Peletakan Lunas “KD Raja Mahadi”, Gowind Ketiga Malaysia

Peletakan lunas KD Raja Mahadi, Kapal Perang Pesisir ketiga Malaysia berbasis Gowind. (Royal Malaysian Navy)

JakartaGreater.com – Tentera Laut Diraja Malaysia (TLDM) mengadakan upacara peletakan lunas untuk Kapal Perang Pesisir berbasis Gowind yang ketiga pada tanggal 18 Desember 2017, seperti dilansir dari laman navaltoday.com.

Upacara tersebut berlangsung di Boustead Naval Shipyard yang menandai dimulainya pekerjaan konstruksi.

Kapal perang pesisir itu diberi nama KD Raja Mahadi dengan nomor lambung 2503.

Kapal itu juga disebut sebagai Kapal Patroli Generasi Kedua (Second Generation Patrol Vessels), dimana enam unit kapal kelas tersebut sedang dibangun oleh Boustead Holdings Berhad Malaysia dibawah kontrak yang telah ditanda tangani pada bulan Juli 2014 oleh kementerian pertahanan Malaysia.

Littoral Combat Ships (LCS) pertama milik negara itu diluncurkan dalam sebuah upacara pada tanggal 24 Agustus tahun ini.

Enam buah frigat dirancang oleh DCNS Perancis (sekarang Naval Group) sebagai versi modifikasi dan diperbesar berdasarkan desain dari korvet Gowind buatan perusahaan itu.

Dengan panjang 111 meter, frigat yang memiliki bobot perpindahan lebih dari 3.000 ton tersebut mampu membawa 18 perwira dan 100 pelaut.

KD Raja Mahadi akan dibangun dengan konsep modular dimana beberapa bagian kapal yang sebelumnya telah dibuat akan digabungkan untuk membentuk lambung kapal yang lengkap.

Sebagai kombatan permukaan utama Tentera Laut Diraja Malaysia (TLDM), ke enam kapal tersebut dipersiapkan untuk membawa rudal Naval Strike Missile buatan Kongsberg, rudal VL MICA buatan MBDA, sebuah Bofors 57mm Mk3 dalam wadah siluman dan senapan mesin otomatis 30mm MSI Seahawk. Untuk pertempuran anti kapal selam, kapal-kapal tersebut akan dilengkapi dengan sistem peluncur torpedo J+S, yang telah dikirim oleh SEA, sebuah yang berbasis di Inggris.

Tinggalkan komentar