Oct 312017
 

Pesawat Tempur Su-35 Rusia (Rostec)

Jakarta. Jakartagreater.com. Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menyatakan TNI akan membeli 11 Pesawat Tempur Sukhoi SU-35 sesuai dengan persyaratan yang diajukan oleh TNI Angkatan Udara untuk memperkuat Pertahanan Udara Nasional.

Panglima TNI mengatakan bahwa TNI telah mengirimkan surat kepada Kementerian Pertahanan RI dengan tembusan Presiden RI Joko Widodo.

“Dalam rapat terbatas, Presiden RI sudah memerintahkan agar pesawat tempur yang dibeli adalah Pesawat Sukhoi SU-35 yang siap tempur,” ujar Panglima TNI usai meresmikan pembangunan perumahan, sarana pendidikan dan barak prajurit hasil kerja sama PT BCA Tbk dengan TNI di Markas Yonkav 7/Sersus Cijantung, Jakarta Timur, Selasa, 31/10/2017.

Lebih lanjut Panglima TNI mengatakan bahwa Pesawat Sukhoi SU-35 yang akan datang sudah sesuai dengan spek yang diajukan oleh Kasau, sudah siap tempur antara lain dilengkapi persenjataan “Air to Air Missile”, “Air To Ground Missile”, “Bomb”, “Ground Suport Equipment”, “Simulator”, “Spare Part” termasuk mesin cadangan.

“Apabila Pesawat Sukhoi yang datang tidak sesuai dengan spek yang diminta oleh Kasau, maka saya perintahkan untuk dibatalkan, kalau diterima berarti saya dan Kasau melaksanakan Insubkordinasi kepada Presiden RI Joko Widodo,” ujar Panglima TNI, dirilis Antara, 31/10/2017.

Terkait pembelian Alutsista TNI, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menjelaskan bahwa selain membeli Sukhoi SU-35 dari Rusia, TNI juga sudah membeli Pesawat Tempur F-16 dan Helikopter Apache dari Amerika Serikat, yang semuanya dilengkapi dengan persenjataan. Di samping itu, TNI juga memesan alutsista lainnya dari negara Tiongkok dan negara-negara Eropa.

Pembelian Su-35 dan Persenjataan

Sebelumnya, pada Kamis, 26/10/2017, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menegaskan bahwa 11 pesawat tempur Sukhoi SU-35 yang dipesan Indonesia dari Rusia memiliki persenjataan lengkap.

Senjatanya lebih dari lengkap karena dapat pengurangan diskon, jadi ada tambahannya,” ujar Ryamizard Ryacudu di lingkungan istana kepresidenan, dirilis Antara, 26/10/2017.

Rencananya, penandatanganan pembelian jet tempur Sukhoi Su-35 akan dilakukan pada November 2017. “Sudah tinggal tanda tangan pada November siap. Semuanya itu Rp 16 triliun,” ujar Menteri Pertahanan.

Sebelumnya, BUMN Rusia, Rostec sudah melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan BUMN Indonesia, PT Perusahaan Perdagangan Indonesia terkait barter 11 pesawat tempur Sukhoi SU-35 dengan sejumlah komoditas nasional.

Pembelian Sukhoi melalui mekanisme imbal beli tersebut sesuai dengan Undang-Undang Nomor 16 tahun 2012 tentang Industri Pertahanan.

Artinya, Indonesia membeli pesawat tempur Sukhoi dari Rusia, dan Rusia sebagai negara penjual berkewajiban membeli sejumlah komoditas ekspor Indonesia. Persentase dalam pengadaan jet tempur SU-35 ini yaitu 35 persen dalam bentuk offset dan 50 persen dalam bentuk imbal beli. Dengan demikian, Indonesia mendapatkan nilai ekspor sebesar 570 juta dolar AS dari 1,14 miliar dolar AS total nilai pengadaan.

