Sep 022014
 
Gedung Pertamina

Gedung Pertamina

Anggota PDIP usulkan Pertamina go public, jual sahamnya di Pasar Modal


Jakarta – Masalah subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) menjadi masalah yang besar bagi kemajuan bangsa Indonesia. Pasalnya, akibat subsidi yang tinggi, maka anggaran negara semakin tertekan.

Anggota Komisi VII DPR Effendi Simbolon mengatakan, keputusan untuk menaikkan harga BBM bersubsidi, akan bersandar pada konstitusi dan undang-undang (UU) yang mengatur khususnya mengenai migas.

“Namun demikian, pengenaan subsidi itu pada harkat hidup orang banyak memang benar. Ada masyarakat berhak atau tidak, kita melihat orang yang menggunakan BBM bersubsidi masyarakat Indonesia yang berkalangan menengah,” ujar di dalam diskusi Polemik Sindo di Warung Daun, Jakarta, Sabtu (30/8/2014).

Dia mengatakan, koreksi-koreksi yang datang menjadi masukan khususnya mengenai migas. Menurutnya, dasar menaikkan harga BBM tersebut tentu berlandaskan dari hasil audit.

“Kami mengingatkan pemerintah baru harus memulai dari hasil audit. Kita membutuhkan audit sampai forensik, kita bedah tuntas, berapa sebetulnya harga per liter, mengapa kita berikan harga sekian dan ditambah dengan subsidi? Masyarakat perlu tahu,” katanya.

Menurutnya, dengan adanya angka yang dapat dicek, maka tidak akan menimbulkan persepsi yang salah. Karenanya, dia berharap Pertamina dapat go public, sehingga akses kontrol bisa dilihat oleh setiap warga negara Indonesia.

“Bagaimana mungkin kita tahu belanja per liter, sementara belinya ke Petral saja berapa kita enggak tahu, ketergantungan kita bahkan ada di Petral, kenapa kita enggak mengoreksi saja, kenapa jadi orang-orang yang tidak terlibat jadi ikut dipusingkan,” kata dia.

“Seharusnya kita bisa cari tahu mafia-mafia migas yang tidak pernah tersentuh. Jadi jangan lagi kita berdiskusi di ruang tertutup, agar stake holder-nya bisa semua orang,” tutupnya. (okezone.com)

  277 Responses to “PDIP Bakal Minta Pertamina IPO”

  1. Aduh,ayo pada beli saham e pertamina….!!!

    • Apa yang jaya nya bung kalau semua dijual bukannya menasionalisasi tapi malah dilepas untuk asing. Bangsa ini udah dikte asing. Jgn terlalu fanatik jadi tebuai lepas kontrol

      • iya dapet duit tp keuntungan juga di bagi dll

      • bung Love INA,

        kalau IPO gak menguntungkan usaha mereka, gak bakalan Astra, BCA, indofood, HM Sampoerna, unilever go public, simpel ‘kan ?

        bung AFN,

        …kalo pertamina d jual memang dapet duit.. tap mau d tampung dimana bbm kita?…

        klo pemahaman anda baru segini, repot banget jelasinnya -serius.

      • Lah enek 2 ae mas joko ki…..yo lek pertamina ki sing di dol banyu kali/segoro penak mas….!!!

      • Loh, itu pertanyaan sederhana bung danu.. Hrs dipastikan , bbm adalah kebutuhan hidup masyarakat juga

      • betul bung, cuma jawaban lengkapnya yang gak singkat, klo mau sederhana, ya gak ada hubungan antara IPO dengan ‘di tampung dimana bbm kita’…

      • ciri perusahaan yang bersih dan efisien, adalah perusahaan tersebut melakukan IPO untuk listing dibursa saham. karena semuanya dibuka kedepan publik. gak ada pengaruhnya dengan perusahaan tersebut melakukan Public Service yang ditugaskan dari pemerintah berupa penurunan harga BBM melalui Subsidi. malah kita akan tahu, selama ini perusahaan itu untung berapa, rugi berapa, dan kenapa secara jelas dan transparan. jadi gak perlu khawatir kl pertamina melakukan IPO. malah seharusnya bangga..

        • ya itu sisi positifnya bung, Tapi kenapa anda tidak sebutkan sisi negatif dari IPO terhadap kepentingan Nasional. Banyak juga BUMN negara lain yang sukses tanpa IPO dan listing di bursa saham. Lihat saja tuh China sukses jadi raksasa ekonomi dunia dengan BUMN nya. Tolong dong jelasin….

        • @bung yudi, terus terang saya belum melihat sisi negatifnya (mungkin bung yudi dpt melihat dari komen komen teman teman yang lain) utk kasus cina IMHO dengan aturan dan punishment keras, pada waktu kebijakan tirai bambu diterapkan, mereka memang berusaha membangun dan membuat BUMNnya benar benar kuat, sambil menyontek ilmu dari luar dan mengadaptasinya. sehingga ketika tirainya dibuka, mereka sudah benar benar kuat dan siap bertarung. lain dengan kita, kebijakan ekonominya sudah terkontaminasi terlebih dahulu dengan masuknya investor asing dari awal pemerintahan presiden ke dua. sehingga mau bertahan seperti apapun, lama kelamaan akan terdegradasi dengan sistem ekonomi barat yang menganut free trade. intervensi pemerintah malah disimpangkan oleh oknum oknum tertentu, dengan sistem aturan yang sangat fleksibel. akibatnya pemerintah akan terus kedodoran.
          mau tidak mau, pemerintah harus melonggarkan pegangannya dari BUMN, namun dengan tetap memegangnya untuk sewaktu waktu melakukan intervensi disaat terdesak. mohon koreksi jika keliru. Salam kenal bung yudi.

        • Thank’s bung Van. Salam kenal juga. Nah itu yang saya maksud_kenapa kita tidak tiru saja cara China dengan mentreatment aturan yang tegas dan keras_saya kira resikonya tidak sebesar kalau diswastanisasi . BUMN harus dikelola oleh profesional bukan birokrat atau partisan partai , apapun itu partainya_tetap tidak boleh. tapi tidak juga dilepas kepada swasta seperti yang anda maksudkan_sangat berbahaya bung. anda bisa bayangkan bagaimana jadinya_kalau yang beli saham Pertamina ternyata orang kaki tangan Chevron atau mobiloil_itu sama saja memelihara anak singa liar yang suatu saat akan besar dan mencengkeram kita.

      • IPO kan tdk semua saham..bisa hanya 10 % saja…ke-dua krn Pertamina IPO maka Independensi Direksi Pertamina akan lebih baik krn harus mengikuti standar manajemen yg diakui BEI(bursa efek Indonesia)….so Pertamina ini unik : masak sih ada perusahaan yg sampe hari ini g punya hitungan hpp(harga pokok) yg jelas mengenai bbm subsidinya selalu mengacu harga keekonomian yg anehnya merupakan RON 92(pertamax) padahal premium itu RON 88..sbg mantan auditor..ini g masuk akal..kalo ada perusahaan selalu mengacu ke harga jual dan sulit bicara HPP…
        Kalo sdh IPO Pertamina harus jelas mengenai standar ini…secara akuntansi..IMHO…

    • Kompor mleduk obor

    • orang itu ya klo memang dari hati&memang ikhlas untuk saling mengingatkan apa yg terbaik bagi sodara nya se- bangsa & tanah air pasti akan diterima dg ikhlas pula dan semoga hal saling mengingatkan ini mendapatkan berkah jg oleh Allah Tuhan YME. Tp klo bisa y menggiring sj tanpa ada manfaat y malah kadang cenderung kayak penyambung kaki tangan antek asing ya sama dg menjual harga diri sendr, asal perut sdh kenyang peduli orang lain.
      Dulu awal2 warjag ini sebagai media diskusi sesama anak bangsa, saling mencari ilmu & mencari pencerahan, mungkin dg cara berdiskusi yg baik akan mendapat ilmu yg bermanfaat & baik pula. tp perasaan akhir2 ini malah saling menghujat, menghina, meremehkan dan menggiring opini (g tahu ada motif apa yg biasa menggiring opini???)

      mungkin malah kadang ada yg menganggap sebagai guyunan sj dg sengaja melempar kata2 di diskusi ini, pdhl hal itu ada akibatnya yg kdng kita tidak menyadari y?????

      semoga bung diego, bung gue , bung Satrio dan senior awal2 warjag ini bisa membawa diskusi ini lebih menarik seperti dulu lg…..

      salam hangat untuk sodara warjag semua, mohon maaf klo ada yg tidak berkenan…..

    • sampeyan sekolah ngendi mas?

    • ya itulah…….. macan ninggalin belang………PDIP ya..ketauan BELANGnya……

    • Gak perlu jadi orang pintar kalau menyiasati kekurangan anggaran dengan menjual aset, setelah indosat, tanker pertamina, LPG natuna apalagi yang mau dijual murah sama Partai Broker itu……….Di Surabaya teman-teman partainya adalah orang yang paling lantang menolak penutupan Dolly…..

      • Wah yang bener bung, beneran nih mereka yang paling lantang menolak penutupan Lokalisasi. Mungkin karena penutupan ini melanggar HAM kali bung.

