Oct 022018
 

Pawai menyusuri Kota Surabaya itu semakin semarak dengan penampilan Marching Band Akademi AAL dan ratusan pengendara sepeda ontel mengikuti dengan Bendera Merah Putih berkibar di masing-masing sepeda.

Surabaya, Jakartagreater.com  –  Dengan menggunakan Pesawat TNI AU Boeing 737 A-7304, Flag Relay (Pawai Bendera) Merah Putih dalam rangka memperingati HUT ke-73 TNI tahun 2018 yang dibawa oleh Prajurit TNI berprestasi di Asian Games XVIII tahun 2018,  pada Minggu 30-9-2018 tiba di Pangkalan Udara Angkatan Laut (Lanudal) Juanda Surabaya, Jawa Timur.

Selanjutnya dilaksanakan upacara penerimaan para Prajurit TNI yang membawa Bendera Merah Putih oleh Danlanudal Juanda Surabaya Kolonel Laut (P) Bayu Alisyabana, kemudian bergerak keliling Kota Surabaya dengan menggunakan 1 kendaraan Irup, 22 kendaraan Jeep, 1 Komodo Intai, 4 Anoa dan 1 PJD menyusuri Jalan Raya Darmo – Jalan Basuki Rahmat lalu berputar di depan Tunjungan Plaza ke arah Gedung Negara Grahadi di Jalan Gubernur Suryo dengan pengawalan Pomdam V/Brw dan Polda Jatim.

Pawai menyusuri Kota Surabaya itu semakin semarak dengan penampilan Marching Band Akademi AAL dan ratusan pengendara sepeda ontel mengikuti dengan Bendera Merah Putih berkibar di masing-masing sepeda. Di belakangnya pawai bendera terdapat iring-iringan komunitas mobil Jeep tua nan antik berjalan pelan, beberapa diantaranya Jeep Jimny.

Pembawa pawai Bendera Merah Putih, yaitu Pratu Mar Ardianto (atlet Rowing peraih medali emas), Serda (K) Huswatun Hasanah (atlet Tinju Kelas Ringan 60 kg putri peraih medali perak dan perunggu), Serda (K) Dini Mitasari (atlet Sepak Takraw peraih medali perunggu), Serda Jas Rio Akbar (atlet Dragon Boat 1.000 meter dan 500 meter peraih medali perak) dan Serda Bah/W Ririn Pujiastuti (atlet Dragon Boat 200 meter peraih medali perak) bersama sejumlah prajurit TNI perwakilan tiga matra pembawa Pataka.

Setibanya di Makodam V/Brawijaya, rombongan Flag Relay disambut oleh Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman, Kapolda Jatim Irjen Pol Drs. Lucky Hermawan, Kabinda Jatim Brigjen TNI Sucastiyono, S.H., Kasgartap III/Sby Brigjen TNI (Mar) Lukman Hasyim, S.T., M.Si (Han) serta Danlanud Surabaya Kolonel Pnb Budi Ramelan, S.E.

Rangkaian Flag Relay Merah Putih di Kota Surabaya disambut dengan berbagai macam kesenian tradisional khas Jawa Timur, seperti Tari Remo. Iring-iringan pawai bendera ini berakhir di Balai Kota Surabaya dan diterima oleh Sekda Pemkot Surabaya, Hendro Gunawan. Selanjutnya, rombongan kembali ke Lanudal Juanda untuk melanjutkan penerbangan ke Kota Balikpapan, Kalimantan Timur esok harinya.
(Puspen TNI)

 Leave a Reply