Dec 192017
 

Peletakan lunas KD Raja Mahadi, Kapal Perang Pesisir ketiga Malaysia berbasis Gowind. (Royal Malaysian Navy)

JakartaGreater.com – Tentera Laut Diraja Malaysia (TLDM) mengadakan upacara peletakan lunas untuk Kapal Perang Pesisir berbasis Gowind yang ketiga pada tanggal 18 Desember 2017, seperti dilansir dari laman navaltoday.com.

Upacara tersebut berlangsung di Boustead Naval Shipyard yang menandai dimulainya pekerjaan konstruksi.

Kapal perang pesisir itu diberi nama KD Raja Mahadi dengan nomor lambung 2503.

Kapal itu juga disebut sebagai Kapal Patroli Generasi Kedua (Second Generation Patrol Vessels), dimana enam unit kapal kelas tersebut sedang dibangun oleh Boustead Holdings Berhad Malaysia dibawah kontrak yang telah ditanda tangani pada bulan Juli 2014 oleh kementerian pertahanan Malaysia.

Littoral Combat Ships (LCS) pertama milik negara itu diluncurkan dalam sebuah upacara pada tanggal 24 Agustus tahun ini.

Enam buah frigat dirancang oleh DCNS Perancis (sekarang Naval Group) sebagai versi modifikasi dan diperbesar berdasarkan desain dari korvet Gowind buatan perusahaan itu.

Dengan panjang 111 meter, frigat yang memiliki bobot perpindahan lebih dari 3.000 ton tersebut mampu membawa 18 perwira dan 100 pelaut.

KD Raja Mahadi akan dibangun dengan konsep modular dimana beberapa bagian kapal yang sebelumnya telah dibuat akan digabungkan untuk membentuk lambung kapal yang lengkap.

Sebagai kombatan permukaan utama Tentera Laut Diraja Malaysia (TLDM), ke enam kapal tersebut dipersiapkan untuk membawa rudal Naval Strike Missile buatan Kongsberg, rudal VL MICA buatan MBDA, sebuah Bofors 57mm Mk3 dalam wadah siluman dan senapan mesin otomatis 30mm MSI Seahawk. Untuk pertempuran anti kapal selam, kapal-kapal tersebut akan dilengkapi dengan sistem peluncur torpedo J+S, yang telah dikirim oleh SEA, sebuah yang berbasis di Inggris.

Berbagi

  121 Responses to “Peletakan Lunas “KD Raja Mahadi”, Gowind Ketiga Malaysia”

  1.  

    Selamat sore semua

  2.  

    Nunggu komen yg bernas dan bermartabat dari tetangga sebelah…….

    *anda segan, kamipun sopan

  3.  

    Indon tak de wang frigat bahru pon masih dua!
    KahKahKah

  4.  

    Pertamax

  5.  

    kalo liat spesifikasinya hampir sama dengan frigate kita…entah biyayanya mana besar…???

  6.  

    Kalo dilihat lihat, persenjataan malaysia jauh lebih canggih dan modern, sedangkan kita persenjataan rata2 masih pada kuno semua.

  7.  

    called Littoral combat ships (LCS) untuk Tentera Laut Diraja Malaysia (TLDM)

    https://www.youtube.com/watch?v=jdI9Tqzhbtg&feature=youtu.be

  8.  

    Apakah efek bekas jajahan mama Eli kebanyakan nama2 perusahaan Malaysia berbau2 keingris2an, seharusnyakan mengutamakan memakai nama2 dr bahasa Melayu! Dikita aja rata2 memakai nama2 Indonesia/Nusantara apalagi perusahaan2 strategis Negara maupun Swasta!

  9.  

    Komen guee? Biasalaaaahh

    Hahhaahaaaa

  10.  

    Indonesia Darurat 1000 Yakhont & Kalibr

  11.  

    Tetotnya gimana tuh? Sm kek sigma di sinikah??

    •  

      Indonesia udah banyak bikin alutsista hasil dari tetot, Senapan, Panser, medium tank, Lpd terus bentar lagi pespur… Sigma sendiri juga dikasih cuman kalau gak salah syarat tetot sigma itu hanya Boleh dibuat dan dipakai sendiri gak boleh dijual ke negara lain… Nah bagaimana dng Gowind ini?? Ga da tetotnyakah? Ga butuh mungkin yah juragan pisang duit jadi beli aja udah rusak dibuang beli lagi hebat… Lagian juga kalau juragan pisang bikin alutsista kebanyakan hasilnya Ancur sih wkkkk….