        • Bung Tango_M pernah baca kisah nyata anak-anak yg hidup dilingkungan Dolly, miris bung. Bayangin kalo itu anak kita, pasti ngeri. Bs dicari jpnn online. Jawapos cukup sering memberitakan ttg hal tsb. Hal itu yg jd trigger buat bu Risma utk menutup dolly selain faktor-faktor krusial lain.

    • mohon maaf bung, kl ini saya setuju pertamina IPO. karena kemungkinan masyarakat memiliki sahamnya lebih terbuka, dan pertanggung jawaban terutama dari sisi keuangan maupun orperasionalnya akan jelas juga ke masyarakat mengingat laporan keuangan yang harus di publish sebagai syarat perusahaan listing. lain dengan indosat atau VLCC yang telek telek dijual ke asing dengan harga yang sangat murah dan cenderung Murahan. semoga kedepannya lebih baik lagi bagi pertamina. salam.

    • rakyat bisa beli saham pertamina???!!!!
      TAI KUCING,,,,,,,,,,,,’
      TITENI WAE,,,.
      saham dah di bagi2 ma orang2 tertentu, tragis lg kalo para komprador yg memilikinya,,,,,

    • Pasal 33 UUD 1945 dihapus saja sekalian. Biar semua dikelola swasta asing. Bok ya nalar dikit broo. Ini akibat orang partai yang kebanyakan nerima Fee dari swasta asing. dikit dikit mau jual, Jual kok dikit dikit tuh Papua sekalian jual aja.!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    • DEMI KEUNTUNGAN PARTAI MONCONG PUTIH BUNG

    • EMANG POLITIK PDIP POLITIK PENCITRAAN BUNG

  2. Nyimak aja dah…

  3. Nebeng bung mirza ya…

  4. ora kreatip blass isone dodolan tok. jadi makelar ae opo’o sugih. ora ngerugekno wong liyo

    • yg kteatipnye ya ntu bang..cara jualannye..lebih bombastis ra ono tedeng aling aling..gas pol malah sebelum garis start..klo kata om kasino mah laka pikirane blabar pisan..hadeuh..

      • Kalo pun di jual bebas tapi kepemilikan 51% punya mafia baik secara langsung maupun tidak, ya percuma. Oh pemerintah juga punya saham. Kalo di suap siapa yang tau. Bukan pesimis tapi kenyataannya kayak gitu. Pindahin dulu kemari mau di riau kek kalimantan kek ato di jejelin di jakarta pokoknya pindah dulu. Biar ada pengawasan. Lha solusinya ipo. Hadeuh otak bejat akal pendek. Kalo udah selesai pesta sek ya lebih baik dari yang di bali wuih kazak semua ….. koplak

    • Bung Freaxout, Ada baiknya bung simak dulu baik2 pernyataan yg disampaikan dari artikel diatas. Kan jelas penekanannya agar Pertamina lbh transparan. Kl tujuan utamanya unt transparansi ditubuh Pertamina ndak sekonyong2 jg kan pemerintah melepas saham mayoritas pemerintah ke pihak lain. apalg yg menyangkut hajat hidup orang byk. Pemerintah bs membuat aturan besaran saham yg akan dilepas dan siapa yg berhak untuk mendapatkannya. harapanya Stlah Go publik laporan neraca keuangan pertamina setiap tahunnya bs diketahui oleh publik. bgt mksud yg saya tangkap bung. kl dirasa ada yg keliru mhn dikoreksi

      • …….. keleleran di tempat sampah pantat ijo udah transparan bung. Kagak ada beritanya. Silahkan tanya ob nya

        • Bung Freaxout, Apa yg disampaikan Effendi simbolon adl pemikiran yg sifatnya personal. Apa hubungannya dgn pantat hijau. Kl mau dikritisi ya dikritisi aja apa yg jd statemen Effendi Simbolon tp harus berdasar. Jgn out of context

          • Bukan bidangnya bung. Debat aja sama pak kwik. Saya cuman pkl pinggir jalan. Tapi seneng main tebak2 an tampa hadiah
            bbm naik 40%

  5. hANCUR NEGORO.. dicekel PDIP.. dodolan pesawat la.. ipo la
    wis dolen nang asing kabeh ae nang pasar modal.. RUSAK NEGORO.. dadi budak asing kamper..

  6. besok apa lagi ya yang akan dijual.

  7. keuntung dn krugin jika prtmina ipo go publik.

    • Keuntunganya : mendapatakan dana segar untuk mengembangkan bisnisnya dan bukan mustahil mayoritas pemegang saham dapat menentukan kebijakan pertamina dimasa yg akan datang

      Kerugianya : pemerintah tidak lagi dpt mengintervensi setiap kebijakan yang dibuat oleh pertamina dan tentunya setiap keuntungan yg didapat akan dibagikan kepada pemegang saham

      IMHO πŸ˜€

      • Alasan pengembangan bisnis hanya omong kosong mas… Buktinya BUMN yang dulu di privatisasi sampai sekarang juga tetap gitu-gitu saja. Salah satunya BRI.

        • jika mayoritas pemilik saham bisa menentukan kbijakn prtamina it sngat merugikan rakyt..jika mayoritas pmilk saham dgn senak udely menaikkn hrga dgn alsn minyak bumi dunia naik..untung bt pemilik saham,rugi bt rkyt trutma wong cilik.

        • Yang namanya perusahaan go publik, itu kputusan direktur itu mutlak tidak perlu menunggu atau konsultasi dg pemerintah kecuali Perusahaan BUMN maka setiap langkah atau kputusan yang diambil wajib berkonsultasi dg pemerintah

          Ini saya hanya menjawab pertanyaan loh πŸ˜€
          Memang paling enak punya perusahaan sendiri jadi bos ga ada yg brani kasi perintah πŸ˜€

          • kalau perusahaan go publik / terbuka (Tbk.) nya swasta murni ya gak perlu dong direkturnya menunggu atau konsultasi dg pemerintah…

          • selama pemerintah masih pegang saham mayoritas (min. 51% aja) kapan pun masih bisa bung intervensi..

        • kalau BRI dibilang “tetap gitu-gitu saja” juga omong kosong mas,
          dalam setahun sahamnya naik 73,93%, artinya banyak investor menilai BRI sangat prospektif…

          http://www.bloomberg.com/quote/BBRI:IJ

          klo mo tahu perusahaan publik yang dicuekin investor, google aja:

          BNBR bloomberg

          • Lan-jutKAN

            masak Pertamina kalah ama Petronas.
            bisar tahun depan bisa lihat logonya nempel di tim MotoGP tunggangan Marquez. Repsol hapus aja.

            IPO langkah cerdas untuk mempercepat revolusi mental di BUMN. sesuai dengan semangat waktu kampanye. kalau bisa 55% Pemerintah, 15% rakyat kecil dengan pendapatan max 5jt per bulan, 30% asing. itu kalau bener PDIP peduli wong cilik. Supaya wong cilik bisa semakin sejahtera karena punya perusahaan minyak.
            ngarep.com

          • IHMO ya bung, Jika Pertamina jadi go publik …

            yang kemarin disambangin udh minta jatah,siapa lgi yang beli kalo ga Chevron dan konco-konconya dengan dalih lebih berpengalaman dalam bidang migas.

          • jasmev alias pasukan nasbung uda mulai nyerbu kawasan JKGR……RED ALEART,,,,,,,,,

      • BUMN setelah IPO tetap BUMN bung, artinya saham mayoritas tetap dikuasai negara…

        • memang yang menjadi masalah adalah mafia migasnya bung danu.. jangankan koq yang pertamina yang merupakan prusahaan minyak skala raksasa.. lha wong yang di daerah saya aja ada pertambngan minyak tradisional yang ada di Jatim mafianya aja uda kelas kakap..

          menurutku masalah pertamina harus IPO atau Tidak adalah bukan disitu maslahnya, melainkan Mafia Migasnya yang harus diberantas

          memang IPO bisa memberikan harapan untuk memberantas per-Mafia’an Migas karena adanya sistem audit yang sangat jelas dan terbuka

          andaikan Pertamina di IPOkan maka saham mayoritas harus dikuasai pemerintah, dan yang paling harus diperhatikan adalah jangnlah sumua usaha untuk memajukan Pertamina ini malah blunder berttentangan dengan UUD 45

          mohon dikoreksi bung @danu.. ini cuman komennya tukang angon wedus…

          • akur bung E-Kafa,

            mafia migas memang akar segala derita rakyat terkait BBM
            dan pemerintah memang wajib hukumnya untuk mempertahankan salam mayoritas (sampai kapanpun) seandainya pertamina IPO…

        • INGAT KASUS PGN BUNG DANU??? MAU DIBIKIN GEDE DIMERGER AMA DAHLAN ISKAN TAPI GAK BISA SOALNYA SEBAGIAN BESAR SAHAMNYA DIKUASAI ASING YG GAK MAU PGN DIBIKIN BESAR…………ASING BISANYA NGERECOKI BUNG

  8. awal dari rencana penjualan aset negara….
    aku dulu gag pilih partai ini….
    bisanya cuman jual jual jual…
    truz apa cobak yang aku banggain dari negara ini,udah laku semua…..
    masalah BBM naik itu cuman masalah sesaat 1-2 bulan masyarakat udah normal lagi…
    jangan tanya politikus tanya langsung ke rakyatnya

  9. Hadeuuhhh mo dijual jual terus semua aset negara neh … koq ga ada puasnya.
    taon 2019 ane mo cari calon independen aje, ubah UU Pemilu biar ga hubungan dg parte.
    Biarpun ane bukan fans mas Joko tapi kasean jg ma dia, blom dilantik tapi direcokin trus ma banteng merah …

  10. anget tenan malam ini

  11. petral itu perusahaan milik pertamina sendiri,lokasinya di singapura agAR bebas intervensi.kalo pertamina atau petral korup tentu BPK sudah beri peringatan,seperti masalah harga jual lpg…kalo ngomongin mafia migas semua bisa,tapi buktinya mana..?kalo masalah transparansi gak perlu sampe go public,pengawasan di INDONESIA ini sudah berlapis..pertamina juga bisa besar tanpa go public,kecuali ada maksud maksud tertentu untuk mebuat pertamina go public.apakah ini yg membuat karen mundur???

