Jul 092017
 

Polisi Irak memasuki Kota Mosul (raqi Day @iraqi_day)

Mosul – Pasukan Irak pada Sabtu 8-7-2017 terus mengejar sisa anggota ISIS ke dalam kantung kecil di Kota Tua di tepi Sungai Tigris, sewaktu Tentara merebut kembali daerah baru di sisi Barat Mosul, kata Militer Irak.

Polisi Federal merebut Permukiman Bab At-Toub dan daerah surplus yang berbatasan, Souq As-Saghah, setelah pertempuran sengit dengan Pasukan Tempur  garis keras di kota tua itu, kata Abdul-Amir Yarallah dari Komando Operasi Gabungan (JOC).

Adapun Divisi Lapis Baja Ke-9 Angkatan Darat membebaskan Daerah Daka-Baraka dan satu Masjid dari Pasukan Tempur ISIS di bagian Utara sisa daerah kantung yang dikuasai ISIS di sepanjang Sungai Tigris, kata Yarallah di dalam satu pernyataan.

Pada Sabtu pagi 8-7-2017 , Juru Bicara JOC Brig. Jenderal Yahya Rasoul mengatakan pasukan Irak sepenuhnya telah nmenguasai Kota Tua tersebut, kendati serangan mendadak terjadi di beberapa kantung di berbagai bagian permukiman yang terbuka di tepi Sungai Tigris.

Pertempuran di Kota Tua bertambah seru sewaktu pasukan Irak menyerang Pasukan Tempur garis keras ke dalam jalur darat di sepanjang tepi Sungai Tigris, dilansir ANTARA, 9/7/2017. Pasukan ISIS yang kalah telah memperbanyak serangan bunuh diri dan membuat pertahanan kuat untuk menghambat gerak maju Tentara dalam beberapa hari terakhir.

Selain penembak gelap ISIS yang mengambil posisi di gedung dan lorong sempit di perkampungan yang padat penduduk, dimana tempat ribuan warga sipil masih hidup di bawah kekuasaan ISIS, banyak Ranjau ditepi jalan dan gedung yang dipasang sebagai jebakan.

“Pasukan kami terus bergerak maju membebaskan bagian terakhir Kota Tua tersebut,” ujar Rasoul.

Satu sumber dari pasukan Dinas Kontra-Terorisme (CTS) mengatakan: “hanya beberapa meter lagi buat Tentara untuk menguasai tepi Barat Sungai Tigris, tempat kelompok Da’esh (ISIS) yang telah banyak tewas selama hari itu”.

Pasukan keamanan sudah mengungsikan ratusan warga sipil, termasuk perempuan dan anak-anak dari medan tempur, kata sumber tersebut. Ia mengatakan, “Apa yang memperlama pertempuran ialah usaha Militer untuk menngamankan warga yang tak bersalah.” Dua hari sebelumnya, Koordinator Kemanusiaan PBB di Irak Lisa Grande mengatakan sebanyak 20.000 orang masih terkepung di daerah kantung yang dikuasai ISIS di Kota Tua Mosul.

“Perkiraan kami pada tahap ini, di daerah kantung terakhir Kota Tua, mungkin ada sebanyak 15.000 orang warga sipil, bahkan mungkin sebanyak 20.000 orang,” kata Grande.

Mosul, 400 Km di sebelah Utara Ibu Kota Irak, Baghdad, dikuasai ISIS sejak Juni 2014, sewaktu pasukan pemerintah meninggalkan senjata mereka dan mundur, sehingga anggota ISIS dapat merebut banyak daerah Irak Utara dan Barat.

Bagikan:

  2 Responses to “Pasukan Irak Bersihkan Sisa Petempur ISIS di Mosul”

  1.  

    Semoga damai selalu

  2.  

    amin

 Leave a Reply