  12.  

    hehehe…kenyataannya memang “spek” kita selalu kalah…kalau bicara “spek”. tapi memang kelas Gowind ini cukup sukses beredar di pasaran.

  13.  

    “KENYATAAN ITU PAHIT RASANYA” dengan slogan Negara Poros Maritim dunia…. Hanya mengandalkan corvet martadinata class biar kelihatan gagah diganti jadi “light frigate” dengan armanent persenjataan dibawah gowind dan formidalle (singapur dan malaysia)…. Coba lihat luas negara RI jika vietnam, malaysia, thailand, singapur dan filipina disatukan masih luas Indonesia…. “TIDAKKAH MALU KITA DENGAN NEGARA KECIL SEPERTI MEREKA” hanya seorang pemimpin yang mempunyai visi misi kemaritiman yang tahu bahwa dengan memiliki KAPAL PERANG TYPE DESTROYER DAN FRIGATE dapat mengangkat harga diri bangsa dan negara.

    •  

      wah pemikiran anda nampak sempit sekali….membandingkan kekurangan kita dengan kelebihan orang lain….!!!
      anda mungkin baru tau berapa tahun belakangan….hingga tidak tau perjuangan bangsa ini dalam menghadapi badai…hingga nyAris hancur berkeping keping….bisa diangap kita baru muLai kembali setelah lewati badai tersebut….laa anda tiba tiba komplen membandingkan dengan dengan negara yang notabenya kuat dalam sisi dukungan {sekutu}….apa tidak lucu…!!!

      •  

        Hanya yang mengaburkan realita yang mempunyai pemikiran sempet…

        •  

          kira kira yang mana yang kabur bung….dari komment saya…..??? itu fakta nyata bung….kalo kurang yakin betapa gawat masa krisis waktu itu….anda coba cari artikel baik dalam maupun luar negri…baru kita shar lagi….!!!

          •  

            Saya setuju bung Aming lee… saat ini kita sedang mengejar ketertinggalam, baik AD/AL dan AU… kekurangan kapal perang kekinian, kekurangan pespur kekinian, kekurangan alutista darat kekinian… betapa beratnya beban untuk mengejar ketertinggalan itu sedangkan kita tidak kaya2 amat (jika dibandingkan dengan negara seperti Qatar yg beli senjata seperti beli gorengan)… Malaysia memang selalu ingin didepan Indonesia, lihat saja semisal kita beli Su-27/30 total 16 biji, mereka beli Su-30MKI total 18 biji dengan sebelumnya sudah punya F-18 dan Mig 29…
            Kita sebaiknya tidak terlalu berambisi mengibangi tetangga, cukup kejar yang seefektif mungkin maka kita akan pelan2 kembali memiliki kekuatan tempur yang semakin hebat…
            Lihat kembali apa yang dimiliki Indonesia sebelum masa reformasi, anda akan paham betapa terlambatnya kita membangun kekuatan alutista kita

          •  

            Hahaha… Kalau kemaren2 ada yg teriak2 Thadod melulu tuh [email protected] haduh2, pikirnya kita kek negara2 arab x yah duitnya ngucur terus… Bisa kebeli S300 aja udah baguslah xixixi…

          •  

            begitulah bung fnc… ingat saja, Malaysia juga keteteran gara2 harga minyak turun, kita keteteran karena tingginya subsidi minyak di tahun2 sebelumnya… kita ini bukan negara kaya raya, jadi harus strategis dalam pengadaan alutista seperti yang selalu diingatkan oleh pemerintah sekarang yaitu berdasarkan kebutuhan bukan berdasarkan keinginan…

    •  

      Persenjtaan yg mana bung yg kalah dgn malaysia?

    •  

      sampean kebanyakan makanyg banyak lemak…dan malas berolah raga sih..menjadikan sampean malas untuk mencari tau.. cukup duduk sambil sambutut..lalu dengar bla bla bla… masa sulit sedag berganti bung… lalu lihatlah suasana sudah berubah ..

