JakartaGreater.com - Forum Militer
Mar 292018
 

dok. Pesawat tempur Rusia di Latakia, Suriah. (photo: Mil.ru)

Pentagon, Pasukan Rusia di Suriah nyaris bentrok dengan pasukan Amerika Serikat (AS) dan pasukan yang didukung AS, di bagian Barat negara itu. Namun bisa dicegah setelah percakapan telepon antara seorang jenderal Rusia dan perwira tinggi militer AS, dirilis VOA Indonesia, 28-3-2018.

Insiden awal pekan ini, di sebelah Timur Sungai Efrata di Provinsi Deir al-Zor Suriah, pada Selasa, 27-3-2018, terungkap ketika Menteri Pertahanan AS Jim Mattis menyampaikan keprihatinannya kepada para wartawan. “Kedua pasukan bergerak ke posisi yang lebih depan, terlalu dekat satu sama lain,” ujar Mattis, menyebut mereka “unsur-unsur Rusia.”

Pembicaraan antara Kepala Staf Gabungan AS, Jenderal Joseph Dunford, dan rekannya dari Rusia, Jenderal Valery Gerasimov, meredakan situasi. “Pasukan Rusia mundur,” ujar Mattis. “Kita juga mundur sedikit.”

Bentrokan yang hampir terjadi antara pasukan Rusia dan AS di wilayah itu menyusul bentrokan bulan lalu, ketika pasukan pemerintah Suriah, bersama dengan tentara bayaran Rusia, menyerang pasukan AS dan pasukan yang didukung AS di wilayah yang sama.

AS menanggapi dengan melancarkan serangkaian serangan udara yang menewaskan sampai 300 tentara, termasuk beberapa orang yang bekerja untuk CHVK Wagner, sebuah perusahaan militer swasta yang terkait Rusia.

Amerika dan Rusia berusaha tidak membesar-besarkan insiden bulan Februari 2018 itu, meskipun Pentagon mengatakan belum tahu mengapa tentara bayaran Rusia itu memutuskan untuk menyerang.

Berbagi

  49 Responses to “Pasukan AS dan Rusia Nyaris Bentrok di Suriah”

  1.  

    .. tembak aja pura2 gak sengaja

    •  

      when apache meet wagner……..

      Apache : hey bro do you want to greet my vulcan & hydra rocket…..

      •  

        perasaan yg udah ketemuan sama wagner si naga langit Ac-130

        Brrrrrrrtttttttt….booomm..boooom

        “cyka blyat we ded now faking fat amerikan bydlo!!”

        •  

          tapi hormatlah sama para wagner
          Ksatria2 harus dihormati meski dari pihak manapun

          •  

            ooo ya ya ya,,,,tpi si ruski malah ngeles….ooo itu bukan dari ukrain, jelas wagner itu bahasa jerman, wagnerian soprano dan mezzo….xixi

          •  

            tp kasihan tentara bayaran dari rusia udah bantuin gugur pula terus tdk di akuin sama rusia gw pernah baca di kompas ayah korban tentara rusia minta pengakuan dr pihak rusia supaya anaknya dpt pengakuan dr pemerintah rusia tp sia2 belaka
            begitu lah nasib tentara bayaran berjuang sama2 tp tdk di akuin

          •  

            terkesan dari debat kebenarannya wagner, yg patut diingat adalah…
            tentara bayaran atau bahasa alusnya sekarang kontraktor ada didalam setiap perang ato konflik.

            hormatilah jiwa ksatria mereka yg berani mati memperjuangkan sesuatu yg mereka percayai.

          •  

            err ya mungkin lain kali gw tulis bukan wagner…
            tpi

            when cossack meet cataphract.

      •  

        .. kalo pasukan resmi Rusia /perintah pasukan Rusia rasanya aneh.. udah tau markas usa isinya helikoper /pesawat tp mereka gak bawa anti pesawat,,

  2.  

    kyak kampung2 disini saja pake bentrok

    ya begitu dong didiskusikan kalo jaraknya terlalu dekat toh bukan nonton konser dangdut senggol titik bacok.

  3.  

    Rusia diminta pemerintah yg sah jika usa mendudui daerah suriah tanpa izin ke pemerintah yg sah di suriah itu bedanya

    •  

      bisa dibalik di Krimea
      atau dulu China yg dulu pernah perang perbatasan sama rusia/uni soviet

    •  

      Kalo merasa mewakili pemerintah yg sah, coba kalo Rusia berani melintasi timur sungai Efrat. Kalo merasa benar harusnya berani dong. Hhhhhhhhhh

      •  

        Russia tidak mewakili pemerintah sah Suriah… tetapi membantu atas permintaan resmi pemerintah Suriah… salah jika Russia yang berperang melawan USA, itu menjadi tanggung jawab Suriah sendiri untuk membereskannya, pastinya setelah pemberontakan di beberapa lokasi sudah bisa dinetralisir…
        Adalah hak dan kewajiban Suriah untuk mendapatkan kendali negaranya, dan bukan hak Russia…

      •  

        ..ini bukan masalah berani apa gak berani tp cari win2 solution.. klo yg dipikirin cuma perangnya doang aku yakin semua tentara pasti maju aja, gaku usa gak Rusia.. tp ada kelanjutan setelah perang, ada mata dunia yg mengamati.. diakui apa tidak usa masih salah satu negara “berpengaruh” didunia.. negara lain perlu strategi soft power,, gak asal pake otot.. mgkin ini @agato jg tau tp emang disini dia niatnya caper ya dimaklumi hehe

      •  

        Trump mw narik mundur tentaranya dari suriah hari ini

  4.  

