Aug 122017
 

“Tentara Nasional Indonesia (TNI) itu hanya mengajukan spesifikasi teknis meminta Sukhoi-35 lengkap dengan persenjataannya, sedangkan yang memprosesnya adalah Departemen Pertahanan Republik Indonesia,” kata Panglima TNI.

Pesawat Tempur Su-35 (istimewa)

Jakarta – Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan pengadaan Alat Utama Sistim Senjata / Alutsista TNI terbaru berupa pesawat tempur Sukhoi-35, untuk memperkuat pertahanan negara sesuai postur Minimum Essential Force (MEF) Renstra II TNI Tahun 2015-2019.

Hal ini disampaikan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dihadapan awak media usai mengikuti eksibisi Bola Voli dan Catur dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 tahun 2017, di Plaza Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, 11/8/2017.

“Tentara Nasional Indonesia (TNI) itu hanya mengajukan spesifikasi teknis meminta Sukhoi-35 lengkap dengan persenjataannya, sedangkan yang memprosesnya adalah Departemen Pertahanan Republik Indonesia,” kata Panglima TNI.

Lebih lanjut Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyampaikan bahwa, pemilihan pesawat tempur Sukhoi-35 karena memiliki banyak keunggulan serta telah teruji dalam medan tempur, untuk mengganti Armada Tempur Udara yang telah habis masa pakainya.

“Kita punya Pesawat F-5/Tiger yang lost time nya sudah satu setengah tahun yang lalu, dari hasil diskusi maka Sukhoi-35 yang terpilih. Jadi, kita harus membeli Alutsista yang terbaik dan pernah diuji coba untuk perang, jangan kita membeli hal-hal yang belum pernah dicoba,” ungkap Panglima TNI.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, 11/8/2017

Sementara itu menjawab pertanyaan wartawan menjelang HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengingatkan kepada generasi penerus bangsa harus dapat menjaga dan mengisi kemerdekaan dengan terus bekerja bersama membangun bangsa. “Kita ini adalah generasi penikmat kemerdekaan, seperti yang dicanangkan oleh pemerintah harus terus kerja, kerja dan bekerja,” katanya.

“Kepada masyarakat dan warga negara Republik Indonesia, ingat bahwa perjuangan merebut kemerdekaan ini luar biasa penuh dengan pengorbanan, jerih payah kita sendiri, maka kewajiban kita adalah kerja, kerja dan kerja untuk mengisi kemerdekaan ini,” himbau Panglima TNI.

Panglima TNI mengatakan bahwa menjadi kebanggaan bersama sebagai bangsa Indonesia dengan keberagamannya tetap kokoh dan utuh, karena merupakan milik seluruh bangsa Indonesia yang harus dijaga bersama. “Kita masih tetap bersatu, saya ingatkan bahwa banyak negara luar pecah hanya gara-gara faktor ekonomi, agama dan bahasa. Sementara Indonesia banyak sekali faktornya, tetapi tetap utuh,” ujarnya. Puspen TNI.

  80 Responses to “Panglima TNI Tentang Pesawat Tempur Su-35 Indonesia”

  1. Siiiiip….

  2. TNI AU harus bisa & pandai menguasai Su 35 supaya lincah di udara

  3. seandainya SU35 sdh deal dri 2014 mgkin skrg sdh dtg 1-2 unit..tp syg molor trs nego gk kelar..semoga ini gk php lg

  4. Ngemenk terus…Dateng juga kagak…

  5. Pesawaty blom ada .baru lobi2 ngk diel2 tpi beritay kluar teruus

  6. Jadi, kita harus membeli Alutsista yang terbaik dan pernah diuji coba untuk perang, jangan kita membeli hal-hal yang belum pernah dicoba,” ungkap Panglima TNI.