    •  

      Mal*n bisa ngalahin Indonesia? Xixixi … kalau molor jangan terlalu lama bung …
      Destroyer besar bukan jaman nya sekarang, kalau mau kuat tidak perlu besar nya kapal, percuma jika hanya utk pamer, malon pamer destroyer pun bakal ditertawakan banyak negara …

      πŸ˜€

    •  

      INDONESIA DARURAT KAPAL PERANG TYPE DESTROYER!!

  14.  

    Menurut sy Dgn Memperbanyak KCR lbh baik ketimbang kapal gowind atau Hmas kalo kena Rudal maupun Torpedo tetap bolong kalo di serang di berbagai penjuru jd nggak usah ngeluh

    •  

      Paham dengan maksud bung Ariev

      Ada yang menarik dari yg dilakukan Russia, mereka memperbanyak Korvet atau kapal kecil tetapi memiliki kemampuan seperti kapal Destroyer, dimana memiliki pertahanan dan memiliki kemampuan membawa rudal serang sangar sekelas Kalibr… dengan begitu, menjadi efektif, karena kapal kecil tentu saja biaya lebih murah tetapi kemampuan sangat kuat, dan USA sepertinya mulai tertarik mengaplikasikan sistem itu… Kapal besar cenderung sangar tetapi mahal, dan tentu saja menjadi sasaran Ideal bagi rudal anti kapal, dan ketika kehilangan kapal maka akan kehilangan juga aset mahal…

      •  

        Tau kelemahan Rusia?? Rusia terlalu bergantung pada kemampuan rudalnya untuk melakukan serangan AA/AD. Korvet bahkan KCR Rusia memang ngeri karena mampu menembakkan rudal yg jarak jangkauannya jauh. Tapi gimana cara membimbing mereka?? Nah itulah kelemahan Rusia. Kalo Satelit, heli OTHT dan pesawat AWACS Rusia dilumpuhkan maka rudal jarak jauh Rusia jadi tidak berguna.
        1.) KCR & Korvet Rusia tak punya radar dg jangkauan luas, paling jauh mungkin sekitar 60-80 km. Advanced radar mereka mungkin hanya sejauh 120 km. Otomatis Rudal seperti Oniks, Club S, Kalibr hingga Zircon takkan bisa digunakan secara optimal.
        2.) KCR dan Korvet Rusia rata2 tidak punya landasan buat heli OTHT. Jelas semakin tidak menguntungkan buat armada Rusia.
        3.) Jumlah AWACS mereka sedikit dan satelit recon mereka tidak bisa memantau secara real time.
        Jadi kalo kita meniru konsep Rusia sekalipun dg hanya memperbanyak KCR dg rudal jarak jauh itu akan tetap percuma selama mata dan telinga armada KCR kita dipatahkan. Bahkan Heli OTHT kita yg diorder hanya 11. Pesawat AEW &E baru akan dipesan. Satelit Recon kita gak punya.

        Makanya kita tak bisa hanya mengandalkan jumlah KCR yg banyak dan rudal yg jauh kalo mata dan telinga kita sedikit. Lebih baik kita juga membangun platform yg bisa mendukung jangkauan mata dan telinga kita. UAV MALE bisa jadi alternatif selain memperbanyak Heli OTHT, pesawat recon, Pesawat AEW & E serta satelit recon.

        •  

          Rusia termasuk negara punya kekuatan mengerikan yg bahkan mampu menghancurkan bumi ini kalau mereka mau dan Kalau Saya rasa mah negara yg punya senjata WMD yg mumpuni ga harus pusing2 walau kekurangan alutsista Xixixi…

          •  

            Nih buat bung FNC ane kasih link yg menarik buat Ente kalo USA-Rusia perang nuklir bakal gimana. Di channel itu juga ada analisis simulasi kalo F-35 lawan Su-35 bakal gimana. Menurut Ane yg bahas netral kok dan gak melulu asal hitungan aja.

            https://youtu.be/GeLrKDAn1x8

          •  

            Haha… Menarik2 kalau asu sm cina gimana yah?? penduduk rusia emang dikit dibanding Asu jadi survivornya mungkin bakal lebih banyak di asu, Asu kan jumlah penduduknya kalau ga salah No 3 terbanyak di dunia kalau rusia mah sm indonesia aja lebih banyak indonesia penduduknya… Udah gitu kebanyakan cewe lagi penduduk rusia sekarang, mungkin kalau cowo yg survive bakal enak banyak dapat Harem Wkkkk… Just kidding boro2 mikirin yg lain bisa selamat aja udah untung itu… Kalau kita nanti punya senjata Nuklir yg mumpuni pasti disegani dan ga da yg berani macam2 xixixi… sayang blom berani indonesia sih

          •  

            Di channel itu juga ada Rusia vs China dan USA vs China. Bahkan Indonesia vs Australia. Kalo Yg Indonesia vs Australia dibahas sampai kemampuan mendaratkan pasukan kita disana.

