Jun 132014
 
Panglima TNI Jenderal Moeldoko (photo: tribunnews)

Panglima TNI Jenderal Moeldoko (photo: tribunnews)

Jakarta – Tentara Nasional Indonesia (TNI) tidak akan terpengaruh oleh para Purnawiran yang memberikan dukungan terbuka kepada Capres, baik Prabowo maupun Jokowi. Menurut Panglima TNI Jenderal Moeldoko, dukungan para Purnawiran terserah pribadi mereka masing-masing.

“Saya ingin tegaskan, suara purnawirawan tidak akan mempengaruhi kami. Kami tidak akan terpengaruh, mau ngomong apa pun kami tidak akan terpengaruh,” ujar Moeldoko keras usai memberikan pengarahan kepada para Panglima Komando Utama (Pangkotama) di Mabes TNI Cilangkap, Jumat (13/6/2014).

Terkait sumpah prajurit, Jenderal Moeldoko menjelaskan bahwa TNI tidak dapat memberikan sanksi kepada para Purnawirawan TNI yang mendukung Prabowo-Hatta atau Jokowi-JK. TNI hanya bisa memberikan sanksi jika ada kesatuan anggota yang masih aktif berpihak.

“Purnawirawan, tergantung masing-masing. Karena Panglima tidak bisa menghukum lagi. Kalau masih aktif, siapa yang melanggar dilipat dia,” kata Panglima TNI tegas.

Jenderal Moeldoko pun mempersilakan para Purnawiran untuk memberikan aspirasi dukungannya. Menurutnya yang paling penting adalah apakah jiwa korsa para Purnawirawan itu masih ada atau tidak.

“Terserah masing-masing yang paling penting jiwanya ada apa nggak, lama lama jadi LSM juga,” sindir Jenderal Moeldoko.

DKP Prabowo
Terkait isu yang sedang ramai tentang surat rekomdasi Dewan Kehormatan Militer, terkait pemecatan Letjen Prabowo Subianto, Panglima TNI Jenderal Moeldoko mengaku tidak dapat memastikan apakah surat rekomendasi DKP yang tengah beredar asli atau tidak. Panglima TNI akan mengejar pelaku pembocoran dokumen negara tersebut.

“DKP, saya sudah tanya Kasetum (Kepala Sekretariat Umum) saya, yang bertanggung jawab mengamankan arsip, apakah dokumen itu ada, tidak ada. Dokumen itu tidak ada di Mabes TNI,” kata Moeldoko usai memberikan pengarahan kepada para Panglima Komando Utama (Pangkotama) di Mabes TNI Cilangkap, Jumat (13/6/2014).

Jenderal bintang 4 ini mengaku belum pernah membaca surat DKP tersebut secara langsung. Oleh karenanya ia enggan mengomentari materi dari surat yang menurut Letjen TNI (Purn) Fachrul Razi adalah benar adanya itu.

“Apakah itu benar, saya belum baca DKP itu, saya lihat banyak versinya, di youtube lah, saya tidak bisa berkomentar karena saya belum lihat, saat itu saya masih letkol saya hanya dengar dengar saja. Akan semakin bijak saya tidak komentari sesuatu yang saya tidak ketahui,” kata Jenderal Moeldoko tenang.

TNI pun akan mengajar siapapun pihak yang membocorkan surat rekomendasi tersebut. Menurut Moeldoko membocorkan rahasia negara harus dihukum.

“Kita sedang kejar itu. Siapa yang bocorkan, ada UU-nya. Membocorkan rahasia negara, dihukum itu,” tegas Jenderal Moeldoko.(detik.com).

