Pasukan AS Berhasil Menewaskan Salah Seorang Pemimpin ISIS

Operasi khusus militer Amerika Serikat berhasil menewaskan pemimpin tertinggi ke-dua kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Ash Carter, mengatakan bahwa pasukan Amerika Serikat telah menewaskan Abd ar-Rahman Mustafa al-Qaduli, “menteri keuangan” ISIS yang juga bertanggung jawab atas aksi luar kelompok itu. Qaduli juga dilaporkan dekat dengan pemimpin ISIS, Abu Omar Baghdadi.

“Kita sedang melenyapkan Kabinet ISIS secara sistematis,” kata Carter.

Carter tidak mau mengatakan Qaduli, yang juga dikenal dengan nama Hajji Iman, tewas di Irak atau Suriah, dan juga tidak menjelaskan apakah pimpinan ISIS itu tewas dalam penggerebekan atau serangan udara.

Abd ar-Rahman Mustafa al-Qaduli. (US Department of State)
Abd ar-Rahman Mustafa al-Qaduli. (US Department of State)

Dalam penjelasan resminya, Carter hanya mengatakan bahwa operasi pengejaran yang digelar sejak Kamis (24/03) pagi telah menewaskan Abd ar-Rahman Mustafa al-Qaduli, yang juga dikenal sebagai Abu Ala al-Afri.

Sebelumnya, Qaduli pernah ditahan dalam tahanan militer Camp Bucca pada tahun 2006. Setelah bebas pada tahun 2012, Ia bergabung dengan Al Qaeda dan kariernya terus merangkak naik. Selanjutnya, Ia membelot dari Al Qaeda dan mengikuti Baghdadi untuk mendirikan ISIS.

Tribunnews dan VOA news

Tinggalkan komentar

Most Popular

Komentar