Peluncur Roket Anti Tank AT-4, Bukan Terdahsyat Tapi Tetap Berguna

10
11

AT-4 adalah peluncur roket anti tank yang dikembangkan oleh Saab Bofors Swedia, dengan berat 6.5 kg dan panjang 1 meter. Berbeda dengan Bazooka dan peluncur roket RPG-16, yang keduanya menggunakan tabung peluncur yang dapat digunakan kembali, AT-4 menggunakan roket tersegel di dalam tabung sekali pakai, yang berarti selesai ditembakkan tabung langsung dibuang.

AT-4 memiliki jangkauan efektif 300 meter dan dapat mencapai target dalam waktu satu detik atau hingga jangkauan 2.000 meter pada target statis.

Hulu ledak AT-4 dapat menembus lempengan baja tank setebal 15,7 inci, yang tidak cukup kuat untuk menembus lempengan baja tank tangguh T-72, T-80, dan T-90 dari arah depan. AT-4 masih dapat menembus lapisan baja dari arah belakang dan samping tank, sehingga taktik terbaik untuk menggunakan AT-4 adalah menembak dari samping disaat tank musuh lewat. Namun terhadap panser ringan dan kendaraan lapis baja lainnya, AT-4 dapat menghancurkan dari semua sudut serang.

AT-4 sudah lama memperkuat Angkatan Darat dan Korps Marinir AS, dan telah digunakan secara luas di Irak dan Afghanistan, sebagian besar ditembakkan terhadap bangunan dan target statis lainnya.

10 COMMENTS

LEAVE A REPLY