Agu 292014
 
Ilham Habibie Mencoba hidupkan kembali N-250 lewat Pesawat R80 (photo: detik.com)

Ilham Habibie Mencoba hidupkan kembali N-250 lewat Pesawat R80 (photo: detik.com)

Jakarta – Nama Ilham Akbar Habibie muncul dari usulan masyarakat untuk menjadi calon menteri melalui www.seleksimenteri.com. Putra sulung Presiden RI ketiga BJ Habibie ini pun masuk di tiga besar sebagai calon Menteri Riset dan Teknologi dan Menteri Perindustrian.

Menurut catatan detikcom, Ilham Habibie lahir di Aachen (Jerman) pada tahun 1963. Dia menamatkan jenjang kesarjanaan hingga doktor di Technical University of Munich, Jerman.

Meraih gelar doktor pada usia ke-31 di tahun 1994 rupanya tak lantas dia menghentikan studinya. Amerika Serikat, Perancis, dan Singapura kemudian menjadi tujuan dia selanjutnya untuk mengasah ilmu mengenai ekonomi hingga tahun 2003.

Selepas studinya itu dia pun mendirikan PT ILTHABI dan menjadi CEO di berbagai perusahaan. Beberapa bulan terakhir ini pun namanya kembali muncul terkait rencana produksi pesawat R80 yang merupakan ‘the next N250’.

“R80 sudah bisa diproduksi dan dijual kami targetkan pada 2018,” kata Ilham yang saat ini menjabat sebagai Komisaris PT Ragio Aviasi Industri (RAI) ketika ditemui di kantornya di Kawasan Mega Kuningan, Jakarta, seperti dikutip, Senin (18/3/2013).

Meski baru desain awal, tetapi Indonesia merupakan satu-satunya negara yang memroduksi pesawat di antara negara-negara ASEAN. Hal itu seharusnya dipertahankan dan dilanjutkan dalam rangka menghadapi persaingan global.

“Kita mampu buat CN235 itu dalam bentuk Joint venture, 2212 itu pesawat untuk lisensi dan N-250, apalagi kita punya market khususnya dalam negeri, kemampuan kita lengkap, kalau dibandingkan dengan Malaysia kita jauh lebih terdepan. Malaysia saat ini tidak mampu buat pesawat utuh karena risiko cukup besar karena pasar dalam negeri mereka tidak banyak hanya 28 juta penduduk atau 1/10 kita, wilayahnya juga tidak terlalu luas yakni hanya di Semenanjung dan sebagian di pulau dekat Kalimantan,”ungkap dia

Ilham selalu ingin Indonesia mengembangkan teknologi sendiri sehingga tak bergantung dengan negara lain. Dia pun pernah menyatakan kalau Indonesia sudah waktunya mengembangkan teknologi pesawat tanpa awak.

“Indonesia harus lebih berani mengembangkan teknologi kita sendiri. Jangan cuma beli-beli saja dari luar. Ada yang perlu buat kita sendiri. Kita tidak boleh tergantung oleh orang lain, paling tidak terhadap teknologi kunci seperti UAV (Unmanned Aero Vehicle) itu,” ujar Ilham usai bertemu Wapres Boediono di Kantor Wapres, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (7/2/2012).

Menurut Ketua harian Dewan TIK Nasional itu biaya pengembangan pesawat tanpa awak jauh lebih murah dan risikonya rendah, tetapi memiliki prospek yang baik di masa yang akan datang. “Tidak ada salahnya jika kita memiliki program nasional yang kita kembangkan teknologi seperti UAV yang kalau kita lihat memiliki masa depan yang cerah bagi bangsa ini,” pungkas dia. (detik.com).

Lalu mana posisi yang lebih tepat untuk Ilham Habibie, Menristek atau Menperin? Silakan usul atau pun memberikan informasi lain di sini.

Bagikan:

  49 Responses to “Peluang Ilham Habibie Jadi Menteri”

  1.  

    monggo wae

  2.  

    pertamax. . .

  3.  

    bisa dipertimbangkan

  4.  

    Maju terus putra-putri bangsa

  5.  

    Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya

  6.  

    Kacang ora ninggalno lanjaran,kemana lagi kuah tumpah kalau tak ke nasi.

  7.  

    jangan.. beliau ahlinya teknologi,, belum tentu ahi tata negara,,,
    seperti kata joko preet bilang,, serahkan pada ahlinya,,,

    kasian nanti kejebak di dunia politik, yang banyak tipu muslihat nya tuk mencapai tujuan dibandingkan manfaat nya..

  8.  

    10 besaarrop

  9.  

    Mantap …

  10.  

    Era Baru.. Semakin banyak ahli yang “turun gunung”. Mantap. Jayalah Nusantara.

  11.  

    Bagus..

  12.  

    Dukung…..

  13.  

    FEeling saya : Peluangnya Kecil

    •  

      Assalamualaikum wr.wb
      imho
      jelas kecil bung yang di prioritaskan orang dalam koalisi :v
      kampanye itu gak gratis lo :v
      kalau salah ya maaf πŸ˜€

      •  

        Makanya kita harus dukung Bung satrio biar yang ahli mengisi pos jabatan mentri sesuai dg keahlian dalam bidangnya, jangan sampai pos mentri cuma di isi orang2 titipan πŸ˜€ bisa kacau ni usaha pak SBY yg sudah dirintis selama 2 periode menjadi presiden

        Kita bantu presiden terpilih kita ini dg cara menyalurkan aspirasi kita melalui poling yg sedang diselenggarakan, semoga nnti yg mengisi pos jabatan bisa amanah dan jujur dalam menjalakan tugasnya amin πŸ˜€

