JakartaGreater.com - Forum Militer
Mar 072015
 

aa

Panglima TNI Jenderal TNI Dr. Moeldoko melakukan penanaman pohon Kemiri Sunan di Desa Teluk Bakung, Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya, Pontianak, di wilayah perbatasan Kalimantan Barat (Kalbar), Sabtu (7/3/2015).

Acara yang bertemakan “Membangkitkan Motivasi dan Budaya Menanam Pohon Kemiri Sunan Dalam Rangka Membangun Ekosistem Hutan Yang Mantap Guna Mengurangi Dampak Pemanasan Global serta Sebagai Sumber Energi Terbarukan”, dihadiri pula oleh 40 perwakilan negara sahabat penghasil minyak dan pemerhati lingkungan dimana masing-masing dari mereka menaman satu pohon Kemiri Sunan.

bb

cc

Menurut Panglima TNI, bahwa Tentara Nasional Indonesia (TNI) sangat fokus terhadap lingkungan hidup dan krisis yang akan terjadi antara lain krisis energi, air dan lingkungan yang dampaknya sangat buruk terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia, apabila hal itu tidak ditangani secara benar.

Untuk itu kata Jenderal TNI Moeldoko, TNI bersama Kementerian Kehutanan dan Pemerintah Daerah Kalimantan Barat serta Asia Pasific R-20 bekerjasama dalam penanaman pohon Kemiri Sunan (KS 100 Bio Fuel), dalam rangka membangun ekosistem hutan dan mengurangi dampak pemanasan global, serta untuk membangun semangat menanam bukan menebang kepada masyarakat luas, selain itu juga dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat sekitarnya dan menciptakan ketahanan energi bagi bangsa Indonesia.

“Disisi lain penanaman pohon ini juga mempunyai nilai strategis untuk TNI, karena hutan pohon Kemiri Sunan dapat sebagai tameng atau perlindungan terhadap prajurit apabila diserang musuh. Selain berguna untuk ketahanan pangan, hasil pengolahan buah kemiri ini mampu menjadi bahan bio diesel yang nantinya mampu digunakan warga sekitar dan pasukan TNI di wilayah perbatasan”, tutur Panglima TNI.

Hal senada juga di ungkapkan Special Envoy of President Seychelles for ASEAN Mr. Nico Barito yang merupakan Direktur Asia-Pasifik R-20, bahwa Kemiri Sunan merupakan tanaman yang berasal dari Philipina yang memiliki ketahanan hidup sampai dengan 75 tahun dan di umur 5 tahun sudah mulai produktif serta cukup baik pada berbagai kondisi lahan yang bijinya dapat menghasilkan minyak sebagai bahan baku bio diesel sangat cocok di budidayakan di wilayah tropis Indonesia.

dd

gg

Penanaman pohon Kemiri Sunan (KS) di Desa Teluk Bakung, Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya di area seluas 5.000 hektar sebagai upaya penyediaan dan pemanfaatan energi terbarukan serta pencegahan pemanasan global dan sebagai tahap awal, menanam 12.300 batang bibit KS, 200 bibit grafiting KS , dan 25 kilogram benih KS.

Turut hadir dalam acara tersebut, antara lain: Gubernur Kalimantan Barat Drs. Cornelius, Asrenum Panglima TNI Mayjen TNI Sumedy, Aslog Panglima TNI Marsda TNI Karibiyama, Aster Panglima TNI Mayjen TNI Ngakan Gede Sugiartha, Askomlek Panglima TNI Marsda TNI B. Agus Margono, Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Toto R. Soedjiman dan Kapuspen TNI Mayjen TNI M. Fuad Basya. (Puspen TNI).

Authentikasi : Kadispenum Puspen TNI, Kolonel Inf Bernardus Robert

Berbagi

  13 Responses to “Panglima TNI Tanam Pohon Kemiri di Perbatasan Kalbar”

  1.  

    Tengok kanan kiri..nomor satuu..

    •  

      WAHH INI PATUT DITIRU,,..KENAPA NGA DARI DULU AJA,,.KAN UDAH BESAR BESAR HASIL POHONYA.. HARUS DISELURUH INDONESIA DILAKSANAKAN REBOISASI DAN MENGHASILKAN PENDAPATAN BUAT PENDUDUK DISEKITAR.,,SALAM CANGCUTER

  2.  

    satu

  3.  

    Test

  4.  

    Gak sekalian ditanemin batrai dari rusia pak biar pesawat tetangga g berani lewat

  5.  

    haduh leleettt jdi nomor 2 deh hehe

  6.  

    Kelmax

  7.  

    Sekalian cek patok ya pak moel.?

  8.  

    alam indonesia yg byk pepohonan sangat bagus untk pertahanan TNI

  9.  

    dalam kondisi darurat, buah kemiri bisa dijadikan bahan bakar kendaraan,
    kalo gak salah, dulu juga jepang pake minyak biji jarak buat nerbangin pespurnya waktu di Indonesia.

    Salam NKRI

  10.  

    kegatan yang menurutku tidak relevan dilakukan seorang panglima, mestinya lebih mengarah ke hal2 taktik dan strategi…

    •  

      Kalo kesimpulan saya stlh bc artikel diatas., penanaman pohon tsb bagian dr strategi jenius.

      Klo gk slh leopard bs pakai biodiesel ya..maaf klo salah..

      5 thn lg pohon tsb sdh bs dipetik hasilnya shg besok 2020 leopard sdh bs jln lancar tanpa takut habis bbm krn bisa menggunakan biodiesel pohon tsb. Dgn catatan kegiatan penanaman ini bkn hanya seremonial tp hrs terus dilaksanakn

  11.  

    kirain cari sambil tanam pohon juga cari batu akik

 Leave a Reply