Pasukan TNI AL Bersiap Latihan Operasi Pertahanan Pantai

pasukan tni al 2

JakartaGreater   –  Komandan Gugus Keamanan Laut (Danguskamla) Koarmada I mewakili Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I selaku Direktur Latihan melaksanakan inspeksi pasukan pada acara Gelar Pasukan Kesiapan Operasi Pertahanan Pantai tahun 2021, pada Selasa 6-4-2021 bertempat di dermaga Tanjung Uban, Pulau Bintan, Kepulauan Riau, dirilis Pen Koarmada I.

Gelar pasukan ini bertujuan untuk mengetahui dan mengecek kesiapan seluruh peserta latihan maupun kesiapan Alutsista yang terlibat, dengan dihadiri oleh :

  1. Asops Guskamla Koarmada I Kolonel Laut (P) Fajar Hernawan.
  2. Dansatkat Koarmada I Kolonel Laut (P) Tunggul.
  3. Dansatran Koarmada I Kolonel Laut (P) Herianto Angi selaku peserta latihan.

pasukan tni al

Pangkoarmada I Laksda TNI Abdul Rasyid K, S.E, M.M., dalam sambutannya yang disampaikan oleh Danguskamla Koarmada I Laksma TNI Yayan Sofiyan, S.T., M.Si, menyampaikan bahwa :

  1. Kegiatan Latihan Operasi Pertahanan Pantai ini merupakan agenda yang telah direncanakan Mabesal yang bertujuan untuk melatih dan memahami Operasi Pertahanan Pantai.
  2. Seluruh prajurit yang terlibat patut memahami peran masing-masing dari mulai tahap perencanaan, pelaksanaan dan pengakhiran.
  3. Skenario latihan diharapkan dapat mengantisipasi berbagai kemungkinan kejadian dalam mempertahankan pantai dari segala bentuk ancaman yang mungkin terjadi.
  4. Pelaku latihan harus mampu merumuskan cara bertindak yang tepat menghadapi berbagai ancaman yang paling memungkinkan dihadapi, tidak hanya ancaman konvensional namun dihadapkan berbagai metode/upaya dalam era peperangan modern saat ini dan dimasa mendatang.
pasukan tni al 4

Pasukan TNI AL Bersiap Latihan Operasi Pertahanan Pantai

Sementara itu, instruksi Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., berharap dalam penyelenggaraan latihan memberikan dampak strategis yang siginifikan serta peningkatan pemahaman dan kemampuan untuk mempertahankan pantai dari berbagai kemungkinan ancaman sehingga seluruh elemen yang terlibat harus penuh antusias mengikuti seluruh pentahapan latihan dengan sungguh-sungguh.

Dalam era saat ini, kita harus siap menghadapi berbagai kemungkinan. Oleh karena itu kesiapan siagaan satuan satuan TNI Angkatan Laut menghadapi berbagai dinamika harus siap.

Leave a Reply