  111 Responses to “Panglima TNI : Su-35 yang Dibeli Harus Siap Tempur”

  1. Pertamax….
    bakal rame nih…

    haha

  2. Meh, dikit lagi November nih…

  3. Aduhhhh beli 11 unit aja ribet nya minta ampun….knp gini bgt ya pemerintah kita, klo negara2 lain baca ini dr dulu, pst mrk ketawaketiwi.com…udah beli dikit, minta ini itu, tot lah, pabrik maintenance di indonesia lah….jd pembeli kok begini bgt ya…hadeuuuhhh !!!

    • ya biarin lama, itu namanya nego klo gak gitu bisa ditimpuk harga selangit, gak pakai rudal, gak ada ToT, mau kaya gitu, cepet cepet buat apa emang udah mau perang apa?

      • Berita pembelian ini kan sdh santer dr 3 thn lalu, nah jikalau niat dan dana sdh ada, nego ini itu, full spec dan full weapon, trus knp ga tanda tangan kontrak jg? lama nya dmn? emang situ tau perang ga bakal perang dlm wkt dekat? kita hrs selalu siaga bung, sedia payung sebelum hujan…intinya jika niat dan dana serta buyer ato selller udah pada deal…trus nunggu apalagi? ini hampir 3 thn lho bung…klo ga paham juga …talk to my hand…haha

  4. “Apabila Pesawat Sukhoi yang datang tidak sesuai dengan spek yang diminta oleh Kasau, maka saya perintahkan untuk dibatalkan, ..menarik ini..

  5. No Comment

  6. bakalan banyak yg kepala ny berasap nih…….minum air galon dulu

  7. Siap2 SU-35 Batal Utk Keterangan Lebih Lanjut Tanyakan Saja Bung TN

    • Gantinya yg murah… Tapi Bukan gripen lho yah Jf sulfur murah meriah dari semua pilihan wkkkk

      • Su35 kan udah murah itu bung…gripik no, jf sulfur jg no…msh ada 2 kandidat … Viper dan F15SE…

        • Wah Bung edo Habis Di Timpuk Pake Dasternya Qarin Ya Ama Mbah Mien?. Moso AS Nawarin F-15 SE (Silent Eagle) Yg Notabennya Udah Pake Fitur Stealth. Paling Pol Yg Di Tawarin Itu F-15 E (Eagle) Dan Pasti Itu F-15 Yg Di Tawarkan Masih Klh Spek Dari F-15K,F-15SG Apalagi F-15 SA Punyanya Solarman

          • Lah ini klonengan bung GP toh ??

          • Hahaha…

          • Bukan bunb fnc, bung jimmy ini suka becanda…sy newcomer, jadi sr dah 1 taonan…

          • Hahaha… Ilmu Espionage Yg Di Turunkan Lansung Oleh Kuncen Gunung Kidul Kemungkinan Keberhasilannya Itu Bisa Sampe 85% Lho Bung…

          • Kan anda cuma nebak aja bung jim…sy ga merasa jd bung yg bung jim maksud kok…dan sy ga ngerti apa2 ttg samar menyamar, tufas sy disini hanya komentar doang…

          • Hahaha… Ok 😆

          • Wkkkk bung jim nih bongkar2 sih xixixi… Entah benar atau tidak tapi Tenang aja bung GP atau bukan… nanti kalau situ di bully qarin pasti sy bantuin kok wkkkk…

            Terus kalau soal F-15 hebat dong kalau bisa punya SU-35 dan F-15 sekaligus buat indonesia… Kan jadi bisa di pake buat semua ancaman… Masalahnya si asu keknya ga pernah nawarin sih bung kalau pun iya mahal pastinya dan mau apa asu di beli dng barter kek sukro?? Sebenarnya juga bukan cuman F-15 sih, Kalau SU35 di borong bareng dan di sandingkan dng Viper atau malah gripik sekali pun pasti banyak yg senang termasuk sy… Tapi selama ini terutama para pengikut aliran gripikyah pengennya sukro di scrap aja terus di ganti sm Gripik… TNI aja maunya sukro kok… eneg x yah pengikut gripikiyah kalau gripik di borong bareng2 dng sukro xixixi…