    Itu kata kuncinya

    Jadi ini sekaligus jawaban buat si Dark Rider dan kembarannya si Tukang Ngitung, Phd utk berhenti bermimpi dan berharap Gripen masuk jajaran pesawat tempur Second Striker. Gripen gak punya pengalaman tempur utk saat ini, kecuali sbg “Pramuka” tp itupun sdh diisi F/A-50 yg sdh botol prupen. Untuk saat ini, gak tau besok2 hari mungkin bisa berubah.
    Mau dibilang Sukhoi operasionalnya mahal, mau dibilang mongkey model, mau di bilang sdh di downgrade, mau dibilang teknologinya tertinggal dr barat dan radarnya masih PESA, kesimpulannya sang User sdh pilih ini barang. Dan user lebih tau apa yg diinginkannya ketimbang kita yg hanya modal ngitung biaya, nganalisa secara amatiran dan komen nda jelas tentang pembelian harus G to G.

    Yg jelas hidung si Jimmy sdh ngembang segede baskom dngar statment pangab spt itu. Dia cekikikan puas merasa menang sambil jongkok di pojokan…
    Jimmy…..ente blom jawab pertanyaan ane, itu kapal selam apa kereta api tempo doeloe yg di modif biar bisa jalan di air.?

    • Emang ada bang kereta api jalan di air ??……

      *Carin bilang….. “koplak…. koplak….. koplak”….. xixi….

    • Banyak aset bangsa yg hebat kayak Dwi hartanto yg idenya pesawat jet tempur genre 6 bisa bernafas, bisa langsung keluar angkasa. Nha negara kok tdk merekrut mereka para diaspora hebat untuk bikin proyek jet tempur atau senjata lbh maju??! Karena senjata Sekarang cuma berkutat di senjata biasa. Bikinlah misal jet tempur yg kayak ide Dwi hartanto itu, DG disertai senjata laser. Klo pesawat gini mah cuma conventional. Kita hrs berpikiran lbh maju Dr amerika. Jgn sampai aset yg sdh ada direkrut negara lain. Kabar trakhir belanda meminta Dwi masuk kewarganegaraan Belanda. HBD negaraku 72 thn

    • Hahaha… Hidup Bank Choko… 😆 Itu Ngomong-2 Pertanyaannya Bukannya Dah Saya Jawab Di Artikel Kemarin Ya Bank…

      • Selamat malam gan.
        Yang juga tdk kalah penting adalah manfaat barter tersebut terutama kpd petani kopi, sawit dan komodoti lainnya yg menjadi bahan barter pesawat tersebut. Jangan sampai ini yg diuntungkan para pengusaha komoditas tetsebut. Pasti mereka akan memborong komoditas tersebut dari para petani dgn harga murah dan pada saat dibutuhkan akan dijual dgn harga mahal, kasihan petani kita. Mafia seperti ini yg hrs diantisipasi oleh pemerintah. Jgn sampai para petani hanya sebagai susu perah dari mafia pengusaha2 tersebut. Maaf kalau pendapat saya keliru.

    • Bung Ruskye, Bung Ruskye,

      Wah baru kemarin dipuji kalau pinter, sekarang kambuh lagi koplaknya nih.

      Xixixixi

      Saya bukan Darth Vader atau Dark Rider atau Dark Side ataupun yang lain. Saya nggak pernah kirim artikel ataupun komentar di grupnya si Dark itu.

      Mau Gripen atau F16 yang masuk sebagai second layer sebodo amat, sebab saya bukan sales.

      Apa memang AU kita SELALU ambil yang battle proven ?

      Nggak juga.

      Saat F16 seri OCU dulu diambil pertama kali tahun 1980 belum battle proven tuh – correct me if i’m wrong tapi harus dengan data valid ya.

      Saat Hawk dulu pertama kali diambil tahun 1996 belum battle proven tuh – cmiiw tapi harus dengan data valid.

      Saat Sukhoi Su-27 dulu pertama kali mau diambil RI awal tahun 1997 juga belum battle proven tuh – cmiiw harus data valid.