  104 Responses to “Panglima TNI: Suara Purnawirawan Gak Ngaruh !”

  1. 123456789

  2. Keduax

  3. Whew.. pak Moel mantap!

  4. wah,, pasti rame lagi nih,, salut aja deh buat panglima tni

  5. LSM lagi, LSM lagi

    • Ular wajib sarpahoma
      Yang aneh tabloid obor udah 3 edisi baru di tanggapin kubu jkw. Bener2 tanda tanya besar 😛

      • sdh lama di laporkan ke bawaslu, padahal sdh ketahuan tuh siapa aktornya di balik tabloid obor rakyat si Darmawan sepryossa kolumnis inilah.com media yg biasanya menulis kejelekan jokowi tp mengagung agungkan prabowo

      • saya pribadi menunggu aktor siapa yang akan dikejar karena bertanggung jawab terhadap bocornya rahasia negara ini…
        Pak Fachrul Razi pun hanya melempar handuk ketika diwawancara metro…karena ada pak SBY yang ikut menandatangani surat “rahasia” tersebut..kenapa beliau tidak bersikap, kalau surat rahasia ini sampai bocor, meskipun itu tidak asli, ini merupakan sebuah kesalahan, ada pelanggaran…

        • Sikap pak SBY ; usut penyebar surat DKP bung

        • Kalau tidak salah SBY sudah kasih komentar. Dia bilang walau Bukan Rahasia Negara, tapi tetap disayangkan kenapa surat seperti itu bisa disebar luaskan. Jadi menurut Presiden, itu bukan surat rahasia. Hanya saja bukan untuk konsumsi publik.

          • La bukannya Mahfud md ngaku dia dan team pemenangan yang nyebarin..,, berartikan jelas siapa penyebarnya

  6. selamat malam semua…sambil nunggu bola baca jkgr

  7. setujuu pak moel..

  8. Ke sepuluh…ijin nyimaks..dulu baru baca artikelnya…kalau tidak malah ketinggalan…

  9. bahaya tu
    harus dihukum 10x lipat dari pm

  10. Salah satu kubu,kelihatan pngn bngd capres’a jd presiden,mpe bawa2 tni,mlh dngr2 ad yg ngusulin pembubaran babinsa..tanda2 apakah ini?

  11. Tetap jaya TNI … sikat ular2 & masukan dlm boiler 1000°C

  12. Dapet kandidat penerus menhan yang baru ni, he3…

  13. guru kencing berdiri…
    murid kencing berlari…
    jikalau senior sudah lupa diri…
    maka junior pun membentengi diri…!

  14. TEGAS…..
    NETRAL….
    itulah pak moel

  15. No coment

  16. Gak ada urusan ama purnawirawan….it’s ok.
    Tinggal kepanjangan tangan para purnawirawan (msh aktif)…..jangan sampai didiemin ya Pak Moel……

  17. Politik sllu penuh intrik…waspadalah!!

  18. “lama-lama jadi LSM juga” betul sekali pak.ada tuh purnawirawan sering koar2 dan terang2an mengiring opini mendukung salah satu kubu dimedia audio.padahal blm lama jd purnawirawan.hehehe.

    • untung sudah pada purnawirawan… kl masi pegang tongkat komando parah bener tuh..
      kita bisa menilai, owwww begitu toh korsa mereka..

      JARKONI…. hanya berujar tanpa ngelakoni…
      patriot nya ilang.. terkikis….

      • hehehe,,,pgn dapet penghasilan selain dr uang pensiun x bung Bonex…
        kalau mendukung itu sih hak mereka,tp kalau melemahkan dan cenderung menjelekkan bekas institusinya tanpa dasar yg kuat,itu yg kurang etis….

  19. “Terserah masing-masing yang paling penting jiwanya ada apa nggak, lama lama jadi LSM juga,” sindir Jenderal Moeldoko.,.

    Sindiran yg sangat tepat pak moel,,Mereka memang hampir mirip dgn LSM…
    Tetap semangat pak moel & jajaranya..

    Salam

  20. pagi terima pengarahan, sore sampai malam ini ngurus senior-senior purnawirawan-purnawirawan yang gontok-gontokkan, hasilnya tetap ndak ada titik temu. mungkin nanti warjagers bisa liat beberapa waktu kedepan akan semakin rame malah bisa jadi pemberitaan hangat di media massa 🙁

    • Hehehehehhe, dari jam 8 pagi tadi ya bung PS….
      Tadi saya mau kesana, tapi karena pulang pagi jadi tidak sempet, ternyata bener ada yg ngajarin yg salah.

