AS Pasok Amunisi Baru Israel

33
101

idf2

Washington — Amerika Serikat (AS), Rabu (30/7/2014), memastikan, pihaknya telah memasok lagi persediaan amunisi buat Israel. Kepastian tersebut terungkap beberapa jam setelah AS mengeluarkan kecaman keras atas serangan Israel terhadap sebuah sekolah PBB di Gaza.

Militer Israel meminta tambahan amunisi guna mengisi kembali persediaannya yang berkurang pada 20 Juli, kata Pentagon. Departemen Pertahanan AS menyetujui penjualan itu tiga hari kemudian.

“Amerika Serikat punya komitmen terhadap keamanan Israel, dan sangat penting bagi kepentingan nasional AS untuk membantu Israel mengembangkan dan mempertahankan kemampuan pertahanan diri yang kuat dan siaga,” kata Juru Bicara Pentagon, Laksamana John Kirby, dalam sebuah pernyataan. “Penjualan (alat-alat) pertahanan itu konsisten dengan tujuan tersebut.”

Persediaan Amunisi Cadangan Perang Israel (WRSA-I) diperkirakan bernilai satu miliar dollar AS.

Keputusan memberikan amunisi kepada Israel bisa menyulut kontroversi. Keputusan itu terungkap beberapa saat setelah Washington menyatakan kekhawatiran tentang kematian lebih dari 1.300 warga Palestina, kebanyakan warga sipil, sejak operasi militer Israel di Gaza dimulai pada 8 Juli.

Kirby mengatakan, Kepala Pentagon Chuck Hagel telah mengemukakan kepada Israel bahwa Amerika Serikat prihatin dengan konsekuensi mematikan dari konflik yang sedang berlangsung itu, dan menyerukan gencatan senjata serta mengakhiri permusuhan. Dalam sebuah percakapan telepon dengan Menteri Pertahanan Israel Moshe Yaalon, Hagel menyatakan “keprihatinan Amerika Serikat terkait meningkatnya jumlah kematian warga sipil Palestina dan hilangnya nyawa warga Israel, serta situasi kemanusiaan yang memburuk di Gaza.”

Hagel “menekankan perlunya gencatan senjata kemanusiaan yang mengakhiri permusuhan dan mengarah ke penghentian permanen permusuhan,” tambah Kirby. AFP (Kompas.com).

33 KOMENTAR

    • kalau dari pendapat saya sih ini murni politik, AS adalah sekutu dekat Israel…sejak sejarah perang Yom Kippur AS juga yg menjadi satu2nya andalan Israel, sesuai skenario politik dibelahan dunia manapun AS selalu berusaha untuk menetralkan wilayah terjadinya konflik, dgn cara menyeimbangkan kekuatan…Untuk hal ini AS ttp menyuplai amunisi untuk Israel, karena dr kubu Hamas sendiri ada kemungkinan disuplai pula oleh Iran dan negara2 arab (mungkin)…

      Persis seperti politik AS memberikan bantuan personil dan senjata untuk militer KorSel (konflik dgn KorUt), Jepang (dgn Cina), Australia dan Singapura (sengketa LCS dan penyeimbang kekuatan di kawasan Asia Tenggara).

  1. sumbangan setiap negara yang peduli di Palestina dikelola aja 1/3 buat makanan, 1/3 buat obat2an, 1/3 buat pertahanan dan keamanan bikin terowongan yang banyak teknik gerilya kayak vietcong sumbangan rompi anti peluru dan helm baja untuk warga palestina

  2. ada saat d mana kekuatan yg besar akan d lumpuhkan oleh si kecil yg tertindas..karna itu udh ketentuan Tuhan yg tdk dpt d ganggu gugat..Tugas kita d sini adlh berdo’a & memberikan bantuan semampunya..supaya dpt meringankan beban penderitaan sodara2 kita anak cucu adam di sana yg terlibat konflik.

  3. Makanya sadarlah orang Indonesia, janganlah menganggap eropa dan Amerika simbol peradaban dan penegak HAM, yang benar Eropa dan Amerika dari dahulu sampai sekarang Imperialis, penjajah, pelanggar HAM terbesar, dazzal,simbol munafik. Liberaalis itu syetan besar