Jul 202014
 
KDB Daruttaqwa (photo : Brunei Mindef)

KDB Daruttaqwa (photo : Brunei Mindef)

Bremen – Kapal Patroli DARUTTAQWA Royal Brunei Navy (RBN) menandai tonggak sejarah ketika memulai pelayaran perdananya, Selasa 15 Juli, 2014, bertolak dari laut Jerman. Kapal Patroli DARUTTAQWA diawaki 13 officerย  serta 48 awak kapal, dengan komandan Letnan Kolonel (L) Khairil bin Haji Abdul Rahman.

Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Brunei Darussalam di Republik Federal Jerman, Yang Mulia Pehin Datu Penglima Kolonel (R) Dato Paduka Haji Abdul Jalil bin Haji Ahmad, serta Head of Project Naval Overseer (PNO), Letnan Kolonell (L) Azlan bin Haji Ahmad, hadir untuk mengucapkan selamat tinggal, kepada para kru kapal yang akan bertolak ke Brunei Darussalam.

KDB Daruttaqwa (photo : Brunei Mindef)

Darussalam class corvette (imege : Superboy)

Pihak tuan rumah yang ikut menyambutย  di Luerssen Wharf adalah Managing Director Fr Luerssen Werft (FLW), Peter Luerssen.ย  Acara ditutup dengan sesi foto bersama kapal DARUTTAQWA dengan para perwira dan awak Kapal Patroli DARUTTAQWA.

Untuk memberkati pelayaran perdananya, sebuah doa selamat diucapkan oleh Kopral Sahrul Al-Hasri bin Hamzah, diikuti oleh Azan sesaat kapal dilayarkan oleh Sersan (L) Aliuddin bin Sarbini.

Pelayaran perdana Kapal Patroli DARUTTAQWA dari Lemwerder, Bremen – Jerman, akan singgah di Valencia (Spanyol), Jeddah (Arab Saudi), Mumbai (India) dan Singapura. DARUTTAQWA akan berlayar di Laut Utara, Selat Inggris, Samudera Atlantik, Selat Gibraltar, Laut Mediterania melalui Terusan Suez, Teluk Aden, Samudera Hindia, Selat Malaka dan Laut China Selatan, selama lebih dari 46 hari dan diperkirakan akan bersandar di Pangkalan Angkatan Laut di Muara, Brunei Darussalam, Sabtu, 30 Agustus, 2014. (Brunei Mindef).

  36 Responses to “Pelayaran Perdana KDB Daruttaqwa”

  1. one……

  2. 2

  3. Hadir..3

  4. Cakep desain kapal ini, ada yg tau brp unit kah Brunai memesan kapal jenis ini?

  5. five,, mumpung pd tidur
    sr mode on deui

  6. kapal baru yah…

  7. ini kapal baru yang ke 3 nih…welcome ๐Ÿ™‚

  8. Ternyata memang brunei mengadopsi bulat bulat sistem militer indonesia…

    Dlm kepangkatan AL inggris yg jg di contoh malon dan siangapork, letnan kolonel di sebuat commander…sersan di sebut sarjan (sok bule..padahal cm bekas keset :mrgreen: ) kopral disebut lance corporal…brunei tdk menggunakan itu padahal mereka jg ex… ๐Ÿ˜€

    Indonesia tdk pernah mengucapkan seperti kepangkatan militer belanda walau ex juga…itulah tanda bangsa yg merdeka sepenuhnya dimana simbol simbol negara tidaklah sama dengan bangsa lain…

    Kita dan brunei adalah bangsa yg merdeka sepenuhnya maka menggunakanlah istilah sendiri…kalo malon dan singapork? Tau deh… :mrgreen:

    • wehrmacht@dr sisi mana saja anda melihat jk indonesia sdh merdeka sepenuhnya..dr soal penggunaan nama kepangkatan tsb hehe brunei itu sm statusnya dgn malaysia dan singapura,sm2 eks jajahan inggris..so,saya liat justru 3 negara tsb lah yg sdh merdeka sepenuhnya..indonesia? Masih jauh,msh hrs byk belajar dgn ketiga “negara kecil” ini..bgmn sebuah negara kecil mampu mensejajarkan diri dgn negara2 bsr..

