Sep 222015
 
Panser Anoa Yon Mekanis 201/JY (all photos:@Baron)

Panser Anoa Yon Mekanis 201/JY (all photos:@Baron)

Batalyon Infanteri (Yonif) Mekanis 201/Jaya Yudha merupakan batalyon pengamanan ibukota yang dilengkapi dengan 40 unit Kendaraan Tempur Anoa produksi Industri Pertahanan Dalam Negeri, PT.Pindad, Bandung- Jawa Barat.

yonmek-2

Batalyon Infanteri (Yonif) Mekanis 201/Jaya Yudha akan memiliki 51 kendaraan tempur, namunbaru 40 yang dikirim. Sisanya masih diproduksi di Pindad. Yonmek 201/JY juga punya panser Anoa yang dipersenjatai RCWS (remote control weapon system). Yonif 201/Jaya Yudha yang sudah memiliki Anoa jenis APC (armoured personnel carrier) atau ranpur angkut dan jenis Anoa Komando.

yonmek-3

Sistem kendali otomatis berada di dalam ranpur dan terdiri dari layar dan joystick. Pada layar prajurit yang mengoperasikan senjata bisa melihat keadaan medan perang dari CCTV yang terpasang pada senjata yang ada di luar. Laras senjata akan berubah-ubah posisi secara otomatis untuk mengarahkan sasaran sesuai gerakan joystick. Jadi prajurit penembaknya tidak perlu di atas lagi untuk menembak karena rawan sasaran sniper. Jadi bisa dioperasikan dari dalam. Pakai sistem ini bisa lock (mengunci) target 10 sasaran diam. tinggal diarahkan pakai joystick.

Poskotanews.com
All photos:@Baron

  55 Responses to “Panser Anoa Yonif Mekanis 201/Jaya Yudha”

  1. mat pagi

  2. Meluncur

  3. Ci lu ba

  4. Jakarta masih aman2 aja, seharusnya yaah 20 unit kasih keperbatasan papua, biar TNI gak mati konyol di tembak OPM

  5. Inilah panser anoa yang laris manis
    jauhlah sama terex yg sepi peminat

    • Ia nih, gak bisa ke lain hati, anoa6x6 sangar, lincah, ringan, proporsional! Tinggal dibenamkan secara compact satu set mlrs (tanpa mengurangi daya angkut pasukan) plus diperkuat daya tahannya thd ledakan ……… hasilnya ….. anoa6x6 yang cepat, senyap dan mematikan! Solusi tepat untuk militer yg membutuhkan mobilitas tinggi!

      • MLRnya mau ditaro di mana? Anda pikir Anoa itu artilleri… Kalau MLRnya di atasnya (jml pasukan yg dibawa tetap) malah jadi objek besar rawan serangan musuh, baik serangan darat maupun udara. Kalau misalnya ada MLRnya juga tembakannya belum tentu akurat, MLRS harus dibantu unit lain utk mengarahkan ke sasaran. Plus MLR tdk bisa tembak sambil jalan, harus berhenti. Tapi kalau MLRnya diganti ATGM launcher malah bagus, buat hancurkan tank.

        • He3x, kan saya tulis didisain compact, jangan bayangin roketnya panjang2 plus ngejibun. Yg kecil2 ukuran 1m saja, tarok 1/2 lusin di kiri dan kanan belakang yg ada jendelanya. Kalo masih memungkinkan taro sam bangsa 2 biji di atas bekakang. Kalo anti tank cukup di bawa personel di dalam saja. Bayangkan sebuah apc dg multi peran! Apa nggak bikin ciut plus bungung musuh!

  6. Hehehe..met pagi Indonesia..coba T nya diganti P pasti laris deh buatan singaporn itu

  7. anoa oyee

  8. Kalau panser canon Tarantula penempatannya dimana y…?? bukannya sudah datang..

  9. Pagi bung Diego.. moga sehat slalu biar jkgr slalu update beritanya.

    Salam kenal dr warjager paling timur

  10. bagaimana perkembangan Anoa 8×8, …………… ???

