Oct 282014
 

china-army

Keifang, Zhengzhou – Korps Pasukan Khas TNI Angkatan Udara menggelar latihan bersama dengan mitranya dari Angkatan Udara Tiongkok, untuk mempererat hubungan dan kerja sama kedua pihak, selain meningkatkan kemampuan serta ketrampilan tempur.

Dalam latihan bersama yang digelar di Pusat Latihan Terpadu Divisi 43 Airbone Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (Peoples Liberation Army/PLA), itu pasukan baret jingga TNI AU mengerahkan sekitar 80 personelnya, disambut Asisten Atase Pertahanan RI Mayor Sus Adi Triady.

Dalam latihan bersama bersandikan “Sharp Knife Airbone” 2014 itu kontingen Tiongkok menurunkan sekitar 80 personelnya, berikut senjata dan sistem pendukungnya.

Direktur Latihan Kontingen Indonesia Kolonel Psk Bambang Hariyono mengatakan materi yang dilatihkan adalah menembak senjata dasar, menembak senjata khusus, bela diri militer, pembebasan sandera dan operasi antiteror.

“Kami juga nanti akan berlatih bersama tentang halang rintang, mendaki dan rappeling, dan simulasi fastrooping dan taktik penanggulangan teror beregu,” kata Bambang yang sehari-hari bertugas sebagai Asisten Intelijen Korps Pasukan Khas TNI AU.

Sejak Kesepakatan Kerja Sama Pertahanan Indonesia dan Tiongkok ditandatangani pada 7 November 2007, militer kedua negara telah menjalin kerja sama latihan bersama diawali latihan bersama Komando Pasukan Khusus TNI Angkatan Darat dengan mitranya dari Tiongkok pada Juni 2011 di Pusdik Kopassus di Batujajar, Jawa Barat.

china-army-3

Latihan antiteror antara Kopassus dan Komando Pasukan Khusus Angkatan Darat Tiongkok kembali digelar pada Juli 2012 di Jinan, Provinsi Shandong, Tiongkok.

Kegiatan serupa dikembangkan pula pada matra udara antara Korps Pasukan Khas TNI AU dan mitranya dari Tiongkok pada November 2013 di Bumi Margahayu, Jawa Barat.

Militer Indonesia dan Tiongkok berencana menggelar latihan bersama antara pasukan khusus angkatan laut kedua negara yang akan diselenggarakan secara bergantian di Indonesia dan Tiongkok. (ANTARA News).

  43 Responses to “Paskhas Latihan Anti-Teror di Tiongkok”

  1. 1

    • Mbah bowo@ kami datang mbah,bawa gada besar.disiapin kopi sama bakwan jagung yh mbah.

      • Hehehe bung MJ@ kalau ane pribadi ga percaya rata2 PLA berbadan raksasa versi mbah Bowo,orang asia timur evolusi dari manusia asia kaukakus rata2 berbadan sederhana yg menyebar hingga ke nusantara.Kalau orang mongolia agak besaran dikit evolusi dari manusia siberia/russia.yang Manusia Siberia murni memang size rata2 190cm ( russia).syarat jadi anggota PLA tinggi badan 170-190cm,diatas ketinggian itu ditolak.kok mbah Bawa bilang anggota PLA size nya tinggi lebih dari 2 M itu agaknya halimunan dari manusia salju ( YETY).

      • kalo yang raksasa tu pasukan nyag gaib, nyang suka bawa gada besar, hidupnya di goa, AKA flinstone n genderuwo anak turune mbaw bowo, he he he :mrgreen:

  2. Pasukan yang jarang dipublish kemampuannya

    • Matra udara juga jarang latgab sama mitra asing,ga kayak matra darat dan laut yang bussy latgab terutama dgn USA army.apakah kurang publitisi atau juga sengaja merahasiakan kekuatan.

  3. Saya agak bingung dengan paskhas..

  4. Mbah bowo meriang

  5. Di foto keliatan nya lebih gahar TNI dr pada PLA….

  6. Mntabz, Perbanyak ilmu.

  7. Ijin tanya rekan warjag itu yang di pinggangnya nyang lagi pke senjata sniper kok ada nongol 2 batang kayu yau, pa ntu granat seperti model PD II,atau pentungan hansip, he he, masak kalo itu granat model jadul gitu masih dipake, kan ribet, gede gede pula.

  8. makin mesra aja nih sama tiongkok… 😀

  9. Bagus ini Langkah untuk meredam situasi dikawasan di LCS memanas , Kita negara NetraL / Non BLok kita bukan Negara Agresor , Kita terbuka dengan semua negara yang mau bekerjasama , tanpa syarat atau embeL2 seperti negara ASU yang bikin CILOKO negara kita , huuuuf nasiiib 🙁

  10. Main dua kaki sepertinya kita..:) pimpinannya Kasau ke Jepang, pasukan khususnya ke Tiongkok untuk latihan bersama..:)

  11. TNI ku strongggggg 😀

  12. Hahaha .. ada yg pernah bilang paskhas pasukan yg tidak mau berlatih dengan pasukan negara asing .. semua pasukan khusus didunia pasti melakukan latihan bersama untuk saling belajar tekhnik bertempur .. semoga PASKHAS semakin HEBAT

  13. ga dibatesin tinggi max nya, kecuali pilot atau kru ranpur, pla ada yang tingginya sampai 210 cm ex pemain basket, repotnya perlu pesan baju sepatu dan ranjang khusus.

  14. Dari wajahnya sdh bisa ditebak siapa yg akan menang klo duel satu lawan satu antara anggota PLA dan anggota TNI.

    Ibarat tinju,

    Dari wajah Mike Tyson dan Frank Bruno sdh bs diketahui siapa yg akan menang bahkan sblm bel ronde pertama berbunyi

  15. mbah bowo pasti terharu baca artikel ini….doa mbah terkabul

  16. ” SATU NUSA, SATU BANGSA, SATU BAHASA” INDONESIAAAAAAAAAAA,,,,,,

  17. Pakhas dan Den Bravo masih enjoy latihan sendiri untuk mengamankan pangkalan2 TNI AU

  18. Kita Ibarat seorg pemuda yg disegani oleh tetangga yg sdg berseteru dgn tetangga lainnya, tp kita diundang dan dipercaya oleh kedua tetangga tsb…….Kalo bukan wibawa dan kemampuan dlm berdiplomasi tak mungkin kita di percaya oleh keduanya……bravo TNI.

  19. tinggi besar serem bawa gada
    berarti pasukanya mbah bowo cs sebangsa buto ijo dhunk
    haha

    • wah bung @ sandal jepit dah nongol nih siap siap aja nyang ngetrol ditapuk mulute pasti langsung nyonyor, dower, n memble, kuaapokmu kapan, he he he
      piss bung salam kenal :mrgreen:

 Leave a Reply