Parlemen Korea Selatan Makzulkan Presiden Park Geun-hye

Presiden Korea Selatan Park Geun-hye (Reuters)

Parlemen Korea Selatan telah mengambil suara untuk memakzulkan Presiden Park Geun-hye karena skandal korupsi sehingga kekuasaannya sementara dicabut. Mahkamah Konstitusi akan memberikan keputusan apakah akan menguatkan mosi parlemen itu sehingga memastikan Presiden Park jatuh atau malah menolaknya sehingga mendudukkan kembali Presiden Park dalam kekuasaannya.

Perdana Menteri Korea Selatan akan menjadi penjabat presiden sampai mahkamah konstitusi mengeluarkan putusan, demikian dilaporkan Reuters.

Presiden Korea Selatan Park Geun-hye mengomentari hasil voting parlemen yang menyetujui pemakzulannya. Park Geun-hye mengaku menerima hasil itu, dan dia bersikeras menunggu hingga putusan akhir dijatuhkan Mahkamah Konstitusi.

Hasil voting pemakzulan oleh parlemen menunjukkan 234 anggota parlemen mendukung pemakzulan Presiden Park dan 56 anggota lainnya menolak. Begitu hasil itu diumumkan parlemen, Presiden Park langsung menggelar rapat kabinet mendadak.

“Saya dengan sungguh-sungguh menerima suara parlemen dan suara rakyat dan dengan tulus mengharapkan kebingungan ini bisa berakhir,” ucap Presiden Park dalam rapat kabinet mendadak, seperti dilansir Reuters, Jumat (9/12/2016).

Sumber : Antara

Tinggalkan komentar

Most Popular

Komentar