Jul 142017
 

Sistem artileri/rudal pertahan udara kapal perang Pantsyr-ME. © Piotr Kovalev/TASS

ST. Petersburg – Galangan kapal Zelenodolsk Rusia, bermaksud menjadikan sistem artileri/ rudal pertahanan udara Pantsyr-ME menjadi perlengkapan standar bagi kapal perang versi ekspor terbaru, tutur Renat Mistakhov, CEO Zelenodolsk di Pameran Pertahanan Maritim Internasional ke-8 di Saint Petersburg pada hari Kamis, seperti dilansir TASS Defense.

“Saya yakin bahwa perangkat keras baru ini akan sangat dibutuhkan pada kapal perang, karena ini memiliki karakteristik teknis yang sangat baik dibandingkan analoginya. Jadi, sistem ini harus mengkonfirmasi nilainya selama pengujian yang sedang berlangsung”, kata CEO Zelenodolsk.

Ketersediaan sistem artileri/rudal Pantsyr-ME pada kapal perang versi ekspor Rusia, akan membuat mereka lebih menarik bagi para pelanggan potensial, tambahnya.

“Sebenarnya, kami berharap ini juga memungkinkan kita meningkatkan pangsa ekspor karena semua orang saat ini terus bertanya tentang sistem pertahanan udara tersebut”, tambahnya.

Pantsyr-ME adalah versi kapal perang dari sistem artileri/rudal pertahanan udara untuk angkatan darat yang disebur Pantsyr-S.

Pantsyr-ME terbaru Rusia menjalani uji coba laut

Sistem rudal dan artileri pertahanan udara modern Pantsyr-ME Rusia telah dipasang pada korvet cepat rudal Project 1241 (Molniya) dan sedang menjalani pengujian di Laut Hitam, kata Kepala Biro Desain Almaz, Alexander Shlyakhtenko pada hari Rabu.

“Saat ini, Pantsyr-ME sedang menjalani seluruh rangkaian tes. Kami benar-benar telah memasangnya padamodel eksperimental, di Molniya”, kata Shlyakhtenko, dan menambahkan bahwa pengujian dilaksanakan di Laut Hitam.

Shlyakhtenko sebelumnya mengatakan bahwa Pantsyr-ME akan dipasang pada korvet rudal Proyek 22800 Karakurt-Class.

“Rencananya tidak berubah, [Pantsyr-ME] akan dipasang pada mereka”, katanya.

CEO High Precision Weapons Group Alexander Denisov mengatakan bahwa pengujian dari  kompleks Pantsyr-ME direncanakan selesai dalam satu atau dua tahun dan Angkatan Laut Rusia telah memesan sistem ini.

Proyek 1241 adalah jajaran kapal rudal berukuran besar yang dibangun pada era Uni Soviet tahun 1979-1996. Mereka beroperasi di Angkatan Laut Rusia dan angkatan laut negara lain.

Sistem Pantsyr-ME dapat menghancurkan target pada jarak 20 km

Perusahaan hi-tech asal Rusia, Rostec pada hari Rabu meluncurkan sistem rudal pertahanan dan artileri Pantsyr-ME dalam International Maritime Defense Show di Saint Petersburg.

Kompleks rudal kapal perang terbaru telah dikembangkan oleh Biro Desain Tula.

“Penciptaan sistem dasar dari masing-masing kompleks telah mendorong solusi ilmiah dan teknis dasar. Hasilnya adalah potensi serangan kompleks Pantsyr-ME meningkat 3-4 kali lipat dibandingkan dengan kompleks Kashtan-M. Jangkauan serangan rudal pertahanan udara telah meningkat dari 10 menjadi 20 km dan ketinggiannya dari 3 menjadi 15 km”, kata CEO Rostec Sergei Chemezov.

Semua tahapan kemampuan tempur, mulai dari pencarian target yang akan di tembak, dan semuanya diimplementasikan dalam gerakan, katanya. Disebutkan pula bahwa penggunaan gabungan sistem kendali radar dan optiknya, menyediakan kemampuan operasi kompleks Pantsyr-ME disemua kondisi cuaca. Semua proses kompleks Pantsyr-ME secara otomatis dan awak hanya menyediakan pengawasan dan pengendalian.