      Saat Sukhoi Su-30 series dulu pertama kali mau dibeli RI juga belum battle proven.

      Saat t-50 golden eagle pertama kali diambil RI tahun 2011 belum battle proven tuh – cmiiw harus data valid.

      Yang terbukti sudah battle proven saat pertama dibeli RI itu hanya super tucano.

      Yang belanja itu adalah Kemhan jadi terserah Kemhan mau beli gripen atau F16 sebagai second layer.

      Apa PKR sigma sudah battle proven ? Tapi dibeli juga toh ?

      Apa Changbogo sudah battle proven ? Tapi dibeli juga toh ?

      Bung Ruskye, Bung Ruskye kalau lagi o’on itu mbok ya jangan tanggung-tanggung, malu-malu’in korps pensiunan momod aja.

      Xixixixi – jangan diambil ati ya, kalo ambil ampela ayam boleh aja di warung tetangga tapi harus bayar.

      Xixixixi

      • Hehehe ….. Jangan jangan ada yang multiname nich … But one persone …… Weleeehh

        • Hahaha… Tebakan Saya Bung Welleeehh Adalah Jelmaan Slh Satu Netizen Di Warung Sebelah…

          • Wkwkwkwk,,, sorry bung.. Ane bukan sales atau fansboy macam ente.. Ane lebih bersikap realistis yg pengen bangsa ini maju.. xixixixixixixi

            Cinta buta itu berbahaya…xixixixixixixi

          • Lho Emang Saya Bilang Anda Fansboy/Sales Ya Bung? 😛 … Hhmmm Saya Jadi Semakin Kepo… 😆

          • Udeehh,, dapet PR nya belom?? Dari kapan tau ane tanya ngeles mulu nih sales.. Masa kudu dikasih contekan.. Jng sampe ane cap sales abal2 nih.. Xixixixixixixi

          • Hahaha… Cap Aja Sales Abal-2 Bung… Soalnya Ada Suatu Alasan Yg Membuat Saya Senang Di Anggap ‘Sales Abal-2’

          • Jadinya sekarang sales atau fansboy bung?? Xixixixixixixi

          • Hahaha… Ya Itu terserah Anda Sih Bung Mau Nganggap Saya Apa… 😆 Soalnya Saya Gk Masalah Di Anggap Sales/Fansboy…

        • Ini maksudnya opo toh mas??

          Ane beda orang,, cuma ada beberapa yg satu pemikiran sama ane mas bung PHD nya mas.. Xixixixixixixi

          Walaupun ada itung2annya yg beda,, tp ane tetep ok.. Justru Bung PHD jd pembeda JKGR dg formil yg lain.. Xixixixixixixi

      • Woof Woof Mungkin Bank Ruskye Belum Minum Susunya Nona Kali Ya?… 😆

        #Just Kidding

      • Hmmmn…. Rupanya pancingan saya buat bung Tukang Ngitung, Phd langsung tepat sasaran….. Xixixi

        Sebelum ke pokok bahasan dan gak ngelantur sampe ke Changbogo, PKR Sigma, F-16 dll yg ente sebutin diatas, tolong ente baca dulu kata kuncinya ini.

        ” Kita punya Pesawat F-5/Tiger yang lost time nya sudah satu setengah tahun yang lalu, dari hasil diskusi maka Sukhoi-35 yang terpilih.”

        Jadi jng ngelantur kaya sales frustrasi yg dagangannya gak laku2…. xixixi…..yg dimaksud diatas adalah utk pemilihan pesawat tempur heavy fighter pengganti F-5 Tiger yg udah betel prupen…..jng bilang data gak valid nanti predikat tukang ngitung dicabut sama jimmy lho…
        Jd konteksnya adalah bicara pespur penggantinya yg diminta pangab adalah pespur yg sdh botol prupen jg. Jng biasakan ngaco bias kemana2 sampe ke kasel segala.

