Apr 192017
 

US Marine Corps (USMC)

Jakarta – Pasukan Marinir Amerika Serikat (AS) tiba di Darwin, 18/4/2017 untuk penempatan enam bulan dan melakukan latihan bersama dengan marinir Australia dan China.

Pasukan marinir AS sebagai satgas yang dikenal sebagai “Marine Rotational Force-Darwin”, menghabiskan sekitar enam bulan setiap penempatannya di wilayah bagian utara Australia.

Marinir mulai dikirim ke Australia segera setelah Presiden AS Barack Obama mengumumkan Poros Pasifik pada 2011, sebuah kebijakan yang bersifat reorientasi setelah berakhirnya perang di Irak dan Afghanistan untuk menangkal kebangkitan China, seperti dilansir Reuters, 18/4/2017.

“Ini merupakan bentuk komitmen yang harus kami lakukan, untuk menempatkan satgas dalam jumlah besar, mengingat betapa pentingnya kawasan ini (Indo-Pasifik),” ujar Komandan Marinir AS Letnan Kolonel Brian Middleton sesaat setelah pasukan pertama tiba di wilayah bagian utara Australia.

Ia menambahkan,”Dekat dengan Asia Tenggara dan Samudra India. Posisi Indo-Pasifik selalu menjadi penting,”.

USMC (Lance Corporal James Green/ USMC)

Middleton mengatakan selama penempatan selama enam bulan, pasukannya akan melakukan latihan bersama dengan Australia dan China. Letkol Brian Middleton mengemukakan, keberadaan 13 pesawat termasuk tilt-rotor Ospreys, helikopter Super Cobra dan Huey serta tiga kali lipat pesawat dalam penempatan sebelumnya, menunjukkan komitmen mereka untuk kemitraan dan kawasan tersebut.

Middleton mengatakan keputusan untuk mengirimkan armada udara dilakukan sebelum peningkatan eskalasi oleh aksi Korea Utara.

“Apapun, ini adalah waktu yang tepat untuk menunjukkan kebersamaan dan kemitraan antara kedua negara. Kami siap untuk bertempur dan menang,” ujarnya.

Presiden AS Donald Trump telah memerintahkan kapal induk Amerika Serikat USS Carl Vinson, lengkap dengan pasukan tempur dan jet-jetnya, bergerak ke wilayah barat Samudera Pasifik, di dekat semenanjung Korea, untuk memberikan peringatan kepada Korea Utara yang berulang kali melakukan uji coba peluru kendali.

Latihan bersama marinir AS-Australia-China menggambarkan hubungan AS dan Australia sebagai sekutu penting dalam masalah keamanan dan AS dengan China sebagai mitra dagang terbesarnya.

Antara

https://web.facebook.com/JakartaGreater
 Posted by at 11:55 pm

  27 Responses to “Pasukan Marinir AS tiba di Darwin”

  1. -untuk menangkal kebangkitan China
    -melakukan latihan bersama dengan marinir Australia dan China

    Mbeeeeeeeeekkkkk
    entah mungkin si Jinping ketakutan akibat jurus mabuknya Trump sehingga mau kompromi
    atau yg lain.

    • makanya ane juga heran.latihan dengan chino tapi untuk mencegah kebangkitan chino.somplak iki ASU karo chingkok.jangan2 kita yg mo digangbang ama mereka….?????

      • sy cuma mau nunggu hasil pertemuan dgn wapres As dulu

        • hasilnya apa nanti dengan wapres ASU,kita liat.lurus atau bengkok,kembali lagi kejaman batu.berarti mereka sukses menekan kita dengan power diplomasi ala cowboy tengilnya.

      • siapapun mereka ( asu cs, dan aseng cs) , maka kita jangan pernah lengah atau mengedipkan mata.

