Pasukan Rusia Jajal Penyembur Api TOS-2 Tosochka

TOS. (@ Russian MoD)

Moskow, JakartaGreater – Penyembur api berat TOS-2 ‘Tosochka’ terbaru Rusia saat ini sedang dalam uji coba dengan pasukan nasional, ujar seorang pejabat senior militer Rusia pada hari Jumat 13-11-2020, dirilis TASS.

“Penyembur api berat TOS-2 adalah salah satu senjata terbaru pasukan RCBD (Pertahanan Radiologi, Kimia dan Biologi),” kata Kepala Pasukan Perlindungan Kimia, Biologi dan Radiasi Rusia, Letnan Jenderal Igor Kirillov dalam sebuah wawancara dengan Kementerian Pertahanan Rusia.

TOS-2 ‘Tosochka’ (@ Russian MoD)

“Batch percontohan senjata telah dikirim ke militer tahun ini dan saat ini sedang dalam uji coba,” tambah Kirillov.

Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu mengumumkan pada bulan Agustus 2020 bahwa selama latihan komando dan staf strategis Kavkaz-2020 (Kaukasus-2020), pasukan diperintahkan untuk berlatih menembakkan penyembur api baru.

TOS-2 ‘Tosochka’ (@ Russian MoD)

TOS-2 ‘Tosochka’ adalah turunan dari sistem penyembur api berat TOS-1A ‘Solntsepyok’ (‘Scorching Sun’) dengan karakteristik kinerja yang ditingkatkan. Dibandingkan dengan pendahulunya, sistem ini dipasang pada sasis beroda truk Ural dengan kemampuan angkut dan lintas negara yang ditingkatkan.

Sistem ini memiliki peningkatan jangkauan peluncuran roket. TOS-2 memiliki sistem penglihatan, penembakan, dan pengendalian kebakaran yang sepenuhnya otomatis.

Penyembur api yang berat dilengkapi dengan crane dan, oleh karena itu, tidak memerlukan kendaraan transporter-loader. TOS-2 juga dilengkapi sistem peperangan elektronik melawan senjata presisi.

Tinggalkan komentar