          • Itu kan klo su35 batal dibeli krn ga sesuia dgn spec yg diinginkan menhan dna panglima, jd alangkah baiknya diganti dgn viper ato F15E aja, drpd beli gripik dan rafael benitez…mending Viper dan F15E dong…ya baguslah klo udh percaya klo sy bkn yg bung2 mksud…

          • Mungkin kita harus belajar sm indihe yg punya pespur rusia dan west sekaligus tanpa ada ribut2 xixixi…

          • Nah itu pendapat bagus bung fnc…tp knp hrs belajar lg, indonesia kan negara non blok, bs pilih n beli alutsista drmana pun include rusia n asu…mungkin sebabnya bkn itu kali, semua negara sdh mengincar kekayaan alam kita bung…jd harus selalu diawasi jgn smpe condong ke salah satu blok…

      • Di samping itu, TNI juga memesan alutsista lainnya dari negara Tiongkok dan negara-negara Eropa.pasti
        Fc senyang 31 sj nalpot bajay

    • Lah Tanya Kok Ama Woof-2 Yg Notabennya Gripen Fansboy Dan Anti Alutsista Rusia… Yg Ada Semuanya Yg Berhubungan Ama Rusia Pasti Di Bilang Kagak Dgn Prinsipny “Say No To Russia”. 😆

    • “Apabila Pesawat Sukhoi yang
      datang tidak sesuai dengan spek
      yang diminta oleh Kasau, maka saya
      perintahkan untuk dibatalkan, kalau
      diterima berarti saya dan Kasau
      melaksanakan Insubkordinasi
      kepada Presiden RI Joko Widodo,”

      • Lebih lanjut Panglima TNI mengatakan bahwa Pesawat Sukhoi SU-35 yang akan datang sudah sesuai dengan spek yang diajukan oleh Kasau, sudah siap tempur antara lain dilengkapi persenjataan “Air to Air Missile”, “Air To Ground Missile”, “Bomb”, “Ground Suport Equipment”, “Simulator”, “Spare Part” termasuk mesin cadangan.

        Ini kan spek yang dimaksud…. masak dipotongnya cuman yang itu doang

  8. chino brp taun tuh negonya, mending kita klo ga salah…

  9. Semoga saja tdk molor lg spt yg sudah2…

  10. Sdh nawar,dpt diskon pula,jg dpt bonus rudal/bom,eh dapat mesin cadangan pula..haha
    Thank u Om Putin.

  11. ooiii artikelnya kok ilang ?
    siapa itu yg ngilangin…..
    xixixi

    naik pohon dulu ah……..

  12. Dasternya biarin aja disini pake lap ubin…haha

  13. Ane termasuk orang yang paling nungguin TTD nya Su-35 November besok. Jadi apa kagak, kalo jadi ya syukur, kalo kagak Si Jimmy bakal ane Iker di bawah roda Apache. Apache sama Sukhoi kok deal2annya ceper Apache, Barangnya udah kelar lagi.

    Hhhhhhhhhh

  14. udh nawar MURAH, belinya cuman 11 biji, tapi dapet TOT.. hehehe.. luar biasa..

  15. Ntar kalau dah datang su35, pasti banyak yg kejang2 dari seberang amerika sampai seberang ameriki…

    Huehuehue

  16. Yg nunggui kedatangan SU-35 panas dingin baik yg pro dan kontra.he3

  17. Tukang negoisasi top markotop, bisa deal 11 pesawat siap tempur dan full load weapons….pesawat ceketerr mas Tukino di kemanakan nihh? apa perlu di upgrade juga? biar naik kelas

 Leave a Reply