    • Wah anda poli tikus apa pebisnis apa pengacara bung.
      1. Kenapa kantor kpk ngga di pindah aja ke swiss biar bebas intervensi
      2. Kalo intervensinya untuk kemakmuran rakyat kan sesuai dengan UUD1945
      3. Anda tahu istilah jadul “waskat” pengawasan melekat jaman pak harto. Yang jadi masalah pengaplikasiannya kan “yang di awasi dengan yang mengawasi sama-sama sepakat”, makanya di buat KPK
      Anda kalo ngomong alus dalam membengkokan persepsi orang. The best ever yang pernah saya baca di jkgr, kalah sesepuh sini

    • Menurut saya bkn spt tu tujuannya BUng Rolandkev. Justru mereka menempatkan kantor pusatnya di singapore dgn tujuan agar mereka lbh leluasa melakukan praktek2 mafia perminyakan.

      • Pintar kan ya bung cupax. Mirip amblesiyah leo, yang penting ngga di bahas. Kalo leo, ngerusak jalan dan jembatan, tapi jalan dan jembatannya ngga di bagusin minimal sesuai bestek . Lha kalo ini pertamina mau ipo tapi PETRALnya ngga di pindahin. Walo udah di ipo in tapi kantornya tetep di si upil yo podho karo goro. Pemerintah yang sekarang aja kuasa penuh di pertamina aja di kelece in apalagi 51% tambah gampang. Sisa saham kan yang punya orang banyak. Kalo di buy back personal dengan harga 2x lipat apa ngga di lepas. Terus kalo untungnya untuk orang kaya orang miskin dapat apa, kayak saya. yang pasti walo harga 1000 tapi minim beli 10.000 lembar kan sama aja boong mirip telkom kan minim 10 juta keluar. Coba cek sekarang, itu pegawai negri yang punya saham telkom berapa persen dari total saham. Dan apalagi negara cuman dapet hasil 51% yang harusnya 100% masuk apbn kan eman. Buat alutsista, infrastruktur, pendidikan, kesehatan dll. Buatlah rakyat makmur rakyat yang berada alias rakyat yang punya walaupun nitip atas nama negara. Saya harap ada solusi tampa privatisasi.

      • KHUSUS PETRAL DUBUBARKAN & PERTAMINA GA USA IPO

  12. ##### tepok jidat #####

    atit………

  13. sedang sedangnya mulai nanjak… eeeeeh malah mundur ga bratur, clokooo cloko.. reee ree.. neng ngendi wis tiang pancang rubuh, ckckckck… sbenarnya gw ngomong apa yaa, hehee

  14. Tinggal liat az seberapa kuat jokowi dg program & usulan” orang disekelilingnye ( orang partainye) yg sering asal ngejeplak az congoranye..mudah”an sih kaga mo ikutan klo usulanye bakalan bikin ancur nih negara..!!

    …NKRI HARGA MATI…

  15. Boleh di jual asal monopoli BBM di hapus. Jd nti selain shell,total kita bakal liat SPBU caltex,Fina,conoco,elf dll. Cuma rakyat siap ga dgn harga jualnya.. Abis Pertamina IPO ga lama lg PLN IPO, Pertagas,PGN smua di IPO. Ya msk akal sih krn 10Milyar Dollar dana kampanye hrs balik modal

    • Masih ada lagi… Pindad IPO, PT.DI IPO , PT Len IPO
      Hayo mana lagi yang potensial di IPO kan. πŸ˜€

    • Bukan itu. Camar bulan plus tanjung datuk. FIR. Kontrak karya. AFTA. Green hilton agreement(udah jaman pak beye masuk g20). Ketergantungan teknologi dan pangan. Dan tambahin sendiri deh. Paling nunggu yang ngga di pingit lagi baru selesai

  16. Obral obral trz…habis pertamina mana lagi yah jgn jagan pulau sebelah utara cocos nih heeehee

  17. Didol maning-didol maning….kepriben kiye son..ora mudeng..!!

  18. Saya tdk setuju Pertamina di IPO,,,karena melanggar UUD 45,,Petral tuch yg Meski diacak2,,knpa pertamina beli minyak harus lwt petral,,,yg isinya mafia migas,,dan katornya pun di singapore,,,dan kabar nya si RH yg jd ceo petral itu setor 7-8 M/day pejabat di negeri ini,,hasil dari Jualan minyak nya ke pertamina,,,makanye dirut pertamina mental,,krna g kuat oleh tekanan,,,trus kita g pernah bangun kilang baru,,,ya karena dipersulit regulasinya,,jd investor,,pd males,,krna bisnis minyak adalah bisnis yg hight cost,hght risk,,,,so pertamina harus tetap di kuasai negara,,,

  19. Dulu aja mau di naikin ma SBY, teriak 2!! Sambil demo, mencaci pemerintah utk tidak menaikkan BBM , pas partai nya berkuasa,, kebalikan nya,, teriak2 minta di naikin BBM nya, senjata makan tuan akhir nya,,

    Sebenar nya yang di cari itu mafia migas, ngapain mesti jual saham segala,, apa ga punya solusi lain lagi, selain jual dan jual,,, kuli bangunan yg sekolah SD juga bisa klo cm jualan doank mah,, ga perlu S1,S2 atau es teler,,, gelar aja sarjana,,bisa nya cuma jual dan jual,,, sungguh memalukan,,,

    Cuma pengen pencitraan doank,,, biar ga di pandang jelek, sama masyarakat bawah,, ga naikkan harga BBm akhir nya jual2an,,

    • Malam bung andri,,belum lama d tv1 ada statement dri kader PDIP bahwa skarang jadi jatah Pk.Beye naikin bbm,nanti akhir jabatan Pk.Joko gantian dia naikin juga cmiiw,,kenapa ya Negeri ini jual gabah ke orang,trus beli beras dri tetangga deket? Knapa kita gak numbuk sendiri gabahnya? Gak bisa,gak mau,atw gak pengen pusing? Bukanya klw gak bisa bikin alu harus rangkul kawan utk bantu bikin? Apa gak ada yg mau bantuin juga..harusnya orang2 yg cuma jadi benalu hukumnya gantung plus kuras seluruh hartanya,supaya anak-istrinya bisa mengingatkan tiap hari..

      • Malam juga bung MS, P90. Saya setuju dgn pandapat anda bung,, kita memilih, wakil kita di senayan, dan di istana, bukan utk hura2. Kita memilih mereka utk memecahkan masalah, dan mencari solusi yang tepat buat negri ini, sesuai dgn gaji dan pendapatan yang mereka terima,,

        Saya kira mereka org2 pintar dan cerdas utk memecahkan masalah dinegri ini, sesuai janji mereka,,, klo cuma bisa nya jualan doank yah saya juga kuli bangunan masih bisa cara begitu doank sih,,

        • Beberapa hari yg lalu ada pernyataan dri Bpk.Joko,beliau mengusulkan pengolahan minyak mentah scr mandiri.sya harap bsa terwujud wlwpun akan mmakan bnyak waktu n biaya,wah klw jadi bakalan maju neh negara.cara sprti ini yg menurut saya buanyak plusnya,menaikan martabat negara,menaikan pendapatan negara skaligus menyingkirkan mafia migas.sama seperti pendapat bung andri,sayapun tdk setuju cara jual saham2 pertamina,d bangun dgn uang rakyat kok d jual gitu aja,pecat aja neh kader2 PDIP yg coba2 menjatuhkan bangsa… Salam NKRI …

          • tujuan utama ipo kan supaya transparan dan akuntable, juga untuk menyerap dana dr masyarakat, jadi gak ribett kalu perlu dana, kayak pal yg delay bikin lontong karena duitnya gak turun2.dan anggaran negara yg terbatas. yg perlu dibatasi adalh kepemilikan saham pengendali. IMHO

  20. Affirmative 😈

  21. udh bagus hr ini keluar artikel2 soal alutsista..eh koq keluar lg berita politik begini..ini kan forum militer?..kalau hasilnya diskusi kewiraan sih gk papa..hasilnya positif…tp ini cm mancing hujat menghujat…kacau ni cara dagang adminnya…Mas Diego?…

    • Bung diego sudah benar, ini forum untuk berdiskusi untuk mengeluarkan pendapat dan mencerdaskan semua pembaca, tinggal kitanya saja memilah dan mnyaring ilmu yg bermanfaat

      Yg penting berpendapat dg santun agar tetap bersatu demi NKRI πŸ˜€

    • jkgr porum politik militer n peralatan pertahanan keamanan..
      noh tulisannya atas ndiri..

