Sep 072017
 

Bom dari pesawat yang jatuh di kota Taiz, Yaman (Reuters)

Jenewa – Lebih dari 5.000 warga sipil tewas dalam konflik di Yaman sejak Maret 2015 dan kelompok Al-Qaida sudah memperluas “operasi” ke Kota Taizz di bagian barat-daya negeri itu, kata Dewan Hak Asasi Manusia PBB.

Pelanggaran hak asasi manusia dan pelecehan terus berkecamuk di Yaman. Warga sipil sangat menderita akibat “bencana yang sepenuhnya buatan manusia”, ujar badan PBB itu, 5-9-2017.

Sampai 30 Agustus 2017, tidak kurang dari 5.144 orang warga sipil tercatat telah tewas dan lebih dari 8.749 orang lagi luka-luka, kata laporan organisasi tersebut.

Perang saudara di Yaman, negara Arab paling miskin, meletus pada Maret 2015 antara dua faksi yang mengaku sebagai “pemerintah Yaman”, bersama sekutu dan penyokong mereka yang melibatkan koalisi militer pimpinan Arab Saudi, yang memerangi gerilyawan Al-Houthi.

Pelaku lain bersenjata “terus menggunakan keadaan tidak aman yang terjadi di Yaman”, ujar laporan itu, sebagaimana dikutip Xinhua. “Selama satu tahun belakangan, kelompok fanatik sudah mempertahankan dan menyesuaikan keberadaan mereka.

Misalnya, sesudah diusir dari Al-Mukalla di Gubernuran Hadhramauth pada April 2016, Al-Qaida sekarang beroperasi di Kota Taizz.” Krisis kemanusiaan itu, dengan hampir 18,8 juta orang memerlukan bantuan kemanusiaan dan 73 juta orang berada di ambang kelaparan, akibat langsung dari perilaku semua pihak dalam konflik tersebut, ungkap laporan itu.

Semua itu meliputi serangan membabi-buta, serangan terhadap warga sipil dan sasaran yang dilindungi, pengepungan, blokade serta pembatasan gerakan manusia.

Arab Saudi, dengan dukungan dari Amerika Serikat, telah memberlakukan blokade laut dan udara guna membantu pemerintah terusir yang didukungnya, dan melawan pasukan tempur Al-Houthi. Koalisi pimpinan Arab Saudi terdiri atas Kuwait, Uni Emirat Arab, Bahrain, Mesir, Jordania, Maroko, Senegal dan Sudan.

Sementara, anggota Al-Houthi disokong oleh Iran dan bersekutu dengan mantan presiden Yaman Ali Abdullah Saleh.

Komsaris Tinggi PBB Urusan Hak Asasi Manusia Zeid Ra’ad Al Hussein menyerukan kepada semua pihak dalam konflik itu “agar merasa belas kasihan pada rakyat Yaman, dan melaksanakan tindakan segera untuk menjamin bantuan kemanusiaan sampai kepada warga sipil”. (Antara/Xinhua-OANA)

  25 Responses to “PBB: Kasihanilah Rakyat Yaman. 5000 Telah Tewas Terbunuh”

  1.  

    Agak rumit saya pikir konflik di yaman,beritanya simpang siur,katanya Kelompok hauti yg bertanggung jawab memulai kekisruhan tapi juga katanya ada al qaeda,juga ada tentara saudi yg berperang ,,entahlah siapa lawan siapa dan utk apa yg jelas kita umat islam sgt merasa rugi dgn konflik berdarah di timteng,belum lagi warga sipil yg sengsara dan terlunta lunta,,moga negeri ini di jauhkan dari malapetaka berdarah seperti ini..

  2.  

    sebenarnya diyaman agresi militer Arab saudi cs …tp aneh Arab gk berani serang israel yg jls2 sdh bnyk melanggar dan menjajah palestina

  3.  

    Manusia haus kekuasaan .harta .wanita .dan tahta.pasti lupa halal dan haram.!!!!!!!tidak ingat saudara ..tidak ingat tetangga..tidak ingat apapun .cuma satu nafsu .itulah pangkal kerusakan dan peperangan terjadi sekarang…!!!

  4.  

    ?

