Jan 262016
 

Parade Militer Memperingati Hari Republik India ke-67

Parade Militer Memperingati Hari Republik India ke-67


Militer India hari ini memamerkan kekuatan bersenjatanya dalam satu parade memperingati Hari Republik India ke-67 di Rajapath, New Delhi. Dalam parade tersebut, dipamerkan pula kemampuan pertahanan, tradisi budaya, serta keberagaman sosial negara tersebut. Parade ini sendiri menekankan pada kemandirian pemerintah India.

Presiden Perancis & PM India dalam Parade Militer Memperingati Hari Republik India ke-67

Presiden Perancis & PM India dalam Parade Militer Memperingati Hari Republik India ke-67


Ada yang spesial dalam Republic Day Parade ini, dengan terlibatnya 123 tentara Perancis dalam parade baris tersebut. Mereka juga melakukan upacara penghormatan kepada Presiden Pranab Mukherjee. Dalam parade ini, hadir pula sebagai tamu kehormatan, yaitu Presiden Perancis, Francois Hollande yang duduk di samping Perdana Menteri India, Narendra Modi.

Hal unik lain yang terjadi dalam parade ini adalah diikut sertakannya pasukan anjing tentara dari kesatuan Remount Veterinary Corps, yang sempat vakum selama 26 tahun.

Border Security Force regiment

Border Security Force regiment


Warna-warni Pasukan Keamanan Perbatasan juga turut meramaikan tradisi yang telah berlangsung selama 66 tahun ini. Untuk pertama kalinya, parade ini juga menampilkan pertunjukan lakon tanpa gerak para veteran, yang menceritakan kisah mereka dalam pembangunan bangsa.

Republic Day Parade ini juga memamerkan berbagai persenjataan yang dimiliki oleh militer India, seperti rudal tembak tank T-90 Bisma, Infanteri Kendaraan Tempur BMP II (Sarath), Mobile Autonomous Launcher dalam Sistem Rudal BrahMos, sistem senjata Akash, serta Sistem Komunikasi Elektronik Terintegrasi Warfare.

Kendaraan Hias Indian Air Force

Kendaraan Hias Indian Air Force


Tak mau kalah, Angkatan Udara India memamerkan kemampuan mereka, dengan tema ‘Bantuan Kemanusiaan dan Operasi Penanggulangan Bencana’ yang dilakukan oleh In Service of the Nation and Beyond (IAF). Mereka menampilkan model C-17 Globemaster, C-130 Hercules, dan pesawat MI-17V5, yang menekankan penggunaannya dalam operasi penyelamatan dan bantuan di Uttarakhand, Jammu dan Kashmir, di Yaman dan Nepal.

Sementara itu, Angkatan Laut India menampilkan aksi penerbangan pesawat dari kapal induk Vikrant, yang saat ini masih dalam proses perakitan di galangan kapal Kochi. Ditampilkan pula proses perakitan kapal selam Kalvari oleh Mazagaon Dock, Mumbai, yang merupakan hasil rakitan dalam negeri India.

Atraksi Motor oleh Army Signal Corps

Atraksi Motor oleh Army Signal Corps


Di acara yang berlangsung selama dua jam ini, hadir pula aksi akrobatik dengan sepeda motor, yang ditampilkan oleh Army Signal Corps. Aksi flypasts pun menghiasi langit Rajpath, dengan berbagai gaya akrobatik yang indah.

Tak hanya militer, rakyat sipil termasuk anak-anak sekolah turut tampil dalam parade ini. Mereka menampilkan berbagai tarian dan pertunjukan tradisional India.

Selama parade ini berlangsung, India berubah menjadi satu benteng keamanan tingkat tinggi yang belum pernah terjadi sebelumnya. Ribuan tentara bersenjata lengkap mengawal acara tahunan ini. Pasukan penembak jitu pun disiagakan di sepanjang jalur Republic Day Parade.

Times of India

  13 Responses to “Parade Militer Memperingati Hari Republik India ke-67”

  1. Indon Sehat ?

  2. Salam Serumpun

  3. Kok aneh ya ni kan parade militer kok kaya karnaval

  4. keren amat ampe si holang dateng 😛

  5. Beruk kepo juga nih

  6. ada miniatur globemaster C-17..

 Leave a Reply