Aug 072016
 

Dua panser baru buatan PT Pindad dipamerkan dalam Car Free Day, di Jalan Slamet Riyadi, Ngarsopuro, Solo, Jawa Tengah. Dua alutsista tersebut adalah Panser Badak dan Panser Anoa 2 yang mana PT Pindad belum memroduksinya secara massal.

Marketing PT Pindad, Fidiarto mengatakan, Pindad berencana meluncurkan produk tersebut pada bulan Desember 2016. “Ini masih proses sertifikasi, nanti bulan Desember akan kita launching,” ujar Fidiarto di Jl Slamet Riyadi, Minggu (7/8/2016).

Panser Badak

Panser Badak

Selain dua panser baru, dalam Car Free Day ini juga dipamerkan satu panser yang telah lama diproduksi massal, yakni Panser Anoa.

“Panser Anoa 2 merupakan pengembangan dari Anoa ini, setelah itu kita buat panser Badak,” lanjutnya. Pameran ini merupakan rangkaian acara peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) yang dipusatkan di Gelora Manahan pada 10 Agustus 2016.

Anoa 2

Anoa 2

Tribunnews.com

  96 Responses to “Panser Baru Pindad, Produksi Massal Mulai Desember 2016”

  1. Bikin yg bnyak…

    • 6×6 biaya pembelian bisa murah, perawatan bisa murah, kalau mau nambah anti tembus 12,7mm ya ditambahi plat baja cantelan seperti di tank. yang penting ada perkembangan ke depannya.

      • Nambah beban, yakin sel sel baja sesuai dengan kapasitas mesin dan pasti mempengaruhi mobilitas dan jarak tempuh.

      • pemilihan platform 6×6 adalah pemilihan yang tepat untuk apc. karena selisih daya angkut 6×6 vs 8×8 tidak berbeda jauh. sedangkan konsumsi bbm jelas lebih hemat versi 6×6 dibanding 8×8. lain halnya jika diperuntukan wheeling armor sekelas ifv. tentunya versi 8×8 jelas lebih leluasa dan berperforma lebih baik dibanding 6×6 dalam hal akomodasi persenjataan.

        • Bung ,cara berfikir anda adalah mana lebih baik 6×6 daripada 8×8 ,harus pilih salah satu .Cara pikir yang membatasi diri sendiri.
          So,bagaimana kalau saya bilang keduanya bagus ,bukankan itu lebih menguntungkan,Kita perlu 6X6 dan juga 8X8 karena dua duanya punya kelebihan dan kekurangan masing masing.Lha kalau 6X6 yang sekarang ini yang di pilih Pindad untuk di kembangkan ,mudah ditebak alasannya . Tentu karena mereka sudah menguasai seratus persen membikin plafform 6X6 buktinya mereka sudah buat Anoa.
          Saya berharap nanti Pindad juga mengembangkan 8X8 karena kita juga butuh karena bila di bandingkan dengan 6X6 ,kompartemen lebih besar ,bila menembak lebih stabil sehingga bisa menembak dalam keadaan bergerak ,sementara Badak seandainya di berikan gyro stabilizer untuk menembak dalam keadaaan bergerak ,maka akan terguling sendiri.

          • mana ada bukti kalau platform 6×6 diberi gyro stabilizer kalau menembak sambil jalan terguling ? justru kalau uang terbatas seharusnya pakai skala prioritas dong.

            perihal jiran pakai 8×8 itu sah2 saja bagi mereka. karena mereka berpikir untuk menjadikan platform tersebut sebagai ifv. demikian juga bagi kita pakai platform 6×6. seperti yang saya tekankan bahwa untuk apc yang tugasnya mengantar dengan aman infantri ke garis depan standar anoa sudah jempol dua. rata2 infantri di antar ke garis depan dengan menggunakan truk yang nota bene armornya kurang. sedangkan untuk ifv saya lebih suka yang berplatform rantai.