  5.  

    kedua belah pihak yg bertikai … sepertinya rasa kemanusian mereka sudah sangat langka..atau mungkin mereka sudah bukan manusia lg… entahlah..

  6.  

    Doa persaudaraan Muslim sudah tidak berlaku…para kaum Kuffar sedang tertawa melihat kita saling membunuh…mereka mengambil keuntungan dgn menjual senjata kepada saudara2 Muslim untuk saling bunuh satu sama lain Naudzubillahi minzalik….kita terlihat sangat bodoh…dibuat semakin jauh dari kejayaan Islam….

  7.  

    Awal mula Konflik ini karna ada Permberontak di Yaman

    Entah itu bentukan yahudi atau didanai

    Tapi yang jelas pihak barat memanfaatkan konflik ini dengan Semakin di adu domba,agar bisa jual senjata + Dapetin minyaknya

    Dan ini juga sudah diramal dalam Al-Qur’an bahwa Negara² islam itu saling berperang satu sama lain

    Jadi,kita sebagai Rakyat Indonesia jangan mudah Terprovokasi & diadu domba,agar negara kita tidak seperti Timteng yang gampang diadu domba 😀

  8.  

    Lailahilallah..

  9.  

    Begitulah…. mrk tdk pernah akur walaupun hanya masalah kecil… mrk lebih suka berperang dg saudaranya sndr… sementara yg menikmati adalah orang luar..

  10.  

    semoga indonesia di jauhi masalah seperti yaman picisan….amin9x…

    ……….salam super………..

  11.  

    semoga indonesia di jauhi masalah seperti yaman picisan….amin9x…

    ………salam super………..

  12.  

    Kasian umat muslim smakin byk d adu domba..

  13.  

    SEMUANYA DEMI TAHTA DAN KEKUASAAN bgitulah sifat manusia tak ubahnya seperti hewan saling membunuh !!!

  14.  

    tidak adakah teriakan #saveyaman ??

    •  

      Karena Indonesia lebih pro pada negara dimana kaabah berada bro, nanti kalau bela Yaman gak dapet quota naik haji dong ….

      •  

        Hadramaut adalah tempat para alim ulama….Yaman adalah tempat ilmu agama selain Iraq

        Kalau hanya sebatas retorika perbedaan keyakinan dijadikan pembenaran pembunuhan,trus bagaimana akan syiar agama?
        Kejadian di Yaman menurut saya hanya faktor politik perebutan kuasa,bukan hal lain

        Saya pikir masyarakat Indonesia sdh tau mana benar dan salah suatu masalah

        Salam Dr desa

      •  

        Aduh kok bawa2 nuklir sih? Jng bawa2 perang nuklir dng alasan supaya Timteng damai bung… Karena itu konyol sekali kedengarannya

      •  

        Perang nuklir agar damai ??

        Ya damai ya,krn kehidupan sdh punah haha

      •  

        Saya tidak bilang perang nuklir bisa membuat damai, tetapi akan membawa kita umat manusia ke tatanan baru. Kalau masih seperti sekarang mengharapkan PBB, ya jangan harap akan ada perubahan sebab menurut saya Timur Tengah itu tidak tertolong lagi karna sudah ada Agenda besar untuk kawasan itu yg dibuat sejak lama oleh Israel dengan menunggangi negara2 Super Power. Jadi hanya dengan perang nuklir terisolasi saja lah negara2 super power dapat saling menghancurkan dan dengan sendiri nya kekuatan geopolitik/militer mereka dinegara2 non-super power menjadi terdeligitimasi, setelah itu dunia akan memasuki era baru.. Tetapi permasalahan nya adalah mereka tidak akan mau hancur sendirian, perang nuklir akan mengorbankan negara2 lain nya juga.. Ini tanpa memasukan agama ya dimana ilmu akhirul zaman/eschatology punya peran penting dalam menjelaskan apa yg akan terjadi selanjut nya di Timur Tengah.

  15.  

    Pbb cm bisa bilang kasihan,tdk bisa berbuat apa2,bubarkan saja pbb,ganti aja markasnya ke-indonesia.

  16.  

    Disini kok ga ada yg teriak save yaman…dan demo di kedubes arab

  17.  

    kemana PBB
    bubarkan saja PBB