May 092016
 

Rusia menggelar parade militer di Lapangan Merah Moskwa untuk memperingati 71 tahun kemenangan Uni Soviet atas Jerman dalam Perang Dunia II, Senin (09/05). Parade itu dihadiri oleh Presiden Vladimir Putin bersama para veteran perang Soviet.

Sedikitnya 10.000 personel militer, tank dan sistem peluncur roket terlibat dalam parade militer tahunan tersebut. Tak ketinggalan, sistem pertahanan udara S-400 pun dipertontonkan dalam parade itu.

Parade Militer Memperingati 71 Tahun Kemenangan Uni Soviet Atas Jerman (3)

Parade Militer Memperingati 71 Tahun Kemenangan Uni Soviet Atas Jerman (4)

Parade Militer Memperingati 71 Tahun Kemenangan Uni Soviet Atas Jerman (5)

Parade Militer Memperingati 71 Tahun Kemenangan Uni Soviet Atas Jerman (6)

Parade Militer Memperingati 71 Tahun Kemenangan Uni Soviet Atas Jerman (7)

Parade Militer Memperingati 71 Tahun Kemenangan Uni Soviet Atas Jerman (8)

Parade Militer Memperingati 71 Tahun Kemenangan Uni Soviet Atas Jerman (10)

Parade Militer Memperingati 71 Tahun Kemenangan Uni Soviet Atas Jerman (15)

Rusia juga memamerkan kendaraan peluncur rudal nuklir antar benua Yars.

Russian strategic ballistic missile RS-24 Yars launching vehicle takes part in the Victory Day military parade in the Red Square in Moscow, Russia, 09 May 2016. Russia celebrates the 71st anniversary of the victory over the nazi Germany in the World War II on 09 May 2016. (EPA/YURI KOCHETKOV)

Russian strategic ballistic missile RS-24 Yars launching vehicle takes part in the Victory Day military parade in the Red Square in Moscow, Russia, 09 May 2016. Russia celebrates the 71st anniversary of the victory over the nazi Germany in the World War II on 09 May 2016. (EPA/YURI KOCHETKOV)

The 71st anniversary of the end of World War II

Sistem rudal anti-pesawat S-400 dalam parade Hari Kemenangan untuk menandai ulang tahun ke-71 dari kemenangan atas Nazi Jerman dalam Perang Dunia II.

Sistem rudal anti-pesawat S-400 dalam parade Hari Kemenangan untuk menandai ulang tahun ke-71 dari kemenangan atas Nazi Jerman dalam Perang Dunia II.

Sejumlah jet tempur juga terlihat terbang di atas Lapangan Merah, termasuk jet yang mengeluarkan asap berwarna merah dan biru di langit, seperti bendera Rusia.

Sukhoi Su-25 meninggalkan jejak dalam warna nasional Rusia saat mereka terbang di atas Lapangan Merah Moskow selama parade militer Hari Kemenangan menandai ulang tahun ke-71 dari Kemenangan atas Nazi Jerman dalam Perang Dunia II. (Mikhail Japaridze / TASS)

Sukhoi Su-25 meninggalkan jejak dalam warna nasional Rusia saat mereka terbang di atas Lapangan Merah Moskow selama parade militer Hari Kemenangan menandai ulang tahun ke-71 dari Kemenangan atas Nazi Jerman dalam Perang Dunia II. (Mikhail Japaridze / TASS)

Parade Militer Memperingati 71 Tahun Kemenangan Uni Soviet Atas Jerman (17)

Helikopter serang Kamov Ka-52 terbang di atas Katedral St. Basil di Lapangan Merah Moskow selama parade militer Hari Kemenangan menandai ulang tahun ke-71 dari Kemenangan atas Nazi Jerman dalam Perang Dunia II. (Stanislav Krasilnikov / TASS)

Helikopter serang Kamov Ka-52 terbang di atas Katedral St. Basil di Lapangan Merah Moskow selama parade militer Hari Kemenangan menandai ulang tahun ke-71 dari Kemenangan atas Nazi Jerman dalam Perang Dunia II. (Stanislav Krasilnikov / TASS)

Parade militer ini merupakan kesempatan untuk menunjukkan bahwa program modernisasi yang menghabiskan dana miliaran dolar dapat mengubah wajah militer Rusia, dengan memasok senjata dan peralatan tempur terbaru.