          • @Bung Alugoro .
            Kita tak harus membuat barang dan untuk membuktikan sesuatu .Yang di perlukan adalah kalkulasi .Contoh 2×2 =4 ,untuk membuktikannya kita tak perlu mengambil 4 lidi dan mengelompokkannya jadi dua dalam jumlah yang sama .Kemudian dihitung maka ketemu hasilnya 4. Itu hanya untuk anak tk . Kalau untuk anak sekolah SD kelas 4 mereka tak membutuhkan lidi untuk hal yang sama dan hasilnya tetap 4 ,bahkan perkalian yang lebih rumit ,tak di butuhkan lagi lidi dan hasilnya akan tetap akurat. Demikian juga dalam hal ini yang di perlukan adalah kalkulasi . Bagaimana menghitungnya ?tanya sama yang expert bukan saya.

    • Beda nya apa ? Apa perbedaan nya banyak sekali ?? Terlihat mirip….
      Seharusnya ..kapan kapan segera Bikin .yang Roda 8 ..
      Sekarang ini trend nya roda delapan Seperti Terrex atau patria …

  2. malon bisa tak buat yg ginian.

  3. 8×8 donk

  4. Badax-XXX masih pakai low pressure ya..cockeril jadi akuisisi gak nih ??

  5. Maknyuuss mantap dech…

  6. panser desain 50 an bukannya mengikuti atau mencontoh desain modetn malah ngikutin desain kuno

  7. kalo utk level ini (4 x 4 ) perusahaan swasta bisa buat lbh modern dan canggih daripada anoa ini, sgt banyak kelemahn anoa tsb mulai daru desain, ban yg agak miring mAsuk ke dalam spt mobil yg terodnya udah aus, ketebalan baja, sasis dll, maunya minta lisensi aja dari rusia ataupun swedia jadinya bagus spt pkr 1015

  8. PINDAD TERUS “BERMAIN” DENGAN 6X6. SEDANGKAN THAILAND SUDAH MAMPU PRODUKSI APC 8X8.

  9. Tingkatkan kualitas produksi buatan pindad

  10. kemampuan anak negeri yg luar biasa …meriam besar utk sebuah panzer …henntakkannya tak mmbuat mndur kebelakang ato panzer terbalik…cepat, ringan.. bwt mobilitas di alam indonesia mmng cocok..bravo pindad .. hanya pendapatku saja..

  11. MBAH DUKUNG PINDAD DEK…AGAR LEBIH MEMATIKAN SEPERTI TANK ARMATA RUSIA SEBAIKNYA PANSERNYA DI BERI PERLINDUNGAN AKTIF SEPERTI ARMOR DEK…PALING TIDAK DI BUATKAN JUBAH ATAU KONDOM ANTI RADIASI DEK…AGAR TIDAK TERLIHAT ALIAS SILUMAN

  12. Anoa 1 sdh 6×6, sharusnya bikin yg 8×8 utk anoa 2 dan panser badak lbh sangar drpada panser tarantula tp spesifikasinya blm tau…

    • Di negara kontinental kaya Malaysia dan thailand mungkin masalah penyebaran bukan tidak terlalu masalah. Jika fungsi asasinya untuk mendukung infantri 6×6 menurut saya udah cukup .Dengan 8×8 yang bila di pastikan akan memakan ruang lebih besar dalam kapal maka akan membutuhkan lebih banyak lst atau yang lain. Pendapat newbie lho

  13. Kalau memang anoa tidak bagus, kenapa banyak yang pesan?
    Termasuk Malaysia
    Kalau memang produksi pindad tidak bagus kenapa Cockerill percaya kepada Pindad untuk produksi jubah canon pasaran Asia
    Kenapa Rheinmetall kasih kepercayaan buat produksi amunisi Leopard
    Kenapa juga kita selalu juara menembak dimana-mana
    Kalau bukan kita sendiri yang percaya sama produksi dalam negeri,siapa lagi..kambing tetangga?

  14. ayo rakyat indonesia yg kaya beli satu satu, bikin lomba kea death race di sentul haha

  15. congrat pindad !!

  16. Lanjutkan… Kembangkan ampibi… Biar dpt berfungsi tuk pendaratan pasukan lebih cepat

  17. Bg ane, langkah pindad membuat panser 6×6 itu sangat tpt.

    Krn panser 6×6 itu lbh gesit & lbh lincah dr pd panser 8×8 yg tampak kaku, apa lagi jk digunakan utk perang kota seperti tren perang masa kini & masa depan.

