Panser Anoa Yonif Mekanis 201/Jaya Yudha

Panser Anoa Yon Mekanis 201/JY (all photos:@Baron)

Batalyon Infanteri (Yonif) Mekanis 201/Jaya Yudha merupakan batalyon pengamanan ibukota yang dilengkapi dengan 40 unit Kendaraan Tempur Anoa produksi Industri Pertahanan Dalam Negeri, PT.Pindad, Bandung- Jawa Barat.

Batalyon Infanteri (Yonif) Mekanis 201/Jaya Yudha akan memiliki 51 kendaraan tempur, namunbaru 40 yang dikirim. Sisanya masih diproduksi di Pindad. Yonmek 201/JY juga punya panser Anoa yang dipersenjatai RCWS (remote control weapon system). Yonif 201/Jaya Yudha yang sudah memiliki Anoa jenis APC (armoured personnel carrier) atau ranpur angkut dan jenis Anoa Komando.

Sistem kendali otomatis berada di dalam ranpur dan terdiri dari layar dan joystick. Pada layar prajurit yang mengoperasikan senjata bisa melihat keadaan medan perang dari CCTV yang terpasang pada senjata yang ada di luar. Laras senjata akan berubah-ubah posisi secara otomatis untuk mengarahkan sasaran sesuai gerakan joystick. Jadi prajurit penembaknya tidak perlu di atas lagi untuk menembak karena rawan sasaran sniper. Jadi bisa dioperasikan dari dalam. Pakai sistem ini bisa lock (mengunci) target 10 sasaran diam. tinggal diarahkan pakai joystick.

Poskotanews.com
All photos:@Baron

Tinggalkan komentar