      • sama bung,kok bisa gitu ya,apa iya saat yg lain AS menentang china tp saat yg sama juga merangkul china dg latber……???? bisa jadi benar asumsi bahwa AS-china sandiwara saja di LCS demi bagi hasil SDA asean yg notabene melimpah SDAnya

  2. Ditunggu realisasinya…

  3. Ditunggu realisasinya… Jgn cuma gertak

  4. Waspada Permana tunggal

  5. wah
    malam gini masih byk yang beredar demi pertamaks
    saya kira masih sepi biar bisa pertamaks

    • bung ucup sy aj udah lm pengen pertamax g dapat dapat.. jari sy sampe di urut saking pegel g dpt dpt…hihihi

  6. Alangkah baiknya kalo marinir tni al terus diperbesar dan diperkuat lagi kemampuan alutsistanya agar mampu mengimbangi tetangga2 sebelahnya. Marine vs Marinir.

  7. bakal ramai nih kawasan….

    siaga…

  8. Latihan merebut wilayah indonesia ku; dengan china di barat indonesia dan usa di timur indonesia. Team China: China + upil. Team ASU : Sonotan; Upil; Selandia Baru, Ingris..

  9. Tuh tandany asu mau pamerin us carl vinson

  10. Mandiri dan harus percaya diri….. Amirikiya, China sama Asutrali itu setan ….. malingsia embahnya setan…

  11. Warning! … biasanya kalau latihan gabungan seperti ini (Marinir AS sdh siap perang) , itu pertanda :
    1. Ingin menyerang setelah ada tanda serangan udara atau misil
    2. Kalaupun ingin menginvasi, mereka selalu bungkam apa alasan mereka datang ke wilayah tsb.
    3. AS ingin membagi peta kekuatan dan melakukan analisa terdekat cara dan bagaimana melakukan
    serangan cepat.
    4. Sebelum melakukan serangan, selalu di awali misi diplomatik politik dengan menekan
    5. Jika ingin menyerang Korut, kenapa armadanya di tampung di Darwin, kok ngak di Okinawa.
    6. Wilayah selatan LCS sdh di jepit oleh 2 kapal induk, dan wilayah Darwin dan pulau Cristmas sdh menanti beberapa armada laut AS, patut di curigai termasuk di Garcia.

  12. warga NKRI mlai sekarang siap2 utk bertempur lawan asu and mata sipit naga koplak.

  13. Ayo Amerika berperanglah secara jantan sendirian dgn Indonesia kalau ingin mendapatkan freeport, jgn perang proxy melulu pakai tangan org lain

  14. pertamaks itu apa ya bro kok sering dibicarakan , maklum saya masih baru di forum ini?

  15. anjirr lucu juga ternyata :V

  16. Sudah siapkah NKRI digangbang dr Utara dan Selatan oleh Chinacs, AS+FPDAcs? Itu sebabnya negara tetangga pd pongah sok jaguh usil dan tengil karena ada mak Eli dan palek Sam dibelaknagnya. AS-China sdh ada kesepakatan terselubung.

  17. AS di selatan,China di utara,FPDA di timur,,menyenangkaaaann……..yg bujang sebaiknya segera kawin

    hahhhaahaaaahahhahaahahha

  18. Latihan sekalian penyebaran pasukan… Pak gatot udah ngomong waspadai pergeseran 2500 pasukan usa ke darwin

  19. Kalo kita analisa, pasukan marinir amerika tiba di asutralia saat penghitungan suara pilkada jakarta, kemudian kapal induk yg katanya ke korut malah terlihat di selat sunda, saat menjelang pilkada jakarta, artinya apaaaa…?….. Ada udang dibalik rempeyek, mereka sdh siap2, apabila terjadi konflik akibat pilkada jakarta, cina sdh di LCS, USA dkk sdh di asutralia, kapal induk mereka sdh di dkt kita jg, jadi mereka sdg mempersiapkan masuk ke indonesia dgn alasan keamanan dll, itu analisa gw yg sederhana.

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)