    Bhkn kl mungkin ada panser 4×4, mk akan jauh lbh baik lg, krn disamping lbh lincah jg kru-nya lbh
    sedikit, dgn bgt bs lbh memi
    nimkan korban.

    Ane kira Indonesia ga usah latah ikut2an bikin panser 8×8, apa lagi negara macam Perancis sj baru2 ini membuat panser 6×6 scr besar2an.
    http://googleweblight.com/?lite_url=http://www.hargatekno.com/asiafone-asiadroid-af77-ponsel-android-murah-300-ribuan/&ei=otdv36jH&lc=id-ID&s=1&m=349&host=www.google.co.id&f=1&gl=id&q=android+300+ribuan&ts=1470572398&sig=AKOVD64uHBwJrvTt6PCQ6MB1EfBhBQAycw

  18. i love PINDAD…..go to hell yg menghina made in indonesia, tong kosong nyaring bunyinya, mulut bau kentut, isinya cuma jigong.

  19. ada benarnya jg pendapat teman2 yg komen ini, harusnya anoa2 8×8 dong plus desain yg lbh modern. tdk salah kan berinovasi…

  20. @anak delli

    Padahal marinir dipesisirnya cuma sebentar pada saat pendaratan…sudah itu langsung bergerak kedaerah yang tertutup/pedalaman, jd marinir pake 6×6 pun oke aja ya kan bang?

    • Sebenar nya sih secara umum iya marinir seharus nya memiliki APC 6×6 juga, tapi balik lagi ke fungsi dan pembagian tugas masing2 antar 3 matra dlm operasi2 nya, mungkin jika Pindad sudah memproduksi Anoa amfibi marinir jg akan tertarik..

      • Bener om, buat marinir sih yg penting amfibi dulu.
        Menurut ane sih mending 6×6 amfibi daripada 8×8 tp belum amfibi. Jadi Pindad mending sempurnain anoa amfibinya dulu

  21. Itu anoa2 camonya warna gurun ? Pesanan untuk negeri di timur tengah ?

  22. salut buat pindad,sya bangga,,tp apakah ini sja bs menahan gempuran cina kl swaktu2 cina invansi indonesia???rudal2 cina??tank2 cina??kapal2 selam cina??korvet2,fregat2 dan destroyer2 cina?kpal induk cina?peswat2 cina yg jumlahnya ratusan???ada jaminan kl cina tdk akn invansi indonesia??????mandiri dlm tegnologi militer itu bagus,tp belanja jga hrus disegerakan jika kita mau mengimbangi cina,krn kta tdk ckup waktu untuk memajukan tegnologi militer kita mengejar ketertinggalan dr cina,ada yg jamin kl cina tdk akan invansi indonesia????

    • Bisa jadi China dan Negara2 lain itu cuma bikin gertakan biar dana kita dialihkan buat belanja alutsista, sehingga pengembangan alutsista kita sendiri terbengkalai.
      Gak usah terprovokasi. Kemandirian harga mati.

    • china mau serang indonesia mikir” dolo mreka …….ga mungkin negara” lain yg mempunyai kepentingan di indonesia diam saja ,perang itu tidak gampang …..banyak yg harus dipertimbangkan …….jangan kek anak TK aja asal ngomong serang ……kamu bukan anak TK kan ?

  23. buat fans pindad fanatik buta asal kalian tau aja itu gear box anoa buatan cina, anoa tdk menerapkan suspensi independen pd roda makanya ketika melibas gundukan salah satu ban menggantung bila dibandingkan dgn perkasa mslh suspensi lbh bagus truk perkasa 4 x

  24. mau desain tahun berapa kek yang penting kan laku diekspor ya bung, daripada yang canggih macam gempita beruk 8×8 takde kuality, standar nato pon tak sampai…

  25. Kalo ga suspensi independen, susah bidiknya. Dimana2 panser pake sus independen.

  26. Emank ente tau Spesifikasi keperluan TNI seperti apa???

  27. Setuju!! Biar 6×6 yg penting ttp lincah fkeksibel sudah teruji di medan bisa pake rcws ato tambahan laen amphibious
    blm tentu 8×8 lebih baek itu lan cm tambahan kursi aja.
    Disini kelebihan pindad.
    Sudah ada versi amphibious rcws
    canon pula!!! 8×8 buat apa coba
    klo gak lincah gak fleksibel blm teruji di medan.