      • hahaha iya Bung Jalo, parah “ularnya” masuk melalui sesepuh-sesepuh senior, dasarnya apalagi kalo bukan ….. ah sudahlah, heran saya Bung :mrgreen:

        • Itu bung PS, saya aja kaget sampai ada yg bilang “BSH (Barisan Sakit Hati)”…

          • ya Bung, gontok-gontokannya justru makin meruncing disaat sekarang ini. selain itu di DHN 45 malah lebih parah Bung 🙁

          • ” BSH (Barisan Sakit Hati)” –> sepertinya tidak asing nih bung 🙂

          • Mudah2an bulan akhir tahun ini tidak meruncing kemana2… Soalnya tadi saya denger ada yg melaporkan seseorang ke Mabes Polri karena masalah bocoran dokumen. Takutnya masalah ini jadi panjang, mudah2an masyarakat Indonesia tidak terpengaruh

          • itulah Bung, mudah-mudahan masyarakat terutama Warjagers bisa memilah-milah berita di media massa, kalo menurut laporan Pejaten siapapun presiden kita nanti 2015-2016 potensi chaos di negara kita ini besar sekali 🙁

          • Waduh, sudah ada laporannya ya. Ok thanks infonya bung PS, kayaknya amanin dulu masyarakat biar tidak terpecah belah…

          • pastinya Bung, NKRI harga mati!

          • berat nih feeling saya bung jalo dan bung ps
            lagu sendu kiranya akan menggema lg
            mudah mudahan hanya intro saja
            smoga ada imunnya
            ular yg sama dengan dahulu,yg bikin repot klo ada penerusnya
            bisa samar samar wujudnya

          • dilema bung PS…semoga ngga caos+aman bung PS.
            ada gossip gerakan lama (gerakan jadoel) tumbuh lagi ya bung PS…saya orang sipil jd blm tau bener/ngga nya,,,

          • Amiiin… mudah-mudahan masyarakat kita tidak gampang terprovokasi ya Bung, tapi ya itu “ular” telah masuk sejak lama di media kita juga, lihat aja gempurannya dari dulu hingga sekarang ini, sampai budaya asli masyarakat kita lama-lama akan hilang (semoga saja tidak), mudah-mudahan skenario negara-negara musang itu gagal Bung… amiiin…. :mrgreen:

          • Iya bung sangat mungkin sekali siapapun presidennya yang terpilih nanti, dari kubu yang kalah mungkin sekali akan tetap mengganggu ditambah lagi jika ada kepentingan asing yang ikut mengompori dan mengipas bara nya supaya lebih besar…semoga rakyat sudah semakin pintar, cerdas, dan sabar. Sehingga kalangan grass root tidak ikut terpancing berbagai usaha dan skenario yang akan dijalankan oleh kelompok ular ini. Amin.

          • peace para mbah
            cosin aja biar tar komandan yg naik
            he99x pengene yo ngono
            peace gak oleh nesu2 peace

          • Waduh. .
            Bung @jalo
            bung@PS..
            Jangam smpe deh terjadi chaos.
            Anakku masih kecil dan juga gk pnya tabungan. . .
            Gimana nasib anakku nanti,apa aku harus ikut jd penjarah tuk makan. . .

  21. Hidup pak Moel…jgn sampe TNI jd kambing hitam n korban politik segelintir Oknum Purnawirawan.

  22. pilpres thn ini berpotensi menimbulkan konflik,tanda2 itu terlihat dr byknya black campaign,nagative campaign dr kedua kubu..
    Usul..bgmn klo pilpres ditunda sampe 2019,sampe rakyat bner2 matang dlm berpolitik,tdk mudah di iming2i dan diintimidasi..
    Setuju..?
    yg tdk setuju angkat tangan,yg setuju tunjuk jari!

  23. Menarik mendengar penjelasan mantan Kasum TNI Letjend (purn) J Suryo Prabowo beberapa hari lalu ttg surat DKP yg beredar di umum, bahwa DKP harus beranggotakan 3 org jendral penuh bukan jendral kehormatan seperti pak agum mengacu pd tatib yg ada.

    Jika benar yg terjadi seperti itu sungguh disanyangkan krn sudah menyalahi sop apalagi menurut beliau aroma balas dendam sangat terlihat Itupun bila surat DKP tdk di manupulatif.

    Nah loh jd begitu…. jd skrg siapa yg melangar ham siapa, karena bukannya diskriminasi merupakan pelanggaran ham juga???