        •  

          itu pemikiran dari 1 orang (anda) sendiri kan..kok bisa2nya sampean mikir kesana..Rusia udh mikirin lebih jauh..jauh…jauh…jauh…dari anda.sempit sekali pemikiran anda ttg kemampuan sebuah negara…wkwkwkw

          •  

            Lalu apa yg mendasari Anda kalo pendapat saya sempit??? Bisa dijelaskan bagaimana cara Rusia mempertahankan kemampuan KCR mereka kalo seluruh extended mata dan telinga mereka telah dinetralisir pihak lawan. Atau bagaimana cara Indonesia membangun agar bila KCR kita berhadapan dgn armada musuh yg kuat bisa menghadapinya??

          •  

            Mungkin karena anda melihat dari satu kacamata…….. Amirikiya glass centris.

            *sekali lagi, ini mungkin loh…… xixi….

          •  

            Bung Colibri: Saya selalu melihat dan menganalisis berbagai pertempuran laut mulai dari perang Pasifik seperti Pertempuran Midway, Coral Sea, Ekspedisi Atlantik, hingga Pemboman Pearl Harbour, Lalu Perang Falkland hingga perang laut dalam Perang 6 Hari. Keberhasilan kapal rudal kecil Mesir menyerang Kapal Fregat Israel dalam perang 6 hari adalah contoh doktrin sukses AA/AD yg diterapkan oleh Uni Soviet kala itu. Disisi lain Kapal Israel juga tak dibantu extended radar dari heli OTHT hingga akhirnya bisa dinetralisir. Begitu juga dalam perang Falkland. Yang lebih epik jelas perang Midway dimana kedua pihak saling mencari lebih dulu posisi armada kapal induk musuh. Poin krusial ini ditambah berhasilnya kode rahasia Jepang disadap yg menyebabkan kekalahan mereka.

            Disisi lain pengalaman tempur laut besar yg dialami oleh Rusia sudah lebih dari 100 tahun yg lalu ketika Armada laut kekaisaran Rusia kalah dengan Jepang dalam pertempuran Laut Jepang (Perang Rusia-Jepang).

            Rusia sendiri membangun sistem AA/AD karena telat menyadari bagaimana menghadapi perang Kapal di samudera bila perang dingin berkembang menjadi perang dunia. Disisi lain, mulai terjadinya krisis ekonomi menyebabkan Uni Soviet bertumpu pada Pertahanan Pantai. Baru saat perang Suriah, Rusia mulai menguji kemampuan blue water navy mereka. Rusia menganggap kemampuan pertempuran laut mereka mulai lemah dan harus mengembangkan kemampuan AA/AD mereka dg cara baru. Makanya mereka berusaha mengembangkan kapal induk raksasa/super
            carrier Ala Nimitz atau bahkan Ford Class yg bisa mengangkut 100 pesawat. Begitu juga dengan China yg mulai mengembangkan navy mereka seperti USA walo dg cara mereka sendiri.

          •  

            Itu perang russo vs jepang jejak rekam AL kekaisaran tzar rusia bikin ngakak jam 12 malam – jam 6 pagi

        •  

          Betul bung yuli, ini era kapal kecil tp yg daya serang nya hebat …

          Yg sabar kalau diskusi dgn agato ya bung, biasa melenceng dari tema sih xixixi

          •  

            Hhhhhhhhhh, kagak melenceng kok.

          •  

            Nah saya suka dokrin militer seperti ini….

            Kapal perang type besar tetap harus punya tapi KCR juga harus punya, karena kedalaman laut Indonesia yg variatip.