Penggunaan radar multi fungsi dengan rangkaian antena bertahap dan rudal anti-pesawat dengan jangkauan 20 km pada modul tempur Pantsyr-ME memungkinkannya melibatkan 4 target sekaligus menghancurkan rudal anti-kapal modern jenis baru dan berukuran kecil dari senjata serangan udara dan target permukaan.

Kelebihan lain dari kompleks sistem pertahanan Pantsyr-ME adalah bisa dipasangkan pada kapal perang berbobot 300 ton.

Sistem rudal dan artileri pertahanan Pantsyr-ME yang dipasang pada kapal perang tersebut memungkinkan perlindungan terhadap serangan senjata udara modern, termasuk pesawat terbang rendah dan kecil yang dikendalikan dari jarak jauh.

“Fitur utama dari kompleks yang dikembangkan oleh Biro Desain Tula adalah mereka dapat menyerang target dengan rudal terlebih dahulu dan kemudian dengan rudal anti-kapal di zona mati rudal anti pesawat, jika target tersebut belum hancur karena sejumlah alasan namun dipastikan telah rusak cukup parah”, jelasnya.

CEO Rostec Sergei Chemezov sebelumnya mengatakan bahwa pengembangan sistem artileri /rudal pertahan udara Pantsyr-ME telah selesai dan telah diluncurkan ke dalam produksi massal.

Bagikan:

  9 Responses to “Pantsyr-ME, Senjata Standar Untuk Kapal Perang Ekspor Rusia”

  1.  

    Mantap!

  2.  

    Gmn kalo Pantsyr-ME dipasangkan ke KCR 40/60 ya.? Paduan pertahanan diri Pantsyr-ME dan rudal anti kapal C-802 sepertinya duet yg cukup ampuh. Dan bisa disematkan dikapal sekecil KCR 40/60.

    •  

      Wah ide mocer,sangat mendukung….

    •  

      Apa nggak terbalik kapalnya? Ini kan berat barangnya

    •  

      KCR 60 model yang baru akan dibangun 1 unit seharga Rp. 210 milyar tanpa senjata, mungkin sebagai cadangan.

      Lalu menyusul akan dibangun 3 unit KCR 60 lengkap dengan radar dan rudal dan CMS dari Eropa senilai Rp. 665 milyar per unit.

      665 – 210 = 455

      Jadi sistem radar, cms dan senjata senilai Rp. 455 milyar.

      Jika kurs senilai 13500 per USD maka :

      455.000.000.000 / 13500 = USD 33,7 juta.

      Exocet MM40 block 3 seharga USD 3,5 – 4 juta jarak 180 km.

      RBS 15 mk3 seharga USD 3,5 – 4 juta jarak 200 km.
      RBS 15 mk2 seharga USD 2,5 – 3 juta jarak maks 150 km.
      Radar Sea Giraffe 4A jarak maks 280 km harga nggak tahu.
      Radar Sea Giraffe AMB jarak maks 180 km harga USD 7,6 – 12,5 juta.

      8 x 2,5 = 20
      20 + 7,6 = 27,6

      33,7 – 27,6 = 6,1

      Tebakan saya KCR 60 yang baru ini akan pakai radar Sea Giraffe AMB dan 8 unit rudal RBS 15 mk2.

      Untuk kanon kelihatannya kita masih pakai Type 730 CIWS buatan Norinco.

      Dalam pembuatan KCR 60 yang baru ini kita bekerjasama dengan Polandia untuk menggabungkan alutsista timur dan barat sebagaimana Orkan class menggabungkan alutsista Swedia dan AK630 Rusia.

      in my opinion only.

    •  

      Sy masih lebih milih milennium untuk CIWS

  3.  

    “Gmna kalo” kita bahas Sistem Pertahanan milik sendiri yg baru aja dibikin pelatihannya,
    Yg diujicoba ada yg gahar sm ada yg gagal lho..
    Huehehe

 Leave a Reply