  11. mantap tuch pemandangannya….moga aja nanti ada generasi yang 8×8 …di tunggu.

  12. gerlya

  13. mantap lagi 10X10

    belum ada kan?

  14. Ditambahin kasur di dlmnya bwt istirahat abis nembakin musuh..
    Sama tv dan vcd plus home theatre..uiss..mantaap pasti makin laris manisss..user jg makin betah perang…

  15. malaysia beli karna murah bung. jgn gr

  16. masih sepi ni….warung, kopi dulu lae…

  17. hmmmmm 🙂

  18. Kalau kena ranjau kuat ga rodanya 🙂

    • @miss cheilla atau bung cheilla sepertinya tidak ada panser,lapis baja tahan terhadap ranjau darat kalo jenis ied(ranjau dr montir arteleri)apalage seperti anoa seperti hancur kalo kena ranjau seperti itu,amrik saja memakai mrap panser baru untuk ied atau ranjau darat untuk tidak memakan korban jiwa,sehebat apapun itu panser penting tidak memakan korban jiwa kalo panser atau tanknya hancur(sepertinya anoa tidak ada pelapis dibawah)ini berdsrkan opini pribadi

      salam selalu met siang:)

    • Pin bbm-nya berapa neng ?… xixixixixixi…

      • azzzyyykkk…azzyykkk..ikut yimak pin ye dah.. hahahaha

      • @bung colibri

        Lapor komandan, ijin bertanya…dimanakah lokasi yonmek-201?

        Mohon ijin buka lapak vulkanisir “ndan…

        • Batalyon Infanteri Mekanis 201/Jaya Yudha atau Yonifmek 201/JYmerupakan Batalyon Infanteri Mekanis yang berada dibawah Komando dari Brigif 1/Jaya Sakti, Kodam Jaya. Markas batalyon berkedudukan di Jalan Raya Bogor KM 26 Gandaria, Jakarta Timur.

        • cie,cie……hallo bung@colibri….gmn kondisi keamanan di semenanjung beruk?
          di update terus bung situasi n kondisi di sana….biar di serr terus sama kita2….dan jgn lupa di kasi mkn terus para beruknya,kalau kehabisan stock pisangnya,laporkan segera….selamat bertugas,xixixixixixixixixixi….

    • @cheilla

      Kan dilapis kevlar biar ga gampang robek, macam cinta abang ke adek…

  19. Sebenarnya rencana pembuatN anoa berapa sih 700?..800?…1000?…ato lebih?… Sebenarnya untuk Indonesia udah cukup belom kemampuannya si anoa..atau mending beli 2nd aja..tp kelasnya sekaligus IFV…mohon pencerahannya…terutama strategic di groografi di Indonesia..trims kasih..

    • minimalnya 800-1200 panser mau anoa maupun tipe lain(mau dibeli atau bikin sendiri)kalo untuk angkatan darat,kalo soal berapa di ad nah itu kepentingan tahu,sepertinya setiap kodam harus ada ini minimal batalyon mekanisme jd kalo diitung dengan kostrad minimal 700-800 keatas(belum tank berat ama sedang)

      berdasarkan opini pribadi salam selalu:)

  20. Semoga bisa Fungsi APC Anoa bisa ditingkatkan menjadi IFV kedepan entah itu lewat versi ANOA 8×8 ato mungkin masih ANOA 6×6 Tapi versi 2.0 nya dsb

  21. hare gene maseh zaman haswell? Skyshield dunk.

  22. Maaf bung admint,,Yang mortir version dah d update blm protoype nya,,mau nimbrung kasih ide kali aja kkepakai,,klo gak jg gak apa2,,,hahaha gue kok sok pemikir,,aduh

 Leave a Reply