    •  

      @Bung wong ndeso
      waalikum salam
      Kalau orang dalam gak dituruti dulu ,, bisa menurun dukungannya,
      Seperti pengalaman pak sby diperiode pertama kepemimpinannya yang harus repot mengakomodir kepentingan koalisinya,,,Padahal presentasi koalisi pak JKW masih kurang diparlemen dan masih butuh dukungan dari koalisi seberang,,, tentunya gak mau repot dengan penurunan dukungan dari internal sendiri,

      @Bung Arjuna
      Dukungan kita pasti lah,,, cuma didengar apa kagak itu terserah yang diatas,,,
      Poling juga hanya mendengar inspirasi doang, yang nentukan adalah Presiden sebagai pemegang hak prerogratif menentukan menteri sebagai pembantu menjalankan roda pemerintahannya.
      Nah partai yang dukung menjadi Presiden adalah yang didahulukan dulu,,, kalau tidak buat apa namannya KOALISI

      •  

        Yah. Om sat..
        OOT dikit neh om..

        Cuman asal jangan lupa aja, sewaktu oposisi, AMAT SANGAT GIGIH SEKALI koar-koar di TV mempertahankan subsidi BBM untuk rakyat.!!

        (Apalagi pak Kwik, yang mengatakan di Metro bahwa kenaikan harga BBM hanyalah akal-akalan Pemerintah waktu itu saja)

        Nah, sekarang sudah jadi pemerintah, apa masih seperti yang dulu, sangat gigih sekali memperjuangkan BBM subsidi untuk rakyat???!!!

        HAYO PAK KWIK, INI TANTANGAN BUAT BAPAK!!!
        PRAKTEK KAN DUNKZ TEORI2 BAPAK SEWAKTU WAWANCARA DI TEVE BEBERAPA TAHUN SILAM UNTUK TDK MENGANGKAT HARGA BBM!!!!!!

        Penguasa bersama media2 pro penguasa jangan ngeles donk….
        Harga BBM terpaksa dinaikkan gara2 ini, gara2 itu, gara2 bla2….bla2…

        JANGAN HANYA PANDAI MENGKRITIK SAJA, SAAT SUDAH JADI PENGUASA, LUPA SEMUA KRITIKANNYA SEWAKTU MENJADI OPOSISI PEMERINTAH!!!!!!!!!!

        •  

          Kalau tidak menerapkan “resep” yang dulu pernah digembar gemborkan berarti dulu itu sebatas politis, yang penting populer, bisa menang Pemilu. Ditunggu resep mengatasi persoalan BBM tanpa menaikkan harganya. hehe

    •  

      kanjeng papi dah almarhum bro…

    •  

      Yang berewok awut-awutan itukan matan preman… pada gak tau kan, cuma kacang ijo yg tau

  14.  

    sepertinya walaupun ditawarkan kemungkinan tidak diambil..lebih baik beliau tetap berkarya melalui RAI dengan masterpiecenya R80..semoga lancar roll out nya di 2018..jarang lho ada yg bisa bilang dengan keyakinan yg tinggi siap launching dan dijual dengan target waktu cepat..ini pesawat penumpang lho bukan main2..luar biasa super sekali keyakinannya..salut!

    •  

      saya juga khawatir jika Bung Ilham menjadi menteri maka proyek R80 akan tersendat atau malah gagal. masih banyak orang pintar dan tepat lainnya untuk menduduki menteri tetapi sangat sedikit sekali yang pintar dan tepat di industri penerbangan. cmiiw

  15.  

    prof. yohanes surya yg cocok jd menristek…..nurut ane..

  16.  

    jualannya belon laku jugak bung? πŸ™‚

  17.  

    Menristek prof yohanes surya..
    Menperin Ilham habibie..

    Itu menurut saya

  18.  

    siapapun orgnya yg menduduki jabatan menteri aku dukung asal : jujur ,amanah ,sederhana ,transparan ,berani ,tegas dan niat hanya untuk mengabdi ,melayani bukan untuk cari perlindungan apalagi kekuasaan dan kekayaan..

    poke’e siap mr presiden πŸ˜€

  19.  

    Idem bung@waduh..
    Simpel dan realistis..

  20.  

    takutnya ambless klo aku

  21.  

    Saya pribadi lebih kuatir dg program Mef 2 & program ketahan energi. Info un diclosenya bkl d obrak abrik MEF 2 ny. Prog ketahanan Energi jg cma wacana smpe sekarang. Smua jajaran di kemenhan,kkip,cilangkap lg gundah krn bakal di posponed/decline prog yg sdh/ blm berjalan. Yg paling d kuatirkn adlh MBT Leo yg akan d stop krn tdk sesuai “pesenan’kanjeng mami.. blm lg mslh Audit yg ga jls parameternya.

    Kerahasian alutsista bkl terancam.. AS aj pny black budget msa kita ngga
    Nasib rek 69 bkl d obrak abrik
    #tepokjidat

  22.  

    Pagi semua.Kami anak medan lebih pas klo bliau ditaruh ke ristek.Klo hsilnya nggak diproduksi,jual ke malon.trus pmrnth kita demo..hi..hi..hi..

  23.  

    Tenang….! Kubu oposisi kuat,jika ada kebijakan yg merugikan bangsa dan pesanan asinng, pasti kena protes!.

  24.  

    Mantap !!!

  25.  

    moga aja amanah demi nkri jaya

  26.  

    BBM naik, petronas, shell, dll senang sebab harga bbm mereka bisa bersaing

  27.  

    BBM naik = harga BARANG BARANG MEROKET
    Inflasi pasti naek …
    UMR minta naek pake demo … pengusahΓ  puyeng
    Pajek naek terus … buat bayar gaji pemerentah cs
    ternyata rakyat juga nyang kudu susah …
    laen kali ane mo pilih pemerentah robot mutant aja deh

 Leave a Reply