Parade Victory Day, Rusia Pamerkan Alutsista Terkini

JakartaGreater – Parade militer untuk memperingati 76 tahun Kemenangan Uni Soviet atas Nazi Jerman dalam Perang Patriotik 1941-1945 berlangsung di Lapangan Merah, Moskow pada hari Minggu, 9-5-2021. Dalam parade ini Rusia menampilkan berbagai alutsista tercanggih dan terkini.

Presiden Rusia Vladimir Putin, para veteran perang, dan tamu menyaksikan pawai dari stan peninjau pusat di Lapangan Merah.

KamAZ-43269 Vystrel. (@ Russia MoD)

Menteri Pertahanan Rusia Jenderal Angkatan Darat Sergei Shoigu meninjau ulang pawai tersebut, yang dipimpin oleh Panglima Angkatan Darat Oleg Salyukov.

Tahun ini, Parade Kemenangan Rusia di Lapangan Merah Moskow melibatkan lebih dari 12.000 tentara, sekitar 190 item militer dan perangkat keras khusus, serta 76 pesawat dan helikopter, dirilis TASS, 9/5/2021.

82-mm self-propelled mortar 2?41 “Gorse” pada chasis K-4386 “Typhoon-VDV”.(@Russian MoD)

Kolom parade pasukan terdiri dari 37 unit parade yang terdiri dari perwira, sersan dan tentara dari unit dan formasi militer, mahasiswa dari universitas militer, kadet infanteri Suvorov dan sekolah militer angkatan laut Nakhimov dan korps kadet, anggota Gerakan Tentara Muda dan juga unit dari Kementerian Darurat, Pengawal Nasional dan Pasukan Penjaga Perbatasan dari Dinas Keamanan Federal Rusia (FSB).

KAMAZ-63968 Typhoon-K Armored Modular Vehicle: multi-functional, modular, armoured, mine resistant MRAP vehicles. (@ Russia MoD)

Tank T-34 yang legendaris secara tradisional memimpin kolom mekanis di Parade Hari Kemenangan.

Perangkat keras beroda ringan termasuk kendaraan lapis baja cross-country Taifun-VDV dan juga kendaraan lapis baja khusus Taifun-PVO terbaru untuk mengangkut personel sistem pertahanan udara portabel, yang mengambil bagian dalam parade untuk pertama kalinya.

Perangkat tempur infanteri bermotor diwakili oleh kendaraan tempur infanteri BMP-2 dengan modul tempur Berezhok dan kendaraan tempur Kurganets-25 terbaru dengan modul tempur Epokha, dan juga IFV BMP-3.

T-90M Proryv-3.(@Russian MoD)

Perangkat keras militer Angkatan Udara termasuk kendaraan tempur infanteri lintas udara BMD-4M dan BTR-MDM ‘Rakushka’. Kendaraan pembersih ranjau dengan kendali jarak jauh Uran-9 terbaru juga meluncur melalui Lapangan Merah Moskow.

Tahun ini, tank tempur utama T-72B3M, T-80BVM dan T-90M ‘Proryv’ serta tank canggih T-14 Armata berguling-guling di Lapangan Merah.

Persenjataan pasukan artileri dan Rudal yang mengambil bagian dalam parade militer diwakili oleh sistem rudal taktis Iskander-M, sistem roket peluncuran ganda Tornado-S, howitzer self-propelled Msta-S dan sistem artileri kekuatan multiservice Koalitsiya-SV, serta Kendaraan penyembur api berat TOS-1A.

T-80BVM Main battle tank. (@(Russian MoD)

Sistem misil antipesawat jarak menengah dan pendek Buk-M3 dan Tor-M2 yang canggih mewakili persenjataan pertahanan udara medan perang Angkatan Darat.

Perangkat keras militer pasukan pertahanan udara terdiri dari peluncur rudal / senjata anti-pesawat Pantsyr-S dan sistem rudal permukaan-ke-udara S-400 yang secara tradisional berpartisipasi dalam parade militer di Lapangan Merah Moskow.

Parade kolom mekanis diakhiri oleh peluncur Rudal Balistik antarbenua Yars yang dikawal oleh unit keamanan dengan kendaraan lapis baja Tigr-M.

Pantsyr-S (@Russian MoD)

Pesawat tempur dan helikopter Rusia terbang dalam formasi untuk mengakhiri parade militer di Lapangan Merah Moskow.

Secara keseluruhan, 76 pesawat tempur dan helikopter yang mewakili hampir semua jenis pesawat Angkatan Udara Rusia terbang di atas Lapangan Merah.

Untuk pertama kalinya tahun ini, tiga helikopter angkut militer Mi-26 membuka parade udara. Mereka diikuti oleh lima helikopter multiperan Mi-8 yang terkenal dengan kemampuannya dalam menangani berbagai tugas dan beroperasi dalam berbagai kondisi iklim.

howitzer self-propelled Msta-S (@Russian MoD)

Flyover penerbangan tentara ditutup dengan helikopter serang Mi-35 canggih dari kelompok aerobatik Berkuts (Golden Eagles) dan juga kapal tempur Ka-52 ‘Alligator’ dan Mi-28N ‘Night Hunter’. Parade udara dilanjutkan dengan flyover tiga pesawat Il-76 yang menjadi tulang punggung penerbangan angkut militer Rusia.

Pembom pembawa Rudal strategis Tu-160 dan Tu-95MS terbang dalam formasi parade di atas Lapangan Merah Moskow diikuti oleh 2 tanker pengisian bahan bakar udara Il-78, yang mendemonstrasikan pengisian bahan bakar di udara. Salah satu pembom Tu-160 terbang dalam formasi padat tunggal dengan empat pesawat tempur.

BMPT-72 Terminator 2 Tank (@Russian MoD)

Parade udara dilanjutkan dengan flyover pesawat tempur Su-35S canggih yang ditujukan untuk mendapatkan supremasi udara.

Penonton juga dapat mengamati pembom garis depan Su-24, yang sebenarnya merupakan kekuatan serangan dasar operasi kontra-teror Rusia di Suriah, dan 4 jet tempur supersonik MiG-31K yang membawa Rudal Hipersonik Kinzhal yang mutakhir.

BMD-4M – Combat Vehicle of the Airborne (@Russian MoD)

Mereka diikuti oleh 4 pesawat tempur generasi kelima Su-57 terbaru dan kelompok gabungan yang terdiri dari 10 pesawat tempur Su-34, Su-30SM dan Su-35S dari Pusat Penerbangan Lipetsk.

Parade Victory Day Rusia. (@Russia MoD)

Secara tradisional, parade udara diakhiri oleh aksi Kubinka Diamond dari pesawat MiG-29 dan Su-30SM yang diterbangkan oleh kelompok aerobatik Strizhi (Swift) dan Russkiye Vityazi (Ksatria Rusia). Mereka diikuti oleh 6 pesawat serang Su-25 yang terbang di atas Lapangan Merah Moskow, mengeluarkan asap dalam warna bendera nasional Rusia.

*Foto: KAMAZ-4386 Typhoon-VDV with 32V01 RCWS. (@Russian MoD)

Tinggalkan komentar