      • Hehehe….lagi2 pasti parameternya dr segi materi….
        Materi yang dimiliki yg umurnya hanya beberapa puluh tahun yah kata org kita bs disebut OKB lah….

      • yang sangat berbisa sangat berbisa, suka memangsa ANTI FRANS

      • Apakah ketiga negara yg anda sebutkan itu merdekanya perlu cucuran darah, nyawa utk meraihnya atau diberi hadiah gratis tp dng syarat hrs menghamba selamanya sama yg beri hadiah tsb? Apakah Indonesia diberi gratis merdekanya dan msh menghamba sama yg beri merdeka?. Siapa yg lbh bermartabat, kemerdekaan itu diperjuangkan atau diberi gratis tanpa usaha? (pikir. Caklontong. Mode on). Imho

      • Setahu ane 2014 PDB Indonesia 30% dari PDB Asean sisanya 70% dibagi 11 negara anggota lainnya, Indonesia yang masuk dalam G-20 serta kekuatan tentara kita peringkat 13 dunia. Belum lagi dengan kebijakan kebijakan mendasar klau pengolahan mineral (smelter) harus dilakukan didalam negeri, ini akan banyak pengaruhnya pada kondisi industri dunia karena Indonesia merupakan produsen terbesar almanium. Klau dengan kondisi seperti itu, apa yg hrs kita pelajari dari upil & ipil….? hehehe sory jd serius

  9. Wah ternyata dihapus ya.., terlalu ngawur brrti.. maap2..

  10. pulangnya janjian ketemuan dulu sama Bung Tomo Class gak yah ๐Ÿ˜€

  11. Wait and see …

  12. Affirmative ๐Ÿ˜ˆ

  13. mantap

  14. kawasan sudah mulai rame light frigate nih. bikin trit perbandingan kapal aja Sigma, Usman harun, Gowin, Lekiu, Kdb, formidable, ramon alcaras.

  15. ABSEN DULU AH

  16. Brunei adalah tetangga yg baik di saat susah dan senang,, beda dengan malingsia,, malingsia ngaku2 serumpun tapi punya maksud jahat untuk mengelabui kita dengan omongan serumpunnya. Malingsia sok kebarat2an lupa diri bahwa dia itu negara yg di jajah barat,, mestinya dia punya niat baik bertetangga baik dengan kita bila ngakunya serumpun. Semoga malingsia sadar dan menyadari kelicikannya dia pikir negara sebesar indonesia mampu di kadalin,, indonesia ini adalah negara yg penuh perjuangan dengan pengahabisan darah terakhir oleh semua golongan, agama, etnis dan budaya. Indonesia adalah negara yg besar dan kita bangga bapa SBY telah membangun pondasi yg kuat untuk menunuju negeara adi daya yg ramah dan baik kepada semua negara jelang 40 tahun kedepan jaya indonesia dan makmurlah negeriku, amin.

  17. Untuk menjadi kuat makmur adil dan di segani, jangan ikut demo, di hari penetapan KPU sebab kalo rusuh harga yang kita bayar akan sangat mahal, bahkan bisa jadi kita kembali ke tahun 1998, untuk itu mari kita jaga persatuan dan ke utuhan NKRI, jangan mau di adu domba oleh domba2 dan ular2 negeri ini, salam INDONESIA DAMAI

  18. mantabbb.. namanya kaya masjid deket rumah ane. kapalnya dipake traweh jg ya pak ๐Ÿ˜€

  19. 20 pas….amiin…slmat bwt brunei..

    • DARUTTAQWA= NEGRI YG BRTAQWA….karena sift org yg bertaqwa antara lain sll berbuat kbaikn kpd saudaranya…tdk sk mencuri..& berbuat ulah.
      salut to Royal Brunei Navy

 Leave a Reply