    • Dan rating itu tidak membuat bung diego kaya malah masih NOMBOK buat biaya operasional Warjag,,,
      Forum ini masih disubsidi oleh bung diego,, jadi kalau ada yang mengatakan rating naik untung banyak maka adalah salah,,

      Warjag masih butuh perkembangan dan dukungan warjageragar bisa menjadi media yang bisa berkontributor untuk kejayaan indonesia jaya,,

      Makanya ayo dukung warjag yang bersih yaa,, daripada nanti dijual sama bung diego πŸ˜€
      untuk beli sembako πŸ˜€

  22. Mulai kebaca cara mainnya dengan berbagai macam dalih
    demi pengawasan dll….sdh menjadi rahasia umum paling yg dilepas sahamnya ke publik porsi %nya kecil sedangkan yg kekelompok tertentu pasti porsi %nya jauh lebih besar. Klo sdh diprivatisasi swasta siapa yg bisa kontrol secara penuh? Habislah keuntungan buat kas negara. Kan sdh jelas UU-nya bahwa yang menyangkut hajat hidup org banyak harus dikelola oleh negara…pada lupa lagi apa?

  23. Tersesat dijalan yang benar πŸ˜€

  24. @bung tom: berbicara dagang…McD tdk selalu hrs jualan hamburger terus atau kentucky jualan ayam terus maupun esteler77 jualan esteler terus. Harus ada variasinya biar tdk monoton. Dalam dunia militerpun pasti berhubungan erat dengan dunia politik dan perekonomian apalagi iptek karena adanya efek keterkaitan satu dgn yg lainnya. Jadi intinya….ya kita hormati yg punya warung…klo gak suka dagangannya….ya gak usah beli. Peace πŸ™‚ IMHO tukang sayur

    • sabar sabar.. mungkin beliau belum paham, silahkan beri pemahaman yg baik dan santun agar beliau bisa mencerna dengan nikmat..
      bung@Raymond, silahkan diminum kopinya, plus tempe goreng hangat. hehee..

  25. Duit century cuma 6 T, (maaf dgn kata2 .CUMA).
    Klo mau ambil yg gede,, itu duit BLBI sampe 110 T,,

    • Bung andri, sedikit menambahkan ya dalam bahasa hukum apa yang di sebut dengan bantuan tidak mempunyai kewajiban untuk di kembalikan kembali, kata dosen hukum perbankan saya dulu lho waktu kuliah hukum perbankan, jadi sampai detik ini jika kita mengharapkan pengembalian dana BLBI sama saja kita mengharapkan turunnya hujan salju di negara kita ( salju lho ya bukan hujan es besar2 )

    • duit blbi bakal menguap bung & gak bakalan keungkap selama piaraannya mimpin

  26. Knp harus malu utk. Menaikan harga BBM? Cuma karena menjilat ludah sendiri, dibandingkan jual aset negara? Apa takut merusak pencitraan nya? Karena menaikan BBM itu solusi yg tidak populer?
    Klo toh itu akan membantu dan rakyat menerima , knp ga? Dulu SBY jg sama, ketika pertama kali naik, langsung naikan harga BBM,

    • Mas e… pemilu wis rampung. Nasionalis atau nggak akan terbukti seiring berjalannya waktu. Yang jelas sekarang para “pengikut” Jokowi sudah gatal tangan ingin jual-jual aset negara.

      • Nah berhubung masih wacana penjualan atau sekedar usul, mari kita kritisi. Jangan asal mencari pembenaran seperti ” KALO JUAL KAN DAPET DUIT. TRUS DIRIKAN AJA LAGI 5 BUAH APA SUSAHNYA”

    • nasionalis tai kucing bung. kalo jokowi emang nasionalis mengapa dulu kok milih monorel produk cina padahal BUMN kita bisa bikin lebih bagus canggih & yg penting harganya lebih murah

  27. Sepurane mas, lek alasan nggak ono duit iku yo alasane PDIP waktu adol Indosat, Gas blok tangguh lan satelit (tanker sisan ding). Lha opo kudu adol aset negara sek cek e kudu duwe duit? Potong gaji dan tunjangan pejabat (lek wani), sikat iku pengusaha” tukang ngemplang pajek (lek wani).
    Aset Negara = Kebanggan bangsa.
    Lek cuma adol-adol thok arek SD yo iso cak.

  28. SEBENARNYA ini adalah kelanjutan dari PENJAJAHAN PUTIH yang sudah lama terjadi di Indonesia,. jadi bukan hanya karena PDIP saja,,, tetapi memang bangsa ini sudah mulai TERBIASA dengan penjajahn putih yang sudah berlangsung, tetapi sok suci.

    Bila sekarang dilanjut dengan usulan IPO Pertamina maka ini adalah jurus kesekian dari kepntingan asing yang sudah menjajah sejak tahun 1967..dimulai dengan penandatanganan UU no 1/1967 tentang Penanaman Modal Asing (PMA) yang draftnya dirancang di Jenewa-Swiss yang di-dikte-kan Rockefeller, disahkan tahun 1967, berlanjut di era pak harto dan makin tajam penusukan dari asing setelah Reformasi .

    Kalau sekarang ada yang teriak IPO pertamina dan kita sinis IBARATNYA kita menjerit malu karena merasa di intip karena mandi tanpa busana di kamar mandi bolong bolong dindingnya dan atapnya terbuka,
    Langkah Terbaik adalah membenahi kamar mandi itu dan dipindah ditempat yang layak

    Coba dibaca lagi artikel2 saya tentang Penjajahan Putih diwarjag
    http://jakartagreater.com/kemerdekaan-menuju-kedaulatan-bangsa-sepenuhnya-jilid-1-by-satrio/

    http://jakartagreater.com/kemerdekaan-menuju-kedaulatan-bangsa-sepenuhnya-jilid-2-by-satrio/

    http://jakartagreater.com/kemerdekaan-menuju-kedaulatan-bangsa-sepenuhnya-jilid-3-by-satrio/

    Atau hanya menjadi slogan MERDEKA MBAHMU…… saja ???

  29. jika harus tiga preyode, saya akan pilih kembali SBY..
    sampai hari ini presiden itu SBY!!!
    semakin sangsi dan meragukan, sedang Jokowi hanya bagian tumbal yg dikorbankan..

  30. hohoho, koor d’asbunz feat. the culuns lagi pada manggung dimari…

    apalagi yang salah dengan IPO pertamina ?

    dengan modal 10 juta (sekedar mindahin tabungan/deposito) tiap WNI bisa buka account di sekuritas terus ikut memiliki pertamina, yang penting harga per lembar saham dibuat terjangkau seperti harga saham elnusa anak perusahaan pertamina, hari ini rp 740 per lembar, dengan modal rp 740,000 udah punya 10 lot.

    keuntungan ? up to 179% / tahun, makanya jangan pada culun ente.
    dan gak melanggar UUD 45, dikuasai orang banyak berarti dikuasai kita para WNI,

    http://www.bloomberg.com/quote/ELSA:IJ/chart

    • yaa om, saya culun.. culuuun sekali

    • bukannya yg namanya jual itu ttp jual kan, artinya dimiliki tangan yg lain, loe bukan kah itu BUMN bukan pribadi, hehe

    • Tanah air dan sgala isi yang terkandung didalamnya dikuasi oleh negara demi kemakmuran rakyat bersama

      Kayaknya ntu deh bunyinya πŸ˜€

      • yup anda benar, saya salah πŸ™

        tapi dalam pengertian perusahaan / badan usaha, penguasaan saham mayoritas ( > 50% ) oleh pemerintah tetap berarti dikuasai…

        IPO adalah sarana mobilisasi tambahan dana yang murah bagi pertamina, mirip prinsip syariah, tidak mewajibkan pembayaran bunga tetap / berkala kepada pemegang saham (seperti pada pinjaman bank non-syariah) , cuman klo untung bagi2, dan kalau lagi apes (pemboran menemukan dry hole) harga saham turun dan pemegang saham ketiban floating loss…

        • Maaf maaf banget bung Danu πŸ˜€

          Yang nama perusahaan yg BUMN IPO/Go Publik kalau tidak salah tujuanya adalah untuk menghimpun dana dari semua masyarakat baik itu WNI/WNA untuk menjadikan perusahhan tersebut dpt menjadi sehat dan mandiri untuk mengembangkan bisnisnya dimasa yg akan datang tanpa membebani pemerintah sehingga diharapkan kedepanya perusahaan tersebut mampu membuat kebijakan tepat sasaran demi kemajuan perusahaan πŸ˜€ untuk menentukan harga jual BBM mengikuti harga pasar yg ada tidak wajib berkonsultasi dg anggota dewan yg duduk di senayan tetapi harus mengikuti tata cara dan aturan yg berlaku di pemerintah kita setiap keuntungan yg diperoleh maka akan dibagi merata sesua besaran presentase kepemilikan saham πŸ˜€

          Sedangkan pertamina itu adalah salah satu alat pemerintah untuk membantu rakyat kecil mampu menikmati BBM dg cara membeli BBM dengan harga yg ditetapkan sepenuhnya oleh pemerintah

    • bang danu..

      mo dibilang asal bunyi juga kagak masalah, lha wong bukan bidangnya..tapi emang suara2 kek gene yg beredar dikalangan akar rumput ekonomi bawah kesamping..cek aja..

      mending dimari cuman adu kibot, yg sono noh di pom bensin maren pada adu jotos skala kecil..ampe ada kasus ite florence segala..

      yg bengkok silahkan lurusin aja, bang danu..

