Sep 172014
 

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

 

 

Bagikan:
 Posted by on September 17, 2014

  315 Responses to “Paparan Pembangunan Kekuatan TNI AU”

  1.  

    Bung Diego, Check Email ada oleh2… 😀

  2.  

    Lanjutkan…!!!

    •  

      Membaca komentar2 dari atas sampai bawah bikin tergelitik untuk komentar juga…sy cuma mau mengingatkan teman2 yg kurang setuju terhadap info2 yg tersaji di sini…sebaiknya sebelum kita mengeluarkan pendapat ada baikx di cermati dan di analisa dulu karna bagaimanapun di sini bukan tempat rilis resmi yang berwenang…mengenai pro dan kontra akan suatu info itu adalah suatu hal yg wajar dlm sebuah diskusi tentu dengan kata2 yg sopan dan beradab, supaya tidak terjadi debat kusir di pangkalan yg tiada manfaatx.bukankah tujuan utama kita berdiskusi di sini tuk menambah wawasan dan rasa nasionalisme yg kian mengkhawatirkan di zaman ini.terakhir mengenai clue2 yg telah di babar para sesepuh di sini itu semua intix kita kembalikan ke diri kita masing2…mau percaya silahkan …tidak percaya juga tidak apa2 krn di sini kita tidak di “paksa” HARUS PERCAYA.yang penting ambil positifnya saja krn bagaimanapun sesuatu itu ada batas2…jangankan negara yg jutaan jumlah penduduknya ini, diri kita pribadi pun PASTI punya rahasia yg tidak mungkin kita babar kpd orang lain apa lagi rahasia negara….terima kasih sy ucapkan kepada para sesepuh di sini yg telah banyak berbagi kpd kita semua di sini…insya Allah bermanfaat.”bersatu kita teguh , bercerai kita runtuh” NKRI HARGA MATI.

      •  

        janganlah kita dibiasakan berdikusi atau menyajikan info yang kemudian ditambahkan dengan KALAU PERCAYA SILAHKAN ..KALAU GAK TIDAK MAKSA…..seakan apa yang di infokan tidak benar…dan pembaca seakan di suruh untuk mngabaikan…..sedangkan apa yang disajikan itu benar……..
        marilah kita terbiasa dengan …seSuatu yang serius..untuk apa yang kita lakukan …..entah itu dalam pnyajian info maupun…kita berdiskusi…..
        walapun kata orang …..ini dunia dimana kita gak saling liat…dimana pertanggungjawaban atas apa yang kita buat di sni bisa bias….karena ..forum ini DIANGGAP tanpa iktan dll……….
        ……apa yang disajikan anggaplahlah benar bagi pembacanya dan penyaji juga hendaknya berusaha untuk menyajikan hal2 yang benar……….kurangilah hoax atau info bias…. info benar akan menjadi bias jika tidak di dukung oleh fakta……..dan jika info itu benar tapi karena rahasia sehingga fakta dilapangan tidak ada/MENDUKUNG mohon untuk tidak disajikan atau tidak di diskusikan……

        HIDUP KITA HANYA SEKALI,
        MARILAH KITA BIASAKAN UNTUK SERIUS UNTUK SETIAP APA YANG KITA LAKUKAN
        WAKTU DAN HIDUP INI AMAT SANGAT BERHARGA……
        MARI KITA ISI DENGAN HAL HAL YANG BERMANFAAT….sehingga kita menjadi …ROHMATAN LIL ALAMIN..bagi sesama kita……….maju terus JKGR. …….

  3.  

    mantap

    •  

      semua yang dijabarin oleh bung @ Jalo dan senior Warjag kita kudu bersyukur
      semua Alutsita yang lagi pengaadaan atau yg sudah datang semua udah direncanakan di pikirkan untuk menjaga NKRI.

      “NKRI HARGA MATI”

  4.  

    3

  5.  

    10 besar

  6.  

    izin menyimak dulu sambil absen..

  7.  

    Majulah TNIku

  8.  

    Top ten nah

  9.  

    Terus perkuat sampai 2-3x kekuatan saat ini.

  10.  

    Manteb…tinggal ditunggu realisasinya

  11.  

    Mantap pake telor….:)

  12.  

    Makin bangga saya jadi warga negara indonesia.

    Lanjutkan ! ! !

  13.  

    Yang paling menarik itu adalah
    1. Pengganti F5 itu jadinya apa? 12 typhoon jerman, Su-35 (2017), 12 Rafale
    2. Rudal Hanud Sedang pilihannya apa? HQ 16, S400, NASAM
    3. Jika IFX gagal, gantinya apa? Workhorse TNI AU saat ini 3 ska F16, besok 3 ska IFX, kalo gagal (masih gelap?????)
    4. Heli angkut berat condongnya ke mana? jelas pengennya chinook, kalo engga Mi juga rapopo.

  14.  

    Wow… Mantap.2015-2020 nya mana? Pingin lihat juga nih.TNI Jaya Indonesia Sejahtera.

  15.  

    ayo cari yg SP
    hehe

  16.  

    yang gahar nya mannnaaaaaaaaaaaaa ?

  17.  

    Kalo pengen punya SU35 … Kita musti urunan neh …

  18.  

    lanjut ndan…..

  19.  

    Wah…161 pespur?sekarang?
    Flanker 16..
    f16..lets say 24..
    hawk..30
    selisih yak….
    hmmm..dr layangan ada pespur,transport,intai,latih dn heli..apakah tni tdk punya keinginan atau strategi memiliki pespur genre bomber?
    mohon pencerahan nya..maklum penasaran dn gelap
    nuhun ka sadayana

  20.  

    Yang gahar ga ada….lemes lg

  21.  

    Disini kita bicara realita bukan mimpi… Anggota TNI itu selalu mengeluh masalah kemampuan negara. Mereka itu selalu terjebak dengan kata “BISA” dan “MAU”….

    •  

      sepertinya realitanya cuma kaya gini yak gan??..
      kalo perang..dalam sehari bisa langsung babak belur nih

      •  

        kalo beli yang aneh2..dipikir2 beli jg duit dari mana???
        anggaran kita aja cuma segitu..

      •  

        g usah kasar gitulah….kan ini cuma ajang info2…cita2 baguslah…kita rakyat pasti dukung…kalo masalah hoax ama tidak biar waktu yg bicara…terus terang saya yang tadinya g suka militer…jadi bisa mengerti sedikit2..krn sering2 lihat diskusi kawan2 disini…semoga ke depan TNI makin jaya dan lengkap alutsistanya…krn bagaimanapun TNI adalah asuransi dari NKRI…

    •  

      Bung Jalo, mohon pecerahaannya, apakah 150T memang hanya dapat alutsista tsb (Yg sdh datang, yg sdh terbayar sebagian dan yg masih DP dan yg belum terkirim). kalau bisa yg terperinci, sehingga saya yg awam ini bisa mengerti.Terimakasih atas pencerahaanya.