            Saya sedang bermimpi militer Indonesia punya KCR srkelas Buyan class, minimal 100 unit !!…. πŸ˜†

  15.  

    itu lah bung yuli kita sebagai generasi muda sudah seharusnya tau dan belajar dari sejarah… jangan sampai kita tidak belajar dari sejah apalgi sampai tidak tau sama sekali….!!!
    jangankan kita bisa bangkit bahkan bertahanpun negara lain tidak yakin bahkan memprediksi kita sebagai yugoslavia kedua…..!!!
    sudah seharusnya kita bersukur dan bangga terhadap negri nii… bukan malah sebaliknya…!!!

    •  

      okeh sip …

      •  

        heko pis..

      •  

        bukan saya dendam atau benci berlebihan terhadap tetangga….tapi memang faktanya mereka bukan teman apalagi saudara…karna sejarah membuktika.nya….saat ada jaya orang menyakiti anda tidak seberapa sakit tapi bila anda jatuh dan terpuruk lalu orang lain mengambil keuntungan dan menyakiti anda itulah namanya sakit…dan itu kita alami….!!!

        •  

          Stiap negara ada sejarahnya om…malaysia juga..

          jgn anda lupa..saat konfrontasi,malaysia baru dilepas penjajah..nyaris lumpuh akibat komunisme..blum punya angkatan yg cukup buat mbasmi komunis..

          Sedangkan waktu itu negara anda yg terkuat di asean..tapi negara anda malah tambah lagi kesusahan kami..negara kami anda serang ketika kami sendiri sedang kesusahan akibat komunis..itukah namanya saudara??

          •  

            mungkin benar yang anda katakan kalou melihat dari dari sisi malaysia atau bahkan dari sudut pandang kolonialis….!!! jadi belajar sejarah harus mampu melihat dua sisi berlawanan….!!!
            lagian kan sudah usai masa itu dengan deklarasi damai….dan yang paling diuntungkan dengan deklarasi tersebut kan malaysia….!!!
            bukan hanya indonesia membantu banyak hal termasuk dalam dan luar negri masalah yang dialami malaysia termasuk sengketa klaim serawak dari pilifina…laa sekarang mau diangkat lagi….??? seolah malaysia mengalami kerugian…
            dan indonesia mendapat keuntungan…..faktanya berkata sebaliknya…jadi lucu maling tertangkap tangan melempar tuduhan…..!!!

          •  

            negara anda tidak lepas dari penjajahan….!!!! tapi sengaja dilepas dengan sarat dan tujuaan …itu dipahami dulu oleh malaysia….!!!
            lalu selanjutnya mungkin pikiran anda akan sedikit terbuka tentang fakta….!!!

          •  

            Saya setuju dg Bung Hantu Air. I agree with U’r opinion. Bung Karno had alot of fear bout nothing. Malaysia and UK hadn’t any offence to Indonesian Sovereignty. And yeah We know Malayan people had help for Indonesian Independence war by sent alot of weapons, medicines. It was unfair for Malayan gettin attack coz had different ideology from Indonesian side. Then We know Indonesia got hitten by Communism later.

          •  

            jgn salah bro..sy kan cuma respon pada anda..anda kan yg buka2 sejarah dulu..

            Anda jgn fikir semua org malaysia itu suka british om..kami xsuka mereka..tapi adakalanya survive itu lebih penting dari hangus tak tersisa..indonesia negara besar..klu melihat dari kaca mata anda sendiri ya wajar klu kami kelihatan pecundang…

            saya gak suka keadaan skrg..seakan ada agenda utk mbuat benci mal-indonesia smakin besar..sy tau ada salah dari datang negara saya..tapi jgn menutup kmungkinan ia juga dtg dari negara anda om..

            indonesia negara besar om..dari anda sibuk memusuhi kami..lebih baik anda bangun kekuatan hingga 1 saat kami bisa jadikan kawan…

            ada kalanya si adik harus pukul kpala kakaknya..bukan kerana mau kurang ajar..tapi supaya si kakak sedar bahwa yg lebih tua harus didepan….jgn tidur terus….

