Jul 022017
 

USS Coronado (Mass Communication Specialist 3rd Class Deven Leigh Ellis / U.S. Navy)

Manila – Angkatan Laut Filipina dan Amerika Serikat mengadakan ronda bersama pada Sabtu, 1/7/2017 di perairan berbahaya Filipina selatan, di tengah peningkatan perhatian antarbangsa terhadap pegaris keras dan pembajakan di wilayah tersebut.

Kapal tempur Angkatan Laut AS USS Coronado bergabung dengan Frigat Angkatan Laut Filipina, BRP Alcaraz, dalam meronda laut Sulu, tempat sejumlah serangan bajak laut terhadap kapal niaga terjadi sejak 2015.

“Gerakan laut kami dengan Angkatan Laut Filipina menunjukkan tekad kami pada persekutuan itu dan mencegah pembajakan serta Kegiatan gelap,” ujar Laksamana Muda AS Don Gabrielson dalam pernyataan keluaran kedutaan besar AS di Manila.

Beberapa negara takut akan pejuang pendukung ISIS melintasi perbatasan laut antara Malaysia dan Indonesia untuk bergabung dengan pemberontak Moro, yang merebut Kota Marawi di Filipina selatan lima pekan lalu.

BRP Alcaraz (1t0pe125)

Sekitar 300 petempur, 82 petugas keamanan dan 44 warga tewas dalam pertempuran tersebut.

Patroli laut ini diadakan atas undangan pemerintah Filipina, ujar kedutaan AS.

Presiden Filipina Rodrigo Duterte tidak mengizinkan ronda laut bersama dengan Amerika Serikat di wilayah sengketa Laut Cina Selatan untuk menghindari kerusakan hubungannya dengan China, yang mengklaim laut itu.

Tapi, Duterte menyambut kerja sama di selatan karena peningkatan kegiatan pegaris keras.

Pada dua pekan lalu, Indonesia, Malaysia dan Filipina mengadakan ronda laut bersama di perairan selatan tersebut.

Antara/Reuters

Bagikan:

  8 Responses to “Patroli Bersama USS Coronado dan BRP Alcaraz, di Filipina”

  1.  

    Lama2 masuk jg mami rika ini k piliphina…

  2.  

    Sepertinya negara2 doyan perang itu mulai memindahkan arena tinjunya ke asia tenggara. TNI jangan terpancing,,, jaga dipinggir ring saja.

  3.  

    Keknya duterte udah rela yah lcs bagian pinoy diambil cina

  4.  

    Ahhh Om Duter omong doang besar,, :cd:

 Leave a Reply