  22.  

    uav 4 (+2) ini yang mana ya?
    mohon pencerahannya..

  23.  

    Yahh kita harus selalu bersyukur deh .. sebelum ini berapa jumlah pesawat kita yg bisa terbang dan siap tempur .. dpermalukan dengan di lock tanpa tau siapa yg nge lock .. pesawat asing muter2 ga ada yg intercept .. jakarta pernah mau dibom pas timor2 lepas .. miris banget dulu .. sejarang udah beda lebih kuat meski banyak kekurangan tapi akan terus dibenahi .. alhamdulillah TNI terus kuat

  24.  

    hehehehehehehehehe……
    kalo ini sih di koran-koran lokal juga bisa nemu beritanya….
    hehehehehehehehe…..

    salam NKRI buat para warga JKGR sekalian……

  25.  

    apa bener kita punya 161 pesawat tempur.kalau bener tolong minta list penempatanya

  26.  

    Aneh tapi lemah kekuatannya. Saya pikir daftar2 itu mendominasi ringan gak ada yang lebih berat dan jarak jauhnya juga gak ada.. Bangsa kapan jadi terkuat..

  27.  

    nunggu kabar selanjutnya sembari minum kopi kapal api… 😀

  28.  

    sepertinya 129 gan.. semua yang ada dan belum dikirim
    32 nya kmana? 2 skadron ya?

  29.  

    @bung jalo mohon donk tampilin video latgap 2014 tapi klau bisa yang full video jangan kayak yang di you tube cuman sebentar trim’s

  30.  

    ditunggu kelanjutannya….

  31.  

    apa di titipkan d pangakalan rahasia d brunai ya

  32.  

    161 unit pesawat tempur apa aja ya?

  33.  

    sing gambar ke loro terakhir kuwi opo ono yo mas rudal oerlicon..salah kutip po’o :mrgreen:

  34.  

    keknya gak bakal beli shukoi lagi,,,mending duitnya fokusss buat proyek ifx kfx,syukur2 bisa dipercepat,,,3 skadron brayyy xixixixi :mrgreen:

  35.  

    Thanks artikel ny bung jalo…
    mg anda sekeluarga selalu diberikan kesehatan.
    mana nich bung NARA, EH , PS , NR dll.. yg bner yg mana nich?

    •  

      tunggu tgl.7 oktober.

    •  

      Doktrin indonesia itu bukan sesumbbar bung..

      Biarlah orang menerka-nerka…Banyak Lanud-lanud yang naik kelas, masa alusista cuman itu-itu aja.. silahkan di terka sendiri
      Bung Nara,PS,EH,Satrio DLL mgkin benar adanya..
      mari kita sikapi positifnya.. Bnyak intelejen yang nangkring dimari,Bung Jalo seperti itu biar Intelegen asing yang jadi SR pada bingung, karena JKGR ini juga dibuat mereka untuk cari Info mengenai mainan-mainan baru Hulubalang kita.
      mari kita ambil positifnya.. biarlah para Hulubalang kita aja yg ngerti smua itu.. kita sebagai Military fans boy ga akan pernah bisa mengetahui apa yg sebenarnya mreka miliki..
      Junjung tinggi rasa persaudaraan, salam 1 bangsa ” INDONESIA”

  36.  

    yg special di umpetin biar gak dimasukin ke bursa jual..

  37.  

    Hhh yg pegang kalkulator mabok ,, ditambah dan ditambah ko g =…..?nya.

  38.  

    Kekuatan bambu runcing belum dihitung lo…

  39.  

    161 pespur saat ini? ada yang babarin jenis dan jumlahnya?

  40.  

    halo bung @raja

    kenava bung ? masuk angin ? kok sewot amat…coba santay dikit dah, urusan beginian ga ada akan terang benderang, jadi harus dicerna bener bener…beruntung kita, dimari banyak kontributor berkualitas, kalau ga ada mereka mana dapet kita informasi kayak gitu…

    pis bung… 🙂

  41.  

    Saya kira ini liat yang cukup masuk akal sesuai dengan doktrin Indonesia dan situasi geopolitik saat ini tapi kalo keadaan berubah dengan cepat saya yakin hulubalang kita gak akan tinggal diam. Dan ini juga untuk menghindari jor joran senjata di kawasan tanpa mengurangi kekuatan yang menjadikan bangsa Indonesia mempunyai nilai tawar yang cukup diperhitungkan. Hal ini sudah terbukti sekarang dengan semakin diperhitungkannya Indonesia di pentas dunia dan hal ini didapatkan tidak mungkin hanya bermodal alutsista yang dipublikasikan secara resmi.

  42.  

    SU-35 0h SU-35 datanglah ke bumi pertiwi

  43.  

    Kalaopun anda benar . . Kenapa mesti diributin sich . . berhayal khan gratis . . !
    msh mesding seorang mahasiswa berhayal sbg orang di ring A1 dari pada berpikiran ngeres ngocok di kamar sambil lihat bokep miyabi. .
    Trus apanya yg salah atas berita hoax. . ? udah tahu hoax knp mesti dipikir serius ?
    dasar sarap loe. . makanya minum obat dl sblm koment

  44.  

    Bung @raja nggak usah emosi bung, coba anda buat artikel…nanti biar warga jkgr yang kasih komentar…
    he he…nyantai aja bung..
    salam nkri…

  45.  

    kok ada f-28?? bukannya itu fokker sudah pensiun bung jalo??

  46.  

    Menurut anda sunatullah adalah indah, tp knapa anda sewot sampe ngata-ngatain bung nara pembohong besar. Kl artikel bung nara beda dg keyakinan anda, ya sikapi dg indah, di sini jauh beda dg t*p*x tdk ada caci maki. Pis bung … 🙂

    •  

      NAMBAHIN…………………
      Bahwa apa yg Bung @Hatta Raja Singa katakan bahwa Rafale, EF Typhoon, Su-35S, dlsb itu sudah dibayar LUNAS.<<<Saya Setuju. 🙂

      Konon Kabarnya suatu ketika ada kekuatan yang Maha Dahsyat mendorong Armada ke VII Asu agar masuk Barak tapi bagaimana hasilnya saya tidak tau, wong saya juga ng tau apa-apa hanya "konon kabarnya" makanya jika asu masih bandel tdk mau mengandangkan armada ke VII-nya yaa mungkin krisis ekonomi asu tidak akan PULIH…hanya konon kabarnya lho, jangan dipercaya omongan saya ini. 🙂

  47.  

    Tetap optimis. kalau kita belum punya SU-35, SU-34, SAM-400, Pantsyr, Akula dll…jangan berkecil hati….mari kita rencanakan pengadaan nya secara bertahap :

    1. tahun 2015 = 3 unit SU-35, 3 unit SU-34, 3 unit batre SAM-400 dan 3 unit batre Pantsyr.
    2. tahun 2017 = 5 unit SU-35, 5 unit SU-34, 5 unit batre SAM-400 dan 5 unit batre Pantsyr.
    3. tahun 2018 = 2 unit kapal selam Made-in Ruskie.
    4. tahun 2019 = 4 unit SU-35, 4 unit SU-34, 5 unit batre SAM-400 dan 5 unit batre Pantsyr

    Vietnam saja bisa, kenapa kita gak bisa. PASTI KITA BISA !!