        Jd yg o’on dan malu2 in siapa hayoo.?…..xixixi
        Malu2in nya ditambah lg dng balonnya kalah kuat sama balon punya jimmy.

        Saya bukan menyamakan ente dng si Dark Rider idola ente itu…..xixixi
        Tapi yg saya samakan adalah style ente yg sdh mulai ketularan si DR dng gaya pendapat yg dipaksakan utk bisa diterima oleh org lain namun dng menjelekkan produk lain. Mirip dng karakter si DR….hehehe. Be fair man.

        Awas jng terlalu sibuk ngitung lg, entar istrinya minggat lg gara2 terlalu berhitung uang belanja…..hehehe
        Pisss….pisss…pisss bung TN,Phd.

        • Hadeuh… Ini Lagi Ada Kompor Mleduk… Hahaha Mungkin Untuk Kalimat Ini “predikat tukang ngitung dicabut sama jimmy lho” Saya Nyerah Dah… Soalnya Saya Agak Bego Dlm MTK… 😆

          • Hahaha…rupanya ada jg kawan saya senasib yg sama2 gak pinter ngitung.

            Aku gak ngomporin lho yaa…. Cuma sedikit koreksi aja kok. Biar gmnpun saya tetap berkawan dng bung Tukang Ngitung,Phd.
            Dan saya tetap bela dia kalo urusannya ribut dng ente….xixixi

            Pisss…pisss…pisss bung Jimmy. Just joke not more.

          • Dan saya disitu kan sdh bilang kalo lg mancing.

            Disitu jg saya salah tulis “second striker” yg seharusnya “heavy fighter”.

            Jd cuma mau liat responnya beliau saja kok, apa bebar sdh ada kerjaan sampingan jd calo gripen….hehehe

          • Hahaha… Maklum Bung Dulu Pas Di Ulang MTK Saya Pindah Tempat Di Paling Belakang Bagian Paling Samping Dan Habis Itu Tidur… 😆

    • Sebenernya kata kuncinya bukan itu bung@Ruskye..xixixixixixixi

      Kalo bicara battle proven,, justru SU-30SM yg harusnya dibeli.. SU-35 sendiri minim perannya di suriah.. Kalo ga sekalian tuh SU-24M aja yg udah head to head sama F-16 turki.. Tp ga mungkin toh pesawat jadul yg dibeli.. Xixixixixixixi

      Secara teknologi su-35 sama su-30SM emang yg paling menarik saat ini dimiliki rusia.. Walaupun kalo di adu sama F-15SE, Ane masih ragu SU-35 bisa menang.. Pilot rusia pernah menyatakan kalo mereka lebih seneng sama su-30SM dibanding su-35.. Poin penting Yg memberikan efek getar sebenernya pengaruh rusia itu sendiri trhadap indonesia.. Dgn adanya imbal dagang,, pemerintah menyeret lebih dlm rusia utk menguatkan pengaruhnya di indonesia.. Faktor lainnya,, pemerintah ingin melengkapi single seater yg ada saat ini dimana lebih dominan seri su-30 (double seater)..

      Kalo dibilang dgn indonesia beli Su-35 langsung bisa ngalahin tetangga,, ya ga mungkin juga.. Wong secara kuantitas jauh bngt.. Xixixixixixixi

      *) rudal udara ke udara yg paling superior saat ini masih dipegang barat.. Kalo bicara BVR bukan hal yg ga mungkin su-35 dgn mudah rontok, ditambah RCS su-35 yg cukup besar..