    • “aroma balas dendam” —> sebenarnya latar belakang ini bung yang bermunculan di purnawirawan2 saat ini… terlihat sekali, memang penuh rahasia besar ketika ABRI belum menapaki reformasi seperti TNI saat ini…
      yang disayangkan adalah generasi2 muda yang tidak melek politik dan sejarah masa lalu bisa diarahkan ke hal2 yang sebenarnya membelokkan mereka dari sejarah.

      • Sy mengamini pernyataan anda bung DK, kl mau kosisten dgn isu ham dibuka saja semua kasus yg dikatagorikan melanggar ham. Jgn hanya terkesan sebagai suatu intrik yg menjegal seseorang, syukur2 bisa menjadi rekonsiliasi nasional bila masing2 pihak mengiklaskan selain itu jg sebagai pelurusan sejarah.

      • setuju Bung DK … semoga kita semua dengan cepat melewati proses ini, dimana generasi sebelumnya yang banyak intrik dan konflik segera turun layar. Betara kala tidak bisa dilawan.

      • Betul bung makanya bung PS sedikit nyenggol BSH

      • jangan kepanjangan analisanya….siapapun presiden terpilihnya…tetap TNI didukung utk maju dan lebih berkualitas alutsistanya….krn keduanya sama2 penganut sosialis & nasionalis garis keras…mungkin hanya ramuan2 saja yg beda…hargai saja pilihan mayoritas rakyat…

  24. Ular berubah wujud menjadi dedemit yg berkoempoel di tanah djawa… dum dum dum…..

    Semoga sabar dan dpt menahan diri

  25. Dulu ada ramalan pemimpin negara ini dengan sebutan NOTO NAGORO yang terjadi pada waktu pergantian NoTo jilid 1 yang lalu terjadi goro2 … semoga kalo sekarang juga terjadi NoTo jilid 2, tidak akan terjadi goro2 … kasihan kami para warga dusun yang tidak tahu politik, yang hanya sekedar menjalani takdir kami.

  26. Insya Allah tidak berlarut” mari kita doakan bangsa ini biar tetap aman agar tidak terpecah belah…masalah yg sangat berbahaya buat keutuhan NKRI. Yg bermain sangat banyak untuk menghancurkan bangsa ini..blm agen” asing yg sudah menyusup juga gelontoran dana yg begitu besar untuk menghancurkan dg berbagai cara..untuk para warjager rapatkan barisan mari kita berdo’a dg keyakinan masing”..!! Semoga bangsa ini dilindungi dari semua kejahatan untuk memecah bangsa ini..!! Amiin yaa robbal alamin..!! NKRI HARGA MATI…!!!!

  27. Maaf, orang2 yang menyebarkan Surat DKP di Sosmed sering merujuk kepada Twitter orang ini..https://twitter.com/ulinyusron/status/475222314234036224/photo/1..

  28. mantap pak mol, yang melanggar harus di lipat

  29. Terimakasih atas sikap KETEGASAN Panglima menyikapi gontok gontokan para purnawirawan,bahkan ketua pepabri pun sudah ikut bersuara mendukung salah satu capres.. saya juga ikut Prihatin.,

    Sebagai Orang Kediri pak Moel memang terbilang NETRAL ,beliau dalam kariernya tidak pernah mempunyai hubungan khusus dengan pak SBY ,beliau tidak pernah menjadi ajudan pak SBY, jadi murni dipilih karena ketegasan dan kepintarannya..

    Memang benar disaat kejadian 1998 pak Moel masih Letkol belum menjabat jabatan teritorial,,beliau masih menjadi Sespri Wakasad dan dilanjut menjadi Pabandya-3 Ops PB-IV/Sopsad

    Saat masih Taruna beliau yang mempunyai no induk 770320 sudah terlihat wajah ketegasannya sangat kuat,, dibanding foto foto rekan seangkatannya,,, sorot mata yang tajam dan profil rahang yang kuat memancarkan keteguhan hatinya
    Saya punya foto saat beliau masih Taruna warjager bisa melihat sosok ketegasannya saat masih muda,,sayang sayanya ini gaptek gak bisa menguploadnya ,, coba tak hubungi bung diego dulu minta bantuan

