Panglima TNI Terima Tim Gunung Padang

57
68
Situs Megalitikum Gunung Padang di Cianjur - Jawa Barat
Situs Megalitikum Gunung Padang di Cianjur – Jawa Barat

Jakarta – Panglima TNI Jenderal Moeldoko menerima tim terpadu riset mandiri Gunung Padang dan menyampaikan kalau TNI siap memberikan bantuan untuk eskavasi situs.

“Saya sudah berkoordinasi dengan Kementerian terkait dan sudah disampaikan kepada Presiden RI, selanjutnya TNI akan membantu personel dan materiil untuk kegiatan percepatan pemugaran situs Gunung Padang” kata Moeldoko dalam keterangannya seperti disampaikan Puspen TNI, Senin (25/8/2014).

Moeldoko menrima tim terpadu di Mabes TNI Cilangkap, antara lain Dr Danny Hilman yang mewakili staf khusus presiden Andi Arief.

Danny Hilman dalam paparannya menjelaskan bahwa situs prasejarah Gunung Padang mulai ramai dibicarakan publik setelah Tim Terpadu Riset Mandiri yang diinisiasi oleh Andi Arief, telah menemukan bangunan yang tertimbun di bawah situs Gunung Padang yang terletak di Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Cianjur, Jawa Barat.

“Tim tersebut terdiri dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian ESDM, Gubernur Jawa Barat, Bupati Cianjur dan TNI Angkatan Darat. Nantinya, situs Gunung Padang akan dimanfaatkan untuk kepentingan edukasi dan juga obyek wisata,” jelas Danny.

Lebih lanjut Danny menyampaikan, Gunung Padang adalah kunci pembuka misteri leluhur bangsa dari zaman es. Situs bangunan Gunung Padang adalah aset negara yang sangat penting untuk revitalisasi sejarah dan jati diri bangsa, juga kemungkinan mengandung warisan berharga lainnya. Oleh karena itu layak untuk dijadikan asset vital strategis. (detik.com).

57 COMMENTS

    • kalau udah tahu ya bukan misteri namanya mas Dacil..hehe…tapi kalau memang penting kegiatannya harus ada dasar hukumnya IMHO..menurut saya PerPres sudah cukup..soalnya kalau tidak nanti ada pihak2 asing yang mencoba coba ikut di dalam proses eskavasi dan penelitian. Jika ada Perpres maka hasil penelitian apabila penting bisa lebih cepat di pagari dengan UU Kerahasiaan Informasi…dan bisa di ikuti dgn UU Cagar Budaya. dst..

      • Kalo pihak asing pasti ada terlibat lah bung, apalagi kalo mau situs ini mendunia. Bagaimanapun orang luar belum percaya klaim mengenai umur, asal-usul, kultur pada masa lampau jika belum disertivikasi atau dikonfirmasi kebenarannya oleh Badan berwenang misalnya Unesco dll.

        Jadi gak mungkin kita menutup diri adanya keterlibatan asing, kecuali kalo situs itu mau ditutup untuk umum atau pengunjung non WNI, ya jadilah situs eksklusif, gak akan terdengar gaungnya ke seluruh dunia…

      • Untuk itu harus ada landasan hukumnya mas MJ..ya Perpres itu..sehingga keterlibatan asing bisa kita yg atur sejauh mana mereka terlibat. Kalau berupa barang bisa d bawa keluar tp jika yang rahasia berupa semen atau logam yang menjadi struktur bangunan bangunan gmna bawa kluarnya?..Jika benar situs ini situs purba maka walaupun ada di Indonesia tapi dia menjadi Cagar budaya Dunia/PBB karena berhubungan dengan sejarah umat manusia jadi jika di tutup. Penutupan itulah yang memerlukan dasar hukum mas MJ..ya Perpres itu..IMHO..

  1. Ada apakah gerangan dg gunung padang sampai” kunjungan ke panglima..?? Bahkan sebelumnye SBY juga pernah kesono..bikin penasaran juga nih terlalu banyak rahasia nih gunung..!!! Mudah”an segera terkuak misterinye…

    ….NKRI HARGA MATI….

  2. Logika sederhana
    bila tak ada kandungan dn teknologi untuk pertahanan dn keamanan negara..maka tak perlu repot repot menghadap panglima TNI..
    dn tim tersebut menegaskan..situs gn.padang adalah hak milik negara dn rakyat..tdk diperkenankan secuil pun di teliti oleh pihak asing maupun badan dunia asing..
    jaya NKRI
    nuhun

  3. Semoga dgn tersingkapnya tabir misteri dari kandungan yg ada di dalam Gunung Padang dari masa zaman es mencair bisa memberikan dampak Quantum Leap pada bangsa Indonesia yg besar ini menuju kejayaannya kembali tanpa menunggu masa keemasannya di 2050 seperti yang di cita2kan. Amin.

  4. Menurut cerita alam dunia..telah diciptakan berbagai bangsa adam…sebelum kita..ada yang pernah tinggal di bumi..dgn ilmu pengetahuan dan tehnologi tnggi..karna bangsa adam seblm kita selalu sombong..ama allah swt..di binasakan…mgkn situs ini peninggalan mereka…maap..com…

  5. ditunggu paparanya para sesepuh mengenai gunung padang.
    ane dah pernah baca di warjag juga paparan para sesepuh, tapi masi clue” aja, belum dibabarkan semua oleh sesepuh”.
    mungkin emg bener” rahasia ya..

    • Nha ini yang menurut ane komeng paling riil, bukan prioritas bangsa asing yang mau ambil rahasia situs ini, tapi justru pihak yang tidak bertanggungjawab. Siapa dia? 90% pasti bangsa sendiri yang ngejual negara ini, sisanya adalah intelijen asing, tapi kebanyakan juga orang lokal yang direkrut.

      Kebayang kan, kita cuma koar-koar hati-hati pihak asing, mang ada bule keluyuran di sekitar situs didiemin aja tanpa ijin…???

  6. Isinya apaan ya ampe bikin TNI-AD turun tangan? dan biasanya kalo rekonstruksi situs2 sejarah banyak LSM Asing pada ikut…contoh perbaikan candi prambanan pasca gempa 2006..mlah banyak yg bekerja relawan-relawan dri luar negeri…situs gunung padang kok kyaknya top secret bagi asing

  7. Situs Gunung Padang adalah warisan leluhur bangsa dan nilai sejarahnya tak ternilai dan terbeli dengan apapun ,inilah yg membuat TNI berinisiatif membantu memugar nya ,lucunya dikaitkan dengan temuan semacam Allspark di film transformers , kenapa gak sekalian ada robot yg bisa berubah jadi jet tempur yg bisa ngehancurin semua jet tempur yg tercanggih di dunia ini sekalipun bahkan menguasai dunia hahahaha..,gak usah berhayal tinggi” jadi salah satu situs sejarah dunia aja sudah membanggakan dan mempertegas bahwa kita adalAh bangsa besar dunia .

  8. Semoga nanti ditemukan buku2 atau arsip2 atau catatan2 tidak saja tentang teknologi modern moyang, tapi juga ditemukan bgmn cara2 untuk menghasilkan anggota DPR yg tidak pernah korupsi, kolusi, nepotisme juga walkout pas sidang

LEAVE A REPLY