      • Kalo ngikuti yg benar2 betel prupen saya lebih suka si semlohay dr Perancis bung @Welleeeh….hehe
        Itu benar2 prupen waktu di libiya nyerang dewek.
        Sayang idola saya itu gak kepilih….jd patah hati….xixixi

        Kalo urusan rudal BVR saya sepakat dng anda bung. Tp sejak ada Mbak Knirti yg baru, ane mulai goyah lg bersepakat dng ente…..hehehe
        Pis…pisss bung Welleeeh

  7. 1. sdh tidak ada lg departement pertahanan, skr kementrian pertahanan…
    2. kan sdh di belikan, ya jgn dibahas lg dong, udah deal 11 unit full weapon….
    trus apalagi skr??? keep calm n be cool…

  8. Klo beli pespur tanpa beli senjata mending di kiloin pak jendral. Trus cemplungin di laut. Disaksikan oleh media internasional rame2. Biar semua negara tahu betapa buruknya orang2 yg mementingkan dan pengurus dinegara ini hanya setengah hati untuk alat pertahanan negara ini.

  9. Jadi, kita harus membeli Alutsista yang terbaik dan pernah diuji coba untuk perang, jangan kita membeli hal-hal yang belum pernah dicoba,” ungkap Panglima TNI(.trus yg dari cina kmrn yg di ujicoba menewaskan tentara sendiri)

  10. DEALL yah SU-35, meski lum datang yg pasti bakal nongkrong jaga kedaulatan Ri, sekarang saatnya media military bakar lgi pengadaan pertahanan udara TNI munkin bisa S-400 agar segera di pinang TNI untuk belanja militer selanjutnya.. Ok hheeee…

  11. Aku kudu koment opo bung

  12. tahun depan tunggu aja s300 dan s400 rame di jakartagreater..

  13. Goreng terus.. sampai gosong

  14. Oh bung Tn. Phd kembara na inisial dark rider toh?

  15. Ide Dwi hartanto untuk pesawat tempur genre 6 itu Keliatannya mau dicomot amrik lho. Kenapa pemerintah gak panggil aja insinyur2 pesawat kita pulang balik.? Buat Dan jadikan itu pespur genre 6 yg bisa langsung terbang ke luar angkasa. Klo su35 mah pespur biasa. Jadi kita terlalu terpana pada kehebatan orang lain. Pdhl insinyur2 kita lebih hebat.

    • Lha fasilitasnya kagak adaaa disini…tapi setau saya para diaspora tsb sdh pernah dirangkul kok,cuma ya gak tau juga behind the scheene ya hahahaahhaa,bisa jadi mereka dibisiki agar memanfaatkan fasilitas negara2 maju tsb sebagai sarana asah ilmu agar nantinya bisa dipakai oleh RI ( ngaaarep ha-ha-ha )

  16. Tapi ane suka gaya berhitung bung tukang ngitung PHD. Di forum ini gak ada yang bisa nyamain dia. Kalau bisa lebih objektif lagi. Teruskan seri berhitungnya bung!

    • Nah itu dia bung, sindiran ente ngena banget…. “kalo bisa lebih objektif lg”.
      Sepertinya sang dewa ngitung sdh kehilangan sisi objektivitas dalam penilaian, akibat berguru analusa dng si DR…….xixixi

  17. Wuih rame nian yg koment klu ngebahas Gorengan SU-35!

  18. SU35, Welcome to indonesia…

  19. knp masih galau di hujung penantian SU35 yak?
    klw kata mbah nara kalau sudah “akan” berarti “sudah”.
    hahaha

  20. Colek tukang php dan jimmie aah
    Tumben mereka tdk berantem?

  21. Wajar panglima berkata begitu, waktu gak teken deal beli su 35 di omelin mulu, sekarang sdh teken kontrak masih aja di omelin…

    Maksud panglima sdh jelas supaya kita tdk terhasut di manfaatkan kaum asing aseng oseng haha

  22. Kalo negara lain beli atau merencanakan beli pespur untuk menggantikan perpur yang sudah tua biasanya 5 tahun sebelum pesawat itu di grounded. Indonesia 1 tahun sebelum di grounded dan hingga sudah 1 tahun lebih di grounded belum juga dateng pespur barunya. Enggak apa2 yang penting ada penggantinya. dari pada enggak ada penggantinya. lebih baik telat dari pada tidak sama sekali.

 Leave a Reply