      • Ekonomi bawah ke dasar dan sarkem kalo kesamping nunggu ngga ada rakyat miskin dengan pendapatan minim 50.000 per hari per kk (anak 2)

        • kagak tega ane..

          • Gimana ngga tega sama pemerintah yang namanya miskin pendapatan 8000 per hari. 4 orang(1kk) 32.000 gitu aja masih banyak di bawahnya berjuta2. Hal ini mirip sama kasus amblesiyah leo. Bukannya jalan di bagusin biar leo bisa lewat, malah di tentang. Lha kalo ada apa2 para ekonom aja yang suruh perang. Bukannya biar kita bisa punya. Punya semua itulah orang berada. Makmur namanya. Mulai dari rakyat sampe angkatan perangnya. Kalo pejabat mah rakyat kayak gini aja udah makmur. Lha wong sersan aja bisa nyicil xenia. Ngga kayak jaman dulu, kolonel aja naik pespa soalnya anak 3. 1 kuliah 1 sma 1 smp. Kerjaannya gadein sertipikat kepegaweyan. Makan tahu tempe mulu, saya malah lebih parah capek deh

          • karna dolo belon ada kreditan hihihi :mrgreen:

    • Ente ga usah bilang culun bung @ danu, klo ente mang ngerti masalah beginian mending kasih pencerahan yg bagus biar pade paham,bukan pake ngatain culun para warjager, lagian juga rakyat indonesia pade kaya semua ape..?? Pake beli saham dah tau masih banyak yg kismin,model beginian ga bakal nyentuh rakyat bawah yg jumlahnye lebih banyak dari golongan berduit..cuman segelintir doank yg bisa milikin saham..yg katenye rakyat ikut memiliki pertamina dg membeli sahamnye, rakyat yg mane..?? Brp orang yg bisa memiliki..?? Nyampe ga separo dari rakyat indonesia yg bisa beli yg jumlahnye 250 juta.??

      • lha emang culun mo dibilang apa, gak menguasai masalah langsung mulut comberan beraksi…

        diatas udah dijelasin garis besar IPO, guru2 kan udah pada 8 juta gajinya, bisa nabung dan ikut memiliki pertamina…

        • Setuju bung Danu, nanti jualan sahamnya di Kantor Pos, pasar Tradisional, Pasar malam, Minimarket, dll Kalau perlu PNS/Petani/Nelayan/Pedagang kecil dengan income dibawah 5jt per bulan musti dapet ini saham supaya ikutan sejahtera.
          Kan target IPO Pertamina saham dikuasai rakyat kecil cepat tercapai dan terserap ke tangan yang benar. Jangan jualan di Bank-bank besar saja. Kalau perlu untuk sosialisasi IPO Pertamina dan keuntungan memiliki saham tersebut disosialisasikan di 12 TV Nasional, selama 6 bulan setiap hari. Biar gaungnya cepat membumi.

    • @ bung danu yg baik, itu pan langkah awal…next step ( bisa dipastikan ) akan masuk para spekulan nyang berusaha menjatuhkan nilai/harga saham tsb ke titik terendah lalu muncul pihak asing ( udah bisa ditebak ) nyang bakal membeli saham2 tersebut dgn nilai rendah…..hasilnya? klo saham2 tsb cuman dikisaran 10% ( kaga lebih ) mungkin gak terlalu ngepek tapi klo sampe 51% biji mane bung? bukankah sama aja semua dagangan si pertamina nantinya bakal dikuasai asing? inget bung ini bukan indofoot tapi hajat hidup seluruh rakyat indonesia…….maaf klo ngawur , maklum aja namanya jg tukang ketoprak….he,he,he

  31. saya teramat culun bung@danu, makanya saya mau banyak belajar dari bung@satrio

    • nah itu ciri culun, orang belajar itu buka pikiran seluas2nya, cari rujukan sebanyak2nya, udah era digital kok banyak ilmu gratis…

      belajar dari 1 orang itu TK – SD, SMP aja gurunya banyak…

      • tu masalah jual saham gimana om, apa kita sudah tau siapa yg akan jadi pemiliknya dikemudian.. orang asing kah, atau bagi bagi sama orang PDIP, kan lumayan tuh setiap anggota kebagian persekian persen.. πŸ™‚

        • menjelang IPO ada periode yang disebut book building, siapa aja yang berninat beli saham pertamina bisa daftar termasuk seluruh pelanggan jkgr, tentunya setelah jadi nasabah sekuritas yang jadi penjamin emisi IPO tsb.

          karena pertamina kelas kakap, penjamin emisi sepertinya akan ada beberapa sekuritas sekaligus (sekuritas juga banyak yang plat merah al. danareksa, BNI, Mandiri)

          • saku pribadi siapa lagi, makanya banyak belajar mandiri deh, browsing tentang proses IPO…

          • emang iya…

          • BUMN bukannya perusahaan negara ya pak guru? terus kalo jual saham, brati keuntungannya buat pemilik saham doong ya..(adduh jadi bolah balik ni ngomong) terus kas negara dikosongin aja gitu ya? oiya pak ya, APBN gampanglah pinjam luarnegri aja semua, negri kita kan kaya, SDA sama pulau gampang tinggal dijualin. hehe

          • ini pak guru danu kemana ya, blm puas atas penjelasan dari pak guru danu. hehee

          • maaf nak, either NEM atau IQ anda kurang, maaf…

          • pak Guru Danu, kira kira BUMN manalagi yg mau dijual?
            PT PAL, PT DI, PT PINDAD, atau industri apa gitu? gpp republik ini gak punya BUMN lagi, kita masih ada SDA sama ribuan pulau ko kalo butuh RAPBN tingal jual aja semuanya, biar nanti anak cucu kita mati sahid, hehee

          • Bang Danu,jgn sebut BNI.Sham yg dijual tdk lebih dri 2.5%.Dan itupun sebagian besar dimiliki oleh pegawai BNI sendiri melalui pemotongan gaji agar tdk lepas ke asing.Kau klo nggak tau jgn asal nyeplos.

          • masalah bung danu apa pemerintah mengedepankan rakyat kecil yg beli saham,pastilah investor besar dari dalam dan luar negeri yg beli duluan dan yg mereka pikirkan cuma profit ,anda msih ingat kasus indosat siapakah yg membelinya singapur company bung,lgpula terlalu berbahaya jikk sham perusahaan bumn yg menyangkut kepintingan orng byk dipunyai swasta

        • ….kalo saya beli saham itu artinya keuntungan dari saham tersebut milik saya doong, bukan buat pak Guru…

          waduh berat mau dikasih pencerahan juga, besok2 aja deh
          klo inget…

  32. Yg aneh lagi dah tau ni partai model laguanye kaya begini, eh pade pake dipilih lagi…nasi dah jadi bubur, bonyok- bonyok dah loe..!!! Sekarang tinggal liat az setelah mulai pemerintahan baru..tapi tenang az akan ada penyeimbang di parlemen yg justru lebih banyak dari koalisinye pdip, koalisi merah putih semoga bisa trs mengawal segala kebijakan jokowi-jk ..klo” mulai buat ulah lagi yg bisa ngerugiin negara & nyusahin rakyat ..semoga..!!!

    …NKRI HARGA MATI…

  33. …aduhh

    pt telkom kan go pulic juga dan sahamnya di jual di pasar modal bahkan pernah berkantor di wtc 1 bulan kalau gak salah sebelum dibom
    51% saham dimiliki pemerintah..dan 25 % waduh lupa aku..
    51 % pemerintah ,pegawai 25% dan bebas..tiap 3 bulan dapat bunus 10 juta tergantung jabatan..
    dan itu makanya gaji pegawai telkom makmur 2004 sampai 2007,untung 70 t setahun malah ada mencapai 83 t dan di bikin satelit telkom 1 dan pemerintah dapat untung besar juga ,,setelah pemerintah membuka operator lain masuk baru dahh ..dor to dor jualan ..eheh
    yg salah adalah pengawasan

    pertamina go publik kan bagus jadi proposional ..dan bisa mengembangkan dirinya ,,tinggal membanguun sistymnya jgn kayak kemaren ,,jgn sampai petronas dan dll di beri akses dengan mudah ya systemnyalah dgn begitu bisa melindungi pertamina itu sendiri dan rakyat indonesia
    , pemerintah harus mempunyai saham pertamina 51 % agar pemerintah masih bisa mengatur kebijakannya ,pegawai 25 % lebihnya dijual ke umum..kan bgs ntar gimana manajemen coorporatnya mengelolah agar bisa dapat untung besar ..petamina harus menguasi pasar global minimal asiakan bagus..

    imho!