Presiden Rusia Vladimir Putin memberikan pidato dalam parade militer di Lapangan Merah Moskow pada 9 Mei 2016 (© Sputnik / AFP Mikhail Klimentov)

Presiden Rusia Vladimir Putin memberikan pidato dalam parade militer di Lapangan Merah Moskow pada 9 Mei 2016 (© Sputnik / AFP Mikhail Klimentov)

Dalam pidatonya, Putin memberi selamat atas perayaan yang secara tradisional mempersatukan bangsa Rusia dari berbagai aliran politik. Ia juga menggunakan kesempatan tersebut untuk menyeru kepada komunitas internasional agar bersatu memerangi terorisme global.

CNN Indonesia dan kompas.com

  26 Responses to “Parade Militer Rusia Memperingati 71 Tahun Kemenangan Uni Soviet Atas Jerman”

  1. terang saja jerman kalah sama uni sovyet…..lah beraninya rusia /uni sovyet main kroyokan sama NATO…..

    • Tante Carin, mengapa tante selalu “komen maido” kalau berurusan dg beruang kutub? Pernah dibrakot beruang ya? Atau gagal menggaet cowok Rusia? ..

      Padahal pd perang dunia II NATO blm ada, lalu kata siapa Rusia main keroyokan bersama NATO melawan Jerman? (itu ya cuma kata tante Carin). Yang ada justru Jerman sekarang adalah inti dari kekuatan NATO untuk wilayah eropa barat.
      ….

  2. Pamer pensil ni jd kepingin negara kt pensil jumbo hehe…

  3. heemmm peluncur nuklir bikin gemetar tetangga tuh

  4. Tentera wanitanya bikin mata seger cakep2

  5. Untuk yang belum tahu Russia saat ini :
    1. Secara Militer Russia telah sukses bangkit kembali dibawah kepemimpinan Putin, telah mengembalikan kebanggan Nasional. Russia adalah pewaris utama Uni Sovyet akan berbagai Arsenal Nuklir. Kini Russia adalah pemilik Senjata Nuklir terbanyak dan terkuat. Rudal Nuklir terkuat adalah SATAN, disusul TOPOL M, BuLAVA dll. Seperti ASU, Rudal Nuklir Russia dalah bom nuklir Fusi (Bom Hidrogen), tidak perlu setengahnya sudah cukup utk meratakn benua Amerika & Eropa
    2. Sosialisme, Komunisme/Leninisme lahir di Sovyet,,namun saat ini Federasi Rusia bukanlah negara Komunis, namun negara dengan keberagaman dengan Konstitusi yang melindunginya
    3. Secara Ekonomi Rusia bangkit dengan melimphanya hasil Migas, namun seiiirng permnaiann mata kucing AS Arab, harga minyak saat ini jatuh dan semapt menggangu pendapatan Russia. Russia kini adalah Ekpostir sejata terbesar ke dua
    4. Kehidupan beragama dijamin dan dilindungi oleh undang-undang. 30 % penduduk bergama Katolik/Kristen Ortodok, 25 % beragama Islam, sisanya penganut agama lain, termasuk kepercayaan & juga berpikiran bebas ( Atheis),Atheis di rusia 10-15%,,,kedepan diperkirakan makin menyusut
    5. Banyak negera Eropa barat yang sehari harinya berpaham pikiran Bebas (Atheis), sebab berpaham Atheis dianggap sbg HAM yg hrs dihormati, Ironis negara Eropa barat macam Norwegia menjadi mayoritas berpirian bebas. Belanda termasuk memiliki jumlah berpikiran Bebas yang cukup banyak, termasuk legenda sepak bola Ruud Gulit jd penganutnya. Disisi lain, di Russia , dibekas episentrum Komunisme, penduduk sangat happy menjalankan keyakinannya dan sangat mecintai Putin, karena telah menjamin kebebasan beragama di Rusia
    6. Seseorang akan di tuntut bahkan diadili hingga dipenjara hanya karena melecehkan ajaran agama tertentu (belum sampai menghina, baru melcehkan loo). Di Russia ada Undang undang yang melindungi ajaran agama yang resmi diakui pemerintah, dan jika satu pihak ada yang melakukan pelanggaran akan ditindak dipengadilan, bahkan ada seseorang masuk penjara meskipun menghina agama tertentu hanya lewat Internet!!! nahh Brooo..inilah hebatnya bekas episentrum Komunis yang sekarang hidup dalam keberagaman
    7. Di Moscow telah diresmikan berdirinya Masjid Agung terbesar diEropa, dihadiri si Cecep Toyip Esdegan wkt masih AKur sm Oom Putin.
    8. Jika Broo semua ingin melihat Film kemenangan Russia atas Jerman, bisa lihat di Film “Enemy at the Gate”,jangan kwatir masih ada bumbu gadis cantik dlm peperangan…,akan kita lihat…Pemenang itu Buka Krn Hebatnya Senjata,,namun Siapa dibalik Senjata itu..
    Disarikan dari berbagai Sumber