    Mohon ijin dan Maaf pak Moel hanya koment tukang warnet yang mengidolakan anda
    (mumpung gurung ) hehehehe

    • setelah thailand mereka bikin kacau,skrg kita yang mau di bikin kacau oleh negeri “musang’ ya Pak.hmmm semoga masyarakat makin pinter dan bijaksana agar tidak terpengaruh… menurut saya,harusnya saat ini media harus mulai di “tertibkan” agar tidak gampang memberitakan hal hal negatif Pak…Siapa Pun pemimpinnya nanti,mudah mudahan agar tetap berjalan lurus selurus lurusnya demi kemajuan Bangsa…. 😀

      • lha kalau niatnya pencipta ular
        Siapapun yang terpilih tetap rusuh bagaimana ??
        Yang terpilih nomer 1 dirongrong karena tidak puas dan takut membongkar aib aib lainnya
        Bila yang terpilih nomer dua akan merongrong karena ingin program2nya dipakai dan menagih jatah dukungan,,kalau gak sesuai keinginan yaa dirongrong juga,,,
        Susah kan,,kalau niatnya sudah jelek

        • janamejaya oh janamejaya
          dimanakah engkau baginda
          segeralah bertahta di singgasana
          agar sergera terkuak mantra sarpahoma

        • nih ini dia Pak yang bikin Bingung mau milih yang mana…..seandianya ada salah satu calon yang independen dan tidak terikat partai politik manapun,saya jrasa dia akan menjadi pemimpin yang berjuang untuk rakyat bukan untuk partai dan para ular…
          kalau sudah begini,yang harus kami lakukan sebagai orang awan bagimana Pak? kami kan tidak mau negara ini menjadi mundur karena pemimpin yang terkena bius para ular….
          semoga Allah Swt selalu membimbing Negara ini ya Pak,aamiin…

        • Itu yang saya takutkan bung.
          Makanya kaca benggala ini kemana ya. Mending kita buat black ops untuk membunuh para ular manipulator(pembuat ular). Masak beraninya sama melon. Saya yakin mbah moel berani. Yang jadi masalah si asu juga punya banyak kaca bengala yang di jaga lebih baik dari presidennya sendiri. Kalo ulara manipulatornya mati. Maka dengan sendirinya ular jadi jadian akan kembali menjadi manusia

          • Benar bung, situasi seperti ini bukankah sudah waktunya kita pakai “any means necessary”

        • Makin jelas nih cluenya bung Satrio utk capresnya. Semoga saya tidak salah dalam memahami cluenya bung Satrio.

      • Thailand rusuh jangan-jangan memang ada hubungannya agar terusannya tidak jadi dibuat

  30. kebenaran akan selalu menjadi pemenang, kalau memang salah ditutupin selama apapun akan terus jadi aib yang ketika terbongkar menjadi sebuah bangkai yg berbau busuk karna terlalu lama terpendam.

    siapa pun yg jadi presiden semoga saingannnya dpt berlapang dada menerima hasilnya

  31. “jangan coba coba Kau robek Sang Merah Putih,jangan Coba coba kau cabut bulu Sang Garuda dan Jangan Kau hancurkan “Bhineka Tunggal Ika” kalau anda tidak mau hancur…….”
    NKRI JAYA!!!!!

  32. seorang panglima harus tegas tetep dikolidernya sebagai pemimpin dari para prajurit yg tidak terkait dengan poliik, tentu saja wajib memberi sangsi atas siapapun dari prajutitnya yg serta-merta ikut ikutan bermin politik

  33. mantab bung nkri
    Indonesia jaya..!!

  34. haddeuuh…(mbek garuk2 sirah)…
    Ane nguli macul aja deh…awak sehat metu kringete dan dapat keluar hasilnya yang terasa nyaman dipangan bareng anak lan bojo…..

