PAP 104 MK IV, Kendaraan Bawah Air KRI Pulau Rupat-712

Jakartagreater – Untuk meningkatakan profesianalisme prajurit dalam mengawaki Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista), Komandan Satuan Kapal Ranjau Kolonel Laut (P) Cecep Hidayat memerintahkan prajurit KRI Pulau Rupat-712 untuk berlatih serta pemanasan pesawat PAP 104 MK IV kepala Kamera yang dilaksanakan di kolam basin Koarmada II, Selasa, 12 Agustus 2020, dirilis Penerangan Koarmada II.

PAP 104 MK IV merupakan kendaraan bawah air yang dimiliki KRI PRP-712, berfungsi untuk mengidentifikasi target atau ranjau yang terdeteksi oleh Sonar TSM 2022. Dalam tahap identifikasi, pesawat ini dilengkapi dengan kamera bawah air.

PAP 104 MK IV, Kendaraan Bawah Air KRI Pulau Rupat-712

Selain berfungsi untuk identifikasi, PAP 104 MK IV juga berfungsi sebagai kendaraan untuk kepentingan netralisasi (Mine Disposal Vehicle).

Untuk kepentingan netralisasi, kendaraan ini mampu membawa BOM PAP seberat 126.5 Kg yang selanjutnya akan di release dan didekatkan dengan target sampai dengan kedalaman 300 m.

PAP 104 MK IV, Kendaraan Bawah Air KRI Pulau Rupat-712

Pengoperasian PAP 104 MK IV dapat dikontrol dari kapal melalui LCC (Local Control Console) di buritan maupun MCC (Main Control Console) di CIC. Pengendalian dari jarak jauh dengan menggunakan kabel Coaxial sepanjang maksimal 1000 m.

PAP 104 MK IV, Kendaraan Bawah Air KRI Pulau Rupat-712

Dansatran menyampaikan “Pelatihan yang dilaksanakan ini sebagai tindak lanjut dari himbauan Pangkoarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto dalam upaya mempertahankan kondisi teknis pesawat, juga untuk meningkatkan profesionalisme prajurit KRI PRP-712 sehingga mampu menjawab semua tuntutan tugas yang diberikan kedepan, khususnya dalam operasi peperangan ranjau”, ujar Dansatran Koarmada II.

TERPOPULER

Tinggalkan komentar