  48.  

    tp kalo dipikir omongan bung nara ada benarnya pingin tahu ini sonotan dah kehilangan 1ks makanya abott geger nyadap petinggi kita uav yg di tembak di palu oleh paskhas kita itu punya simalon terus kalo di pikir ks siapa yg bikin rumpon ks ausit kalo kita cuma pnya 2 aja, terus yg nembak uav di palu emang pake s60 mikir jangan asal nggacor kya raja singa yg lg kumat…lg para admin udah kompromi kalo ada yg ngasih bocoran admin yg lain ngasih bantingan disini kalo kita gak pinter bisa gendeng dewe koyo RAJA SINGA….ati ati ning kene artikele dicampur karo gadung kalo salah carane mangan dadine mumet…tp nek bener uuueeenak tenan….

  49.  

    Pidato pk SBY (tidak ada satu negarapun yang memperlihatkan 100% kekuatan tempurnya)

    •  

      setuju bung @nganggita semar…sampai sekarang saya masih percaya bung sama kalimat satu ini…yang rahasia tetaplah jadi rahasia yang penting negriku aman, anak cucuku juga merasakan kenyamanan pula nantinya

  50.  

    jenderal moeldoko : kita punya 6 unit saja su 35 udah bikin geger kawasan :mrgreen:

    #netTV

  51.  

    ada yg masuk …
    santai aja…nikmatin aja babaran dr para senior warjag…jangan esmosi

  52.  

    Warga JKGR selama ini saling berdiskusi tentang militer, kadang jg tentang politik.

    Banyak warga yg tercerahkan..
    Uniknya artikel2 tsb kadang saling kontradiktif satu dgn lainnya.
    Ada warga yg bingung mencerna ada jg yg memang menikmati kontradiksi tsb krn menarik didiskusikan..

    Misteri memang menarik didiskusikan..

    Kenapa kt mesti menyumpahi/memberi cap..label atau apalah yg sifatnya negatif pd org2 yg sdh susah payah bikin artikel?

    Sy pribadi.., numpang eksis dsini bukan krn paham ttg militer, justru krn sy buta ttg militer makanya sy betah.

    Bukan mslh itu artikel mau bener..mau salah, mau hoax atau nggak pun sy gk terlalu memikirkn smp ke otak yg terdalam..

    Tp klo warga yg terlalu memikirkannya..apalagi otaknya kurang stabil..apalagi nggak punya background militer..yaaa bs gila..

    Enjoy aja kawan..jgn terlalu dimasukkan kebwh sadarmu..

    Mulailah dgn dirimu sendiri..
    Pikirkanlah dirimu sj duluu..
    Tatalah dulu dirimu yg lg berantakan..
    Jauhi narkoba..

    Biar pencernaanmu lancar kawan..
    Nanti otakmu pasti nyambung

  53.  

    sebenarnya sulit dipercaya tentang yg goib,karena tak ada ada bukti,haruskah kita beranday anday punya ini dan itu kalau didalam negri masih byk korupsi.alutsista hanya tinggalah impian.

  54.  

    klo makan ya enaknya dikunyah dulu baru ditelan, klo gak langsung ditelan nanti kita cepat down, enak2 rasa nasionalisme naik gara2 dapet kbr alitsista kt banyak n gahar eh gak lama kemudian dpet bantingan, akibatnya kt bisa galau….mkanya sy banyakan sr, jd dpt mpelajari mana yg hoax mana yg bukan walaupun sy juga kurang paham soal alutsista, tumbuhkan sj dlm diri kita sifat nasionalisme dgn cr kita sendiri, toh hamas sj msh mampu menghadapi israel yg alutsistanya gahar dgn senjata apa adanya, ya kan! alutsista yg pasti itu adalah adanya “semangat”….

  55.  

    *tulisan

  56.  

    Delete

  57.  

    Monolog ini

  58.  

    Kenyataan memang tidak semanis impian, tp siapa billang impian tdk bisa jd kenyataan. Semuanya bisa di beli kok dgn berhutang misalnya, kredit, tukar tambah dgn sembako seperti jaman megawati, bahkan jual (ditukar) sumber daya alam (tambang dikalimantan, blok cepu atau bagan siapi-api katanya) 😀
    Tp kita bicara fakta dan realita

  59.  

    Haduh… Kalo list nya gak masuk akal ya jangan ditelan mentah2 … ujung2nya pasti mental…

    Analisa ane pribadi:

    Kalo artikel list a1 bung nara bener, ane percaya 75% … kenapa? Suatu negara yang punya rahasia gak mungkin juga mbeber list persenjataan 100% utuh k masyarakat.. apalagi ke situs web.. kalopun si penulis ingin menyampaikan sesuatu.. pastinya list A1 tersebut ada yang betulan tapi d sertai bumbu2 “penyedap” agar tidak langsung ketahuan.. butuh ketelitian tingkat tinggi untuk memahami list tersebut..

    Kalo d lihat dari artikel diatas, ane lihat ada yang terealisasi kan dr list A1 tersebut.. sebut aja pengganti F-5… coba cocokkan dengan bocoran dr bung nara ttg yang dr jerman..

    Maaf banget, ane gak brmaksud menggurui.. cuma agak gerah aja ada yang komen gak karuan yang pembohong lah yang apa.. ya tolong hargai sesepuh juga lah yang udah membangkitkan nasionalisme kita

  60.  

    Hehehehehe, ada kasus dimana saya ditanyain masalah blog ini oleh pejabat disana. Gara2 beliau saya harus bikin penjelasan detail kepada teman di Mabes TNI, bukan mereka marah tapi minta bantuan saya menjelaskan realita kepada masyarakat Indonesia meski cuman lewat JKGR…

    Kasus itu sudah selesai, mari kita berdiskusi dengan sehat lagi. Mari ciptakan JKGR sebagai media saling sharing, belajar, berbagi maupun kebersamaan…

    Sebagai masyarakat Indonesia yg baik, mari kita bangun negara kita dengan melihat kenyataan yg terjadi.