  28. Derita lo tuh fath@ hahahaha
    di dunia ini gak da yg gratis apa lgi di luar lebih mahal.
    klo gak suka di Indo lo resign aja dri NKRI bress.kita org indo gak butuh org kyk lo pesimis hidupnya
    hahahahaaa

    • bro sblm indonesia merdeka kakek sya luan lahir di sumatera dgn nama negara hindia belanda jadi anda salah besar jika anda menganggap saya pesimis justru andalah yg pesimis liat produk yg anda banggakan tsb stagnan perkembangannya gitu2 aja modelnya

  29. kenapa ngga bikin 8×8 macam terrex gitu loh

    • mana mau join venture dgn singapor nanti biaya mahal laba dikit biar aj a tni dikasih panser rasa truk angkut batu asal pencitraan bagus dan untung gede

  30. Pindad lanjutkan
    Im very prouds….
    go internasional

  31. Bener tuh bung ane dukung U

  32. tidak semua negara menjadikan pajak sbg sumber devisa negara cth terdekat aja brunei kalo jauhan sikit saudi, qatar, uea, yordania dll makanya belajarrr….

    • Itu negara kaya yg dikit penduduknya jd kelebihan duit yg “super melimpah”. Indonesia jg negara “kaya” dlm hal SDA cmn orangnya jg bnyk jauh lbh bnyk dr negara2 yg disebut diatas. Ditmbh lg pengelolaan nya yg belum maksimal. Jadi msh membutuhkan pajak utk membangun supaya bisa mengolah semua SDA nya dan bisa memenuhi kebutuhan serta mensejahterakan rakyatnya dgn “cepat”.

  33. Design engineeringnya ada titik lemahnya gan terutama kotak kaca di body dan ruang kemudi, sangat fatal klo hadapan ama sniper atau body hit, hull senjata juga terlalu tinggi, kenapa gk coba pakai optik, shg jumlah kaca bisa dikurangi,

  34. Mantap produksi dalam negeri….
    Nih baru borong….

  35. teknologi apa yang tertinggal dengan pembuatan platform 8×8 ? semua teknologi bisa juga diterapkan di platform 6×6. bahkan penerapan kanon/meriam 120mm saja sudah ada yang buat. apalagi hanya sebatas kanon 30mm rapid fire. mau apa coba., tinggal sebut saja laser range finder, rcws, ceramic armor, panoramic camera, amphibi.

  36. kalau,,aku sehhh mikir simpel aza bro,,mau desain jadul atau mirip odong-odong sekalipun selama meningkatkan kemampuan tempur dan bawa kemenangan di medan tempur,,IT’S OKE wae bro,,lihat tuh pesawat Bronco,di caci ,dihina karena body aneh lah,jelek lah ini ono kucrut lah,,tapi tetap MISION COMPLETE,,dimedan tempur tampilan dihitung urutan terakhir bahkan gak dihitung,kalau buat mejeng baru nomer satu,,KEJU emang terlihat lezat,bagus,cantik dan,enak dilihat bung cocok buat camilan doang, kalau tiap hari sudah pasti bikin mencret,tapi SINGKONG dan UBI mau dimakan tiap hari juga gak masalah asal jangan 5 kilogram satu orang.bikin hemat tetap bertenaga. pastinya always ready stock dan gak kena embargoooooooo.

  37. Nb: kalau tiap hari paling bosen tapi kalau gak ada duit atau ada duit tapi gak ada yg mau jual keju atau harga kejunya kemahalan .singkong dan ubi adalah pilihan bijak untuk tetap bertenaga dan berdiri tegak.mikir ….

  38. Sorry ikut nimbrung, kalo rumah/bangunan dan tanah ga dipajakin pendapatan negara ya berkurang, yg enak ya orang2 kaya yg investasi puluhan bahkan ratusan rumah/ apartemen, aset meningkat tp pengeluaran (pajak) berkurang. Lagipula pajak itu kan utk membangun negara. Dari rakyat untuk rakyat. Pajak itu udh ada dr jaman kerajaan.

