Pasukan Gunung India Dikerahkan, Kuasai Medan Terjal Bersalju

pasukan gunung

Pasukan gunung akhirnya dikerahkan oleh India terkait peristiwa bentrokan yang terjadi antara tentara India dan Cina di Lembah Galwan. India diketahui memiliki pasukan gunung terbanyak di seluruh dunia. Pasukan itu telah dilatih selama beberapa dekade terakhir guna mengantisipasi situasi siaga di lokasi-lokasi pegunungan.

Hindustan Times melaporkan, sumber pemerintah mengkonfirmasi pasukan gunung tersebut dikerahkan di sepanjang 3.488 kilometer Line of Actual Control (LAC). Pasukan tersebut berguna mengantisipasi pelanggaran Tentara Pembebasan Rakyat Cina (PLA) di kawasan perbatasan itu.

Baca Juga:

Stok Berlimpah, Sidewinder Tua Bisa Evolusi Jadi Rudal Anti Tank

Rusia Punya Prospek Tawarkan Produksi Su-35 di India

Armada Kapal AS Pamerkan Kekuatan ke Cina

Militer India melatih pasukan gunung tersebut secara khusus untuk perang gerilya dan bertempur di atas ketinggian, sementara di sisi lain militer Cina (PLA) bergerak menggunakan kendaraan tempur infanteri. Pasukan gunung India menguasai lanskap gunung yang bersalju dan terjal.

Perbatasan India-cina

“Seni pertempuran gunung adalah yang paling sulit karena dampak korban manusia 10 untuk setiap pasukan musuh yang ada di ketinggian. Pasukan dari Uttarakhand, Ladakh, Gorkha, Arunachal, dan Sikkim, telah beradaptasi dengan ketinggian selama berabad-abad, dan karenanya kemampuan mereka untuk bertempur di ketinggian tidak sebanding dengan pasukan biasa. Artileri dan rudal harus memiliki akurasi tajam atau kalau tidak mereka akan meleset dari target di gunung bermil-mil jauhnya,” kata seorang mantan kepala Angkatan Darat India dilansir dari Tempo, 23 Juni 2020.

Seorang pakar di Cina menyebut negara terbesar dan berpengalaman di dunia dengan pasukan dataran tinggi dan gunung adalah India.
Militer India telah berkembang baik sejak tahun 1970-an. Mereka terlatih bertempur di kawasan pegunungan dalam skala besar. Jumlah personel pasukan gunung India mencapai lebih dari 200.000 pasukan dalam 12 divisi.

Baca Juga:

Turki Uji Mesin Rudal Jarak Menengah Buatan Lokal

Hizbullah Ancam Bisa Serang Israel dengan Rudal Presisi

Jepang Deteksi Kapal Selam Diduga Milik China

5 pemikiran pada “Pasukan Gunung India Dikerahkan, Kuasai Medan Terjal Bersalju”

  1. Khan memang sudah ada perjanjian 2 negara, bahwa sepanjang daerah LAC itu semua tentara mereka dilarang membawa persenjataan yagn mempunyai daya ledak. Jadi mereka hanya membawa senjata tajam. ENtah karena mencegah perang terbuka atau krn geografis yang berbahaya dengan senjata ledak. Masih bagus kedua negara menghormati kesepakatan ini… Mungkin mbak Tempakul perlu cari info lagi…

Tinggalkan komentar

Most Popular

Komentar