    Semenjak ISIS kalah, di gantilah pasukannya dengan pasukan yang sesungguhnya, yaitu AS itu sendiri.

  5.  

    Letupan2 kecil benih perang dingin jilid II

  6.  

    Payah nih tentara ke dua negara tsb.. Udah hadap hadapan malah mundur.. Mungkin yel yel mereka saat latihan bkn maju terus pantang mundur..tapi mundur terus pantang maju..

  7.  

    Ah, gak juga. Mereka ketemu waktu Perang Korea gak menyeret Ampe perang dunia ketiga tuh?? Padahal Korut dah ngajakin Uni Soviet sama China. China malah udah ngirim ratusan ribu pasukan dan head to head Ama pasukan PBB pimpinan USA. Ane sih berharap ketemu and baku tembak langsung tapi gak boleh pake Nuklir dan tempatnya harus Suriah.

  8.  

    maju mundur, maju mundur terus neh …
    kalo mau damai ya bagus lah
    kalo mau perang, sok lah perang yg beneran.

    semua pihak ngotot paling benar, makin ngotot Amrik dan Russia makin lama perang makin sengsara rakyat Suriah, sama aja dg dibunuh pelanĀ² supaya negara + rakyat + bangsa Suriah makin kecil, makin sedikit akhirnya bisa punah.
    jadi mending suruh perang besar sekalian biar cepet beres, kita dorong Russia vs Amrik bertempur, semua pendukung nya boleh ikutan perang, kalo bisa janjian dulu pake sistem perang konvensional modern tapi tdk boleh pake nuke dan perangnya dibatasi waktu max 1 bulan penuh, pake wasit dari negaraĀ² non blok termasuk kita.
    pemenang perang wajib membangun kembali negara Suriah, yg kalah musti bayar biaya perang plus biaya pembangunan Suriah … sok lah kalo mau jadi jagoan perang maka cepatlah perang nya.

    * siapapun pemenang nya, gak peduli !!!

  9.  

    Nah….daesh…habis…balung vs balung bertemu… maksut tersirat dr russia…dia mengejar pemberontak dg penguasa yg sah negri suriah…eee…dibetengi …sama negara sebrang…biar dunia tahu..siapa dibalik pemberontak dari negri yg sah…

    •  

      Nah… itu sebabnya saya sangat tidak respek dengan yang sono… sama sekali tidak memerangi ISIS, ketika ISIS kalah malah ngaku2 kalau mereka yang mengalahkan ISIS padahal semua juga tahu seperti apa dan siapa yang berbuat apa…
      Ketika sekarang ISIS tidak ada maka semakin kelihatan kalau mereka berusaha untuk melindungi pemberontak dan teroris… bahkan mereka tidak peduli ketika militan menembakan mortir kearah penduduk sipil… tetapi peduli habis ketika militan diserang habis2an, tetapi menghujat habis ketika Pemerintah menyerang militan…

  10.  

    Yg satu mendukung pemerintahan sah Suriah, satu lagi mendukung pemberontak dgn nama yg diperhalus oposisi. Setelah bidak ISIS keok, masuk bidak kedua pasukan Kurdi yg ingin merdeka. Akan sulit rekonsiliasi demi Suriah yg aman damai selagi dalang culas dgn tukang kompor keliling selalu memanaskan suasana Jazirah Arab yg panas!he3

  11.  

    Mungkin belum waktunya berperang nih dua super power dunia,,indonesia termasuk super power gk yah xixiixii

  12.  

    Mudah2an pemerintahan basar dan syiah alawiyah dapat dihancurkan utk kedepannya, kali ini ghoutah dan setengah aleppo diambil, sya yakin saudi sekutu dan turki tidak akan tinggal diam, bisa jadi kedepan 2 daerah tsb dikuasai balik olh oposisi

    •  

      Muh salman jgn mw diadu domba ente semua ! Ingat ini bukan soal mahzab tpi politik ingat ga di bwh th 1980 swaktu iran dipimpin shah iran hub dngan saudi sangaattt mesra ga ada tuch sentimen mahzab shiah-sunni waktu itu ,kenapa sekrg jdi berselisih??? Damai dah enak prince mbs kw hihi

 Leave a Reply