Paramount Mbombe 8, IFV Buatan Afrika Selatan

Kendaran Tempur Infenteri “Mbombe” buatan Afrika Selatan. © Paramount Group

Paramount Mbombe 8, IFV Buatan Afrika Selatan 1

Ditampilkan untuk pertama kalinya dalam pameran Afrika Aerospace & Defence (AAD 2016), Paramount Mbombe 8 Kendaran Tempur Infanteri (IFV) terbaru. Kemunculan awal konfigurasi IFV adalah saat Kazakhstan Expo pada bulan Juni 2016 dengan nama lokal Barys 8.

Mbombe 8 adalah teknologi kendaraan lapis baja garda depan dan telah dikembangkan untuk memenuhi permintaan kendaraan multi-peran, mobilitas tinggi dan platform anti ranjau, serta perubahan tuntutan medan perang global.

Bila dibandingkan dengan anggota keluarga Mbombe sebelumnya dari kendaraan tempur lapis baja beroda (AFV), maka Mbombe 8 IFV memiliki lebih banyak volume dan daya angkut. Hal ini memungkinkan untuk melakukan jangkauan lebih luas dari misi medan perang, serta dilengkapi dengan sistem senjata yang lebih berat.

Pada AAD 2016, Mbombe 8 ditampilkan dengan dilengkapi Stasiun Senjata Remote Control (RCWS) yang dipersenjatai meriam 30 mm dan senapan mesin (MG) 7.62 mm, ditambah bank dari peluncur granat.

Mbombe 8 memiliki berat kotor kendaraan 28 ton dan berat tanpa beban 19 ton, sehingga memungkinkan untuk menambah muatan sebanyak 9 ton termasuk sistem senjata, amunisi, bahan bakar dan kru. Sumber tenaga berasal dari mesin diesel turbocharged 6 silinder dengan transmisi 6 kecepatan otomatis yang dapat memberikan kecepatan maksimal 110 km/jam, dilengkapi dengan ban 16.00R20, daya jelajah maksimum adalah 800 km.

Menurut Paramount, standar tingkat perlindungan balistik dari Mbombe adalah STANAG 4569 Tingkat 3+, sementara perlindungan terhadap ledakan ranjau adalah Tingkat 4A dan 4B, disertai pilihan untuk memberikan armor tambahan untuk tingkat perlindungan yang lebih tinggi.

Pengembangan Mbombe 8 memungkinkan Paramount untuk menawarkan kepada pelanggan potensial sebuah keluarga AFV beroda lengkap mulai konfigurasi 4×4, 6×6 dan 8×8 yang berbagi sekitar 80 persen dari komponen umum untuk mengurangi biaya operasional, serta mengurangi pelatihan.

Ivor Ichikowitz, pendiri dan direktur eksekutif Paramount Group, mengatakan “Ini adalah kesempatan penting bukan hanya untuk Paramount Group, tetapi juga untuk Afrika Selatan, yang memelopori IFV itu. Selama 6 tahun kami telah merancang, mengembangkan dan memproduksi tiga kendaran tempur lapis baja kecepatan tinggi, jarak jauh dan low-profile – yaitu Mbombe 4, 6 dan 8”.

Prototipe canggih dari Mbombe 8 pertama akan segera mulai uji coba mobilitas yang luas dan produksi bisa dilakukan di Afrika Selatan atau Kazakhstan.

Dalam pameran AAD 2016 juga ditampilkan kendara 6×6 Mbombe 6 yang saat ini sedang dalam produksi untuk Angkatan Bersenjata Yordania yang telah memesan 50 unit kendaraan. Produksi pertama kendaraan Mbombe 6 adalah di Afrika Selatan dan selanjutnya diikuti oleh perakitan progresif lokal di fasilitas Biro Desain dan Pengembangan Raja Abdullah II (KAADB), Yordania.

Sumber: IHS Jane

Leave a Reply