  35. ada gak sih salah satu partai yg secara diam2 ingin menghidupkan atau paling tdk mencoba menggunakan cara2 yg bersifat/berfaham “kiri”,atau kasarnya komunisme..saya melihat itu ada kesamaan walau bias…
    tp jk di tarik kebelakang sepertinya ada indikasi ke arah sana atau bs jd cm kebetulan belaka..
    mungkin byk kawan2 yg jauh lbh mengerti dr saya!
    (hasil sementara:spain babak belur dihajar kompeni)

  36. Chaos sambal tomat??????????
    NINJA jilid dua , SEMOGA TIDAK ADA!!!!! AZAB TUHAN LEBIH LEBIH MENGERIKAN.
    Berdoa, semoga siapapun yang terpilih, bisa saling pengertian. Dan saling bahu membahu memajukan bangsa ini.
    Sudah ga jaman balas dendam politik, sudah ga jaman mementingkan diri sendiri dan golongan.
    kata mr.tukul NDESOOOOOOOOOOOOOOOOO!!!!!!!!!!!!!!!

  37. wah bisa tragedi jilid 3 ni parah
    ane berharap siapapun yg klh agr legowo, biar nkri aman, damai, sentosa. mudah2an ULAR2 dibukakan pintu taubat yg sebesar2nya.amin ya rabb

  38. Apa ini dah bisa disebut perang asimetris ? Tni kita lg dicoba diperlemah..dgn diadu domba

  39. assalamualaikum,, ad yang tau ga ema8il bung jalo… ^^ mohon infonya yaaa… ^^ mksh salamualaykum..

  40. Saya bangga atas ketegasan Panglima TNI.

  41. Assalaumalaikum all warjager…
    Salam wat kang Ss, diego, nara, jalo, gue, ps, erick, now, dll.
    @ kang ss, ada 2 pertarungan… 1. Antara nasionalis n ultra nasionalis (ane lbh ska nasionalis sejati), 2, ttg para ular sepuh yg msh lom taubat n pgn melangengkan gigitan ‘bisa/toksin’nya pada tubuh garuda… Spya garuda ttp lemah dan gk bs bangkit menolong anak”nya…
    Ttg ultra nasionalis, memang wajib di kobarkan… Msk kelak ada beberapa pengorbanan (klo katanya kang ss upacara sarpahoma)… Mgkn itu adalah jalan yg terbaik drpd anak” garuda kelak mnjadi cacad dlm pertumbuhannya… Pengembalian tahta pada yg seharusnya harus dilaksanakan… Msk ujian yg membentang bakal semakin dasyat…. Kesadaran uwak harto pada thn 89-90’an ttg siapa the real enemy telah ‘membunuh’ dirinya sndri alias lengser keprabon,… Krn ular ‘naga’ tsb tak ingin negeri ini menjadi ‘bangkit’ dari tidurnya… Sehat dr pesakitannya… Kembali sakti alias cetar membahana n mengemparkan dunia… Karena kita adalah pusat, awal titik balik ‘nol’ kilometer para empire dunia saat ini… Karena bangsa ini memiliki takdir yg tak bs di elakan sbg inspirator pelepas tirani penjajahan, idiology yg buruk yg slma ini di bisikan n di suntikan…
    Mari rapatkan barisan… Lihat kedepan, songsong takdir kita sebagai bangsa yg membawa pencerahan -dewa wisnu- dlm tunggangan garuda ini…
    Tempa n perkuat mental n iman kita serta jiwa patriot kita… Jgn pernah takut dgn ancaman yg maha dahsyat di dpn kita…
    Lebih baik mati terhormat dr pd hidup sbg pesakitan…. and the last word…. MERDEKAAAAA….

    • Ada 3 cara buat mnaklukkan bangsa ini,yaitu:
      1. Dinuklir smw wilayah,baik desa n kotanya (ongkosnya mhal)
      2. Dipangku/ disuap/ dbikin pakewuh (ongkosnya jg mhal)
      3. Ditaling tarung/ diadu domba (ini yg pling murah, n terbukti efektif sejak jman dulu)
      So,jangan prnah mnjual negaramu hnya demi segepok dolar, bersatu, bersatu, bersatu lh bangsaq, ksampingkan egomu, demi Nusantara Satu..
      Pilihan yg terbaik buat bangsa ini bukanlah coblos no 1, atau no 2, tp cobloslah no 3, yaitu Persatuan Indonesia