    Bung Sempak pernah sedikit memberikan penjelasan mengenai realita. Mari buka mata kita dan terima kenyataan tersebut. 🙂

    •  

      thank you, bung Jalo.

      anyway, kalau ingin rilis resmi kan ada Puspen TNI.
      tidak seru jika isi JKGR hanya sewarna atau rilis ulang dari sumber berita resmi

      •  

        Yup bener bung, foto diatas saya upload biar tdk terkesan resmi… Pernah juga saya buat bukan dari artikel berita resmi, memang disini kita belum ada kontributor resmi JKGR yg bertugas di lapangan meliput langsung. Kedepan mudah2an ada ya, 🙂

        •  

          itu sbenarnya yang saya arepin bung jalo………2….3 tahun..lagi .klow cuma gini2…jkgr…bisa2 mati suri…..semakin waktu berjalan …jkgr harus ….semakin maju…..diantaranya punya kontributor resmi….walupun masih relawan….sapa tau kedepan akan lebih maju lagi……

    •  

      request bung… tolong wawancarain 1 atau lebih penyandang suriken atau mintain artikel tentang blog ini,… selesai masalah…

    •  

      Bung Jalo mungkin sekalian nanti diberitahukan kepada beliau di mabes, kalau teman di sini pada dasarnya fine-fine. Saya yakin tak akan ada yang sampai (maaf) “muntah” karena suatu kabar. Mungkin satu dua ada, tapi kalau nanti sudah biasa akan baik saja. Ya, semacam naik mobil di jalan berkelok. 🙂

    •  

      Bung Jalo, kalau boleh jujur, tapi saya masih berharap Rafale benar jadi di akuisisi (maklum penggemar layangan). Jadi kalau ada hoax tentang Rafale masih tetap akan saya tampung (sambil harap – harap cemas) haha :-D. Yang lainnya saya tidak peduli, dari dulu kalau unsur tidak realistis-nya sudah berlebihan saya anggap guyonan saja. Kecuali KS diesel kita, saya percaya kita punya lebih.

      Btw, menyinggung masalah destro nasional, itu bukan sigma 10514 kan? Kalau sigma itu kelasnya fregat, nah kalau destro nasional Indonesia yang mana, masih penasaran hehe

      •  

        Tidak apa2 bung STMJ, kalau saya berharap yang terbaik aja. 😀

        Kalau KS saya juga percaya, tapi yah rahasia negara jadi gak boleh dibabar. Untuk Destro kita belum bung, kita masih di kelas Light Frigate, tapi memang ada rencana ke kelas standart Frigate yaitu ukuran 150 m. Tahun 2016, kalau tidak diganggu bapak2 kita di gedung pantat ijo, PT Pal akan melakukan Side Launching infrastruktur kapal ukuran itu. 😀

        Jadi Destro kayaknya masih lama, tapi dengan kapal2 KCR maupun trimaran sudah bikin negara lain berpikir 2 kali kalau di lautan kita. Mungkin perlu dibanyakin lagi, 😀

        •  

          Nah itu bung Jalo, yang 150 m, sejak artikel bung Jalo terakhir saya tunggu disini dari kapan hari belum ada babarannya, cuma dapat senyum saja. Kalau boleh request, perahu yang 150m itu mohon ulasannya, saya sudah mencari dimana – mana tapi tidak ketemu. Lagipula, saya pertama kali mendengar perihal kaprang nasional 150m hanya dari sentilan bung Jalo saja, jadi kalau tidak merepotkan mohon di ikutkan penjelasannya sekalian 😀

        •  

          Nanti ya bung, nanti akan saya jelaskan…

        •  

          Assalamualaikum wr.wb.
          mau tanya bung Jalo
          itu pantatnya ijo kenapa? apa sedang photosintesis pantatnya sehingga ijo.
          atau memang keturunan buto ijo wuehehehe 😆

          dulu pernah baca atau mungkin saya yang salah baca. PKR itu modular supaya bisa dikembangkan seperti de zeven provincien class frigate.

          kalau masalah panjang memanjangin seh sepertinya itu hal yang mudah tinggal di elus-elus aja nanti juga panjang sendiri, tapi isiannya manteb tidak? percuma dong panjang kalau tidak memuaskan 😆

          kalau salah ya maaf 😀
          maaf oot 😀

  61.  

    Selamat malam Warjag.

    Saya berpikir, Tahun 2014 Anggaran Pertahanan Indonesia sebesar Rp. 150 Triliun atau US$. 16,2 Bilion.

    Dengan uang sebesar 16,2 Milyar Dollar, sekiranya dihitung masuk akal jika masih banyak Alutsista yang kasat mata.

    Uang 16,2 Milyar Dollar itu jika dibagi 3, maka:
    TNI AD dapat 5 Milyar,
    TNI AU dapat 5 Milyar, dan
    TNI AL dapat 6,2 Milyar.

    Dengan 5 Milyar Dollar, TNI AD dapat beli MBT Leopard 2A6 dalam jumlah ratusan dan MBT T-9O dalam jumlah seribu delapan ratusan.

    Harga Leopard 2A6 @ 5,74 Juta dan T-90 @ 2,77 Juta.

    Seandainya untuk melengkapi 3 Kogabwilhan dengan MBT-MBT campuran, TNI bisa membeli 300 buah Leopard 2A6, dan 600 buah T-90 dengan uang sebesar 3,384 Milyar Dollar.
    Jika dikurangi dengan pembelian diatas, dari 5 Milyar tersebut masih terdapat sisa 1,616 Milyar Dollar, sisa ini bisa dibelikan alutsista atau digunakan untuk kepentingan lainnya.

    Dengan memiliki 900 MBT, bisa dikatakan TNI AD sangat menggetarkan di kawasan.

    Ini baru di matra darat, belum lagi udara dan laut.

    Mohon maaf para Warjag jika ada kesalahan, harap dimaklumi ini cuma pendapat seorang petani kecil yang tinggal di pelosok desa.

  62.  

    Bung, kalau mengikuti diskusi beberapa bulan lalu, masalah itu sudah hangat dibicarakan. Clue nya sederhana, warung ini juga dibaca orang asing. Jadi pinjam istilahnya Om Satrio, “dikunyah sampai halus baru ditelan”. Kalau kita sudah paham itu semua, selow saja. Inilah asyiknya, kita bisa menganalisis. Jadi let’s go guys … 🙂

  63.  

    Foto diatas saya bagi juga buat teman2 saya yg bertugas sebagai pilot baik fighter maupun angkut… Saya tanya, kalau alutsista gini masih kurang atau gimana?? Dan jawaban mereka begini :

    “Alhamdulillah, yg penting terealisasi dulu,”

    Dari empat orang yg saya tanya mereka selalu bersyukur, jadi silahkan diartikan… 🙂

  64.  

    apa ga ada yang coba sambungin Sama artikel bung yayan kemarin..
    bagi newbi yang baru nongol dimari pasti berpikir ,ini orang kirim artikel asal jeplak.
    kalo yang dah lama disni pasti dah faham.
    blog ini harus di ikuti tiap hari jadi tau kabar terbaru nya.
    kaitan nya Sama artikel lama ato sambungan nya.
    artikel bung jalo yang di pinoy,bung ps yang tau cerita ks mpe berapa jumlah bautnya ks (kayaknya.. hehe)artikel bung satrio,artikel bung yayan tentang sonora,, atau dari kawan kawan lainya.
    kita sebagai sr sangant terbantu dan tercerah kan tentang banyak hal.ga mesti militer secra alat kadang sejarah ato geopolitik pun jadi pada tau.
    di sini ada anekdot tersembunyi.
    “jangn punya bantahan ato kontradiktip kalo ga punya argumen ”
    mengenai a1 nya bung nara, saya kira jangan di telen bulet bulet..
    karena ada artikel dari londo sonoh.. DEAGEL.COM.
    babarin negara kita punya projetkilo Sama tu16.. sukro nya ada 20 biji kagk 16.