  34. Haaaa… mo jadi apa Negeriku ini…Ayo Bung kawal Negara Kita… Kami rakyat kecil cuma bisa berharap dan berdoa.

  35. ya hajar hahag πŸ˜€
    kagak ding..

    kadang emang butuh tenaga ekstra, bang..kalo abang tetep dijalurnya, yg untung dapet pengetahuan malah warjager juga kog..
    selebihnya terserah abang..

    pamit beneran, ngantuk..

  36. Save indonesia …

  37. Indonesia Hebat,……..HEBAT JUAL ASET NEGARA !…..hahahahaha……

  38. Indonesia hebat,…….HEBAT JUAL ASET NEGARA !!
    hahahahaha

  39. Whatttttt?

    Pertamina mau IPO…. sdhlah sudah cukup indosat yang kau jual ke asing sekarang mau pertamina pula?

  40. INDONESIA HOT SALE 2015…

    Hadeww.. Geleng2 kpla sambil elus2 rudal (pinjem kta2 bung santri mbalelo) , rudal e bs bwt prsiapan bsok mlm..heheee

  41. Duh duh.. rupanya ada garis keras juga disini ya… yah SR aja deh drpd d semprot..

    • Jangan takut kena semprot bung.

    • hehehe……debat kusir yg g ada hasil nya malah sifatnya meremehkan yg mending SR sj bung AFN….mulai atas sampai bawah, isine kok meremehkan, menggumpat, cacian-makian….. pancen pinter2 kabeh seblm capres & sesudah capres skr ini para pengguni warjag ini. aq melu sendakep mingkem ae….ora iso opo2 mending mingkem ae, engko malah diarani keminter sok-sokan….

      salam hangat bung AFN

      • Eh bung mronggosss .. apa kabar bung? hehehe salam hangat juga buang ente :mrgreen:

        Laiya itu, di satu sisi ada yang meremehkan, dll.. mau menyanggah entar malah d bilangi sotoy, tp kalo d biarin gerah juga nih.. ditambah nickname dr entah SR ato penghuni baru yang juga bernada njelek2in.. pfffftttt….

        Daripada kemakan sama omongan sndiri mending SR.. iya SR…

  42. Pak jokowi, harapan kami ada di pundak bapak, jangan salah langkah, 250 juta orang hidup di tangan anda pak, saya hanya pesan, jauhkan para penghasut di samping anda, dan ikuti apa yang ada pada hati anda pak.

  43. Ya to bener to .. belum memerintah aja udah ada ide jualin aset aset negara .. memang ga bs cari alternatif lain apa .. udah diduga .. semoga alat pertahanan strategis ga dijual murah .. mendingan tahun 2019 pak sby lagi nyalon jadi presiden …

  44. Klo punya duwit, mending beli saham chevron, boeing, intel, apple microsoft, freeport dll perusahaan asu. Semuanya ada di pasar modal.
    USA HOT SALE 2015
    USA GREAT SALE
    USA BIG SALE

  45. Ya ga tau apa huhunganyya ..hayo kasih bukti ..kok malah nanya

  46. Nasib wong cilik tambah susah lah wong negara tambah carut marut ga jelas aset negara vital dijualin, apa yg bisa diharapkan dri negara . Jualan somay tambah susah harga bahan pokok naik terus padahal bbm lom naik. Ulah sopo ini menyusahkan wong cilik

  47. klo di ingt2 lom pernah ada y presiden mikirin nasib kuli pabrik, boro2 kesejahteraan UMK/UMS aja di kutak katik angka nya persis angka togel, gak pernah tembus,..eh skrng malah pda ribut jual aset negara,…emm kira2 kuli/buruh kecipratan gk y…..hihihihi (mimpi kuli pabrik kaleng)

  48. kalo somay boleh2 aja bung @grandong, coba tanya deh @kang somay, heheheh,…lam kenal bung

  49. Pemikiran ini yang menurut saya agak aneh dan kolot.

    1. Apakah TRANSPARANSI, PROFESIONALISME, MAJU dan BERKEMBANG nya suatu perusahaan negara harus dengan PENJUALAN SAHAM? Jawabannya TIDAK. Banyak solusi lainnya untuk TRANSPARANSI maupun PROFESIONALISME bagi perusahaan milik negara. Tentunya para pakar di bidang Management Mutu punya solusi2 tersebut.

    2. Selain itu apakah yang dimaksud dengan TRANSPARANSI adalah dengan membuka informasi keuangan perusahaan bagi SEMUA pihak. Jawabannya TIDAK.

    3. Apakah dengan IPO maka akan banyak rakyat indonesia yang akan berlomba2 membeli saham perusahaan2 negara tersebut? Jawabannya TIDAK. Kemungkinan yang akan berlomba2 membeli saham perusahaan2 negara tersebut adalah pihak ASING atau rakyat indonesia yang menjadi BONEKA ASING.

    Jadi solusi PEJUALAN SAHAM bagi perusahaan negara yang menguasai harkat hidup orang banyak dengan tujuan agar terciptanya TRANSPARANSI adalah ALIBI saja bagi para BROKER.

  50. sabar2 bung@Indonesia….ngopi bung, slm kenal

  51. Apa kabar bung preman? πŸ™‚

    Salama hangat hehehe

  52. bung@riosoka, kalo transparan bngt jgn dong nti pikiran bsa negatif tuh,….setuiu bung dgn anda,…slm kenal.

  53. Saya sebagai rakyat awam dan oot sangat senang dengan ulasan dan pencerahan para sesepuh (sambil colek Cak@Satrio ) Dalam setiap komentar selalu didasari oleh argumen yg jelas dan kuat. Sayangnya akhir2 ini banyak bermunculan komentar2 yg fulgar dan mencaci maki thd sesuatu yg belum terjadi dan mungkin bisa terjadi bisa tidak (spt warung sebelah yg suka saling lempar bata). Masih katanya tapi sdh dicaci maki, kalau mungkin sdh mau diputuskan atau bahkan sdh diputuskan, kalau tdk benar ayo bareng2 dikritik dan dicaci maki. Monggo saja (sambil colek Bung@Diego). Maaf hanya pendapat oot dari pedagang ayam di pasar.

  54. alhamdulillah baik2 aja bung AFN…slm hangat jg bung…seru bung klo dah masalah politik rame kaya pasar malem..hehehe

    • Wkwkwwk… yah memang dinamika bung preman.. malah ane amati ini entah pendatang baru ato SR, nickname nya aja udah mengundang rame πŸ˜†

      politik itu kejam bung .. ortu ane dulu sampe ngelarang ane masuk kuliah jurusan politik biar gk jadi politikus hahaha

      Btw udah dapet belum si dia nya? :mrgreen: πŸ˜†

      • sama bung AFN alhamdulillah sy dijauhkan sama dunia politik cuma jd penjaga toko..hehehe.Sebenarnya politik itu baik bung AFN..cuma manusianya yg membuat politik itu kotor dan kejam karena bnyk yg menghalalkan segala cara untk mencapai tujuan makanya bnyk orang baik2 begitu terjun kedunia politik citranya hancur dan ikut dlm permainan politik ..

        • Nah.. memang sifat manusia bung preman.. kalo tidak dijaga akan rakus melahap semua.. politik itu bisa jadi “kita mencium bayi tapi di satu sisi kita mencuri lolipop bayi tersebut”

  55. klo bgini jdinya siap2 reformasi jilid 2……….!! dan pemilu dipercepat aza ga usah nunggu 5 thn………!!

  56. hehehe, bung@preman mah mang biasa mangkal di psr malem tuh,….slm kenal bung..

  57. Jual di OLX saja…Pertamina, PGN, PLN, Bank BI,Bank Mandiri, Bank Mi’un, kalau perlu kampusnya di jual jg macam UI, UGM, ITS…

    Makai bhs halus go publik, klo gak ada yg mau beli sahamnya, ya bangkrut, dan minimal kenaikan BBM akan menjadi-jadi.

    Dari dulu mereka ini suka berfikir instan untuk memnuhi kebutuhan sesaat saja, tapi jangka panjangnya noooll

  58. Pertamina, PLN dan perusahaan yang masih menjual produk yang disubsidi pemerintah sebaiknya jangan IPO dulu. Kalaupun mau IPO sebaiknya adalah anak perusahaan yang melakukan kegiatan yang tidak berhubungan dengan subsidi.
    Jika Pertamina IPO, sementara perusahaan itu masih menjual produk yang disubsidi pemerintah artinya pemerintah memberikan keuntungan yang PASTI kepada investor (yang belum tentu investor lokal).
    Contoh Solar Harga keekonomian 11.000 an
    Dijual Pertamina 5.500
    Subsidi 5.500
    Harga keekonomian ini merupakan biaya produksi+biaya distribusi+MARGIN

    Artinya keuntungan yang sudah pasti tersebut akan dinikmati oleh para pemegang saham publik Pertamina yang jika tidak Go Public akan kembali lagi ke pemerintah.
    Sementara data investor di pasar modal kita lebih dari 50% masih dikuasai investor asing sisanya baru investor lokal. Artinya ada kemungkinan saham publik Pertamina yang beredar 50% lebih juga akan dikuasai investor asing demikian juga keuntungan yang dibagikan.