      Maaf hanya uneg2 cah ndeso

  42. Monggo… Ndan Moel
    Upacara Sarpahoma kulo aturi, enggal-enggal mawon…

  43. sepertinya ada peran luhut jg dlm membatasi peran pasukan anti teror tni khususnya sat-81 gultor kopassus..tdk perlu saya jelaskan,silahkan kawan2 telusuri..info ini saya dpt sebenarnya sdh lama,cm kebenarannya msh perlu dikaji lg

  44. Data rahasia bisa bobol, berarti BIN dan BAIS emang gak bermutu, mungkin kepala BIN/BAIS perlu dipanggil untuk mempertanggung jawabkan aktifitasnya selama ini, kalo memang kurang personil ya ditambah, kalo kurang gadget mata2 ya bikin sama LEN, ganti dengan pejabat baru yang berpengalaman, kembalikan kejayaan BAKIN di era LB Moerdani tapi jangan untuk memata-matai rakyat, tapi untuk menjaga stabilitas negara dan mengantisipasi ancaman asing

  45. saya yakin penghuni warjegr sni orgy nasionalis dan dapt memilh pempin yg nasionls jg..mslhy apkah sluruh pnduduk indonsia in dpt memilh yg nasionlis..sdangkn kbayakn dr pnduduk hnya mlihat dr sisi luarnya saja dn pncitraan..skrg saja banyak pncritraan dtipi tipi,janji2 yg gk prnh akn trlksana yg bkal dumbar pd msyrkt..apkh msyrkt bs mmbedakn yg nasionlis dan yg pro..sdangkn pncitraan trus2n diumbr dtipi tipi..

    knpa di indonesia gk ad calon independent yg mn calony lngsng dtunjuk msyrkt..

  46. Semoga Bapak diberi kekuatan dalam menjaga stabilitas negeri ini. Berat pada masa2 ini, tapi saya yakin bangsa ini dah semakin dewasa dalam menanggapi isu2 yg ada. Semoga sehat2 semua. Salam NKRI

  47. Mohon maaf terupload dua kali.

    By the way, saya salut dgn sby di usia senjanya saat ini masih bisa mendarmabaktikan utk bangsa dan negara. Selepas mjd presiden, rencananya beliau akan mjd dosen luar biasa di universitas ketahanan. Ilmu pengetahuan dan pengalamannya yg sangat banyak sangat besar sekali manfaatnya bagi generasi muda anak cucu bangsa ini. Ilmu adalah satu hal yang harus diamalkan dan mjd salah satu yg bisa membebaskan kita dari api neraka selain doa anak shaleh.

  48. Betul bung. Yang saya khawatirkan jika ada kontestan pemilu yang tidak legowo dan dikipasi dengan fihak lain. Maka akan jadi malapetaka besar, karena kedua kelompok ini kekuatannya hampir setara. Dalam sebuah “peperangan” jika kekuatan kedua belah fihak relatif sama kuat, maka dipastikan perang akan berjalan berlarut-larut dan mungkin merembet kemana-mana. Seperti konflik yang pernah terjadi dinegara ini. Jika kekuatan kedua belah fihak sama kuat, maka akan berlarut-larut. Semoga apapun hasil nya semua waspada dan sabar demi NKRI tercinta, bukan buat referendum-referendum.

  49. pemilu deadlock,berarti berpotensi terjadinya konflik..sama saja dgn memaksa tni keluar dr barak,jk tni mengambil alih pemerintahan berarti pemerintahan sipil termasuk polri harus tunduk kpd militer,resiko membangkang bs di ciduk..semua jabatan strategis bs digantikan org2 militer,aktivitas sipil diluar rumah dibatasi dan diawasi militer..yg pasti org2 parpol pemicu konflik pasti pd di tangkepin..jgn sampe dah,owe cuma olang kicit cali makan punya wa,klo ing ni kacau owe punya dagang bs sie lah,mo kang tao laa

  50. menurut ane apa yg disampaikan panglima tdk semuanya benar, krn purnawirawan terutama yg pati/pamen masih cukup punya pengaruh, terbukti bbrp parpol masih pakai pensiunan ini walo kadarnya tdk terlalu besar.

  51. urus tuh patok…jangan urus politik..kurang kerjaan aja lo

 Leave a Reply