  65.  

    muanntapppp ini komentar,,izin like bung AM buat komentarnya…makjleebbbbbb bner dahhh

  66.  

    kata kata yg paling disukai “semua sudah dibayar lunas”.. santai bung ngopi dulu ngopi dulu..

    •  

      Bung @Mau tau aja, Setuju Bung mari kita ngopi, kebetulan kopi asli khas medan saya masih ada, ‘semua sudah dibayar lunas”>>>

      Yang Tau Biarlah Tetap Membisu Untuk Anak Cucu Negeriku.
      Negara Kuat Jika Tentaranya Hebat Rakyatnya Mantab.
      Alutsista Hebat Bukan Untuk Mengumbar Nafsu Sahwat Apalagi Berbuat Jahat.
      Alutsista Hebat Untuk Menjaga Martabat Negara Yang Mulai Berkarat.
      Alutsista Hebat Amanah Dari Tidak Memiliki Nafsu & Sahwat.

      Yang Tidak Tau Jangan Kesusu dan Memburu Nafsu.
      Yang Tidak Tau Jangan Memaksa Semuanya Bisa Terbuka.
      Yang Tidak Tau Jangan Menghina Dengan Mencela Apalagi Tidak Percaya Karena Semuanya Memang Tidak Terbuka.
      Yang Tidak Tau Belajarlah Agar Tidak Menjadi Dungu.
      Yang Tidak Tau Jangan Sampai Tidak Punya Malu.

      Mari Nyerupuuut Kopi. 🙂

  67.  

    ….akhirnya kejadian juga di warjager….alasan sederhana ” rating jkgr melesat ” daripada rating forum capsus , tetangga sebelah maka dilakukanlah character assasination,….

    .karena itu tetep komitmen aja dgn salah satu prinsip utama
    ….”percaya gapapa…ga percaya ya gapapa”

    ….tetep semangat berdiskusi dalam tatanan sopan, ramah, dewasa, penuh keilmuan, dan bersahabat….

    ….kami sadar koq…apa yg jadi domain rahasia negara…maka biarlah tetap di koridornya….yg penting NKRI berdaulat, utuh dan final.

    curahan hati sopir truck di pojokan nunggu rejeki barokah.

  68.  

    Mari berdiskusi

  69.  

    Negeri besar tp hanya besar impian drpd kenyataannya. Cb donk para pemimpin lo pade yg bener dikit nape, jgn cuma pikirin perut ente doankss. Tugh anggaran TNI dinaikin donk 2-3 persen dr apbn. Cari donk sumber pendapatan fiskal baru biar apbn mangkin guedeee. Hapus deh anggaran yg kaga perlu ky mobnas, bbm subsidi, anggaran dinas DPR ke LN, Anggaran pemilu juga segede gaban hasilnye runyam. Alirin dana ke pos yg butuhin ky infra, ristek, deffense, pendidikan, dll. Anggaran tuh ibarat ngalirin aer, kita harus perbaikin tuh kl ada pipa yg bocor biar ga ngerembes kemane mane. Kl misal airnya dikit ya ditambah gimanapun caranya. kl bocor ya ditambel n perbaikin.

  70.  

    bener bung,emang ga ada nick name lain apa,jangan2 beliaunya lg kena ni penyakit…….he…he…he guyon om

  71.  

    mulai tidak sehat,minum tolak angin ahhh…. :mrgreen:

  72.  

    Wis do tuwo, do pinter2 kok ijek do pisuh2an ning kene, mbok yo do mikir…racocok yo gawe artikel, kirim gone Diego ben dibabar ning forum JKGR, gek ndang ngetik o..tak enteni, kaya apa artikel gaweanmu. Kanggo sedulur2 JKGR sing sabar nek ana sing ngetrol..

  73.  

    Ass.Yg suka JKGR Silahkan pantau&lihat.Yg tdk suka silahkan minggat.Kami Cinta Indonesia.Sekarang&selamanya.Indonesia tdk rugi klo anda pergi.Indonesia beruntung klo kita ingin sama2 mmbangun.

  74.  

    katanya kita gak punya uang kok mo beli apache+blakhawk ? memang itu mainan murahan ? katanya gak punya duit kok retrofit barang lawas dengan harga mahal (amx-13, fatahillah class) ? katanya tak punya uang kok investasi besar-besaran di bidang hankam ?

    tapi omong2 kita ini punya duit gak sih ?

  75.  

    :mrgreen: rajasinga…..

  76.  

    Hehehe, yg bisa ditambah centelan ya bung jalo..
    perkembangan uav bikinan sendiri gimana bung jalo?

  77.  

    Bagaimana ya caranya biar anak gue jadi pilot Rafale? Rugi nih sudah punya skadron rafale tapi keluarga gue Ngga ADA yg jadi pilotnya.

  78.  

    Ok bung jalo, sudah tercerahkan..
    maklum baru gabung beberapa bulan, masih kurang info tahun2 sebelum nya..
    salam hormat bung…

  79.  

    ya…ya…ya
    kadang2 kebenaran itu menyakitkan apalagi sebuah bantingan, saat minum jamu seringkali terasa pahit tapi klo untuk kebaikan kenapa tidak

  80.  

    Dah kalah bung, si wowo kembali ngelonin Kuda

  81.  

    lanjut kan…

  82.  

    50:50 lah…jgn pecaya bulet2 om nara…jangan pecaya om jalo juga…krn kita sama2 tau..om jalo sedang ngegiring ke arah mana..

  83.  

    Raja Singa…gw demen gaya lo bro

  84.  

    Hidup tak selalu menggunung bung.. kadang kala harus menjurang… yang penting Tabah Hingga Akhir heuheuheu

  85.  

    Wong Itu Klonengan mu sendiri .. satu orang dengan banyak nama,,,

    Sorry baru baca warjager,,

    Ayoo sini Tak kuliti Identitas mu dan Motifmu disini,,

    Juga wartawan lainnya, yang sok sok an,,,
    Asal tahu aja kamu masih merangkak saya sudah mengabdi kepada negeri ini,,
    Apa kita buka bukan disini identitasn ya,,, ayo tak buka satu satu gimana ??

    Ok tak lanjut dikomen bawah sambil nyalakan radar’

  86.  

    Di tunggu bantingannya sesepuh ? Colek bung @nara @satrio @ps @NR

  87.  

    artikel om jalo serasa pil kina, pait banget

  88.  

    Hehehe kena jepret yah. Duh kasiman kasiman. Lain kali kalo mau komen liat dulu. Ini bukan topix ato kakus sopan sedikit yah. Moga aja ngga di satronin den karung bawa glock wkwkwkwk

  89.  