  39. Ketauan banget dia bro, ciri2 orang yg ga mau bayar pajak / bayar tp ga ikhlas Lol. Klo kamu brofath gamau bayar pajak boleh aja asal kamu sudah jadi TUNAWISMA… Selesai

  40. Tergantung kebutuhan bro, mau 8×8 atau 6×6 yg pntg mana yg lbh cocok di Indonesia dan terlebih buat TNI sbg usernya… Dicomment atas udh bnyk yg jelasin Indo lbh cocok dan butuh yg 6×6 buat pasukannya. Klo bikin 8×8 sy yakin Pindad jg udah bisa tp kan harus fokus dululah ngerjain satu2 ga bs semuanya, lha wong dana sama Sdm nya terbatas. Klo udh berhasil dan puas dgn 6×6 baru ke 8×8.
    Utk Thailand itu udah bisa “bikin” sndri atau cmn ngerakit ya?
    Klo cmn ngerakit mah SMK Solo jg bisa klo diajarin 🙂

  41. Udahlah bagi yang merasa bisa bikin silahkan bikin sendiri..
    Saya percaya..Pindad bisa buat versi yang lebih bagus dan canggih lagi percayalah..
    Aku lebih percaya pindad daripada bowow.
    Ahahaha..

  42. setahu saya anoa produksinya masih diperlukan tni ad khususnya,nah dua negara pemakai anoa:
    Indonesia: 226 buah 2014
    Brunei: 15 ordered in September 2011, 35 rencana
    Timor Leste: 4 dipakai police timor lester

    nah potential pemakai anoa:
    1.bangladesh
    2.iraq
    3.malaysia rencana 32 anoa sampai sekarang belum diputuskan
    4.oman dengan 200 belum diputuskan juga
    5.nepal dengan 28 anoa belum diputuskan

    nah disebutkan 5negara belum ada masuk inventori mungkin ada mau nambah?
    kalo sudah masuk invetori pasti sudah masuk itu alussitanya ke dalam angkatan bersenjata masing2.(kalo malay memakai produk anoa bagus sekali berarti produk dicintai serumpun,bung colibri sangat2 senang dan bahagia mendengarkan heheeheh)sepertinya malay memilih AV4 Lipanbara (4×4)

    salam damai selalu:)

  43. platform 6×6 emang masalah,….ya kagaklah, 8×8 emang masalah,…ya kagaklah,….tergantung user kebutuhannya, bukan ke inginannya…..bravo PINDAD maju terus jayalah NKRI.

  44. sependapat qt bro, org yg berwawasan dan tdk fanatik buta maka akan berkata anoa panser jadul

  45. LUAR BIASA!! PANSER BADAK MEMANG DIRANCANG DGN DESAIN BODY YG SANGAT FUTURISTIK! WOW!!! SUNGGUH BENAR2 SI BADAK ADALAH SALAH SATU IDE CEMERLANG DAN SANGAT BRILIAN DARI INSINYUR2 PINDAD, PASTINYA PARA INSINYUR2 PINDAD TELAH MENCURAHKAN SEGALA PEMIKIRAN CERMATNYA UNTUK BISA MENGHASILKAN SATU DESAIN PANSER YG TIADA TANDINGANNYA INI… BRAVO PINDAD!!

  46. Usul gue… beli aja amx13 ex singapura army… itu walau tua tapi canggih. Juga m113 nya yg mau pensiun. Negara kita kekurangan alutsista. Jgn mikir semua mesti baru. Asu aja msh oprasikan f5 dan b52… liat anggaran dan kebutuhan kita. Coba liat batalion kav di sulawesi… ada brp tank disana? Minimalis bgt om…. 🙁

  47. Anoa 2 udh cakep banget…yg platform 6×6.

    Utk platform 8×8, marinir pesen di ukraina, BTR-4M, krn tot, pindad kebagian ilmu buat sasis 8×8 dan propellernya…

    Salam

  48. Oalah fath..kalo ga mau bayar pajak ya sudah.ga usah kerja.ga usah punya tanah.ga usah punya rumah.ga usah makan.ga usah belanja.hidup di hutan.ga pake listrik ga pake lampu ga pake kendaraan ga pake lewat jalan raya.kok susah

 Leave a Reply