          •  

            Kepala agato mau loe pukul broo, 911siap dtng menyeretmu broo, itupun kalau tidak brmasalah di tolak untuk datang

            Hahhaahaaa

          •  

            @Hantu air…
            Aneh, ketika Malaysia dilepas Inggris, Malaysia tidak dilepas begitu saja tetapi tetap di berikan bantuan dan di proteksi secara kuat… terbukti ketika Indonesia saat itu ingin kembali memasukan Malaysia sebagai bagian dari negara Indonesia yang menjadi lawan berat adalah masih adanya bantuan militer dari Inggris dan bahkan dari USA…
            Malaysia seharusnya tidak bisa menganggap Inggris sebagai penjajah, karena Inggris justru membantu Malaysia menjadi seperti sekarang, kalau anda menyebut Inggris sebagai penjajah jelas aneh…
            Indonesia memiliki pengalaman buruk dengan Inggris karena mereka yang membawa kembali Belanda ke Indonesia sehingga sikap Inggris yang memerdekakan Malaysia kala itu dianggap kebijakan yang salah karena Indonesia menganggap Malaysia bagian dari Indonesia…
            Toh Malaysia ketika Indonesia mendapatkan kondisi buruk dengan embargo dari USA dan koalisinya juga sering melakukan hal yang bikin panas orang Indonesia… memanfaatkan kelemahan kemampuan militer Indonesia untuk banyak melakukan tindakan agresif… sekarang2 ini Malaysia baru berubah sikap setelah kekuatan militer Indonesia terus dibangun… saya ingat sekali kejadian masa itu belum lama terjadi…

          •  

            @bung Yulihantoro

            Apa yg anda sampaikan itu benar adanya, haqqul yaqin deh….. xixi…

        •  

          Good Comment Bro Hantu Air.

          •  

            Agato & hantu air lg bisnis ramuan, jd loe waspada ajja broo, bisa jd hantu air juga punya ramuan

            Hahhaahaaaa

          •  

            itu yang lebih lucu lagi…!!! mengangap kesalahan orang lain sebagai aniyaya tapi sebaliknya mengangap kesalahan diri sendiri sebagai bahan motivasi untuk orang lain….!!!
            saya sudah sampaikan comment diatas…orang mengambil keuntungan dari musibah orang lain mana bisa diangap teman apalagi saudara..karna hal serupa tidak menjamin tidak terulang….!!!! karna itu sama saja membiarkan ular masuk dan mendiami dalam selimut anda….!!!

          •  

            lah..kan saya sudah kata..saya buka soal sejarah krn anda yg mulai.. tujuan saya supaya anda melihat situasi mjadi imbang..bukan utk mposisikan malaysia dipihak benar & indonesia salah.. kerana sejarah sudah tak bisa di rubah..yg bisa dirubah itu masa depan…

            dan lagi 1..sy mbalas komen anda bukan brarti sy cuma fokus pada anda seorang..jadi tserah anda mau mlihat realitanya spt apa..sy gak kenal siapa anda & maunya anda apa..yg saya pasti..masih byk org indonesia malaysia yg mau hubungan kedua negara smakin baik..klu anda gak mau..ya gak apa2..itu kan pilihan…

          •  

            mungkin maksud anda situasi imbang sama dengan saudara serumpun ….kalo lagi perlu dijilat kalau lagi menderita lalu disiksa sekalian….mungkin seperti itu yaa bung…!!! dan ini fakta non isu apalagi gosip semata….
            bila anda menanya siapa saya atau mau apa…??? anda terlalu berlebihan menangapi komentar saya…saya hanya pelajar SMP itu juga didesa kok….jadi jangan kawatir saya bukan orang bayaran apalagi spionase…!!!

          •  

            Saudara serumpun?
            Melayu memang ras austronesia
            Namun bukan berarti semua ras austronesia adalah orang melayu karena ras austronesia sendiri terdiri dari ratusan suku di kepulauan pasifik barat
            Melayu adalah nama salah satu suku dari ratusan suku di indonesia
            Beda adat beda budaya dengan suku2 yg lain

          •  

            kalo dog trin nasionalisasi malaysia melayu adalah ras bukan suku bangsa….!!! jadi semuanya melayu….termasuk cina dan tamil….!!!