    Nick Hatarajasinga itu sama dengan nick nick Trol disini
    pernah memakai Nick Senopati yang komentnya pernah di delete admint,,makai nick kopral jono, pernah memakai nick Ashadi cahyadi (Tokoh TNI AU) tetapi tulisannya melecehkan,,sehingga didelet admint,juga memakai nick AIM 9,
    Pernah juga memakai Nick kolonel untung,,

    Komentnya gak pernah ada sopan sopan nya bung aris ini.., ngetrol melulu,, njelekin mantan kepalanegara,,
    Bung diego harusnya sudah memibaned orang ini ,, satu orang memakai banyak nick dan ngetrol aturannya dibaned,,

    Artikel diatas yang buat bung Jalo, yang memang mempunyai akses di admint ,,
    Analisa saya ada akses dicilangkap yang disalahgunakan sehingga bisa termuat disini,,
    MUNGKIN mabes bisa lebih tertutup dan tidak memberikan akses terlalu dalam..,

    Ular ular pada gembira bila ada artikel yang bisa membuat bahan mereka menjelek jelekan bangsa ini,, sehingga nick nick yang berposisi di cambodia,,dan sering kena baned muncul lagi disini,
    Warjag memang mencuri perhatian ,tetapi sekarang ada yang ingin menggiring dan dijadikan corong untuk misi dan kepentingannya sendiri,,

    HAL seperti ini sudah kami prediksi dan antispasi 😀 bila memang disini sudah tergiring dan menjadi corong ,,
    Hey anak muda ..Maaf kan kami bila yang tua tua harus resign dari warjag ini,

    •  

      wahh..jangan ampe resign bung… tp basmi tuh para ular2 nya biar ga memakan banyak korban para anak2 Garuda yg sedang belajar mengepakan sayapnya untuk mengangkat Negeri ini jauuhh di atas langit Pertiwi….
      Ane juga dah mulai kebuka kok sapa aja yg mulai penggiringan opini…

      bongkar aja sekalian siapapun Nick yg mencurigakan..

      Salam Hangat dari rakyat biasa…

    •  

      Lah ndan,klo pada resign trs kemana kami harus belajar kewiraan?
      Kemana kami harus belajar keilmuan yg lain macam ilmu menyelamnya ndan PS.
      Yg kyk begini gk ada di google ndan! kecintaan terhadap RI dimualai dari hal2 seperti itu ndan. Dmn nantinya anak muda seperti saya ini Insya Allah akan melanjtkan estafet untuk generasi mendatang

      Damn!! I love NKRI

    •  

      NAH.. ane juga udah tau bung sapa yang menggiring opini akhirnya hehhe

    •  

      kalimat bung Satrio ini udah gamblang (gak perlu dikunyah lagi -atau masih ada yang gak paham ?);

      …(Artikel diatas yang buat bung Jalo, yang memang mempunyai akses di admint)
      Analisa saya ada akses di cilangkap yang disalahgunakan sehingga bisa termuat disini
      MUNGKIN mabes bisa lebih tertutup dan tidak memberikan akses terlalu dalam…

      artinya lis di atas terindikasi otentik.

      bahasa yang digunakan juga menunjukkan bahwa lis tsb untuk ‘keperluan sendiri’ (sendiri bisa diartikan kalangan sangat terbatas), bandingkan dengan A1 List yang berbahasa inggris, seolah2 disiapkan untuk bule (siapa ya diantara mereka yang perlu mengetahui lis A1?)

      klo dicermati sebetulnya A1 List juga agak aneh, untuk ketiga angkatan judulnya ‘proposed procurement programme’, tapi ada ‘order quantity’ (jika konsisten harusnya ‘proposed quantity’), bahkan ada ‘delivery plan’ (terlalu dini jika tahapnya baru proposal, ini biasanya muncul jika telah ada kontrak / ‘firm order’)

    •  

      sabar bung…kami2 ini perlu pencerahan dari bung satrio sama teman2..kami selalu mendukung apa yg kami yakini benar untuk kebanggaan kita, INDONESIA, kaum warjag tetep bersatu…jgan terpancing. Kalo dulu saya dulu saya jga sering marah kalo ada yang ngetrol, tapi smakin hari smakin mencoba bersabar…ok smua warjag salam damai…kita satu, INDONESIA, MERDEKA!

    •  

      jangan sampai saya yg turun tangan…

    •  

      mbok kasian sama saya bung satrio, jangan marah gitu, emang siapa saya? kok di kasiani, saya anak kemarin sore yg pengen belajar mencintai negara nya, Indonesia, masih banyak lg yg laen yg silent reader di sini, jadi alangkah baiknya, didawak ne ususe, di sirep pikirane ben adem, salam hangat bung satrio,

  90.  

    Iye bung ampe putih semua nih rambut

  91.  

    ngamuk dah..
    tunggak waru ono telu, tunggal guru ora melu melu..

  92.  

    Hatta Raja Singa….Peringatan Terakhir.

    Silakan dialog dan berdebat tapi yang sopan dan beradab

    Salam

  93.  

    @rajasinga kalo menurut ane bang nara ngemeng begitu mungkin loh ini cuman untuk masukan bagi pemerintah bung yang mungkin memang gatau seluk beluk alutsista TNI , kan ente tau dpr manusianya begimana , klo toh emang beneran tuh barang ada pasti akan ditongolin ko (berharap) karena itu semua uang rakyat bung ada pertanggung jawabannya , tni itu dari rakyat bung dan untuk rakyat juga , dan semoga para petinggi. Di TNI membaca ini , kalo toh emang gaush ditongolin yang strategis aja kaya kasel , kalo emang ada model sukhoi yang mantep dari matra udara trus pertahanan udara kenapa gak di publish ? Padahal itu bisa menggentarkan lawan , contohnya malaysia yg bertingkah terus , biarpun cuman 2 biji atau 5 biji model alutsista yg selama ini dikiraa hoax itu dimunculkan(dipublish) itu akan menambah nasionalisme TNI sendiri serta rakyat indonesia pa , saya yakin anggota TNI sendiripun gak yakin dia punya alutsista seperti list A1 bung nara khususnya yg pangkatnya mungkin dibawah captain .

    Imho

  94.  

    Ekspecial bung HatarajaSinga@ “biar hati panas tapi kepala tetap dingin”
    Kalau mencaci maki silakan pergi ke warung MALON biar ( “cs/klop” ).
    Kalau anda adalah anggota punggawa NKRI anda akan merasakan nelongsoh melihat Alutsista TNI umurnya sdh tua tua bahkan melebihi umur anda sendiri.Anda masih ingat ngga List 1A di publitisi menjelang pilihan CAPRES? Dan 90% List 1A berjalan mulus bila yg jadi presiden adalah Pak Jendral.Anggap saja List 1A Adalah harapan anak kecil yang minta dibelikan mainan baru.Dan jangan lupa dgn dalil ” Manusia yang merencanakan Tuhan yang menentukan “.SALAM

    •  

      Kalau anda adalah WNI asli tujuh keturunan,sehat lahir batin,berfikiran waras maka anda akan merasa tergugah rasa Nasionalisme dan cinta Tanah air sendiri seandainya anda Faham membaca Artikel sesepuh JKGR satu persatu diolah oleh nalar yg cerdas.Membaca dgn hati bung hatarajaSINGA@ bung ,bkn membaca dgn mata.SALAM

  95.  

