alattempur diatas yg harus diadakan secara massiv dgn teknologi siluman.
    Dikarenakan peperangan masadepan sifatnya jarak jauh adanya.
    mohon maaf kalo ada kesalahan.

  29. Wah…den karungnya sdh pensiun nih!yang ada sekarang den bagus.silahkan dibeber den ane simak sambil duduk manis.

  30. hebat

  31. Mantap nih show off di 01:51
    Cruiser Moscow never sleeps / ??????? ?????? (???…: http://youtu.be/7JpfSUPz2Fs

  32. Masalah politik jangan di bahas di mari lah bung..

  33. bung nara to bung2 laenya mo nanya ne…..knpa di lanud2 tni au ga dipasang alat pelontar seperti dikapal induk jadi kalo ada keadaan darurat bisa langsung terbang pespur2 kita….reaksi cepat gtu lah intinya…hehehehe….maaf orang awam..

  34. kan ga butuh terlalu panjang tu landasanya…hehehehe

  35. Wadoohhhh ini kampanye terselubung namanye …. siapapun nanti presidennya indonesia harus kuat, baik militer maupun ekonominy… jadi tidak usah bawa2 politik di sini bos

  36. oh gitu za bung nara….trima kasih pencerahanya……bung pertnyaan saya zg kemarin lum dijawab……kapan ifx mengudara bung nara….soale saya punya felling lo ifx ne sebnere uda hampir rampung…..cuma ngerangkai clue2 ja bung nara…dri pembelian mesin sukhoi trus proyek lfx zg katanya tertunda tpi saya yakin lo itu semua cuma pengalihan perhatian…hehehehe maaf analisa awam….

  37. Assalamu’alaikum… Bung Nara maaf sy newbie mw brtanya seandai pada saat ply pass nnt kita org awam yg menyaksikan dari bawah apakah bisa membedakan antara su27/30 dgn su34&35 krn scara bentuk hmpir sama… Terima Kasih

  38. bergesernya/hilang patok batas RI-M’sia tidak akan terjadi jika tidak melibatkan orang indonesia sendiri,sering kali terjadi pergeseran patok yg sebenarnya ulah dari org kita sendiri yg mewakili kepentingan perusahaan perkebunan,biasanya konsorsium Ri-m’sia.ini yg selama ini tdk pernah di buka,ga tau knapa..tdk pure ulah perusahaan malaysia,byk org kita yg “masa bodo” cm karena godaan uang yg melimpah dr mereka..saya pernah dpt info tp tdk saya telusuri lbh jauh,bahwa ada beberapa orang indonesia yg pernah menggeser 12 patok dgn imbalan RM 1,5 jt=RM 125rb/patok.,
    klo di konversikan sktr 5 milyar rupiah,itu mereka kerjakan cm 4 hari,luar biasa cm 4 hr dpt 5 milyar.mmg jumlah yg sangat menggiurkan dan bs menghipnotis siapapun utk menjual nasionalismenya!

  39. bergesernya/hilang patok batas RI-M’sia tidak akan terjadi jika tidak melibatkan orang indonesia sendiri,sering kali terjadi pergeseran patok yg sebenarnya ulah dari org kita sendiri yg mewakili kepentingan perusahaan perkebunan,biasanya konsorsium Ri-m’sia.ini yg selama ini tdk pernah di buka,ga tau knapa..tdk pure ulah perusahaan malaysia,byk org kita yg “masa bodo” cm karena godaan uang yg melimpah dr mereka..saya pernah dpt info tp tdk saya telusuri lbh jauh,bahwa ada beberapa orang indonesia yg pernah menggeser 12 patok dgn imbalan RM 1,5 jt=RM 125rb/patok.,
    klo di konversikan sktr 5 milyar rupiah,itu mereka kerjakan cm 4 hari,luar biasa cm 4 hr kerja dpt 5 milyar.mmg jumlah yg sangat menggiurkan dan bs menghipnotis siapapun utk menjual nasionalismenya!

  40. http://www.bergelora.com/nasional/122-kesra/373-sri-edi-swasono-bpjs-berideologi-kriminal.html

    Om Satrio@ ini juga sumber dana yang besar loh…rakyat ikut asuransi he he.
    Maaf salah lapak…..

  41. latgab terbesar yang dinanti-nanti..ada tiket VVIPnya gak ya bung nara?pengen banget nih nonton langsung..seandainnya ada spot wrga sipil buat nnton langsung..pasti lakunya lebih cuepaat dari tiket tambahan kreta api lebaran..apalagi nontonnya disebelahnya pak Beye..sambil melu2 ngeker..hehehehehehe..nguayale kebacut

  42. wah 5 oktober di kota surabaya tempat saya tinggal ya? bisa masuk gak ya?secara itu kebanggan bagi kami warga surabaya

  43. Rimpac 2014 indonesia mengirimkan kri banda aceh. Hmmm pulang bawa oleh 2 apa ya?

  44. Bung Nara, mohon bisa dibabarkan untuk yang ini “…Nah seperti biasanya, kalau yang ngintip kebablasan, kita sikat, seperti di latgab sebelumnya.”

    Memang waktu latgab sebelumnya apa dan drmana yg disikat? oleh apa disikatnya?

  45. SU-34 kemudian akan dialihkan dari Angkatan Udara ke Penerbal AL. Begitu Admiral Nara?..Mau ada top Gun juga apa? apa juga sekalian disiapkan Carriernya?..Apa sistem deploy kita mengikuti USMC dengan satu LPD (atau LHD) diiringi sekitar 2 kompi marinir?..Kalau nanti digeser, rasanya tidak hanya MPA yang mengikuti , AEW dan AWACSnya Iluyshin atau beriev ini pak admiral?..Hanya sepintas lalu, kalau ada bocoran monggo pak..

  46. banyak sekali……maaf y

  47. Kogabwilhan I, II, dan III menurut penjelasan bung Nara sudah melingkupi wilayah NKRI. Nah kalau ada Kogabwilhan IV pasti ada perubahan AoR ya?

 Leave a Reply