  6. Klo komunis msh ada d indonesia mngkin militer indonesia skrng s.kuat rusia dn cina….

  7. @ ,Tukang gali kubur

    sudah hilang bang gambarnya……di ghoibkan….

    ha ha ha

  8. Ngaakkk

  9. ss18 gak keliatan yah….

  10. Gambar no 2,..3….. Asoy geboy

  11. Bung carin@ mf saya hanya mau share pengalaman tetangga saya.sebut saja namanya mas wangiman.,
    Dia itu pengekspor buah pepaya ke rusia..disana pepaya paling disukai warga rusia..nah ringkas kata,mas wangiman ini mau sholat,lantas dipakailah peci hitamnya yg khas indonesia.,ktika mau masuk masjid para polisi yg menjaga keamanan lgsg berdiri tegap sambil bilang “bung karno” seluruh jama’ah yg hadir lgsg sketika berdiri dan menyalami mas wangiman.dlm bhsa inggris dia bilang”terima kasih..berkat bung karno umat islam dinegara ini dijamin.” nah silahkan anda cermati kisah perjalanan tetangga saya itu, thanx,.

  12. Carin otaknya sudah semaput
    kebiasaan membaca di awalnya saja

    kim juga komunis tapi dia peduli dgn islam
    usa nato tidak komunis tapi mereka menghancurkan islam dgn cara komunis

  13. Carin kemana ya,,,otaknya ilang separo tuh bocah,, kena rabies jga belum sembuh,,obatnya di minum dulu,,,hati2 klw deket carin kena rabies nanti,,,

  14. bapak dari lahirnya sebagian bangsa dan negara di asia ya rusia broo, makanya yg lom paham sejarah rusia dan berbagai bangsa itu baca sejarah jangan setengah2 bro,, lanjutkan.. jangan hanya baru baca sampul udah buat perdebatan jadi lucu liat y.. hhaaaa..

  15. @carin .. Russia sekarang berideologikan Keristen Orthodox Byzantium Timur, yang sangat anti LGBT dan perkawinan sesama jenis .. bukan seperti dinegara-negara barat junjungan kamu itu .. faham !!!

    • @ china medan.

      gay sangat banyak di rusia….paham..!!
      maka berterima kasih lah sama usa…karena masih ada kota medan….
      loe internetan aja berkat USA….mana rusia…mana..mana…mana…

      ha ha ha

  16. mungkin rakyat yg ingin menghidupkan lagi krn mereka tak mampu bersaing maka mereka ingin sama rata sama rasa

  17. kadang klo melihat para veteran perang di dunia dgn para veteran negara kita berbeda 180 derajat d sana para veteran d hormati & di berikan fasilitas oleh negara beda dgn negara kita veteran di lupakan padahal mereka lah yg berjasa mengusir para penjajah… “Tepuk jidat & prihatin”

    we will ghoiber

    nkri jaya di darat, udara & udara

  18. Ngeri alutsistanya….

  19. Victory day russia,ada alutsista terbaru kah?

 Leave a Reply