    Wah kedeteck juga tuh sama radar om satrio,..hrsnya sebagai wni yg cnta tanah air bngga sama tni,..saya ingt koment om nara,..bila saat ini alutsista tni pnya mainan yg trpplis resmi di media,mungkin merah putih sudah tak berkibar dan trgantikan bndrera usa,..

  96.  

    Ijin nyimak….es batu mana es batu biar dingin…

  97.  

    Hehee kepercayaan masing” aj gan. Pandai” kita mengunyah informasi aj. Maaf keyakinan sya alutsista tk dibuka smua dlm jumlah.

  98.  

    Jadi taw mana Ular mana Garuda yg sebenernye ? Dulu pas artikel bung Nara keluar yg bikin Boming sluruh warga JKGR … Dia ikutan nimbrung ngdukung ? Ehhh skarang dia malah bikin artikel yg ngebanting omonganya sendiri…alesanya sekrang bicara yg realitta aja jgan mimpi? Brati dulu2 dia ikut2an mimpi donk … Hahahha #mgreeennnnnn

  99.  

    Rame nih artikel
    Salam hangat untuk para sesepuh dan warjager

    Sekedar mengananal si lisa saja (mf ndan lare sarkem ane pinjam istilahnya) dan mf jk salah, mklm sj hanya kuli harian.

    Perkiraan saya (mf jk salah) Bung Nara dan Bung Jalo itu sebenarnya satu paket (bisa satu instansi, satu agenda dan satu komandan/atasannya).

    Bung Nara selaku “org kepercayaan” bapak besar ditugaskan untuk membabar alutsista yang ghoib dan gahar. Menurut saya A1 listnya bung nara sengaja disampaikan / dipublikasikan pada saat menjelang pilpres dengan alasan sebagaimana yg disampaikan oleh bung nara bahwa publikasi itu sengaja dilakukan salah satunya untuk mencegah niat asing mencoba untuk interpensi bahkan membalkanisasi INA. sehingga dengan “terpaksa” alutsista yan gohib hrs di munculkan sebagai peringatan untuk pihak asing yang berani macam2 mengganggu keutuhan NKRI.

    Masa peralihan kekuasaan telah dianggap selesai dengan aman, damai dan terkendali. Nah, saat inilah bapak besar menugaskan Bung Jalo untuk membanting A1 list yg di babar oleh Bung Nara. Alasannya, ya itu tadi proses pilpres aman dan terkendali, sehingga yg ghoib2 hrs ditarik kembali/dibantah keberadaannya. Jika para warjag perhatikan, jika Bung Nara lgi eksis disalah satu artikel maka Bung Jalo sepertinya hanya SR saja, begitu jg sebaliknya.

    Tinggal kita yang kebingungan dan sampai ada yg hampir terkena stroke seperti Bung Hata RajaSinga. Seperti kata Bung Satrio “kunyah pelan pelan baru telan” mka kita tdk akan tersedak dan BAB pun akan lancar. Tinggal pintar pintarnya kita merangkai artikel yg memuat rilis resmi alutsista dan Hoax Hoex yang dismapaikan oleh Bung SS, NR, EH, NR, PS, YAYAN dll. Misalnya seperti Hoex nya Bung Nara yang merilis Typhoon, Rafale, SU 35, coba kaitkan dengan adanya peningkatan beberapa lanud yg ditingkatkan dari tipe B ke tipe A dan cluenya Bung Satrio tentang pembayaran LUNAS alutista kita dari jln Jend Sudirman.

    Mgkn karena si lisa menolak di anal maka mf jika salah.

  100.  

    @Satrio tlg d krm ip addres yg suka ngetrol, biar tak kasih “Pelajaran” nikmatnya di Doppering…

    @Diego tlg di banned aj yg komen tdk patut.

  101.  

    Asalkan jangan dijadikan pengomentar sebagai pengacuan utk mengembangkan blog tersebut dgn sesuatu yg fiktif, utk mengambil keuntungan,..

  102.  

    Tambah seru az nih warung..!!! Klo ane pecinta hoax- hoex..jadi asyik” az..nyang penting indonesia aman,makmur,sejahtera,rakyat pade pinter semua..buat bung @satrio klo emang ada yg ga beres sama nick yg suka ngetrol langsung di babar az sekalian biar pade tau,apelagi yg dobel2.. Sama nick yg rada menghina banned az lah.buat bung @diego tolong lebih tegas lagi.!!! Buat ane ga ngaruh, ane belajar tulisan orang & maksud tulisanye buat ape..insya Allah ane ngerti .jadi ane sih enjoy2 az..ane disini juga mo belajar & menyambung tali persaudaraan sesama anak bangsa yg cinta tanah airnye…bung@satrio jgn resign mari kita sama” membangun negeri ini untuk lebih baik lagi…walaupun dg tulisan/artikel..!!

    …NKRI HARGA MATI…

  103.  

    ane setuju tu sama bung@rebung,,krn ane percaya semua sepuh di jakartagreater adlah orang2 profesional,,ada yg menyampaikan clue,,ada yg menyampaikan hoax,,ada yang menyampaikan real,,krn mrk pya tugas masing2,,itulah hebatx di forum ini,.n ane percaya di setiap negara tidak semua kemampuan militerx di buka sampai 100%,,semuax kembali kpd qta bgm mencerna setiap tulisan yg di sampaikan di forum ini,,berdiskusilah yg sopan,,krna dari setiap omongan qta,,orng lain bisa menilai bgm pribadi qta sebenarx,,salam hormat buat semua para sepuh di forum ini..

  104.  

    Wow… Ini baru berita.
    Alhamdulillah…

  105.  

    Aslkm, permisi.. Dengan setulus hati ingin numpang belajar tentang ilmu kewiraan kpd para sesepuh warjag, agar rasa cinta nasionalisme kami semakin menggelora..
    Untuk para sesepuh mohon jangan resign y agat tetap bisa membimbing warga baru spt kami.. Termakasih.. Hidup NKRI

  106.  

    alutsista rahasia untuk sebuah institusi militer pasti ada. tp mari kita percayakan pada hal yg realistis saja. kalau memang itu rahasia pasti cluenya tidak akan diumbar di dunia maya seperti ini karena itu akan mempermudah kinerja intelijen asing.

    saya pribadi kurang sepakat jika ada info” seperti ini karena memberikan respon yg negatif bagi pembaca yang belum dewasa cara berpikirnya dan membuat kita terlena seakan akan kita sudah sangat kuat alutsistanya.

    apakah benar jumlah pespur kita sampai 161.?sy pribadi percaya tp sy tdk percaya kalau kita punya skuadron rahasia typhon,rafaelle. dll. coba liat dftr kepal perang TNI AL,semua ttp dimasukkan dalam daftar walaupun beberapa diantara kapal perang itu sdh tdk mampu beroperasional secara maksimal.