          •  

            lah kenapa istilah imbang diertikan serumpun??

            imbang yg saya maksudkan itu saling mengerti..bahwa kita sama2 punya salah…justru klu mau keadaan jadi lebih baik..yg harus dilakukan adalah melihat kedepan..bukan mengenang sejarah yg bikin sakit hati..

            situasi malaysia indonesia itu sama..di masing negara ada golongan yg suka/xsuka hubungan baik malaysia indonesia itu diteruskan…jadi fokus saya hanya pada yg suka..yg xsuka itu pilihan masing2..saya tak mungkin memaksakan kehendak..tserah maunya sperti apa..

            jadi anda tak perlulah mnyatakan knapa anda xsuka pada malaysia..kerna saya faham itu hak anda utk mbuat pilihan…

          •  

            laa anda mau dengan kata imbang menyelesaikan semua masalah…dan menutup mata dengan realita dan fakta…itu maksud saya sama dengan saudara serumpun….dengan memangil saudara hapus semua salah dan dosa….!!! permasalahan terbesar malaysia adalah karakter bangsanya …termasuk doktrin nasional malaysia….demi membangun nasionalisme malaysia bukan hanya meniadakan kebaikan dan mengkerdilkan para tetangganya tapi juga berbuat aniyaya…semisal permasalahan TKI….tau kah rakyat malaysia sejarah dan peran mereka dalam politik dan ekonomi nemberi kontribusi bagi bangsa malaysia…!!! kalou tau mengapa malaysia mengangap mereka sebagai pekerja bahkan sebagai wabah penyakit yang merugikan bagi malysia…lupa akan sejarah mereka lupa jasa mereka tidak mengapa tapi jangan sampai menganiyaya mereka karna bagai mana pun buruknya mereka masih warga negara indonesia…!!!

          •  

            @bung Aming Jet Lee

            Dokrin Ketuanan Melayu-lah yg bikin munyuk semenanjung jadi gelap mata…… mirip Neo Nazi tapi versi southeast…. πŸ˜†

          •  

            wah anda salah tulis…bukan doktrin tapi dog… trin…. dan anda harus ingak ingak jangan lupa…!!! . :-$

          •  

            Lebih tepatnya DogGrin = Asu Nyengir

            πŸ˜†

          •  

            bukan menutup mata dgn realita & fakta om.. saya malah mau kalian membuka mata sluasnya mlihat realita & fakta.. klu anda mdepankan amarah & dendam lama..mmg anda bisa mbuktikan yg anda lihat itu realita om?

            sekali lgi sy ulangi..sy mbalas komen anda bukan brarti sy fokus ke anda seorang…fokus saya ke smua…biarlah yg lain masing2 tentukan sendiri salah benarnya…

          •  

            Komentnya hantu memlintirkan..wkwkwk..hati2..

  16.  

    bung Ps kabarnya sampean ngejer ngejer raisa….??? emang dia utang berapa mangkok …lah kok engak pake dept collector ….saya mau loh ngejar ngejar raisa….!!! πŸ˜†

  17.  

    testing

  18.  

    Hahaha… Lucu Jg Ya Lihat komen Warjag Yg Membandingkan Armament&Kemampuan Martadinata Class&Maharajalela. Padahal Klau Di Lihat Lebih Spesifik Kedua Fregat Tsb Tk Jauh Berbeda Bahkan Hampir Semua Persenjataannyapun Sama Yg Membedakan Cuma Maharajalela Pake NSM Yg Katanya Udah Stealth Dan Martadinata Pake Exocet Dan Beberapa Fitur Maharajalela Lebih Unggul Di Banding Milik Martadinata (Wajar Sih Harganya Aja Beda) Plus Fitur Stealthnya Lebih Unggul Daripada Sigma (Tapi Entahlah Soalnya Saya Ragu Ama Kemampuan Stealh France. Soalnya Kemaren La Fayette Yg Konon Stealth Bisa Di Deteksi Dari Jarak Sangat Jauh Oleh Radar)…

  19.  

    Wajarlah light fregat punya Indonesia lebih murah..karena butuhnya banyak..kan luas perairan Indonesia..mungkin butuh 16-18 lagi kelas 105 light fregat lagi..masih jauh dari kata cukup kalo indonesia pengen kuat..tidak tahu kedepannya apakah persenjataan nya akan dicampur barat+russia seperti fregat kelas ahmad yani..pokoknya cari yg mematikan,efisien,murah..gak usah mahal2..kecil tidak apa2 tapi kemampuan salvonya yg penting..

  20.  

    Lhaaa….tiba-tiba kok sdh peletakan lunas yg ke tiga.? Gimana dng proyek Sigma 10514 kita, kok masih mandek di posisi 2 unit.?

 Leave a Reply