    Kalau Pertamina mau IPO sebaiknya tunggu sampai Pertamina tidak lagi menjual BBM subsidi atau silahkan IPO anak-anak usaha yang tidak berkaitan dengan subsidi misalnya PHE.

    Kalau mau transparan tanpa IPO menurut saya juga bisa, dengan cara audit independen termasuk biaya migasnya dan hasilnya diumumkan ke publik.

    Kalau Pertamina mau dibuat besar seperti Petronas misalnya, berikan keluasaan untuk berinvestasi dan kurangi target setoran laba ke pemerintah.
    Contoh selama 10 tahun ini pemerintah tidak mampu membangun kilang minyak sendiri karena kendala biaya (100T), sementara setoran keuntungan Pertamina 25 T. Jika saja Pertamina boleh tidak setor deviden tapi membangun kilang maka dalam tempo 4-5 tahun kilang sudah bisa dibangun

  59. Jangan fokus ke bbm saja, tuh jalan macet terus tiap hari, kendaran tiap hari bertambah tapi jalan raya-nya nggak pernah ditambah, pangkas pak kalau bisa penjualan kendaran tuhh!? sekarang aja sudah nggak karuan macetnya apalagi 2 taun-3 taun mendatang! ada lagi nih usulan saya, tanah buat tanam padi sudah mulai habis buat perumahan2, lha nanti bagaimana nasib anak cucu kita bisa2 nanti sudah gak bisa makan nasi.

  60. Sudahlah kawan kawan….kalo ngomongin PDIP gak akan ada abis abisnya…jgnlah di kaitkan dgn jokowi karena sy tahu hati nuraninya bertentangan tp apa daya pemerintahan kan di gerakan oleh sistem bkn dia seorang (trias politika montesqui: eksekutif,legislatif dan yudikatif)…kalau melanggar tinggal pilih…mau impeachment atau….. :mrgreen:

    • Wkwkwkwk… Asli jd ngakak abis baca comen anda bung prabowo..

      salam kenal bung

    • Dalam pikiran saya, kepemimpinan ke depan di negara ini amat dipengaruhi kekuatan di sekitar presiden. Jadi hampir semacam kepemimpinan “kolektif. Apalagi untuk Pak Jokowi, Kalau Pak SBY, beliau adalah “pemilik” PD. Tapi untuk pak Jokowi, beliau bukan “pemilik” PDIP.

      Jadi kalau Pak SBY saja dalam praktik sering harus “kompromi” dengan partai kongsi dan partai seberang, apalagi Pak Jokowi, jangankan partai kongsi dan partai seberang, dengan partai pengusungnya pun harus kompromi.

      Ya kita lihat saja.

  61. Pagi abangda sekalian.Komen pada jgn marah2 ya? Soalnya emang sdh DNA partainya.Yg cocok pilih lagi,yg tak cocok tinggalkan.Kedepan mungkin partai hrs dibagi 3 golongan prti dulu.1.Partai peDagang Indonesia .2.Partai Korupsi Ramai2 Ya. 3.Partai Sains Tenics Indonesia. Cocok klian rasa? (cape deeh…).

  62. ini sama aja pindah dari mulut macan ke mulut harimau

    mafia migas mo diberantas…mafia saham yg berjaya

  63. Pertamina IPO…? Utk ini secara pribadi tidak setuju. Untuk professional tidak harus IPO. Setuju pendapat warjager sebelumnya. Bp JOKOWI tentunya sbagai calon presiden mendatang harus punya nyali/jiwa jihad untuk memberantas Mafia Minyak. Karena minyak adalah industri paling strategis di bumi ini. BUMN yang lain boleh IPO/Go Public. Yang ini jangan. Sekali masuk IPO, memberi peluang yang lain untuk mengacak-acak pertamina secara sistematis lewat pasar.

  64. BBM ama pertahanan saling berhubungann…pinter juga antek asing2 bermainnn…supaya negara ini gak bisa leluasa mengawasi laut nya…BBM paling leluasakan main dilaut heee…

  65. Widih,dr mlm sampe pagi gak istirahat ni warung,busyeet..lebih heboh dari pasar modal,salut deh buat para penghuni wrjag..kalo bumn mo ipo yo musti sehat keuangannya dulu,baru laku di pasaran,lha wong pertamina itu keuangannya sakit berat yo gak laku kalo sahamnya dijual sekarang, kalo emang keuangannya sehat pasti pak dahlan udah launching ipo pertamina dr kemaren2, lha orang sekelas bu karen aja menyerah kok mikir piutang pertamina yg gak pernah dibayar dan utang yg semakin bengkak,jd strategi ipo ya strategi yg salah krn kalo dijual saat ini harganya akan sangat-sangat amat murah,kalo dick cheney mau beli 49% sahamnya yo dia punya hak menempatkan komisaris di pertamina,ini sangat beresiko buat bumn strategis kt bung,perbaiki dulu keuangannya baru ipo,itupun jgn lebih dari 40%

  66. hehehe ..maklum penjaga toko cuma tau pasar malam..slm knl jg bung comengtea

  67. Ini yang ane takutin dari dulu Kanjeng Mami dan PDIP
    Privatisasi……….!!!!
    Jualan Aset….!!!!
    Mending gak usah disubsidi aja BBM daripada bisanya Jualan

  68. Tenang coy, jokowi yg milih bukan cuma org2 pdi. Bahkan kemaren lok konstitusi memberi jalan buat jokowi dicalonkan independen(non partai), tetap bisa menang kok,malah mungkin bisa dpat suara lbih dari yg kemaren. Krna memang bnya jga yg sebenarnya suka ma jokowi tapi tdak memilih, krna tdak suka sama pdi-nya. Tapi bnyak jga yg dulunya suka golpot, namun ktika ada jokowi dicalonkan,jadi ikut mendukung. Jadi tenang, jokowi tdak akan gampang diatur-atur ma pdi. Jadi kita jngan kburu menghakimi jokowi gagal, lha wong jokowinya aja lum dilantik lho.

  69. soal migas…jadi inget kisah ibnu sutowo..dia di kucilkan akibat kesalahannya atau akibat orang2 yg terancam eksistensinya..
    pernah dapet bocoran dr wartawan senior,alm pernah bilang “saya lebih baik di hukum,daripada seperti ini”..ane blm faham itu statement pembelaan diri atau curhatan ibnu sutowo..

  70. Ra kaget blas….. sudah diprediksi yg beginian. Ingat kata bung Karno…. JAS MERAH….

  71. ah biasa tukang jual barang hahaha mampuss

  72. Bung DANU ini kenapa yaa ??
    Gak usah merendahkan orang lah,,, warjager butuh pencerahan,
    Sebagai sesepuh perlu KEIHKLASAN dalam membagikan ilmunya
    Gak perlu menyerang pribadi atau berjamaah untuk menunjukan diri sendiri lebih tau dari yang belum tahu,,

    AYOO warjager di tata lagi prilaku dalam proses berbagi pengetahuan ,disini
    Kalau dimulai dengan santun berakhirnya pasti dengan santun

    grisien kupingku

    • lha iya bung danu
      Jangan kita kita yang lebih lama disini terpengaruh ikut ikutan mengatakan culun,, bagi yang belum mengerti,

      Tugas kita memang memberikan pencerahan kepada warjager
      ihklas saja ,,,

      Oh ya bung danu coba kiita diskusi tertutup dengan para admint bagaimana cara memajukan warjag agar menjadi media yang mumpuni dan menjadi kontributor bagi Indonesia jaya,,

      • bung Satrio

        > penggunaan culun niatnya seperti dokter yang harus mengatakan hal yang sebenarnya kepada pasien, walaupun getir / sangat tidak menyenangkan.
        terukur, tidak sampai menggunakan kata2 mutiara.

        > ada yang udah dijawab ikhlas malah dibalas dengan ngetroll, prinsip saya setiap komen / pertanyaan yang baik sangat diusahakan untuk ditanggapi dengan baik juga

        > setuju

    • izin replay!! turut prihatin juga pak satrio@

      klu pandangan dan pengamatan aku diskusi di atas udah mulai ada kemajuan ndan ! mulai ada arah yg bagus dan bahasanya mulai baik πŸ˜€ ndan! ini adalah pembelajaran demokrasi ..menurut aku bagus bung diego@menurunkan artikel politik ,ini pembelajaran politik dan berdemokrasi dalam kebebasan menyatakan pendapat ..sedikit demi sedikit namun nyata akan berakhir dengan diskusi yg menghargai perbedaan pendapat ,,

      menurut aku perbedaan itu kekayaan dan demokrasi itu sendiri,,
      klu manut iya semua atw tidak semua ..tidak ada keseimbangan dan itu kemunduran bagi berdemokrasi dan itu tidak baik ,

      klu salah dan kurang maaf ndan !
      salam demokrasi πŸ˜€

  73. Pertamina adalah salah satu instrumen untuk mengendalikan harga minyak di indonesia dan juga sebagi operator.jika ladang minyak sdh dikuasai asing,operator dikuasai asing,maka harga miyak terserah asing dong.pemerintah tdk dapat berbuat banyak.jika harga minyak mahal ,transportasi ikut mahal,barang ikut mahal. Ente mau harga beras jadi 15000/kg?garagara minyak mahal,infrastruktur banyak yg rusak.jika segala sesuatunya diserahkan ke pasar maka tdk ada lagi kebijakan yg ada bg mana mendapatkan keuntungan sebesar besarnya.

