Apr 172013
 

kapal selam 402

SORONG. Kapal selam 402 milik TNI Angkatan Laut yang sedang melakukan patroli rutinitas di perairan perbatasan negara, kemarin sore sekitar pukul 15.00 Wit singgah di Pelabuhan Sorong. Sandarnya kapal selam yang bermarkas di Surabaya tersebut, untuk mengisi BBM, serta mengisi air tawar dan menguatkan bahan makanan. Rencananya setelah keperluan itu tercukupi kapal selam akan kembali melanjutkan misinya keliling perbatasan perairan negara.

Komandan kapal selam Letkol Purwanto melalui wakil komandan Mayor Muhammad Dimas yang ditemui wartawan, mengatakan singgahnya kapal selam tersebut karena di Sorong terdapat pangkalan. Ia sendiri belum dapat memastikan sampai kapan kapal yang dapat menyelam hingga 300 meter di bawah permukaan laut itu berada di Sorong. Namun menurutnya direncanakan dalam waktu dekat harus sudah kembali berlayar.

“Bukan kunjungan tetapi kami singgah karena di sini kan ada pangkalan, untuk mengisi bahan bakar dan juga mengisi air tawar dan bahan makanan”, katanya seraya menambahkan, perlunya mengisi BBM,  setelah sempat tiga pekan berlayar dan menyelam untuk mengelilingi perbatasan perairan negara.

“Kalau untuk kondisi di perbatasan perairan sendiri sampai saat ini masih aman terkendali”, tegasnya. Kapal selam tersebut sebelumnya sandar di Kupang dan melanjutkan perjalanan tujuan Sorong.

Kapal yang berangkat dari Surabaya kurang lebih satu setengah bulan lalu tersebut, mengangkut 66 anggota yang dilengkapi dengan peralatan khusus. Kapal selam sendiri, menurutnya sempat singgah di Sorong pada tahun 2002 lalu. “Untuk selanjutnya kita masih menunggu perintah, bisa saja saat dalam perjalanan ditengah laut mendapat perintah gerak kemana ya kita laksanakan”,paparnya.

Dikatakannya,saat ini ada lima kapal selam milik Indonesia yang sedang beroperasi dengan kondisi yang baik. Kapal selam sendiri sandar di pelabuhan Sorong, tepatnya di pelabuhan sebelah kanan disamping kapal pengangkut container.(Radar Timika)

  103 Responses to “Patroli Kapal Selam 402 di Sorong”

  1.  

    Saya kaget wkt baca blog itu, entah apa yg ada di dipikiran penulis wkt menyusun nya. Terlihat sekali kebencian yg luar biasa dri tulisan itu.
    Padahal tulisan itu sangat gampang dibantah, patokan saya Buku Induk Sejarah Kuno Indonesia (dri kerajaan A-Z) dan bnyk bahan di Intrnet yg bnr2 valid.

  2.  

    spek nya ko sama wishky calss ??????????

    Panjang : 76,6 meter

    Lebar : 6, 3 meter

    Kecepatan : 18,3 knots di atas air

    13,5 knots di bawah air

    Berat penuh : 1.300 ton

    Berat kosong : 1.050 ton

    Jarak jelajah : 8.500 mil laut

    Bahan bakar : Solar

    Batere : 224 buah

    Persenjataan : Torpedo steam 12 buah

    Panjang torpedo : 7 meter

    Peluncur torpedo : 6 buah

    Awak kapal : 63 orang beserta perwira

  3.  

    sebenarnya gan, banyak kok ahli hukum internasional di indonesia tapi kalau menurut saya permasalahan utama bangsa kita adalah mental yg korup. mereka bukan tidak paham dengan isi kontrak tapi mereka tidak ingin memprotesnya karena mendapat fee yg besar dari investor. selain itu kita juga tidak mempunyai pemimpin yg tegas, sejelek-jeleknya bung karno tapi dia berani melawan negara barat. masalah kontrak CBG amat mustahil pemerintah tidak tau kekurangannya tapi menurut saya ada deal tersembunyi yg kita tidak kethui apa isinya. apa benar semua dana itu ke korsel.?jgn” korsel hanya nerima setengahnya

  4.  

    kalo bahas lontong punya indo gak bakal ada habis nyeee 😀

  5.  

    Indo itu shrsny kiblat aja ke rusy,,mulai dlu jaman bung karno lg jaya2nya,,kapal selam ks lg jaya2nya,,bnyakin aja hiu laut indo,sepadan dengn lauttnya bnyk penyusup masuk,apalgi di laurt cina sltan,,sangt rawn penyusupan,natuna lbh dijga lagi,,,kpn kita lbh ditakuti lg di asia tenggra aja,,kami bangga jika hiu2 laut indo bsa mmblok penyusup aplg dr malon dan singa,,,

 Leave a Reply