  107.  

    Oh..ternyata bung wartawannya pengikut aliran “no picture is hoax” ya, ndak doyan clue tersembunyi, malah ikutan masuk angin.

  108.  

    om…dulu kecilnya hyperaktif ya………….gubrak………

  109.  

    pinter…..bikin sanggahan……..tapi .karna kurang etika jadi keblinger……………

  110.  

    Saya berharap Indonesia memiliki angkatan udara, angkatan laut, angkatan darat yang kuat dan yang tidak kalah pentingnya adalah angkatan infokom yang kuat untuk menghadapi perang cyber yang berada di seluruh instansi pusat dan di daerah termasuk inhan, dpr, kita tdk hanya ada di 3 matra dan di mabes TNI serta di kantor menhan aja. perkuan sistem intelijen, jangan sampai kecolongan, yg ada indikasi korup2 disingkirkan aja, tapi beri mrk juga kesempatan kpd mrk untuk membuktikan bhw mrk tdk korup jika mrk tdk bersalah. mengapa demikian ??? sekarang modus korup tdk lagi konvensional, skrg modus korup tuh udah canggih, yg susah tuh menyingkirkan org yg terindikasi korup tapi kesehariannya tuh kayak orang alim dan rajin sembahyang tapi kenyataannya di luar kegiatan ibadah kelakukan korup tetap jalan, dan mempersiapkan org lain dengan cara mempromosikan guna dijadikan tumbal perbuatan korupsi si bos.

  111.  

    wkwkwkwk,..

  112.  

    duut…preet…!! ente ngmg pa berak???

  113.  

    biarkn je bung..nmany jg pnyakit…gush ddketin..ntar nular..

  114.  

    ya betul bung @ANAK MEDAN….kita disini sama2 belajar, namanya belajar ya harus dipahami, dikunyah pelan2 sembari jalan… kalo belon paham ditanyakan yang lebih tahu, dari dulu tidak ada yang namanya belajar menghujat, memaki dan menjatuhkan sesama siswa.. bang @NARA sudah mengeluarkan list A1 nya beserta dengan alasan2nya,, saya percaya sama beliau, karena negara sebesar ASU saja tidak mungkin publikasi 100% pertahanannya… salam NKRI

  115.  

    kopi cap nongko gak enak bung DD(pabriknya samping rumah ane)mending minum toak sama ane sini biar sekalian mabok n hoak hoek

  116.  

    izn ng ‘like bung ronggolawe 😀

    psn bwt si sipilis intiny jgn bnyk2 mkn micin….bs bwt mabok micin :mrgreen:

    •  

      Bung @Garudadidadaku, Kurang Asem sampeyan, tau aja bahan pembuat micin…Hahahaha…Mari Bung Kita Ngopi. 🙂

      •  

        wkwkwwk…. :mrgreen:
        hayok bung…skali2 cobain kopi lampung 😀

        •  

          Bung @Garudadidadaku. Hahahahaha klw kopi lampung saya sudah kenyang Bung, Kopi Lampung memang Top Markotop, apalagi kopi Luwak, rasa & harganya sepadan :). Bung @Garudadidadaku asli lampung yaa? lampung bagian pesisir alamnya sangat indah & sangat cocok dijadikan tempat pertahanan. konon katanya ada salah satu bukit disekitar danau ranau ada lapangan terbang 🙂

        •  

          iy bung…lanud Astra Ksetra..d tulang bawang.. 😀
          wah…bung ronggolawe da sprtiny sdh akrb dgn lampung y??
          bnr skali bung…apalagi wilayah pangkalan tni AL teluk ratai& brigif 3 marinir piabung…tmpatny sgt indah.wilayah dpesisir teluk lampung byk pulau2 yg eksotik..dgn pasir yg putih sprti tepung..phon kelapa yg brjajar..memanjang sampai teluk kiluan… 😀
          boleh dicoba bung..mmandg laut sore smbil mneguk scingkir kopi luwak… mantap

          salam hangat bung Ronggolawe 😀

        •  

          saudara ane ada di jepara dan mesuji bung @Garudadidadaku….sebenarnya ingin maen kesana cuman belum diijinin sama kerjaan…salam kenal bung

        •  

          slam knal jg bang jampang..smga sgra mndpatkn waktu luang bwt silaturahmi dgn klwrgany 😀

  117.  

    terus terang artikel terakhir bung yayan saya ga setuju,, mending di delete aj

  118.  

    Terus terang ane termasuk orang yg percaya dngan bung Nara, walo 70%… Atas dasar keyakinan hati sendiri. Sing lio ga urusan.

  119.  

    xtrada@bung kok anda pinter sih????hehe
    nah yg adil gtho si raja singa suruh bikin tulisan tentang pertahanan..klo dia gak becus berarti dia gk lebih dari cilok mba milah tetangga ane…

  120.  

    Test

  121.  

    bangunan seberang gambir ..ada apakah gerangan?

  122.  

    Terkenang dgn Oviten’ers sang empu Oviten “Kampret” Bronco. 11tahun tak mendengar deru baling-baling mu membelah angkasa,meliuk diantara lembah dan pucuk pohon di tengah belantara.. hanya utk menggapai suara tertahan rekan seperjuangan yg bermandi peluh dan darah demi membela pertiwi. “KAMPRET” sumpahh serapah yg sering terlontar saat mrk datang. Kesal jg senang saat Oviten’ers menjawab panggilan PRC77 yg terbatas. Sering kali bantuan yg diminta tak kunjung tiba,tapi oviten’ers selalu ada saat dibutuhkan.tak terbilang berapa lubang hinggap di badan,tapi oviten’ers tak gentar melawan.. ” call us if you need’s us LT”we will be there no matter what. I andnmy fellow’s owe you my life my freinds..

    Thxs Bung Jalo atas info OV10 “Kampret” bronco yg msh dlm kondisi laik terbang. Salam hormat utk para Oviten’ers (pilot,co pilot,teknisi).

  123.  

    Tirimaksih atikel komplete a/c number
    Mana is mr now you don’t? ##

  124.  

    Damai Indonesiaku….damai warga JKGR salam utk semua.maju terus utk TNI. Semoga Indonesia menjadi negara yg disegani dikawasan.

  125.  

    Like it bung; pertahanan emang berimpitan dgn ilmu moneter dan strategi financing ” mahadahsyat”. Saya mau nanya nih bung ronggolawe juga ke bung rexaine bahwa bicara gambir maka akan bicara ring 1, ada yg mengamati knp di ring 1 kok ada kedubes negara lain dan ada yg tau gak mengapa kok negara itu kedubesnya bisa di situ?tx

 Leave a Reply