  74. Sekarang saya tanya kepada yg pro! apakah 51 % cukup kuat untuk menghadapi yg 49 % asing?mungkin ya secara logika tapi mafia minyak dunia sangat kuat mereka akan saling membantu.kalau masalah transparansi,suruh saja kpk dan akuntan publik memeriksa.

    • 51 % persen di pegang pemerintah
      30 % di pegang pegawai
      20 persen ..di jual ke publik dalam atw luar

      51 % pemerintah akan pegang regulasi dan pemerintah yg mengangkat direktur ,,mengatur dan memastikan minyak dan gas tersebar dan terjangkau biasanya minyak dan gas akan segera turun ..karna para pedagang akan menjual minyak/gas di harga bawah ..akan masuk petronas dan shell dll dan itu akan menambah inkam dari pajak akan tercipta lapangan kerja yg besar dan pertamina pun bisa go internasional dan bisa jualan / berdagang di negara lain dan klu pertamina maju ,,pemerintah akan untung besar tidak nombok terus..akan terbangun kilang pertamina di luar negeri dan pemerintah tinggal menyuruh pertamina untk menunpuk cadangan minyak untuk masa depan atw dalam keadaan darurat atw perang minyak2 itu di butuhkan πŸ˜€
      51 % + 30 % jadi 81 persen saham di pegang pemerintah .ingat !! pegawai pemerintah itu adalah pegawai negeri walau kedepan nanti yg menggaji pegawai pemerintah ini perusahannya sendiri lagi..nah!!
      nah klu begitu pegawai akan ikut bekerja dan mengawasi jalannya perusahan ,,tentu mereka takut klu gaji meraka kecil..jadi mereka akan menyarankan pertamina mebeli minyak tidak lagi pake broker dalam artian mereka bisa menentukan arah perusahannya
      ..
      pemerintah tetap mengatur persaingan dagang didalam negeri yg menyangkut hajat hidup rakyat indonesa ,,seperti perusahan bumn lain .

      apakah anda pake hp dan mengunakan kartu dari berbagai operator ..
      coba bedain kenapa di kota2 besar atw di wilayah telkomsel ,,operator lain susah bersaing coba anda pelajari bri ,,dan kenapa juga klu peke operator lain jaringannya lemah tapi ada di wilayah tertentu jaringannya kuat…itu adalah regulasi pemerintah ,,yg mengatur perdangan dgn melindungi pedangan bumn itu sendiri .
      salam bung”
      imho!

  75. Ipo pertamina bukan obat mujarab utk memberangus mafia migas atau menjaga harga bbm dlm negri tidak naik. Ingat pertamina ipo berarti ideologi pertamina sdh jd kapitalis murni yg kpi nya diukur dari profit. Oil and gas industri tdk terlepas dari system kartel. Karena minyak dan gas hanya ditemukan di beberapa negara saja dan teknologi dari hulu sampai hilir hanya di kuasaain oleh segelintir negara. Jadi utk memberangus mafia minyak adalah anda harus jd mafianya juga dng cara kuasain teknologinya dan kuasaiin daerah konsesi minyak/gasnya. Ipo pertamina juga berarti inskonstitusi krn bertentangan dengan uud pasal 33.
    Yg perlukan adalah membuat energi alternatif shg rakyat tdk tergantung lg kepada hydrocarbon fuel and its accociate or non accociate. Itu adalah tugas pemerintah sbg regulator. Dng adanya uu yg saling menguntungkan, maka investor akan menanamkan modalnya utk energi alternatif.
    ada banyak cara utk menekan subsidi minyak, tp bagi org panik dan tdk mikir jangka panjang, maka menjual aset negara adalah obat yg dapat menyembuhkan negara selama 5 tahun pemerintahannya saja, tp negara mengidap kanker seumur hidup. Contoh: penjualanan indosat, vlcc tanker, bca, tangguh lng.
    Indonesia banyak orang hebat dan pintar, tp yg dihargai pendapat dan omongannya hanya orang2 yg berpikiran pendek dan semu.
    Semoga Allah SWT menjauhkan Indonesia dari orang2 fasik dan munafik tsb. Aamin.

  76. HUH… andaikata..aku dimobil itu tentu tdk dibus ini(karatan).seandainya aku dirumah(istana negara)itu..tentu tdk digubuk ini.umpamanya aku dpt lotre.. tentu saja..aku tdk kere.. a a a andaikata..ka ka ka kalau saja..u u u umpamanya. oh ya..ya nasib.nasibku jelas bukan nasibmu.. hik..hik..hik.

  77. hati-hati, menurut saya ini trik baru dari mafia yang ada di singapura, mereka mau membeli mayoritas saham yg ada di pertamina melalui pembelian yg ada di IPO. Penguasaan saham di pertamina ini akan membuat mereka mempunyai suara atau kuasa atas kebijaksanaan pertamina di indonesia. Pintar sekali mengatasnamakan nama rakyat untuk melakukan penjualan pertamina ini.

    Kita tidak boleh lupa, akibat penjualan indosat ke temasek, indosat mengalami penurunan keuntungan dan kenaikan hutang usaha. Disini kita mengalami kerugian dua kali, kehilangan potensi deviden dan penerimaan pajak akibat penurunan profit ini.

    PDIP bisanya cuma menjual asset negara untuk mendapatkan penghasilan, fee dari penjualan tsb dan potensi transfer pricing akan bermain disini. Kalau misalnya jadi harus diingat harga sahamnya, kasus penjualan indosat dgn harga yg sangat murah akibat permainan mafia agar tidak terulang kembali.

  78. yg sabar aja lah tak perlu berbalas menghina orang lain.. menghina orang lain itu menambah berat timbangan menuju neraka lho…

  79. Weleh2……Pertamina mau ngadain Expo…..

    Dc nya berapa nih kira2……

    Klo ga bener pengaturan slot nya bisa bahaya nih……

    TO nya bisa berubah pembimbing…

  80. Negara salah kelola yah gini..? Carut marut di mana2.. gak disana.. gak disini.. mbahas sampe ratusan komen sampe gak karuan melebar kemana2 yg mslh sebenarnya gara2 oknum2 dan mafia migas asing toh ? kalau sdh tau biang penjahatnya adlh oknum2 yg bermain dan mafia migas kenapa kok gak diberantas toh? setidaknya pengawasan yg ketat dari aparat yg berwenanglah. kalau pengawasan ketat sesuai uu pasti mafia migas mampus, gak perlu ada ipo segala. kecuali mmg ada agenda terselubung utk menguasai asset strategis. Ipo utk asset strategis ini seperti gak ubahnya pemerintah membuatkan landasan bagi negara2 asing mendapat pijakan utk dpt hak bersuara dan mengintervensi kebijakan yg sdh dibuat pemerintah. Kebijakan ipo ini sprt gak ubahnya seorang dokter memberi pasien yg sakit kepala tp diberi resep obat sakit mencret.

    note. Ipo atw appn namanya yg ujungnya produk kapitalis jangan pernah dilakukan utk asset2 strategis yg menyangkut hajat hidup orang banyak melanggar uud. sesuai yg di amanatkan uud45 pasal 33. revisi dulu itu pasal baru boleh sesuai hukum. Salam..

  81. Sukarno adalah pendiri RI, Panccasila dan UUD 1945 adalah hasil pemikirannya. Sekarang orang – orang PDIP dibalik kedok partai rakyat (marhaen/PNI) ingin kaya jalan pintas dengan meninggalkan Pancasila dan UUD 1945 ke faham Liberalis yang memungkinkan mereka menguasai BUMN (menjadi komisaris/pemegang saham) seperti Laksamana Sukardi. Kedok untuk kepentingan rakyat, nyatanya untuk kepentingan Elit PDIP.

  82. dikuasai pemerintah juga sama saja, pemerintahnya juga sudah disusupi mafia tapi kalau sampai dikuasai asing lebih parah kayaknya.

  83. luar biasa….selalu menguntungkan pemilik modal, padahal semua modal apapun dan termasuk uang, negara memilikinya setidaknya memiliki kewenangan utk menciptakannya, tdk akan pernah masuk akal menjual harta yg dimiliki, krn yg tdk ada pun akan di upayakan utk dibeli, jika pemerintah lakukan itu,….. revolusi rakyat!!! adalah solusi,

  84. Pertamina tidak boleh GO public karena pasti akan terus mencari profit semata… tidak akan bisa lagi melayani pemerintah dan masayarakat…. contoh BUMN yang sudah TBK spt: telkom, PGN, dll akan selalu incar profit terus…

  85. PDIP dagelan politik… ingat aset2 strategis yg dilego ke pihak asing… msh ingatkah bagaimana PERTAMINA harus sewa TANKER BBM dr pihak luar.. akibat gerombolan politikus PDIP mnjual KAPAL TANKER VLCC… MIRISSSS….

 Leave a Reply