Paris Siap Gelar Eurosatory 2016

Salah satu kota yang berjuluk Kota Mode, Paris, siap menggelar Eurosatory 2016. Amerika Serikat (AS) akan menjadi negara asing peserta pameran terbesar di Eurosatory tahun ini. AS mengerahkan sedikitnya 136 perusahaan pertahanan dalam pameran yang akan digelar mulai 13-17 Juni 2016 di Paris, Perancis.

Jumlah ini disusul oleh Jerman dan Inggris yang melibatkan 110 dan 76 perusahaan pertahanan untuk ambil bagian dalam pameran pertahanan dan keamanan, Eurosatory 2016. Sementara dari Benua Asia, Jepang akan ikut serta untuk kedua kalinya, diikuti oleh Korea Selatan dan Tiongkok.

Dikutip dari defensenews, militer AS akan mengirimkan satu unit helikopter angkut jenis UH-60 Black Hawk dan satu unit helikopter penyerang AH-64 Apache untuk dipamerkan.

Sebagai tuan rumah, Perancis sendiri akan mengerahkan 529 perusahaan dalam negeri ke pameran tersebut. Dengan demikian, total akan ada sekitar 1.536 perusahaan pertahanan yang sudah terdaftar ikut ambil bagian dalam Eurosatory 2016. Sebanyak 250 kendaraan dan berbagai alutsista lainnya, termasuk helikopter seperti Airbus Helicopter (dahulu Eurocopter Group) akan dipamerkan di Eurosatory 2016.

Mengingat banyaknya negara-negara asing akan ambil bagian dalam pameran ini, pemerintah setempat menjamin sistem keamanan untuk acara ini akan lebih ketat jika dibandingkan dengan acara di tahun sebelumnya. Dengan berkaca pada tragedi serangan bom di dekat stadion Stade de France, Perancis, 13 November 2015 lalu, yang menewaskan 130 orang, pemerintah Paris akan mengantisipasi dengan mengerahkan segala upaya pengamanan yang maksimal. Tambah lagi, Eurosatory 2016 ini akan digelar bertepatan pula dengan turnamen sepak bola Euro 2016.

Eurosatory merupakan pameran dagang industri pertahanan dan keamanan terbesar yang digelar dua tahun sekali di Paris-Nord Villepinte Exhibition Centre, Paris. Pada Eurosatory 2014 sebelumnya, pameran ini diikuti 1000 peserta dan berhasil menyedot perhatian 55.700 pengunjung. Pameran berskala internasional ini digelar oleh COGES yang bekerja sama dengan Kementerian Pertahanan Perancis. Pameran ini pertama kali digelar tahun 1992 di Le Bourget, Perancis.

Sharing

Tinggalkan Balasan